,

Info Penting Virus Corona: Kebijakan Penerbangan & Wisata ke/dari Cina

Untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus novel corona (2019-nCOv) yang berasal dari Wuhan di Daratan Cina, Bandar Udara Internasional Tianhe (WUH) di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina telah ditutup setelah pemerintah Cina memutuskan untuk menutup transportasi ke/dari Wuhan.

Sementara itu, bandara di kota-kota Cina lainnya masih beroperasi, meskipun ada kemungkinan penangguhan penerbangan berdasarkan kebijakan maskapai atau negara yang bersangkutan.

Status Penerbangan

Karena situasi ini, ada beberapa penanganan khusus bagi penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan dengan rute ke/dari Wuhan, Daratan Cina, dan kota-kota lain yang terkena dampak wabah. Berikut beberapa ketentuan penerbangan yang berlaku:

  • Jika kamu bepergian ke/dari Wuhan: penerbangan dibatalkan hingga pemberitahuan lebih lanjut. Pengembalian dana (refund) penuh tersedia, silakan lihat langkah-langkah tentang cara refund melalui aplikasi tiket.com.
  • Jika kamu bepergian ke/dari rute Daratan Cina: semua penerbangan dari Indonesia dibatalkan karena larangan perjalanan dari pemerintah Indonesia yang berlaku mulai 5 Februari 2020.
  • Jika kamu bepergian ke/dari rute Daratan Cina: penerbangan lain mungkin masih beroperasi kecuali ada pemberitahuan lebih lanjut dari maskapai. Namun, jika kamu ingin mengajukan refund atau reschedule penerbangan, silakan lihat syarat dan ketentuan masing-masing maskapai.
  • Jika kamu telah memesan hotel di Daratan Cina: kamu dapat mengajukan refund melalui aplikasi tiket.com, hanya jika pemesanan hotel kamu refundable atau dapat dikembalikan berdasarkan kebijakan hotel.

Refund dan Reschedule

Jika penerbangan kamu terkena dampak larangan perjalanan saat ini, kamu bisa mengajukan refund atau reschedule. Syarat dan ketentuan yang berlaku mengacu pada kebijakan masing-masing maskapai, oleh karena itu disarankan untuk mengecek terlebih dahulu apakah refund penuh tersedia atau ada biaya untuk melakukan reschedule

Untuk mendapatkan refund, login ke akun tiket.com kamu dan buka menu My Order. Pilih penerbangan ke Wuhan atau kota-kota Cina lainnya dan klik opsi Refund. Pilih atau isi alasan dengan Force Majeure atau Wabah Virus Corona.

Untuk reschedule, pastikan bahwa tanggal perjalanan kamu memenuhi kebijakan maskapai. Login ke akun tiket.com dan buka menu My Order. Pilih penerbangan yang ingin kamu reschedule dan ikuti langkah-langkahnya. Pastikan kembali detail penerbangan kemudian lanjut ke pembayaran.

Panduan dan Kebijakan Penerbangan dari Maskapai

Baca panduan penanganan tiket pesawat untuk wabah virus corona di Wuhan dan kota-kota Daratan Cina lainnya di bawah ini. Kebijakan yang tertulis dapat berubah berdasarkan syarat dan ketentuan maskapai. Pastikan untuk mengecek kembali sebelum menyelesaikan perubahan.

  • Air China (CA)

Air China akan memberikan refund penuh dan reschedule gratis untuk penerbangan dari/ke Wuhan dengan dua ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum/pada 31 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: 1 Januari – 29 Maret 2020

Untuk rute lainnya, kamu bisa menghubungi Layanan Pelanggan tiket.com melalui email ([email protected]), Whatsapp (0804 1500 878), atau Call Center (+6221 3937 0888).

  • China Airlines (CI)

China Airlines telah membuat pengaturan khusus untuk penerbangan dari/ke/melalui China dan Hong Kong. Refund tersedia untuk tiket yang tidak digunakan dengan menghubungi layanan pelanggan jika memenuhi persyaratan berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum/pada 27 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Hingga 31 Maret 2020

Untuk reschedule, biaya perubahan tidak akan dibebankan, namun perbedaan tarif/pajak tiket harus dibayar oleh penumpang. Silakan merujuk ke halaman Kebijakan Perjalanan China Airlines untuk info lebih lanjut.

  • China Southern Airlines (CZ)

China Southern Airlines akan memberikan 100% refund untuk tiket penerbangan ke semua tujuan (termasuk Wuhan) dan reschedule gratis dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket ke Wuhan: Sebelum 31 Januari 2020
  2. Periode perjalanan ke Wuhan: 1 Januari – 29 Maret 2020
  3. Periode pemesanan tiket ke semua tujuan: Sebelum 27 Januari 2020
  4. Periode perjalanan ke semua tujuan: 24 Januari – 29 Maret 2020

Silakan hubungi Layanan Pelanggan tiket.com melalui email ([email protected]), Whatsapp (0804 1500 878), atau Call Center (+6221 3937 0888) untuk informasi lebih lanjut tentang proses reschedule.

  • China Eastern Airlines (MU)

China Eastern Airlines menyediakan refund penuh untuk penerbangan dengan tujuan ke Daratan Cina apabila pemegang tiket memenuhi ketentuan khusus sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum/pada 27 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Pada/setelah 1 Januari 2020

Untuk melakukan reschedule, kamu bisa menghubungi Layanan Pelanggan tiket.com melalui email ([email protected]), Whatsapp (0804 1500 878), atau Call Center (+6221 3937 0888). Cek info perjalanan dari China Eastern Airlines untuk penjelasan lainnya.

  • Asiana Airlines (OZ)

Pemegang tiket berhak mendapatkan refund penuh dengan tujuan penerbangan dari/ke/melalui Daratan Cina, Taiwan, dan Hong Kong dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum 27 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: 24 Januari – 31 Maret 2020

Penumpang juga akan dibebaskan dari biaya perubahan untuk reschedule, namun perbedaan tarif yang mungkin terjadi akan dibayar oleh penumpang. Baca panduan penanganan tiket dari Asiana Airlines untuk informasi lebih lanjut.

  • Eva Air (BR)

Refund penuh dan reschedule gratis tersedia untuk penumpang Eva Air dengan tiket penerbangan dari/ke Daratan Cina, Hong Kong, dan Macau jika memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum 27 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Hingga 29 Februari 2020
  • Xiamen Airlines (MF)

Xiamen Airlines menawarkan refund penuh untuk penumpang dengan tiket ke semua tujuan termasuk Wuhan, dengan dua ketentuan berikut:

  1. Periode pemesanan tiket untuk refund: Sebelum 24 atau 28 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Pada/setelah 24 atau 28 Januari 2020 hingga pemberitahuan lebih lanjut

Sedangkan refund dan reschedule gratis hanya tersedia untuk tiket penerbangan ke Wuhan dengan peraturan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket untuk refund dan reschedule: Sebelum / pada 21 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Antara 1 Januari – 29 Maret 2020
  • Singapore Airlines (SQ)

Pemerintah Singapura telah mengambil langkah-langkah untuk lebih membatasi risiko penyebaran virus corona di Singapura. Dengan demikian, penumpang Singapore Airlines yang memiliki tiket penerbangan ke rute Daratan Cina, Hong Kong, dan Macau berhak mendapatkan refund penuh. Reschedule akan dibebaskan untuk biaya perubahan jika memenuhi ketentuan di bawah ini:

  1. Periode pemesanan tiket: Pada/sebelum 3 Februari 2020
  2. Periode perjalanan: 24 Januari – 29 Februari 2020

Kamu juga bisa mengecek halaman kebijakan Singapore Airlines atas situasi wabah virus corona untuk info lebih lanjut.

  • Thai Airways (TG)

Thai Airways akan menyediakan reschedule gratis untuk penerbangan ke rute Daratan Cina hanya untuk tiket yang tidak digunakan, jika memenuhi peraturan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum 28 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Antara 24 Januari – 29 Februari 2020

Jika kamu ingin mengajukan refund, hubungi Layanan Pelanggan tiket.com melalui email ([email protected]), Whatsapp (0804 1500 878), atau Call Center (+6221 3937 0888).

  • Cathay Pacific (CX)

Bagi yang memiliki tiket penerbangan dari/ke Wuhan dan rute Daratan Cina lainnya, penumpang berhak atas refund penuh dan gratis biaya perubahan untuk reschedule. Hal ini berlaku hanya jika kamu memenuhi ketentuan berikut ini:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum 28 Januari 2020 untuk penerbangan ke rute Daratan Cina atau sebelum 21 Januari 2020 untuk penerbangan ke Wuhan
  2. Periode perjalanan: 28 Januari – 31 Maret 2020 untuk penerbangan ke rute Daratan Cina atau antara 21 Januari – 31 Maret 2020 untuk penerbangan ke Wuhan

Jangan lupa untuk mengecek panduan penanganan tiket khusus untuk penumpang ke Daratan Cina dan panduan penanganan tiket khusus ke Wuhan untuk info lebih lanjut dari maskapai.

Jika penumpang memiliki tiket penerbangan dari/ke/melalui Hong Kong, refund tidak tersedia tetapi biaya perubahan akan dihapuskan untuk reschedule. Layanan ini hanya berlaku untuk periode pemesanan tiket sebelum/pada 1 Februari 2020 dengan periode perjalanan antara 1 – 29 Februari 2020. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

  • Malaysia Airlines (MH)

Dengan dampak dari wabah virus corona, penumpang Malaysia Airlines dari/ke rute Daratan Cina diizinkan untuk melakukan pembatalan dan mendapatkan refund penuh atau reschedule satu kali tanpa biaya perubahan, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum/pada 24 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: 28 Januari – 29 Februari 2020

Periksa juga kebijakan perjalanan dari Malaysia Airlines untuk informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan refund atau reschedule.

  • Philippine Airlines (PR)

Philippine Airlines akan memberikan refund penuh dan gratis biaya perubahan untuk reschedule. Jika kamu memiliki tiket penerbangan ke rute Daratan Cina, Hong Kong, dan Macau, kamu berhak atas penanganan khusus sesuai dengan ketentuan yang tertulis di bawah ini:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum 24 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: 24 Januari – 29 Februari 2020
  • Hong Kong Airlines (HX)

Hong Kong Airlines membatalkan penerbangan rute Daratan Cina karena wabah virus corona. Untuk penumpang dari/ke kota-kota Cina lainnya, pemegang tiket berhak atas refund penuh jika memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum/pada 28 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: 28 Januari – 31 Maret 2020

Namun, opsi reschedule tidak tersedia untuk penerbangan dengan rute ke Daratan Cina. Untuk info lebih lanjut, kamu juga bisa membaca halaman pengaturan khusus untuk tiket penerbangan dengan Hong Kong Airlines.

  • Garuda Indonesia (GA)

Larangan perjalanan dari pemerintah Indonesia akan membatalkan semua penerbangan Garuda Indonesia ke rute Daratan Cina dan Hong Kong. Penumpang berhak atas refund penuh dan gratis biaya perubahan untuk reschedule hingga 31 Maret 2020 jika memenuhi peraturan berikut ini:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum / pada 3 Februari 2020
  2. Periode perjalanan: 24 Januari – 29 Maret 2020

Pemesanan Hotel

Jika kamu telah memesan hotel di Wuhan atau kota-kota di Daratan Cina lainnya dan ingin meminta refund, silakan merujuk ke halaman Hotel Refund untuk melihat cara mengajukan refund. Ketersediaan opsi refund adalah sesuai dengan kebijakan pembatalan masing-masing hotel.

Kamu juga bisa menghubungi Layanan Pelanggan tiket.com melalui email ([email protected]), Whatsapp (0804 1500 878), atau Call Center (+6221 3937 0888) jika memiliki pertanyaan lain mengenai situasi wabah virus corona ini.