cara pembatalan tiket kereta api & cara refund tiket kereta api

,

Batal Jalan-Jalan? Ini Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Tanpa Ribet

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api – Akhirnya setelah sekian lama merencanakan liburan, kamu dan teman-teman bisa segera liburan bersama. Pergi ke luar kota, berangkatnya naik kereta. Waaah, pasti perjalanan kamu akan terasa menyenangkan banget ya, sobat tiket.

Namun ternyata, rencana kamu gagal total. Karena satu dan lain hal, salah satu temanmu mendadak membatalkan perjalanan. Padahal, semua tiket kereta sudah dibeli. Duh, mimpi buruk banget nggak sih, sobat tiket? Jadi, kamu harus segera cari tahu cara untuk refund tiket kereta api yang sudah dibeli.

Bepergian ke luar kota dengan menggunakan kereta memang sungguh menyenangkan. Selain praktis dan cepat, naik kereta juga sekarang sudah lebih nyaman, lho. Namun, kalau mendadak harus batal pergi, tentunya kamu harus melakukan pembatalan tiket kereta api dengan segera, sobat tiket.

Kamu sudah tahu belum, bagaimana cara pembatalan tiket kereta api yang sudah kamu beli? Kalau belum tau, yuk simak gimana cara cancel tiket kereta api plus cara refund tiket kereta api di bawah ini!

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api & Cara Refund Tiket Kereta Api

Buat kamu yang penasaran cara pembatalan tiket kereta & cara refund tiket, simak langkah-langkah berikut.

1. Mendatangi Stasiun Kereta

Langkah pertama, kamu harus mendatangi stasiun pembatalan tiket kereta api.

Sobat tiket tentu sudah tahu dong, kalau beli tiket kereta api online di tiket.com memang terpecaya. Karena tiket.com menjadi partner PT KAI pertama di Indonesia. Jadi, kamu nggak perlu ragu lagi untuk pesan tiket kereta api di tiket.com.. 

Namun, kamu juga wajib tahu lho mengenai cara pembatalan tiket kereta api dan cara refund tiket kereta api. Karena, pembatalan dan refund tiket kereta hanya bisa dilakukan secara langsung lewat PT KAI.

Jadi, kamu harus mendatangi langsung stasiun untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api atau refund. Beberapa syarat pembatalan tiket kereta api yang perlu kamu siapkan sebelum datang ke stasiun pembatalan tiket adalah booking ID, identitas asli, dan fotokopi identitas tersebut.

Ingat ya, sobat tiket. Pihak yang harus mengurus cara membatalkan tiket kereta api adalah pemilik tiket sendiri. Kalau kamu kebetulan nggak bisa datang ke stasiun karena suatu sebab, kamu bisa meminta tolong teman atau saudaramu yang terpercaya buat mengurusnya. Jangan lupa, sertakan surat kuasa pembatalan tiket kereta api yang bertanda tangan di atas materai.

Tetapi, nggak semua stasiun melayani pengajuan pembatalan tiket kereta api ya, sobat tiket. Berikut ini adalah daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api:

DAOP 1 Jakarta: Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek, Stasiun Serang, Stasiun Rangkasbitung.

DAOP 2 Bandung: Stasiun Bandung, Stasiun Purwakarta, Stasiun Banjar, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Kiaracondong.

DAOP 3 Cirebon: Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Jatibarang.

DAOP 4 Semarang: Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Cepu, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Semarang Tawang.

DAOP 5 Purwokerto: Stasiun Purwokerto, Stasiun Cilacap, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo.

DAOP 6 Yogyakarta: Stasiun Yogyakarta (Stasiun Tugu), Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan.

DAOP 7 Madiun: Stasiun Madiun, Stasiun Kediri, Stasiun Jombang, Stasiun Kertosono, Stasiun Blitar.

DAOP 8 Surabaya: Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Malang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Bojonegoro.

DAOP 9 Jember: Stasiun Jember, Stasiun Probolinggo, Stasiun Pasuruan, Stasiun Banyuwangi Baru, Stasiun Kalibaru.

DIVRE I Sumatera Utara: Stasiun Medan, Stasiun Tebingtinggi, Stasiun Siantar, Stasiun Tanjungbalai, Stasiun Kisaran, Stasiun Rantauprapat.

DIVRE II Sumatera Barat: Stasiun Padang

DIVRE III Palembang: Stasiun Prabumulih, Stasiun Kertapati, Stasiun Lubuklinggau.

DRIVE IV Tanjungkarang: Stasiun Baturaja, Stasiun Kotabumi, Stasiun Tanjungkarang.

2. Lengkapi Data Penumpang

Lengkapi data penumpang yang diberikan oleh Customer Service.

Ini adalah langkah ke-2 dalam cara pembatalan tiket kereta api. Setelah sampai ke stasiun pembatalan tiket kereta api, kamu harus bertanya dulu pada Customer Service yang tersedia di stasiun pembatalan tiket kereta api tersebut, karena nggak semua loket di stasiun melayani pembatalan tiket.

Nantinya, oleh Customer Service kamu akan diberikan formulir pembatalan tiket kereta api & diarahkan ke loket khusus untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api.

Selanjutnya, kamu tinggal melengkapi data penumpang dengan mengisi formulir pembatalan tiket kereta api. Formulir pembatalan tiket kereta api ini terdiri dari dua rangkap formulir, rangkap pertama adalah data tiket, dan rangkap kedua adalah data penumpang. 

Formulir ini adalah syarat pembatalan tiket kereta api yang harus kamu isi secara lengkap, sobat tiket. Kalau kamu masih bingung dengan cara pembatalan tiket kereta api step ke-2 ini, kamu bisa bertanya langsung pada Customer Service di stasiun. Mereka akan dengan senang hati menjelaskan cara pembatalan tiket kereta api tahap ke-2 ini kok, ke kamu.

3. Mendatangi Loket untuk Refund

Datangi loket di stasiun dan sampaikan bahwa kamu ingin mengajukan refund.

Nah, kamu harus memperhatikan cara refund tiket kereta. Cara refund tiket kereta api adalah dengan mendatangi loket stasiun yang diinformasikan oleh Customer Service di tahap cara pembatalan tiket kereta api yang ke-2, sobat tiket.

Kamu akan diberi pilihan untuk memilih cara refund tiket kereta menggunakan metode Transfer Bank atau tunai. Refund ini akan diberikan setelah 30×24 jam sejak pengurusan pembatalan tiket. Jangan lupa untuk membawa formulir yang telah divalidasi dan membawa bukti identitasmu. 

Ingat ya, sobat tiket, kalau formulir pembatalan tiket kereta api kamu hilang saat mengambil refund, kamu harus menyertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

4. Terima Refund

Setelah semua prosesnya selesai, kamu bisa menerima refund kamu deh, sobat tiket. 

Ini cara pembatalan tiket kereta api yang terakhir dan pastinya kamu tunggu-tunggu. Benar kan?

Setelah minimal 30 x 24 jam, saatnya kamu buat menerima refund tiket kereta api yang kamu kembalikan.

Perlu kamu catat nih, sobat tiket. Sama seperti saat kamu memesan tiket pesawat, saat melakukan pengajuan refund karena pembatalan tiket kereta api, jumlah refund yang kamu dapatkan pastinya tidak full 100% kembali. Kamu bisa melihat informasi selengkapnya di bawah ini ya, sobat tiket.

Syarat & Ketentuan Pembatalan Kereta Api
Syarat & Ketentuan Pembatalan Kereta Api

Nilai refund ditentukan sesuai dengan waktu pengajuan pembatalan tiket kereta api yang kamu ajukan. Biasanya, kamu akan mendapatkan pengembalian atau refund sebesar 75%. Sedangkan waktu untuk mengajukan permohonan pembatalan tiket kereta api adalah 30 menit sebelum keberangkatan. Jika tidak, maka refund akan dianggap hangus ya, sobat tiket.

Beli Tiket Kereta Api di tiket.com, Pasti Lebih Mudah!

Gimana, sobat tiket? Sekarang kamu sudah tahu kan, cara pembatalan dan refund tiket kereta api?

Selain informasi mengenai cara pembatalan tiket kereta api seperti di atas, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi lainnya, lho. Seperti Ketentuan Naik Kereta Api Bagi Ibu Hamil berikut ini nih, sobat tiket.

 

 

Baca juga:

Cara Naik Kereta Api Pertama Kali

Layanan Group Booking untuk Liburan Rame-Rame