,

Berpetualang ke Museum Angkut, Banyak Wahana Serunya!

Sebagai anak muda jaman now, sobat tiket tentu tahu dong, objek wisata yang hits dan lagi kekinian saat ini. Selain tempat nongkrong atau kafe, objek wisata dengan spot foto instagramable juga jadi tujuan yang banyak dikunjungi di momen liburan. Tujuan apa lagi selain untuk dipajang di media sosial. 

Berlibur bersama keluarga atau teman setongkrongan bisa jadi agenda yang seru dan menyenangkan. Kalau sobat tiket berkunjung ke Malang, salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Museum Angkut. 

Sejak pertama kali dibuka di tahun 2014, Museum Angkut menjadi salah satu opsi wisata alternatif yang menggabungkan unsur edukasi dan hiburan dalam satu tempat. Sesuai dengan namanya, museum ini secara umum berisi koleksi kendaraan kuno dan berbagai jenis alat transportasi umum lintas dunia. Penasaran apa aja yang seru di tempat ini? 

Cara Menuju dan Tiket Masuk Museum Angkut

Sumber: shutterstock.com

Berada di pusat kota, akses jalan menuju museum ini sangat mudah dijangkau. Kalau sobat tiket berada di area malang dan sekitarnya, kamu bisa mengarahkan perjalanan menuju ke Alun-Alun Kota Batu. Setelah itu, ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke lokasi museum. 

Nggak perlu takut nyasar, karena lokasi museum ini banyak dilalui oleh kendaraan dan angkutan umum. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa ojek dan taksi online untuk perjalanan yang lebih nyaman dan cepat sampai. 

Harga tiket masuk ke museum ini cukup terjangkau. Tersedia berbagai pilihan harga untuk kunjungan di weekdays, weekends, atau kunjungan lebih dari satu hari. Hanya dengan membayar satu tiket masuk, kamu bisa berkeliling di kawasan museum yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti musala, ATM Center, sentra jajanan,  pusat informasi, dan area parkir yang luas. 

Tersedia juga fasilitas lift untuk pengunjung berkebutuhan khusus seperti anak-anak, ibu hamil, dan lansia. Karena area museum ini cukup luas, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas shuttle car dan dotto train yang bisa digunakan untuk berpindah-pindah wahana di museum ini. Lengkap sekali, bukan?

Apa Saja Sih yang Seru di Sana? 

Sumber: shutterstock.com

Berwisata ke Museum Angkut bisa ngapain aja sih? Jawabannya: Banyak. Di area seluas kurang lebih 3,5 hektar ini, kamu bisa melakukan banyak hal seru sambil belajar dan menambah wawasan tentunya.

Secara umum, Museum Angkut dibagi menjadi beberapa zona dengan berbagai wahana di dalamnya. Mulai dari zona edukasi, zona hollywood, hingga zona eropa dengan tema unik bisa kamu coba satu per satu di tempat ini. Mau tahu informasi lengkapnya? Ayo simak ulasannya di sini.

1. Koleksi Kendaraan Kuno dan Replika Pesawat Kepresidenan

Zona pertama yang akan kamu temui di kawasan museum ini adalah zona hall utama yang terbagi menjadi dua lantai. Di lantai pertama, kamu bisa melihat berbagai koleksi kendaraan kuno mulai dari mobil, motor hingga sepeda yang dipajang di sini. 

Koleksi kendaraan dari masa ke masa di museum ini disusun dan dirawat dengan sangat baik. Pemandangan uniknya dijamin bakal bikin kamu terkagum. Setelah puas melihat keunikan berbagai jenis kendaraan jadul, jangan lupa abadikan foto terbaik untuk dipajang di grup keluarga, ya! 

Beranjak ke lantai 2 zona ini, kamu akan melihat replikasi pesawat kepresidenan yang biasa digunakan untuk mengantar presiden ke berbagai kota dan negara yang dikunjungi. Di dalam replika pesawat ini, kamu juga bisa melihat aneka fasilitas lengkap seperti ruang meeting, bar, hingga tempat tidur presiden. 

2. Ragam Moda Transportasi Lintas Dunia

Setelah melihat berbagai koleksi kendaraan dari masa ke masa dan bersantai di atas bersama dengan “presiden” di dalam pesawat kepresidenan, kamu bisa melanjutkan petualangan menuju ke zona selanjutnya, yakni zona edukasi. 

Zona ini cukup unik, karena di sini, kamu bisa melihat koleksi alat transportasi dari dulu hingga sekarang yang digunakan di beberapa negara di dunia. Mulai dari becak dengan latar malioboro, hingga bus tingkat double decker yang mewah bisa kamu lihat di sini. 

Selain alat-alat transportasi darat, terdapat juga miniatur dan replika alat transportasi air seperti miniatur Kapal Majapahit, hingga kokohnya helicopter Indonesia yang sempat digunakan di masa pemerintahan Presiden Soekarno. Helicopter ini bukan replika, lho. Kamu yang penasaran bisa langsung dan melihat sendiri pesonanya. 

Sumber: shutterstock.com

3. Suasana Khas Eropa dengan Berbagai Tema

Saat berkunjung ke zona ini, kamu akan disuguhkan dengan arsitektur dan interior yang disesuaikan dengan tema. Pada bagian outdoor kamu bisa mengunjungi di Zona gangster & Broadway Street, Zona Las Vegas, dan Zona Buckingham Palace.

Selain mengunjungi zona outdoor, kamu juga bisa mampir dan menikmati suasana di zona yang ada di dalam ruangan seperti Zona Eropa dengan beragam toko dan restoran unik dengan arsitektur khas Eropa. Di zona ini, kamu juga bisa melihat koleksi kendaraan merk Eropa seperti Vespa, Volkswagen, hingga Rolls Royce yang mewah. 

Selain menikmati pemandangan dan suasana, kamu juga bisa mengabadikan momen bersama teman, keluarga, maupun pasangan di zona-zona ini. Tersedia juga layanan foto prewedding untuk calon pengantin yang harganya terjangkau. Kualitas fotonya nggak usah diragukan lagi, dijamin bikin kamu susah move on dari tempat ini. 

4. Keunikan Museum D’Topeng Kingdom

Di dalam area Museum Angkut, terdapat juga sebuah museum kecil yang memiliki ragam koleksi topeng nusantara dengan berbagai motif dan bentuk. Selain koleksi topeng, kamu juga bisa melihat berbagai koleksi benda-benda tradisional peninggalan sejarah yang berasal dari seluruh penjuru nusantara. 

Koleksi yang dimiliki oleh museum kecil ini sudah lebih dari seribu. Berbagai jenis barang peninggalan sejarah seperti senjata hingga alat  musik tradisional bisa kamu lihat dan pelajari di sini. Wisata ini cocok banget untuk sobat tiket yang ingin menambah wawasan dan edukasi mengenai sejarah nusantara. 

5. Cita Rasa Makanan di Pasar Apung

Setelah lelah berkeliling dan menikmati wahana seru di museum ini, kamu bisa mengisi kembali tenaga dan energi dengan beristirahat sejenak di Pasar Apung. Memiliki konsep seperti Pasar Apung yang ada di Barito, Kalimantan, Pasar Apung di museum ini menjual berbagai macam jajanan khas yang wajib dicoba satu per satu. 

Wisata kuliner di Pasar Apung bisa dilakukan dengan cara unik, yakni dengan menaiki sampan kecil sembari menyusuri sungai. Di sini, kamu bisa berinteraksi dengan pedagang langsung dari kapal yang kamu gunakan. Pengalaman yang unik dan sayang banget kalau dilewatkan. 

Selain membeli makanan dan jajanan, kamu juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas kota Malang. Cocok banget deh dijadikan bawaan untuk keluarga di rumah. Untuk dapat merasakan sensasi naik sampan di pasar ini, kamu harus membayar uang sewa kapalnya, ya. Harga cukup terjangkau, dan sepadan dengan pengalaman seru yang kamu dapatkan. 

Sumber: shutterstock.com

Parade dan Special Show di Akhir Pekan

Selain menikmati berbagai wahana seru, kamu juga punya kesempatan untuk menyaksikan parade dan special show yang ada di museum ini. Salah satu agenda yang tak boleh dilewatkan adalah Night Divas, pertunjukan fashion show yang diadakan pada pukul 18.30 hingga 19.00 di setiap harinya. 

Bagi sobat tiket yang berkunjung bersama anak-anak, jangan lewatkan parade Movie Star Heroes Cosplay yang diadakan setiap hari dari pukul 12.30 sampai 13.00. Di sini, kamu bisa mengenalkan si kecil pada berbagai karakter superhero keren seperti Hulk, Superman, hingga Spiderman.

Masih ingin jalan-jalan di sekitar kota Malang? Sempatkan waktu untuk mampir ke 7 Destinasi Wisata Instagramable di Malang ya. Banyak spot foto keren yang menunggu untuk diabadikan. Mau keliling kota Malang yang anti ribet? Sewa mobil lewat aplikasi tiket.com aja! Kamu bisa sewa berbagai pilihan mobil dengan supir yang siap mengantar kamu ke destinasi wisata tujuan. Selamat menjelajah, sobat tiket!