,

Pandemi Global Virus Corona, Stay Safe dengan Informasi Lengkap Ini

Sejak laporan mengenai virus corona yang mulai muncul pada sekitar bulan Desember lalu muncul, penyebaran virus ini semakin luas dan jumlah orang yang terinfeksi juga semakin banyak. Bahkan WHO telah menetapkan ini sebagai kondisi pandemi global.

Kondisi ini memberikan pengaruh yang sangat besar ke banyak hal, dan salah satu yang paling besar merasakan dampaknya adalah travel. Saat ini sudah semakin banyak negara yang menetapkan status lockdown, alias penutupan akses masuk dan keluar dari suatu negara.

Apa Itu Virus Corona?

Virus corona pertama kali ditemukan pada bulan Desember 2019 lalu di Wuhan, China. Kemudian karena penyebarannya semakin luas, pada tanggal 12 Februari kemarin WHO mengumumkan nama resmi untuk virus ini secara spesifik menjadi COVID-19.

COVID-19 adalah singkatan dari Corona Virus Disease 2019. Tepatnya pada tanggal 11 Maret 2020, WHO mengumumkan bahwa COVID-19 ini bisa disimpulkan sebagai sebuah pandemi,  atau suatu wabah penyakit global.

Menurut Center for Disease Control (CDC), coronavirus adalah sejumlah jenis virus yang menyebabkan orang menjadi jatuh sakit. Virus ini juga bisa menjangkit hewan seperti unta, kucing, dan juga kelelawar.

COVID-19 merupakan bentuk baru dari keluarga coronavirus yang pertama kali ditemukan di tahun 2019 dan diketahui belum pernah ada di dalam tubuh manusia sebelumnya.

Penyakit yang sudah kita ketahui sebelumnya seperti MERS (Middle Eastern Respiratory Syndrome) dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) juga disebabkan oleh virus corona, dengan jenis yang berbeda.

Bagaimana Cara Penyebaran Virus Corona?

Virus yang menyebabkan perkembangan COVID-19 ini diperkirakan muncul dari binatang. Namun kini virus itu telah mulai menyebar dari satu orang ke orang lain. Virus ini diperkirakan menyebar secara utama melalui kontak jarak dekat (sekitar 1 meter).

Satu orang bisa ikut terinfeksi jika terkena tetesan dari batuk dan bersin yang dikeluarkan oleh orang yang sudah terinfeksi sebelumnya. Selain itu, orang juga bisa terinfeksi oleh COVID-19 dengan menyentuh suatu objek yang sebelumnya disentuh oleh orang yang terinfeksi, kemudian ia menyentuh mulut, hidung, atau bahkan mata. Tetapi menurut CDC, ini bukan cara penyebaran virus yang paling utama.

Seberapa mudah penyebaran dari virus corona ini? Jawabannya adalah sangat beragam tergantung dari kondisi masing-masing orang. Beberapa virus bisa menyebar dengan sangat cepat, sementara ada juga virus yang tidak mudah menyebar.

Faktor lain yang menyebabkan orang mudah terinfeksi virus ini adalah paparan secara konstan atau terus menerus tanpa henti. Artinya, jika satu orang selalu berdekatan atau menyentuh objek yang sudah terkontaminasi, maka orang itu bisa dengan mudah terinfeksi.

Apa Saja Gejala dari Virus Corona?

Menurut WHO, orang yang sudah terpapar dengan virus ini bisa dikenali dari beberapa gejala yang muncul. Ada beberapa tanda-tanda bahwa seseorang telah terinfeksi yang meliputi demam, batuk, sesak dan kesulitan bernafas.

Di beberapa kasus di mana orang sudah mulai mengalami gejala akut, virus ini dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernafasan akut yang cukup parah, gagal ginjal, hingga menyebabkan kematian.

Bagaimana Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona?

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi yang menyebutkan bahwa vaksin dari COVID-19 ini telah ditemukan. Meskipun begitu, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyebaran dari virus ini.

1. Melindungi Diri Sendiri

Hal yang pertama dan paling utama adalah dengan melindungi dirimu sendiri. Selalu ingat bahwa tanganmu merupakan salah satu instrumen penyebaran virus ini, jadi jagalah tangan agar tetap bersih.

Sering-seringlah mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik, terutama bagi kamu yang baru saja mengunjungi kawasan publik, membuang ingus, batuk, atau bersin.

Jika seandainya di dekatmu tidak tersedia air dan sabun, kamu bisa gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol setidaknya 60%. Bersihkan semua bagian permukaan tangan dan usapkan kedua tanganmu hingga cairan sanitizer itu mengering.

Selain itu kamu juga sangat disarankan untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan juga mulut dengan tangan yang belum dibersihkan.

Setelah menjaga kebersihan diri, kamu juga perlu menghindari kontak jarak dekat dengan orang sakit. Ambil jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain jika di tempatmu sudah mulai terjadi penyebaran virus corona. Hal ini dikenal dengan istilah social distancing.

2. Melindungi Orang di Sekitar

Bukan hanya diri sendiri saja yang harus kamu lindungi untuk mencegah penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas. Kita semua harus saling sadar bahwa kesehatan orang lain juga penting untuk menghentikan pandemi global ini.

Jika kamu merasa sakit, pastikan kamu beristirahat di rumah. Kurangi aktivitas yang mnengharuskanmu berada di luar rumah.

Kemudian kamu juga perlu menutup mulut dan hidung ketika kamu batuk atau bersin. Kamu bisa menggunakan tisu, atau jika kamu tidak bisa menemukan tisu di dekatmu, gunakan siku bagian dalam. Jangan menggunakan tanganmu.

Buang tisu di tempat sampah yang sudah kamu gunakan untuk menutup mulut dan hidung setelah bersin atau batuk. Setelah itu segeralah mencuci tanganmu dengan air dan sabun, atau menggunakan hand sanitizer.

Ketika kamu sakit dan harus berdekatan dengan orang lain, misalnya satu rumah atau dalam perjalanan menuju ke rumah sakit, selalu gunakan masker.

Lain halnya jika kamu tidak sakit, kamu tidak perlu menggunakan masker kecuali kamu sedang merawat orang sakit yang tidak bisa menggunakan masker (karena masalah pernafasan misalnya).

Satu lagi yang harus kamu perhatikan adalah dengan menjaga kebersihan benda-benda di sekitar dari kuman. Benda-benda itu meliputi meja, gagang pintu, saklar lampu, dan lain sebagainya.

Stay Safe dan Jaga Kesehatan Kita Semua

Di tengah pandemi global virus corona ini, kita semua harus tetap saling menjaga satu sama lain. Hindari segala kegiatan di luar rumah dan tetap jaga kesehatan dengan makanan sehat dan tidur yang cukup. Jika muncul gejala seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa mengikuti protokol kesehatan yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia. Tidak perlu panik, namun tetap waspada. Stay safe, sobat tiket semua!

 

 

Baca Juga:

Ayo Cari Tahu Arti dan Pentingnya Social Distancing saat Pandemi Virus Corona

Tips Tetap Sehat, Ayo Minimalisir Penyebaran Virus Corona

Mitos Virus Corona, Advis Penting yang Harus Kita Ketahui