,

8 Restoran Halal di Tokyo, Mantap Jiwa Enaknya!

Konnichiwa, minna-san! Istilah perut kenyang, hatipun senang itu benar adanya. Begitu juga kalau liburan, perut harus selalu terisi. Nah, apakah sobat tiket ada rencana liburan ke tempat yang makanannya banyak yang non-halal seperti Tokyo dan masih galau? Jangan khawatir, Tokyo punya banyak restoran halal loh!

Menyadari potensi wisatawan Muslim, Jepang rajin mempromosikan restoran-restoran halal yang tersebar di berbagai kota termasuk Tokyo. Soalnya makanan Jepang banyak yang mengandung alkohol maupun daging babi. 

Restoran yang bersertifikat halal banyak yang menyediakan makanan lokal. Jadi, sobat tiket yang beragama Islam, tetep bisa kuliner makanan Jepang tanpa perlu merasa galau. Rasanya juga tetap enak kok dan cukup otentik walau ada resep yang harus disesuaikan biar halal. 

Kuliner Jepang Halal di Seputar Tokyo

Kalau ngomongin makanan Jepang, pasti nggak jauh-jauh dari ramen, sushi, kare, yakitori dan sebagainya. Hampir seluruh makanan tersebut mengandung bahan-bahan non-halal. Akan tetapi, sudah ada kok restoran Jepang yang memiliki halal sertifikat. 

tiket.com sudah ngerangkum 7 restoran halal di seputaran Tokyo yang bisa kamu coba saat liburan ke Jepang. 

1. Naritaya Halal Ramen Shop

Kalau ke Jepang, kamu pasti pengen makan ramen kan. Cuma memang ramen di Jepang itu kuah dan topping-nya biasanya sih bahan utamanya adalah daging babi. Tapi nggak perlu khawatir. Kalau kamu nggak makan daging babi, kamu tetep bisa makan ramen di Jepang di Naritaya Halal Ramen Shop. 

Restoran ini sudah mendapatkan sertifikat halal dari Japan Islamic Trust, sebuah organisasi keagamaan yang sudah terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang. 

Seperti kebanyakan restoran ramen di Jepang, kamu memesan ramennya melalui mesin tiket yang terletak dekat pintu masuk. Ada banyak pilihan ramen, maze soba, dan snacks. Menunya berbahasa Inggris kok. 

Kerennya lagi, restoran ini menyediakan ruangan untuk sholat. Ruangannya berada di lantai 2, lengkap dengan sajadahnya. Kalau mau salat, bilang aja sama pegawainya supaya waktu penyediaan ramennya bisa disesuaikan. 

Lokasi       : 2-7-13, Asakusa, Taito-ku, Tokyo

Jam Buka : 10.00-22.00

Harga        : mulai dari 700 yen*

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

2. Kappou YAMA

Sumber: Shutterstock.com

Restoran ini lokasinya nggak di Tokyo sih tapi di Saitama yang bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 30 menit. Kappou Yama menyajikan berbagai menu khas Jepang seperti yakitori, sukiyaki, sushi, dan kamaboko. Yummy!

Buka sejak tahun 2014, restoran ini sudah mendapatkan sertifikat halal dan merupakan anggota dari Halal Japan Business Association. Untuk bisa makan di Kappou YAMA, kamu harus reservasi sehari sebelumnya ya. Restoran ini dekat sama stasiun Yonohonmachi.

Kalau mau tau lebih lanjut mengenai Kappou YAMA, kamu bisa mampir ke website resminya disini. 

Lokasi       : 3 Chome-15-1 Uemine, Chuo Ward, Saitama, 338-0014

Jam Buka : 17.00-21.00

Harga        : mulai dari 1.500 yen

Telepon    : 048-711-4119

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

3. Yoshiya

Restoran Yoshiya sudah berdiri selama 60 tahun dan telah mendapatkan sertifikat halal sejak tahun 2016. Kuliner yang disajikan disini adalah makanan khas Jepang dan ada 3 menu yang dijamin Halal yaitu tempura soba, spicy karaage, dan obento style yang terdiri dari nasi, daging goreng, tofu dan salad. 

Yang paling populer itu spicy karaage atau ayam goreng pedas. Mesti dicoba nih! Selain itu, restoran yang berlokasi di Shinjuku ini juga menyediakan menu nasi kare. Ugh, ngiler nih. 

Oh ya, restoran ini juga ada cabangnya di Kyoto. Menu halal yang ditawarkan sama, bahkan ada sayuran segar yang dijual disana.  

Lokasi        : Shinjuku Metro Restaurant Floor B1F, 1-1-2 Nishisinjuku, Shinjuku-ku, Tokyo

Jam Buka  : 11.00-22.30

Harga.        : mulai dari 980 yen

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

4. Sumiyakiya Nishiazabu

Restoran ini menawarkan yakiniku yang daging sapinya dijamin halal. Suasana restoran ini Jepang banget lho seperti restoran yakiniku pada umumnya jadi nggak ada kesan berbeda. 

Walau menu utamanya yakiniku, ada banyak pilihan menu halal lain seperti steak dan Korean Chige stew. Saat mau memesan makanan, kamu harus minta menu halal ya sama pegawainya karena memang tidak semua makanan yang disajikan disini halal. 

Untuk memastikan bahwa menu halalnya benar-benar halal, alat masak serta piringnya dipisah lho, sobat tiket. Tandanya adalah tulisan halal di setiap piring atau panci supaya tidak tertukar. Bahkan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad pernah makan disini!

Lokasi        : S3 Chome-20-16 Nishiazabu, Minato City, Tokyo 106-0031

Jam Buka  : 11.30-15.00 buka lagi jam 17.00-22.30 (Minggu tutup)

Harga         : mulai dari 1.000 yen

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

5. Shinjuku Gyoen Ramen Ouka

Dibuka sejak tahun 2015, restoran ini dimiliki oleh sepasang suami istri Jepang yang menjadi mualaf. Ramen yang ditawarkan disini bisa request pedasnya dan ada juga ramen wagyu. Kuah ramennya sendiri terbuat dari kaldu ikan. 

Disini seporsi ramen disajikan dengan ayam panggang dan yakitori. Ada juga ramen versi vegetarian. Uniknya, ramen disajikan sama nasi. Jadi, nanti nasinya bisa dimakan sama sisa kuah ramen, sobat tiket. 

Kalau pengen yang manis-manis, restoran ini juga menyediakan desert. 

Lokasi        : 1-11-7,Shinjuku,Shinjuku-ku,Tokyo 160-0022

Jam Buka  :  14.00 – 22.00 (Senin – Kamis) 

                       17.00 – 22.00 (Jum’at )

                       12.30 – 22.00 (Sabtu – Minggu)

Harga        : mulai dari 1.800 yen

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

6. Takaraya

Summer: Shutterstock.com

Restoran Takaraya merupakan restoran tradisional Jepang yang ada di Chiba dan cukup dekat dengan Bandar Udara Internasional Narita. Bisa nih mampir kesini dulu setelah landing buat isi perut!

Disini nggak cuma bahan-bahan makanannya yang halal, alat untuk memasaknya juga halal! Untuk menu saat makan siang dan makan malam berbeda. Salah satu menu spesial yang bisa kamu coba adalah Asari meal yang terdiri dari sup asari, nasi, tempura, kerang, dan sashimi. 

Di restoran ini juga ada ruangan untuk sholat yang terpisah untuk laki-laki dan perempuan. 

Lokasi.      : 2-3-4, Chuo, Kisarazu-city, Chiba

Jam Buka : 11.30 – 14.00 buka lagi jam 17.00 – 22.00 (Senin-Sabtu), 11.30 – 14.30 buka lagi jam 17.00 – 21.00 (Minggu)

Harga        : makan siang mulai dari 1.500 yen

                     makan malam mulai dari 700 yen

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

7. Sushiken

Selain ramen, kalau ke Jepang pasti pengen makan sushi yang biasanya dibuat dengan sake atau mirin yang mengandung alkohol. Tapi Sushiken nggak menggunakan kedua bahan tersebut. Restoran ini merupakan restoran sushi pertama di Jepang yang bersertifikat halal! 

Menu yang disajikan di Sushiken nggak cuma sushi sih. Ada juga sashimi, tempura sampai rice bowl. Kalau mau pesan sushi, disajikannya paketan ya. Terus kamu juga bisa melihat chef sushi menyiapkan sushi pesananmu secara langsung. Asik banget. 

Oh ya, Sushiken juga menyediakan ruangan untuk salat lho. 

Lokasi        : Tokyo, Taitō-ku, Asakusa 2-11-4

Jam Buka  12.00 – 14.00 buka lagi jam 17.00 – 24.00 (Senin-Sabtu), 11.30 – 15.00 buka lagi jam 17.00 – 22.00 (Minggu)

Harga         : makan siang mulai dari 1.300 yen

                      makan malam mulai dari 5.000 yen

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

8. Kineya Mugimaru

Kamu baru landing di Bandara Narita dan kelaperan? Bisa nih mampir dulu ke Kineya Mugimaru yang berada di area bandara. Restoran ini menyajikan udon, homemade lho! Pilihan tempuranya juga banyak. Enak banget menikmati nikmatnya udon habis berjam-jam duduk didalam pesawat. 

Selain udon, restoran ini juga menyediakan onigiri rice balls. Bisa buat bekal menuju pusat kota atau siapa tau kamu masih laper dan pengen makan nasi. Kineya Mugimaru terletak di Terminal 1 yak. Kalau mau sholat juga bisa karena restoran ini menyediakan tempatnya. Luar biasak! 

Lokasi        : 1 Furugome | Central Wing 5F, Narita Airport No.1 Terminal Bldg 

Jam Buka  : 07.30-21.00

Harga         : mulai dari 500 yen

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

Bikin ngiler kan, sobat tiket? Jangan lupa nyobain Naik Bianglala di Jepang. Bianglalanya unik dan beda lho. Pasti bikin liburanmu makin berkesan. Pesan tiket pesawatmu ke Jepang di tiket.com ya. Banyak promonya lho!