,

8 Cemilan Endeuss dari Pangkal Pinang, Cocok Buat Oleh-Oleh!

Jalan-jalan sudah, kuliner juga sudah. Kalau gitu saatnya berburu oleh-oleh! Pulau Bangka punya berbagai jenis oleh-oleh yang enak dan unik buat keluarga atau teman-teman kamu.

Kerupuk, kue kering, asinan, sambal sampai terasi bisa jadi oleh-oleh kalau kamu ke Bangka. Karena cita rasanya yang berbeda, kamu pasti pengen beli semuanya deh.

Dengan harga yang terjangkau, hampir semua oleh-oleh khas Bangka ini bisa kamu dapatkan di pusat kota Pangkal Pinang.

Hari-hari terakhirmu bisa banget didedikasikan untuk eksplor berbagai jenis oleh-oleh yang juga bisa buat persediaan kamu di rumah kalau kangen sama Bangka.

Oleh-oleh Khas Belitung di Pusat Kota Pangkal Pinang

Jika kamu nggak punya terlalu banyak waktu untuk cari oleh-oleh, nggak masalah kok. Banyak toko oleh-oleh di Pangkal Pinang yang menjual berbagai macam penganan khas Bangka. Kalau masih punya banyak waktu, kamu bisa mampir ke pasar tradisional di Bangka.

Untuk kamu yang sudah atau lagi mempersiapkan liburan selanjutnya ke Pulau Bangka, tiket.com akan memberikan referensi oleh-oleh yang harus dibeli saat akan kembali ke rumah. Habis baca, langsung deh pesen tiket pesawat dan booking hotel di tiket.com. Yuk, dibaca sobat tiket!

1. Kemplang

Sumber: Shutterstock.com

Kemplang adalah cemilan yang kebanyakan terbuat dari ikan tenggiri dicampur dengan tepung tapioka. Ada juga kemplang yang terbuat dari udang atau cumi-cumi. Bentuk kemplang ini bermacam-macam, guys. Ada yang berbentuk bulat, segi empat, lonjong, dan lain-lain.

Cemilan yang seperti kerupuk ini cara masaknya nggak cuma digoreng dengan minyak tapi bisa juga dipanggang/dibakar atau digoreng dengan pasir! Rasanya gurih banget dan crunchy. Selain dimakan begitu saja, kamu juga bisa menikmati kemplang dengan sambal terasi khas Bangka yang rasanya pedas dan manis atau sambal tauco. Nendang banget!

Banyak sekali toko oleh-oleh di Pulau Bangka yang menjual kemplang terutama di Kota Pangkal Pinang. Salah satunya adalah toko LCK yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman No.30. Toko ini menjual kemplang dengan harga terjangkau dan buka dari jam 07.30-21.00 kecuali hari Minggu yang tutup lebih cepat jam 18.00.

2. Sirup Jeruk Kunci

Sudah nyobain es jeruk kunci kan selama liburan di Pulau Bangka? Kalau rasanya yang asem-asem segar itu ternyata cocok banget di lidah kamu, kamu bisa beli sirup jeruk kunci.

Sirup ini bisa diseduh dengan air hangat atau di campur dengan es. Selain untuk stok kamu di rumah kalau cuaca lagi terik dan pengen yang menyegarkan, sirup jeruk kunci bisa buat oleh-oleh yang cocok untuk keluarga, teman atau kolega kamu.

Rasanya akan lebih ciamik lagi kalau dicampur dengan somboi atau manisan buah dari Cina. Sebotol sirup jeruk kunci biasanya berisi 400 ml dan harganya mulai dari Rp37.500/botol. Sirup ini bisa di beli di toko LCK.

3. Asinan Kelubi

Terbuat dari buah Kelubi, asinan ini rasanya manis, kecut, dan asin. Untuk buah Kelubi sendiri bentuknya seperti buah salak tapi lebih kecil. Kulitnya sama-sama bersisik dan berwarna coklat saat sudah matang. Rasanya sendiri asam dan agak sepat.

Katanya orang-orang Bangka udah biasa bikin asinan ini sendiri. Terkadang asinan Kelubi dimakan dengan garam cabe kayak rujakan untuk memberikan sensasi pedas. Oh ya, buah Kelubi ini kaya akan vitamin C lho dan bagus untuk kulit.

Harga asinan Kelubi nggak mahal. Biasanya sih sekitar Rp30.000/toples. Toplesnya kira-kira seberat 700 gram. So, murah banget kan. Asinan ini bisa di beli di toko Asinan Kelubi Anugrah di Jl. Batu Giok No.44.

4. Kue Rintak

Kue ini juga dikenal dengan dengan nama kue sagu. Biasanya, kue Rintak ini berbentuk seperti bunga dan memiliki tekstur yang agak keras saat kamu gigit tapi lembut dan akan meluber di mulutmu. Kue ini rasanya manis.

Paling enak menyantap kue ini dengan kopi atau susu. Penganan ini sangat disukai orang lokal baik tua maupun muda. Bedanya dengan kue sagu yang biasa kamu jumpai, ukuran kue Rintak ini lebih besar dan tebal dan berwarna kecoklatan.

Hati-hati ya saat packing roti ini karena bisa hancur kalau terbanting. Kue Rintak bisa kamu beli di Bangka Tradisional Snack di Jl. Ahmad Yani No.59 yang buka mulai dari jam 06.30-21.30. Harga kue ini sekitar Rp25.000/bungkus.

5. Bong Li Piang

Kue dengan isian selai nanas dikenal dengan nama Bong Li Piang di Bangka. Rasanya asam, manis dan gurih dan dibuat dari tepung terigu, gula aren serta santan. Namanya seperti masakan Cina karena kue ini merupakan perpaduan budaya lokal budaya Tionghoa Hakka. Bong Li Piang termasuk salah satu kue tradisional Indonesia.

Bong Li Piang berbentuk seperti bakpia berwarna kecoklatan. Paling enak makan kue ini bersama kopi atau teh panas sambil bersantai di pagi hari atau di sore hari.  

Harga kue ini relatif murah mulai dari Rp10.000. Terjangkau banget kan? Kamu bisa membelinya di hampir semua toko oleh-oleh yang ada di Pangkal Pinang misalnya di My Snacks Bangka di Jl. Theresia N0.200. Toko ini buka setiap hari dari jam 08.00-20.00.

6. Terasi Toboali

Terasi atau belacan asli Bangka Belitung itu terkenal banget dan menjadi incaran para wisatawan disana. Terbuat dari udang rebon, terasi ini biasanya dipakai untuk bikin sambal. Rasanya sedikit berbeda dengan rasa terasi pada umumnya karena bahannya segar, langsung dari tangkapan nelayan lokal.

Kalau rindu sambal belacan ala Bangka Belitung, terasi Toboali ini merupakan bahan paling utama. Kalau ada keluargamu atau temanmu yang suka sambal, pasti seneng banget deh dibawain oleh-oleh belacan ini. Terasinya nggak pahit dan warnanya kemerahan yang menunjukkan bahwa kualitasnya emang oke.

Kamu bisa menemukan banyak penjual terasi di Pasar Pagi Pangkalpinang di Jl. Pasar Pagi yang buka dari jam 05.00-23.00. Harganya juga terjangkau mulai dari Rp5.000.

7. Otak-otak Ase

Selain menjadi kuliner wajib saat kamu mengunjungi Pulau Bangka, Otak-otak Ase ini juga bisa dijadikan oleh-oleh. Rasanya yang lebih enak akan bikin kamu nggak ragu-ragu lagi untuk membeli otak-otak ini sebagai buah tangan untuk orang-orang terdekat kamu.

Ada dua pilihan otak-otak yang dijual disini yaitu otak-otak yang terbuat dari ikan dan dari cumi. Otak-otak ikan ada yang direbus, dibakar, dan digoreng krispi. Kalau otak-otak cumi hanya ada yang versi direbus. Selain itu, ada tiga jenis saus teman makan otak-otak ini; saus tauco, saus terasi, dan saus cabai.

Perlu kamu perhatikan bahwa otak-otak ini hanya bertahan selama tiga hari jika dimasukkan di dalam kulkas. Semakin lama disimpan, rasanya tidak akan segar lagi. Otak-otak Ase terletak di Jl. Kp. Bintang No.149 dan buka dari jam 08.00-22.00. Harga otak-otaknya mulai dari Rp2.500/bungkus.

8. Sambal Rusip

Banyak orang Indonesia yang suka sambal. Mau memperkenalkan jenis sambal yang unik ke keluarga maupun teman-teman kamu yang doyan pedes? Coba deh bawain oleh-oleh sambal Rusip.

Sambal ini unik, guys karena terbuat dari ikan kecil yang difermentasi selama satu minggu dengan bumbu garam, gula merah, bawang merah, cabai, dan jeruk kunci.  Aromanya agak kuat dan rasanya asam dan manis. Pokoknya beda deh dari sambal pada umumnya.

Ngasih oleh-oleh udah kayak sesuatu yang wajib buat kamu yang mau liburan. Cek juga rekomendasi oleh-oleh kalau kamu liburan ke Jakarta 8 Oleh-Oleh Khas Jakarta, Beli yang Banyak Nyok! Semoga rangkuman tiket.com ini bisa ngebuat perjalanan kamu makin asyik yah.