,

Info Penting Virus Corona: Karantina Wilayah & Kebijakan Penerbangan ke Semua Destinasi

Terakhir diperbaharui: 30/03/2020

  • Kebijakan maskapai telah diperbaharui
  • Info terbaru tentang kebijakan perjalanan dan penangguhan penerbangan 
  • Daftar negara yang menerapkan karantina wilayah

Wabah virus novel corona (COVID-19) yang berasal dari Cina dan telah menyebar ke lebih dari 100 negara, kini dikategorikan sebagai pandemi global. Beberapa negara sudah menerapkan karantina wilayah (lockdown), menutup perbatasan, dan menerapkan larangan/imbauan perjalanan.

Meskipun banyak bandara-bandara lainnya yang masih beroperasi, ada kemungkinan penangguhan penerbangan berdasarkan kebijakan maskapai atau negara yang bersangkutan. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui update tentang situasi terbaru.

Daftar Negara yang Menerapkan Karantina Wilayah

Untuk mencegah virus corona terus menyebar, beberapa negara menutup akses ke/dari wilayahnya atau menerapkan pembatasan perjalanan bagi pengunjung dari negara tertentu.

Lockdown atau karantina wilayah dapat merujuk pada apa saja mulai dari karantina geografis hingga rekomendasi untuk tinggal di rumah, penutupan jenis bisnis tertentu, atau larangan acara dan pertemuan. Berikut daftar negara yang memiliki pembatasan/larangan perjalanan:

  1. Amerika Serikat memperluas pembatasan perjalanan ke/dari Cina, Iran, Uni Eropa, Inggris, dan Irlandia untuk mengurangi wabah virus corona dan kerusakan ekonomi.
  2. Australia telah menutup perbatasannya pada semua pengunjung dan non warga negara Australia ke negaranya mulai 20 Maret. Sementara itu untuk warga negaranya, karantina mandiri 14 hari diwajibkan untuk mereka yang baru datang dari luar negeri.
  3. Cina Daratan menerapkan batasan perjalanan, bagi orang yang memasuki wilayah diwajibkan untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.
  4. El Salvador telah memberlakukan karantina nasional dan melarang pengunjung asing datang ke negaranya, meskipun sejauh ini tidak ada kasus positif yang dikonfirmasi.
  5. Ghana telah melarang masuknya semua pendatang, kecuali warga negara dan penduduk tetap, yang mengunjungi negara-negara yang terkena dampak dalam 14 hari terakhir mulai 17 Maret. Akan ada karantina mandiri bagi siapa pun yang memasuki negara. ini.
  6. Hong Kong mewajibkan semua orang yang memasuki wilayahnya melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Kebijakan ini berlaku mulai 19 Maret.
  7. India memberlakukan lockdown nasional selama tiga minggu atau tepat 21 hari yang dimulai dari tanggal 24 Maret. Layanan penting termasuk bahan makanan, apotek, dan layanan medis akan tetap diizinkan untuk beroperasi selama periode lockdown, dengan otoritas setempat diminta untuk memfasilitasi pengiriman ke rumah.
  8. Indonesia melarang penerbangan dan pendatang ke/dari Daratan Cina dan menangguhkan bebas visa, visa diplomatik/dinas, dan visa saat kedatangan selama 1 bulan. Untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Indonesia, mereka harus mengajukan visa ke Kedutaan Indonesia dan menyertakan surat kesehatan. Selain itu, Indonesia juga melarang masuk pengunjung yang dalam 14 hari terakhir mengunjungi Iran, Italia, Holy See, Spanyol, Perancis, Jerman, Swiss, dan Inggris.
  9. Inggris menyarankan pembatalan perjalanan (kecuali perjalanan penting) ke Eropa, Asia, Amerika Selatan, Afrika, Amerika Tengah dan Karibia, Amerika Utara, dan perjalanan dengan kapal pesiar.
  10. Jepang melarang masuk semua pendatang dengan paspor Cina yang dikeluarkan oleh provinsi Hubei dan Zhejiang, serta mereka yang telah mengunjungi daerah yang terkena dampak di Cina, Korea Selatan, Iran atau negara-negara Eropa seperti Andorra, Austria, Belgia, Denmark, Estonia, Perancis, Jerman, Islandia, Irlandia, Italia, Liechtenstein, Luxembourg, Malta, Monaco, Belanda, Norwegia, Portugal, San Marino, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Vatican dalam 14 hari terakhir. Selain itu, kebijakan bebas visa dan visa kunjungan untuk sejumlah negara (termasuk Indonesia) juga dibatalkan hingga akhir April. Namun kebijakan ini tidak berlaku bagi WNI yang berstatus menetap di Jepang, mereka hanya akan dikenakan prosedur karantina mandiri selama 14 hari.
  11. Kamboja telah mengumumkan penangguhan 30 hari bagi orang asing yang memasuki wilayahnya dari negara-negara berikut: Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Italia, dan Spanyol.
  12. Kanada menutup perbatasannya kepada siapa pun kecuali warga negara, penduduk tetap, dan warga negara Amerika Serikat. Pemerintah juga menyarankan agar perjalanan tidak penting dan pertemuan besar dibatalkan.
  13. Kenya menutup sekolah dan memberlakukan larangan perjalanan non-essential ke Kenya kepada semua travelers.
  14. Korea Selatan telah membatasi masuknya pendatang dengan paspor dari Provinsi Hubei, Cina serta siapa pun yang telah mengunjungi wilayah itu dalam 14 hari terakhir. Izin masuk bebas visa ke Pulau Jeju untuk semua orang asing, dan juga bebas visa bagi warga negara Tiongkok dan wisatawan yang menuju Tiongkok ditangguhkan.
  15. Korea Utara melarang pengunjung memasuki wilayahnya dan memberlakukan karantina wilayah secara nasional.
  16. Malaysia melarang perjalanan ke luar negeri, menutup sekolah dan bisnis hingga 31 Maret. Semua tempat ibadah dan tempat usaha harus tutup kecuali supermarket, pasar, minimarket, dan toko-toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Jika kamu telah memesan hotel atau tiket pesawat ke Malaysia, klik di sini untuk info lebih lanjut.
  17. Maroko telah memutuskan untuk menangguhkan semua perjalanan internasional ke/dari wilayahnya hingga pemberitahuan lebih lanjut.
  18. Myanmar membatasi masuknya pendatang asing yang dalam 14 hari terakhir mengunjungi Provinsi Hubei di Cina atau wilayah Daegu dan Gyeongbuk di Korea Selatan. Warga negara Myanmar yang baru kembali dari daerah itu akan dikarantina di rumah sakit umum selama 14 hari.
  19. Nepal menyarankan semua warga negara asing yang memasuki Nepal untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari sejak tanggal kedatangan mereka. Kebijakan ini akan berlangsung hingga 30 April.
  20. Norwegia menutup pelabuhan dan bandara mulai dari 16 Maret, namun perbatasan dengan Swedia tetap terbuka.
  21. Peru telah menerapkan penutupan perbatasan dan mengumumkan penangguhan penerbangan komersil ke/dari Peru, termasuk melalui darat dan laut mulai dari 16 Maret 2020.
  22. Puerto Rico memberlakukan jam malam dan menutup sebagian besar kegiatan bisnis.
  23. Rusia menutup perbatasan wilayahnya setidaknya selama 6 minggu hingga bulan Mei. Larangan ini tidak memengaruhi warga negara, diplomat, kru, penumpang transit, atau warga asing dengan hak tinggal.
  24. San Francisco mengkarantina wilayahnya selama tiga minggu untuk mengurangi penyebaran virus corona. Penduduk hanya dapat keluar rumah untuk pergi ke dokter atau berbelanja bahan makanan.
  25. Selandia Baru larang masuk pendatang dari luar negeri mulai tanggal 20 Maret. Penutupan perbatasan ini dilakukan untuk mencegah wabah corona. Kebijakan ini tidak berlaku untuk warga negara, penduduk tetap, dan/atau anggota keluarga.
  26. Singapura menerapkan larangan masuk/transit untuk semua pendatang dari semua negara ke negaranya mulai tanggal 23 Maret jam 23.59 malam. Sementara itu, pemegang izin kerja, termasuk tanggungannya, yang diizinkan untuk masuk/kembali hanya mereka yang menyediakan layanan penting seperti kesehatan dan transportasi. Adapun warga negara, penduduk tetap, dan pemegang paspor jangka panjang yang kembali ke Singapura akan diberikan pemberitahuan untuk tinggal di rumah selama 14 hari dengan menyertakan formulir deklarasi kesehatan saat kedatangan. Untuk mereka yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris, akan difasilitasi hotel dan penjemputan untuk proses isolasi 14 hari.
  27. Turki telah menangguhkan semua penerbangan ke/dari Austria, Azerbaijan, Belgia, Cina, Denmark, Prancis, Jerman, Iran, Irak, Italia, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, dan Korea Selatan. Wisatawan asing dari negara-negara tersebut juga dilarang memasuki wilayah Turki.
  28. Uni Eropa (termasuk Italia, Jerman, Perancis, Denmark, Spanyol, Belanda, Irlandia, Polandia, Republik Ceko, dan negara-negara anggota Uni Eropa lainnya) pada tanggal 16 Maret melarang perjalanan yang tidak penting dan menutup perbatasan ke wilayahnya setidaknya untuk 30 hari.
  29. Vietnam menolak pengunjung dari area Schengen dan Inggris mulai 15 Maret dan sampai waktu yang belum ditentukan.
  30. Wuhan saat ini masih dalam status lockdown.

Status Penerbangan

Ada beberapa penanganan khusus bagi penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan ke/dari kota-kota yang terkena dampak wabah. Silakan mengacu pada ketentuan masing-masing maskapai yang bisa dilihat di sini atau sesuai dengan keterangan berikut:

  • Jika kamu bepergian ke/dari Wuhan: penerbangan dibatalkan hingga pemberitahuan lebih lanjut. Pengembalian dana (refund) penuh tersedia, lihat langkah-langkah tentang cara refund melalui aplikasi tiket.com.
  • Jika kamu bepergian ke/dari rute Daratan Cina: semua penerbangan dari Indonesia dibatalkan karena larangan perjalanan dari pemerintah Indonesia yang berlaku mulai 5 Februari 2020.
  • Jika kamu bepergian ke/dari rute Daratan Cina: penerbangan lain mungkin masih beroperasi kecuali ada pemberitahuan lebih lanjut dari maskapai. Namun, jika kamu ingin mengajukan refund atau reschedule penerbangan, silakan lihat syarat dan ketentuan masing-masing maskapai.
  • Jika kamu bepergian ke/dari tujuan lain yang menerapkan pembatasan perjalanan/ karantina wilayah: lihat kebijakan masing-masing maskapai dan pembatasan perjalanan dari negara tujuan karena setiap negara mungkin memiliki kebijakan yang berbeda.
  • Jika kamu telah memesan hotel di destinasi yang terkena dampak wabah: kamu dapat mengajukan refund melalui aplikasi tiket.com, hanya jika pemesanan hotel kamu refundable atau dapat dikembalikan berdasarkan kebijakan hotel.

Refund dan Reschedule

Jika penerbangan kamu terkena dampak larangan perjalanan saat ini, kamu bisa mengajukan refund atau reschedule. Syarat dan ketentuan yang berlaku mengacu pada kebijakan masing-masing maskapai. Cek terlebih dahulu apakah refund penuh tersedia atau ada biaya untuk melakukan reschedule.

Untuk mendapatkan refund, login ke akun tiket.com kamu dan buka menu My Order. Pilih penerbangan ke destinasi yang terkena dampak wabah atau larangan perjalanan, kemudian klik opsi Refund. Pilih alasan dengan Force Majeure. Baca informasi lengkap tentang pengajuan refund di sini.

Untuk reschedule, pastikan bahwa tanggal perjalanan kamu memenuhi kebijakan maskapai. Login ke akun tiket.com dan buka menu My Order. Pilih penerbangan yang ingin kamu reschedule dan ikuti langkah-langkahnya. Pastikan kembali detail penerbangan kemudian lanjut ke pembayaran. Untuk informasi yang lebih lengkap, klik di sini.

Panduan dan Kebijakan Penerbangan dari Maskapai

Baca panduan penanganan tiket pesawat ke kota-kota yang terkena dampak pandemi di bawah ini. Kebijakan yang tertulis dapat berubah berdasarkan syarat dan ketentuan maskapai. Pastikan untuk mengecek kembali sebelum menyelesaikan perubahan.

  • Air China (CA)

Air China akan memberikan refund penuh dan reschedule gratis untuk penerbangan dari/ke Wuhan dengan dua ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum/pada 31 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: 1 Januari – 29 Maret 2020

Untuk rute lainnya, kamu bisa menghubungi Layanan Pelanggan tiket.com melalui email ([email protected]), Whatsapp (0804 1500 878), atau Call Center (+6221 3937 0888).

  • China Airlines (CI)

China Airlines telah membuat pengaturan khusus untuk penerbangan dari/ke/melalui China dan Hong Kong. Refund tersedia untuk tiket yang tidak digunakan dengan menghubungi layanan pelanggan jika memenuhi persyaratan berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum/pada 27 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Hingga 31 Maret 2020

Untuk reschedule, biaya perubahan tidak akan dibebankan, namun perbedaan tarif/pajak tiket harus dibayar oleh penumpang. Silakan merujuk ke halaman Kebijakan Perjalanan China Airlines untuk info lebih lanjut.

  • China Southern Airlines (CZ)

China Southern Airlines akan memberikan 100% refund untuk tiket penerbangan ke semua tujuan (termasuk Wuhan) dan reschedule gratis dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket ke Wuhan: Sebelum 31 Januari 2020
  2. Periode perjalanan ke Wuhan: 1 Januari – 29 Maret 2020
  3. Periode pemesanan tiket ke semua tujuan: Sebelum 27 Januari 2020
  4. Periode perjalanan ke semua tujuan: 24 Januari – 29 Maret 2020

Silakan hubungi Layanan Pelanggan tiket.com melalui email ([email protected]), Whatsapp (0804 1500 878), atau Call Center (+6221 3937 0888) untuk informasi lebih lanjut tentang proses reschedule.

  • China Eastern Airlines (MU)

China Eastern Airlines menyediakan refund penuh untuk penerbangan dengan tujuan ke Daratan Cina apabila pemegang tiket memenuhi ketentuan khusus sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum/pada 27 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Pada/setelah 1 Januari 2020

Untuk melakukan reschedule, kamu bisa menghubungi Layanan Pelanggan tiket.com melalui email ([email protected]), Whatsapp (0804 1500 878), atau Call Center (+6221 3937 0888). Cek info perjalanan dari China Eastern Airlines untuk penjelasan lainnya.

  • Asiana Airlines (OZ)

Pemegang tiket berhak mendapatkan refund penuh dengan tujuan penerbangan dari/ke/melalui Daratan Cina, Taiwan, dan Hong Kong dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum 27 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: 24 Januari – 31 Maret 2020

Penumpang juga akan dibebaskan dari biaya perubahan untuk reschedule, namun perbedaan tarif yang mungkin terjadi akan dibayar oleh penumpang. Baca panduan penanganan tiket dari Asiana Airlines untuk informasi lebih lanjut.

  • Eva Air (BR)

Refund penuh dan reschedule gratis tersedia untuk penumpang Eva Air dengan tiket penerbangan dari/ke Daratan Cina, Hong Kong, dan Macau jika memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum 27 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Hingga 29 Februari 2020
  • Xiamen Airlines (MF)

Xiamen Airlines menawarkan refund penuh untuk penumpang dengan tiket ke semua tujuan termasuk Wuhan, dengan dua ketentuan berikut:

  1. Periode pemesanan tiket untuk refund: Sebelum 24 atau 28 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Pada/setelah 24 atau 28 Januari 2020 hingga pemberitahuan lebih lanjut

Sedangkan refund dan reschedule gratis hanya tersedia untuk tiket penerbangan ke Wuhan dengan peraturan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket untuk refund dan reschedule: Sebelum / pada 21 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Antara 1 Januari – 29 Maret 2020
  • Singapore Airlines (SQ)

Pemerintah Singapura telah mengambil langkah-langkah untuk lebih membatasi risiko penyebaran virus corona di Singapura. Dengan demikian, penumpang Singapore Airlines yang memiliki tiket penerbangan ke rute Daratan Cina, Hong Kong, dan Macau berhak mendapatkan refund penuh. Reschedule akan dibebaskan untuk biaya perubahan jika memenuhi ketentuan di bawah ini:

  1. Periode pemesanan tiket: Pada/sebelum 3 Februari 2020
  2. Periode perjalanan: 24 Januari – 29 Februari 2020

Kamu juga bisa mengecek halaman kebijakan Singapore Airlines atas situasi wabah virus corona untuk info lebih lanjut.

  • Thai Airways (TG)

Thai Airways akan menyediakan reschedule gratis untuk penerbangan ke rute Daratan Cina hanya untuk tiket yang tidak digunakan, jika memenuhi peraturan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum 28 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: Antara 24 Januari – 29 Februari 2020

Jika kamu ingin mengajukan refund, hubungi Layanan Pelanggan tiket.com melalui email ([email protected]), Whatsapp (0804 1500 878), atau Call Center (+6221 3937 0888).

  • Cathay Pacific (CX)

Bagi yang memiliki tiket penerbangan dari/ke Wuhan dan rute Daratan Cina lainnya, penumpang berhak atas refund penuh dan gratis biaya perubahan untuk reschedule. Hal ini berlaku hanya jika kamu memenuhi ketentuan berikut ini:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum 28 Januari 2020 untuk penerbangan ke rute Daratan Cina atau sebelum 21 Januari 2020 untuk penerbangan ke Wuhan
  2. Periode perjalanan: 28 Januari – 31 Maret 2020 untuk penerbangan ke rute Daratan Cina atau antara 21 Januari – 31 Maret 2020 untuk penerbangan ke Wuhan

Jangan lupa untuk mengecek panduan penanganan tiket khusus untuk penumpang ke Daratan Cina dan panduan penanganan tiket khusus ke Wuhan untuk info lebih lanjut dari maskapai.

Jika penumpang memiliki tiket penerbangan dari/ke/melalui Hong Kong, refund tidak tersedia tetapi biaya perubahan akan dihapuskan untuk reschedule. Layanan ini hanya berlaku untuk periode pemesanan tiket sebelum/pada 1 Februari 2020 dengan periode perjalanan antara 1 – 29 Februari 2020. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

  • Malaysia Airlines (MH)

Dengan dampak dari wabah virus corona, penumpang Malaysia Airlines dari/ke rute Daratan Cina diizinkan untuk melakukan pembatalan dan mendapatkan refund penuh atau reschedule satu kali tanpa biaya perubahan, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum/pada 24 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: 28 Januari – 29 Februari 2020

Periksa juga kebijakan perjalanan dari Malaysia Airlines untuk informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan refund atau reschedule.

  • Philippine Airlines (PR)

Philippine Airlines akan memberikan refund penuh dan gratis biaya perubahan untuk reschedule. Jika kamu memiliki tiket penerbangan ke rute Daratan Cina, Hong Kong, dan Macau, kamu berhak atas penanganan khusus sesuai dengan ketentuan yang tertulis di bawah ini:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum 24 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: 24 Januari – 29 Februari 2020
  • Hong Kong Airlines (HX)

Hong Kong Airlines membatalkan penerbangan rute Daratan Cina karena wabah virus corona. Untuk penumpang dari/ke kota-kota Cina lainnya, pemegang tiket berhak atas refund penuh jika memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum/pada 28 Januari 2020
  2. Periode perjalanan: 28 Januari – 31 Maret 2020

Namun, opsi reschedule tidak tersedia untuk penerbangan dengan rute ke Daratan Cina. Untuk info lebih lanjut, kamu juga bisa membaca halaman pengaturan khusus untuk tiket penerbangan dengan Hong Kong Airlines.

  • Garuda Indonesia (GA)

Larangan perjalanan dari pemerintah Indonesia akan membatalkan semua penerbangan Garuda Indonesia ke rute Daratan Cina dan Hong Kong. Penumpang berhak atas refund penuh dan gratis biaya perubahan untuk reschedule hingga 31 Maret 2020 jika memenuhi peraturan berikut ini:

  1. Periode pemesanan tiket: Sebelum / pada 3 Februari 2020
  2. Periode perjalanan: 24 Januari – 29 Maret 2020

Pemesanan Hotel

Jika kamu telah memesan hotel di Daratan Cina atau kota-kota yang terkena dampak wabah dan ingin refund, silakan mengacu ke halaman pusat bantuan untuk Refund Hotel dan ikuti cara-caranya. Ketersediaan opsi refund sesuai dengan kebijakan pembatalan masing-masing hotel.

Kamu juga bisa menghubungi Layanan Pelanggan tiket.com melalui email ([email protected]), Whatsapp (0804 1500 878), atau Call Center (+6221 3937 0888) jika memiliki pertanyaan lain mengenai situasi wabah virus corona ini.