,

Berpetualang ke 10 Pesona Alam Kota Malang, Menakjubkan!

Berlibur ke objek wisata alam bisa jadi salah satu cara jitu dalam mengusir penat dan bosan dengan ramainya Ibukota. Udara sejuk dan indahnya pemandangan bisa menyegarkan kembali hati dan pikiran agar siap kembali produktif bekerja. 

Bagi kamu yang berencana liburan ke Malang juga bisa menikmati keindahan kota ini, lho! Ada banyak rekomendasi wisata alam yang sedang jadi incaran warga surabaya dan sekitarnya. Pilihan aktivitasnya juga beragam, bisa seru-seruan bareng keluarga dan teman saat liburan.

Indahnya Alam Malang Bikin Kamu Jatuh Cinta

Pesona alam kota Malang memang bisa bikin jatuh cinta! Selain pemandangan indah dan udara sejuk, aktivitas seru yang bisa dilakukan juga banyak banget, lho! Bingung mulai dari mana? Ayo cari tahu di sini.

1. Menikmati Sejuk Udara Pegunungan di Omah Kayu

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Malang

Buat kamu yang ingin melihat panorama indah pegunungan di Kota Malang, bisa mengunjungi Omah Kayu. Di sini, sobat tiket bisa menghabiskan waktu di rumah pohon yang jadi daya tarik dari spot wisata ini.

Selain menikmati udara sejuk dan pemandangan indah, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti hunting foto di spot unik yang ada di sekitar rumah pohon.

Untuk mencapai area Omah Kayu, sobat tiket harus melewati jalur yang cukup jauh. Tapi tak perlu khawatir, karena akses jalan yang kamu lewati sangat bersahabat. Selain itu, pemandangan indah sepanjang jalan juga dapat menghilangkan lelah dan membuat perjalanan tak begitu terasa.

2. Berburu Foto Kekinian di Taman Langit Gunung Banyak

Alamat: Jl. Gunung Banyak, Songgokerto, Batu, Malang

Destinasi yang juga sedang jadi incaran wisatawan di Kota Malang adalah Taman Langit Gunung Banyak. Tak hanya memiliki pemandangan indah dan udara sejuk, spot wisata yang satu ini bisa bikin kamu merasa seperti sedang berada di negeri dongeng!

Mulai dari gerbang berbentuk malaikat dari akar pepohonan, hingga patung peri cantik dari kayu rotan, semuanya bisa kamu jumpai di Taman Langit. Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa puas foto-foto di spot unik lain yang ada di Taman Langit. 

Tersedia fasilitas lain yang ada di Taman Langit, seperti warung makan, mushola, toilet. Kamar mandi, dan gazebo. Jika sobat tiket ingin menginap, kamu bisa bermalam di penginapan yang ada di area wisata Taman Langit. 

3. Coban Putri, Indahnya Air Terjun Bertingkat 

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Malang

Salah satu pesona dari kota Malang terletak di keindahan air terjunnya. Kalau sobat tiket biasa mengenal istilah “Curug”, di Malang, air terjun biasa disebut dengan sebutan “Coban”. Coban Putri adalah destinasi wisata alam yang jadi favorit warga Malang dan sekitarnya.

Mengapa dinamakan Coban Putri? Konon katanya, karena air terjun ini pernah menjadi tempat pemandian Putri Ken Dedes, Putri dari Kerajaan Singasari di Jawa Timur. 

Keindahan air terjun bertingkat di Coban Putri ini sangat ternama. Saat berkunjung ke sini, kamu akan langsung disambut dengan jernih dan segar air pegunungan serta sejuknya udara bersih pegunungan. 

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto selfie di beberapa spot cantik yang tersedia di area Coban Putri. Kalau berkunjung, jangan lupa bawa baju ganti agar bisa puas main air seharian! 

4. Wisata Tubing Wringinanom yang Menguji Adrenalin

Alamat: Desa Wringinanom, Poncokusumo, Malang

Apakah sobat tiket suka petualangan alam yang seru dan menegangkan? Body rafting atau tubing tepat banget nih untuk dicoba! Di sini, kamu bisa menguji adrenalin dan menikmati pengalaman seru menyusuri Sungai Amprong yang terkenal memiliki arus yang cukup deras. 

Tersedia dua opsi trip untuk kamu yang mau mencoba river tubing. Trip pertama berdurasi sekitar 2 jam, dengan jarak susur sepanjang kurang lebih 5 km area sungai. Sedang trip kedua lebih pendek, yakni hanya menyusuri sepanjang 3 km sungai dengan durasi kurang lebih 1 jam. 

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga river tubing adalah saat siang hari. Selain air yang tidak terlalu dingin, arus sungai juga lebih banyak dibandingkan sore hari. Petualangan kamu dijamin akan semakin seru dan menegangkan, deh! 

5. Segar dan Sejuk Air Terjun Coban Rais

Sumber: shutterstock.com

Alamat:  Jalur Lingkar Barat No.8, Oro-Oro Ombo, Batu, Malang

Wisata air terjun yang jadi spot liburan favorit warga Malang lainnya adalah Coban Rais. Berada di lereng Gunung Panderman, wisata air terjun ini menawarkan pemandangan indah pegunungan yang hijau dan megahnya air terjun setinggi kurang lebih 20 meter yang jernih dan sejuk. 

Selain menikmati indahnya pemandangan di sekitar air terjun, kamu juga bisa bersantai di pinggir kolam sambil menghirup udara sejuk pegunungan yang dapat menenangkan pikiran. Air kolamnya sejuk dan segar, lho!

Sebelum menikmati keindahan Coban Rais, sobat tiket harus melewati jalan setapak di tengah hutan sejauh 7 km, dengan jarak tempuh 15 – 30 menit. Di tengah perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan belantara yang bikin rasa lelah karena perjalanan tidak terasa. 

Setelah puas bermain di area Coban Rais, sobat tiket bisa mampir ke beberapa objek wisata lain yang ada di dekat wisata air terjun ini. Beberapa spot yang tak boleh dilewatkan adalah Bukit Bulu, Rumah Hobbit, dan Batu Flower Garden. Lengkap dan serba ada kan?

6. Menikmati Keindahan Alam di Goa Pinus

Alamat: Gg. Mbah Ba’i, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu

Menikmati keindahan alam sambil menghirup udara sejuk paling tepat dilakukan di Goa Pinus. Suasana damai dan nyaman akan terasa begitu sobat tiket datang ke area wisata ini. Deretan pohon pinus yang berjajar rapi juga siap memanjakan mata dan menenangkan hati. 

Nama Goa Pinus sendiri berasal karena adanya goa kecil yang ada di sekeliling hutan pinus, yang dahulu dijadikan lahan penambangan pasir. Gua sedalam 5 meter dengan ketinggian 1 meter ini menjadi ikon dan daya tarik dari objek wisata ini.

Selain dapat melihat keunikan gua di tengah hutan, ada banyak spot menarik yang bisa kamu kunjungi. Salah satu yang menarik perhatian adalah Rumah Papua. Di spot ini kamu bisa melihat uniknya rumah kayu yang menyerupai rumah adat di Papua. 

Masih belum puas? Ayo lanjutkan keseruan berwisata alam di Goa Pinus dengan mengunjungi spot foto-foto yang tersebar di seluruh area. Kamu bisa bebas berfoto selfie dengan latar pemandangan alam yang indah dan instagramable banget, pokoknya! 

7. Puas Bermain Air di Mata Air Sumber Sirah

Alamat: Jl. Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Malang.

Menikmati udara sejuk pegunungan sambil berendam di mata air tentu bisa jadi cara jitu menenangkan pikiran. Nah, sobat tiket yang berada di Malang, boleh coba mampir ke Wisata Mata Air Sumber Sirah yang menawarkan keindahan alam tiada duanya.

Mata Air yang berada di objek wisata ini adalah sumber air tawar alami yang berasal dari pegunungan. Saat sampai ke lokasi wisata, kamu akan disambut dengan telaga alam yang memiliki air luar biasa jernihnya. 

Kejernihan air yang ada di Mata Air Sumber Sirah ini adalah salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan datang berkunjung. Kejernihan sumber air ini membuat tanaman hijau dan ikan kecil yang ada di dalam telaga terlihat dengan jelas.

Mata Air Sumber Sirah memiliki kedalaman yang berbeda, mulai dari 0,8 meter hingga 1,5 meter. Karena kedalaman air yang cukup dangkal, pengunjung anak-anak bisa lebih nyaman bermain di sumber mata air ini. Selain berenang dan berendam di sumber air yang jernih, kamu juga bisa menikmati pengalaman snorkeling air tawar dengan pemandangan bawah air yang menakjubkan. 

8. Melihat Keunikan Pantai Tiga Warna

Alamat: Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang

Selain terkenal karena pesona alam pegunungannya yang asri, Malang juga memiliki garis pantai dengan keindahan yang nggak kalah menakjubkan, lho. Salah satu destinasi wisata pantai yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Tiga Warna.

Sesuai dengan namanya, Pantai Tiga Warna dikenal karena keindahan gradasi warna air laut yang bisa kamu lihat di sini. Dari warna biru tua, biru kehijauan, dan kemudian berubah menjadi putih kemerahan. Kombinasi warna indah ini lah yang menjadi daya tarik untuk pengunjung yang datang dan melihat langsung ke pantai ini. 

Selain dapat melihat keindahan gradasi air laut yang unik, masih banyak aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan di Pantai Tiga Warna. Kamu bisa mencoba serunya snorkeling, atau berkunjung ke Clungup Mangrove Conservation (CMC), atau sekadar menikmati indahnya matahari terbenam sambil bersantai di tepi pantai. 

9. Menyaksikan Fenomena Alam Unik di Teluk Bidadari

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Desa Sumber Bening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

Masih berada di area garis pantai sekitar kota Malang, Teluk Bidadari adalah spot wisata alam lain yang tak kalah menakjubkan. Saat sampai di area wisata ini, kamu akan langsung disambut dengan keindahan kolam air jernih, yang dikelilingi oleh bukit karang yang unik. 

Selain keindahan teluk dengan air jernih, kamu juga bisa melihat fenomena alam yang unik di kawasan Teluk Bidadari. Kamu bisa melihat semburan air meluncur dari celah karang yang ada di tepi laut. Jarang ditemui di pantai lain, kan?

Berkunjung ke Teluk Bidadari belum lengkap rasanya kalau belum menghabiskan waktu di Pantai Mbehi. Berada di satu area yang sama, kedua objek wisata ini bisa jadi paket liburan yang lengkap banget untuk kamu. 

Sebelum dapat menikmati keindahan dua objek wisata ini, kamu harus terlebih dahulu melewati rute jalan yang sedikit terjal. Rasa lelah yang terasa di perjalanan akan langsung terbayar dengan keindahan alam yang kamu temukan begitu sampai di sini. Berkesan banget deh, pokoknya!

10. Coban Rondo, Keindahan Alam yang Tersembunyi

Alamat: Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang

Bicara tentang wisata alam yang lengkap, Coban Rondo bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu, sobat tiket! Selain keindahan alam, area wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai opsi aktivitas yang bisa kamu pilih. 

Nama Coban Rondo terkenal karena pesona indah air terjun setinggi kurang lebih 84 meter yang jadi ikon dari objek wisata ini. Jernihnya air dan sejuknya udara pegunungan, membuat air terjun ini banyak dikunjungi oleh warga Malang untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam.

Selain keindahan air terjun yang memukau, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas di objek wisata ini, seperti river tubing, bermain paintball, dan menguji adrenalin dengan bermain aneka permainan outbond yang tersedia.

Sempatkan juga untuk mampir ke labirin raksasa yang masih berada di sekitar area Coban Rondo. Selamat mencoba dan jangan sampai tersesat ya, sobat tiket! 

Sudah Siap Berangkat Liburan?

Menikmati keindahan alam di Kota Malang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kamu yang suka berpetualang bisa langsung menentukan destinasi wisata alam di Malang yang kamu inginkan. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga wajib banget mampir dan beli Oleh-Oleh Khas Malang untuk orang di rumah. 

Nggak sabar mau liburan, ya! Ayo lekas cari tiket pesawat dan susun itinerary yang bikin kunjunganmu semakin lengkap dan berkualitas. Jangan lupa hunting foto dan mengabadikan momen liburan kamu ya, sobat tiket!