,

Lelah saat Liburan? Saatnya Coba 5 Onsen Terbaik di Jepang!

Jepang dengan segala suguhan wisata mulai dari belanja, budaya, hingga kuliner memang membuat wisatawan lokal maupun internasional tidak berhenti ingin menjelajahi negeri sakura ini. Usai menikmati suguhan wisata yang menawan, kamu bisa melepaskan lelah dengan berendam air panas di onsen. Apa saja onsen yang menarik? Simak ya!

Berendam di Air Panas Alami

Di Jepang ada budaya berendam di air panas alami yang keluar dari perut bumi, tempatnya dikenal dengan sebutan onsen. Sumber air panas onsen bisa dari magma yang berasal dari dasar gunung berapi atau air panas yang bukan dari gunung berapi. Penginapan di Jepang yang menyediakan onsen disebut onsen yado.

Sebelum memasuki onsen sangat disarankan untuk membersihkan diri dengan sabun terlebih dahulu. Hal ini adalah etika di Jepang yang sebaiknya kamu patuhi agar tetap nyaman selama liburan. Agar tidak salah tingkah, berikut ini adalah beberapa onsen terbaik di Jepang. Sobat tiket mau coba yang mana, nih?

1. Kusatsu Onsen

Sebuah kota di Jepang yang terkenal dengan banyaknya pemandian air panas atau onsen adalah Kusatsu. Terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, kawasan ini bisa mencapai suhu -14 derajat celcius pada musim dingin. Sangat cocok menghangatkan diri di onsen saat musim dingin, ya!

Air panas sebanyak sekitar 34.000 liter per menit mengalir dari sekitar 100 mata air panas yang ada di Kusatsu. Masyarakat banyak memanfaatkan potensi alam ini sebagai mata pencahariaan. Air yang mengandung asam dan belerang tinggi dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab beberapa penyakit.

Tidak heran jika beberapa orang berendam di Kusatsu agar sembuh sambil melepaskan lelah. Salah satu mata air yang terbesar dan terkenal di Kusatsu adalah Yubatake. Air mengalir dari batu yang kemudian ditampung dalam kotak-kotak kayu besar. Hal ini untuk menurunkan suhu karena bisa mencapai 70 derajat celcius.

Beberapa onsen menyuguhkan pengalaman berbeda bagi pengunjungnya. Interior yang menawan, suhu air yang sangat panas, hingga suguhan pemandangan alam yang menakjubkan. Saat mencoba onsen di Kusatsu, cobalah untuk menginap dan rasakan kesejukan dataran tinggi. Ayo pesan akomodasi di tiket.com sekarang.

Lokasi: Kusatsu, Agatsuma District, Gunma

2. Nyuto Onsen

Terletak di Taman Nasional Towada-Hachimantai, terdapat tujuh mata air yang berbeda di Nyuto Onsen. Pemandangan tumpukan salju saat musim dingin, menemani sobat tiket berendam di onsen ini. Kehangatan air berpadu dengan keindahan lanskap salju yang menawan melengkapi agenda liburan sobat tiket di Jepang.

Salah satu mata air adalah Tsuru-no-yu Onsen yang beroperasi sejak zaman Edo sampai sekarang masih digunakan. Sumber air lain yaitu Kuroyu Onsen dan Magoroku Onsen dijuluki sebagai mata air obat dari gunung. Mata air ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Sobat tiket bisa menggunakan JR Akita Shinkansen Line ke Stasiun Tazawako untuk ke Nyuto Onsen. Selanjutnya, gunakan bus Ugo Kotsu untuk sampai di Nyuto Onsen. Jika memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi, berhati-hatilah saat musim dingin karena salju licin bisa membahayakan perjalanan kamu.

Lokasi: Semboku, Prefektur Akita

3. Hakone Onsen

Tertarik dengan Gunung Fuji? Di Hakone kamu bisa menikmati keindahan Gunung Fuji dari dekat. Hakone adalah lokasi paling dekat untuk menikmati pemandangan Gunung Fuji. Berada di barat kota Tokyo, Hakone memiliki onsen yang tidak kalah menarik dibandingkan daerah lain di Jepang.

Perjalanan dari Tokyo menuju Hakone bisa kamu lalui menggunakan kereta dan berhenti di Hakone Yumoto. Di sekitar stasiun terdapat toko oleh-oleh dan pusat informasi wisata yang bisa kamu manfaatkan untuk lebih mengenal Hakone. Cuaca yang sejuk dan pepohonan asri menemani liburan sobat tiket selama di Hakone.

Lokasinya yang dekat dengan Tokyo, membuat Hakone sering dikunjungi wisatawan karena hanya ditempuh selama satu jam menggunakan kereta. Kebanyakan onsen  Hakone berada di dalam penginapan tradisional Jepang atau ryokan. Menikmati kehangatan onsen di Hakone bisa sekaligus merasakan budaya Jepang.

Sumber: Shutterstock.com

Menginap di ryokan artinya sobat tiket merasakan tidur di atas futon (alas tidur khas Jepang). Bentuknya seperti rumah pribadi, ryokan memanjakan pengunjungnya dengan menyajikan makanan khas Jepang. Unik dan menyenangkan. Dengan memesan akomodasi selama liburan di tiket.com kamu bisa menginap di berbagai hotel yang unik, lho!

Menghabiskan waktu liburan di Hakone tidak hanya bisa menikmati air panas onsen. Sobat tiket bisa mengunjungi Danau Ashi, Hakone Open-Air Museum, Kuil Hakone, dan masih banyak lokasi wisata menakjubkan lain. Menikmati air panas di saat badan lelah memang menyenangkan, termasuk di Maribaya Natural Hot Spring yang ada di Bandung.

Lokasi: Hakone, Kanagawa

4. Kinosaki Onsen

Area resort yang terkenal dengan onsen  ini bisa dikunjungi dengan menggunakan kereta dari Osaka atau Kyoto. Selain itu, sobat tiket juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus. Kawasan ini memiliki 7 onsen publik yang bisa dengan mudah kamu temukan. Ketujuh onsen ini terhubung satu sama lain dengan jarak yang dekat.

Wisatawan dengan memakai yukata (seperti kimono namun lebih sederhana) berkeliling dari satu onsen ke onsen lain adalah pemandangan yang sering kamu temui di Kinosaki Onsen. Lengkap dengan geta (sandal khas Jepang) kamu bisa merasakan air panas di onsen terbesar di Kinosaki, Santono-yu.

Onsen publik lain yang bisa kamu kunjungi adalah Mandara-yu, Kouno-yu, Astaga-yu, Jizou-yu, Yanagi-yu, dan Ichino-yu. Masing-masing onsen memiliki ciri khas yang berbeda. Ada yang menyuguhkan suasana moden, interior kayu, hingga kolam di dalam gua. Wah, pengalaman menarik untuk dicoba.

Lokasi: Yushima Kinosaki-cho, Toyooka, Hyogo

5. Beppu Onsen

Tidak hanya masyarakat Jepang yang mengenal kemegahan onsen di Beppu, tetapi juga di dunia internasional. Onsen publik (boleh dikunjungi tanpa menginap) atau onsen dalam ryokan tersebar di berbagai sudut Beppu. Sobat tiket bisa menikmati onsen di Beppu dengan menggunakan bus atau berjalan kaki.

Sumber: Shutterstock.com

Hotel terbesar di Beppu, Hotel Suginoi menyediakan onsen tidak hanya untuk tamu hotel. Bagi wisatawan yang ingin merasakan onsen dengan pemandangan birunya laut bersanding keindahan kota Beppu disinilah tempat yang tepat. Jika sobat tiket ingin merasakan onsen legendaris di Beppu bisa ke Kannawa Mushi-yu Onsen atau Takegawara Onsen.

Penasaran bagaimana berendam di pasir hangat? Di Takegawara Onsen dan Beppu Kaihin Sunayu Ashiyo, kamu bisa merasakan sensasi berendam di pasir hangat. Kabar baiknya, dua tempat ini adalah onsen publik. Sehingga kamu bebas menghangatkan diri tanpa harus menginap di sana.

Beberapa rumah tradisional Jepang yang bisa kamu gunakan untuk menginap berdiri di sekitar Kannawa Onsen, Kankaiji Onsen, dan lainnya.  Pengalaman berbeda bisa kamu dapatkan saat berendam di Myoban Onsen. Onsen dengan warna putih seperti susu dengan kandungan belerang yang pekat membuat rileks badan usai berendam.

Suasana privat yang menenangkan, bisa kamu dapatkan saat menikmati air panas di Shibaseki Onsen. Terletak di lereng gunung Tsurumi dan dikelilingi hutan membuat tempat ini menjadi lokasi terapi kesehatan nasional Jepang. Menghangatkan badan di Beppu banyak pilihan yang menggiurkan, ya!

Lokasi: Oita, Beppu, Motomachi

Mengunjungi wisata di Jepang memang tidak ada habisnya, lepaskan lelah dengan berendam di onsen adalah pilihan yang tepat. Setelah tahu onsen terbaik di Jepang, sobat tiket mau mencoba onsen di daerah mana, nih?

Kalau sobat tiket udah ga sabar pengen ke Jepang, langsung aja pesan tiket pesawat di tiket.com! Oh ya, gak perlu ribet untuk cek penginapan karena tiket.com juga menyediakan banyak pilihan penginapan dengan harga terjangkau, lho!