,

Belanja Oleh-Oleh di 7 Spot Kece di Malang, Wajib Mampir! 

Liburan tanpa belanja bagaikan sayur tanpa garam, kurang lengkap rasanya! Oleh karena itu, agenda belanja adalah hal yang tidak boleh terlewatkan di momen liburan. Nah, kalau bicara soal tempat belanja di Malang, banyak banget nih pilihannya. 

Berbagai jenis barang mulai dari baju, buku, kebutuhan pokok, hingga aneka jenis oleh-oleh khas Malang bisa kamu dapatkan dengan harga murah meriah. Sudah siap belanja?

Wisata Belanja Murah Meriah di Kota Malang

Kalau sobat tiket ingin belanja murah meriah di Malang, jangan lupa mampir ke rekomendasi tempat belanja berikut ini, ya! Selain harganya terjangkau dan jenisnya yang beragam, berbelanja di spot wisata belanja di kota Malang bisa jadi agenda liburan yang menyenangkan, lho! Mau tahu informasi lengkapnya? Simak ulasannya di sini. 

1. Pasar Besar Malang yang Legendaris

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Kyai Tamin, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang

Bicara soal tempat belanja favorit warga Malang, Pasar Besar adalah salah satu destinasi yang cukup ternama. Selain letaknya yang strategis, pasar ini jadi pilihan karena memiliki beragam jenis barang yang dijual mulai dari pakaian, tas, elektronik, hingga kebutuhan pokok. 

Sobat tiket yang hendak berkunjung ke pasar ini tak perlu cemas dengan harga, karena harga semua barang yang dijual di pasar ini cukup terjangkau. Masih belum cocok dengan harganya? Tenang aja, semua harga bisa ditawar dan dinego, lho.

Pasar yang sudah berdiri dari tahun 1914 ini adalah salah satu spot belanja tradisional yang ada di Malang. Tidak hanya membeli barang satuan, kamu juga bisa membeli barang secara grosir dengan harga yang tentunya lebih menarik lagi. 

Tidak hanya barang-barang yang beragam, kamu juga bisa menemukan beragam makanan dan jajanan pasar yang khas di Malang. Pastikan untuk mampir dan mencicipi aneka makanan khas kota Malang yang dijual di pasar ini, ya! 

2. Belanja Nyaman dan Lengkap di Istana Oleh-Oleh Deduwa 

Alamat: Jalan Diponegoro No.74, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 

Sentra oleh-oleh yang satu ini adalah tempat transit favorit wisatawan yang sedang berlibur ke Malang dan sekitarnya. Dengan konsep one-stop-shopping, spot yang satu ini menawarkan kemudahan untuk sobat tiket yang ingin belanja oleh-oleh sambil beristirahat.

Tak hanya tempat belanja oleh-oleh, terdapat juga restoran yang menjual aneka makanan, termasuk makanan khas Malang. Sembari makan, kamu juga bisa bersantai sambil melihat keindahan Gunung Arjuna, yang ada berhadapan langsung dengan spot ini. 

Area parkir luas, serta mushola dan WC umum bersih yang ada di lokasi semakin melengkapi fasilitas yang ada di Istana Oleh-Oleh Deduwa. Sobat tiket yang ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan bisa mampir dan merasakan sendiri kenyamanan yang ditawarkan oleh tempat ini. 

3. Mencicipi Aneka Keripik di Sentra Industri Tempe Sanan

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Sanan, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, kota Malang

Sebagai salah satu oleh-oleh khas Malang, keripik tempe adalah makanan yang banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung. Tak perlu bingung mencari, karena kamu bisa langsung mengunjungi Sentra Industri Tempe Sanan. 

Dinamakan Sentra Industri Tempe Sanan, karena memang spot ini terletak di Jalan Sanan. Di sepanjang jalan, sobat tiket bisa melihat beraneka jenis toko yang menjual beraneka ragam oleh-oleh khas kota Malang, salah satunya keripik tempe. 

Sentra oleh-oleh Sanan ini digagasi oleh beberapa warga kampung yang berjualan keripik tempe. Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak toko yang berjualan beraneka oleh-oleh, yang akhirnya membuat kawasan ini dipenuhi toko oleh-oleh

Selain keripik tempe, cemilan khas kota Malang yang bisa kamu temukan di sini adalah keripik buah. Ada banyak ragam keripik buah yang dijual di sentra oleh oleh ini. Apabila sobat tiket yang ingin memborong oleh-oleh dalam jumlah banyak tak perlu cemas, karena pihak toko akan membantu mengemas ke dalam kemasan kardus agar lebih rapi. 

4. Belanja Apel Malang di Pasar Buah dan Sayur Dewi Sri

Alamat: Jl. Abdul Manan (Jalan utama Malang-Kediri-Jombang) Lebak Sari, Ngabab, Pujon, Malang

Wisata ke Malang belum lengkap rasanya jika belum merasakan kenikmatan Apel Malang. Kalau sobat tiket ingin berburu Apel Malang dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, jangan lupa mampir ke Pasar Buah dan Sayur Dewi Sri, ya! 

Pasar ini terletak di dekat area wisata pemandian Dewi Sri, di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Sehabis bermain air di pemandian, kamu bisa mampir dan berbelanja buah dan sayur di pasar ini. Selain harganya murah, buah dan sayur yang dijual di pasar ini segar semua, lho! 

Ada banyak jenis buah, sayur, dan umbi-umbian yang dijual di pasar ini. Kamu bisa belanja apel malang dengan kualitas terbaik untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang dari kota Malang. 

Selain buah dan sayur segar, pasar ini juga menjual aneka bibit tanaman, lho! Pas banget untuk sobat tiket yang hobi berkebun dan bercocok tanam. Sobat tiket yang ingin berkunjung bisa datang di hari senin hingga sabtu, karena pasar ini libur di hari Minggu dan hari libur nasional. 

5. Seru Mencari Buku Bekas di Pasar Buku Wilis

Alamat: Jl. Simpang Wilis Indah, Gading Kasri, Klojen, Malang

Destinasi yang satu ini juga cocok untuk sobat tiket yang ingin merasakan pengalaman wisata belanja di kota Malang. Pasar Wilis, merupakan pasar buku yang jadi favorit masyarakat sekitar Malang yang ingin mencari buku bekas maupun baru. 

Nuansa yang ada di Pasar Wilis ini sama dengan nuansa Pasar Buku Kwitang di Jakarta. Ada berbagai kios penjual buku bekas yang tersebar di seluruh sisi jalan. Semua jenis buku mulai dari majalah, komik, novel, hingga buku resep bisa kamu temukan di pasar ini. 

Selain buku lokal, ada juga buku-buku bekas impor yang dijual dengan harga murah meriah. Masih belum puas dengan harganya? Tenang saja. Kamu masih bisa melakukan tawar menawar dengan pedagang yang dijamin akan kasih harga yang super murah meriah! 

6. Kerajinan Kulit Lokal Berkualitas di Sentra Kulit Tanggulangin 

Alamat: Jl. Kludan Raya, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur

Saat berkunjung ke Malang, sempatkan juga untuk mampir dan berbelanja di Sentra Kulit Tanggulangin yang berada di Sidoarjo, Jawa Timur. Jaraknya tidak jauh, hanya memakan waktu kurang lebih satu jam dari kota Malang. 

Sentra kerajinan kulit ini sudah berdiri sejak tahun 1939, oleh beberapa pengrajin tas dan koper setempat. Seiring berjalannya waktu, Sentra Kulit Tanggulangin semakin berkembang dengan produk yang semakin beragam mulai dari tas, sepatu, ikat pinggang, hingga dompet. 

Produk kulit yang berkualitas dan harga yang murah adalah alasan mengapa pasar ini ramai pengunjung. Semua produk yang dihasilkan dari sentra kulit ini dibuat menggunakan teknik yang sederhana, tanpa menggunakan mesin. Jadi sudah terjamin kualitasnya, bukan?

Tidak sempat mampir dan belanja langsung? Tidak perlu cemas. Melalui e-smart IKM yang dicanangkan oleh pemerintah setempat, pembelian produk dari Sentra Kulit Tanggulangin bisa dilakukan secara online. Mudah, bukan? 

7. Belanja Keramik Cantik di Kampoeng Wisata Keramik Dinoyo

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. MT. Haryono 9 Mo. 336, Dinoyo, Lowokwaru, Malang

Satu lagi destinasi yang tidak boleh terlewatkan saat sedang berada di Malang: Kampoeng Keramik Dinoyo. Kampung ini adalah salah satu kampung tematik yang jadi ikon menarik dari kota Malang. 

Sesuai dengan namanya, Kampoeng Wisata Keramik Dinoyo menjadi sentra kerajinan keramik yang banyak jadi incaran warga sekitar kota Malang. Bukan hanya karena motif dan jenisnya yang beragam, namun daya tahan keramik hasil produksi kampung ini juga diacungi jempol. 

Di sepanjang jalan yang ada di area kampung ini dipenuhi oleh pengrajin keramik yang sudah membuat keramik secara turun temurun. Jadi, sobat tiket bisa puas berbelanja keramik mulai dari guci, vas, cangkir, dan lainnya. 

Selain berbelanja keramik, kamu juga bisa merasakan pengalaman membuat kerajinan keramik sendiri dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Seru dan menarik untuk dicoba, bukan? 

Belanja Oleh-Oleh di Malang, Barang Berkualitas, Harga Terjangkau! 

Bagaimana rekomendasi wisata belanja di atas, sobat tiket? Lengkap dan menarik untuk dikunjungi tentunya. Setelah puas berwisata belanja, ini saatnya mencoba aneka Makanan Murah Meriah di Malang. Tak hanya nyaman di perut, tapi sudah pasti nyaman juga di kantong! 

Segera susun agenda liburan kamu bersama teman maupun keluarga di kota Malang. Jika ingin memesan hotel di Malang, percayakan ke tiket.com aja. Ada banyak pilihan harga dan jenis kamar yang murah meriah! Cocok banget buat kamu yang mau liburan hemat. Jadi, tunggu apa lagi?