tempat wisata danau toba

,

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus ke Tempat Wisata Danau Toba

Siapa yang nggak tahu tempat wisata Danau Toba? Obyek wisata alam legendaris ini tentu udah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia, bahkan di kalangan wisatawan mancanegara.

Nggak salah lagi emang, Sobat Tiket. Indonesia memang punya banyak potensi wisata yang unik dan indah. Kalau di kawasan Kalimantan kita mengenal Kepulauan Derawan yang memukau, di Papua kita mengenal Raja Ampat, di Bali kita familiar dengan Nusa Lembongan, tentu di Sumatra kita bisa berkunjung ke tempat wisata Danau Toba yang eksotis.

Nggak cuma terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan saja, lho. Tempat wisata Danau Toba ini juga terkenal dengan cerita rakyatnya. Nah, danau terbesar di Indonesia ini memang bisa menjadi alasan kuat untuk kita pesan tiket pesawat ke Medan. Betul, nggak?

Danau yang terbentuk akibat letusan gunung purba di masa lalu ini ternyata memiliki banyak sekali spot menakjubkan untuk kamu jelajahi. Di sini, kamu bisa menemukan banyak hal unik dan menarik sehingga rasanya kamu ingin menyisir setiap sudut-sudut Danau Toba dan Pulau Samosir tanpa terluput. Seperti apa sih kira-kira?

1. Tempat Wisata Danau Toba – Serunya Menjelajah Danau

Danau Toba adalah danau terluas nomor lima di dunia, sekaligus terluas nomor satu di Indonesia. Panjang dari danau yang konon terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu ini mencapai 100 km dan lebar mencapai 30 km. Di tengah tempat wisata Danau Toba terdapat sebuah pulau yang selalu membuat wisatawan penasaran.

tempat wisata danau toba
Via @niguba_jile

Di kawasan tempat wisata Danau Toba ini, kamu bisa melakukan permainan air seperti menaiki perahu wisata, menaiki perahu mesin, dan beberapa aktivitas lain yang tak kalah menariknya. Pemandangan di sekitar Danau Toba juga sangat indah hingga bisa membuat memori teleponmu habis saking serunya kamu berfoto. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga sikap baik selama berada di sana, ya Sobat Tiket.

2. Menginjak Samosir yang Penuh Keindahan

Semua orang mengenal bahwa Samosir adalah pulau yang terletak di tengah Danau Toba. Menurut sejarah terjadinya Danau Toba, nama Samosir diambil dari nama anak laki-laki dari pemuda bernama Toba dan seorang putri jelmaan ikan.

Diceritakan dalam kisah legenda atau sejarah terjadinya Danau Toba tersebut bahwa Samosir dicela oleh ayahnya sendiri sebagai anak ikan. Padahal, Toba sudah berjanji pada sang putri ikan bahwa ia pantang memberi tahu jati diri istrinya pada anak mereka. Sekarang, Pulau Samosir yang namanya diambil dari nama anak Toba ini menjadi salah satu spot wisata yang paling menarik di kawasan Danau Toba.

Tempat wisata Danau Toba - Samosir
Sumber

Meskipun pesona keindahan Pulau Samosir nggak diragukan lagi, ternyata belum banyak yang tahu apa saja yang ada di Pulau yang sebenarnya bisa diakses menggunakan jalan darat dari Sumatra Barat ini lho, Sobat Tiket.

Di Pulau Samosir, kamu akan menemukan banyak sekali tradisi lokal yang sangat dijaga hingga sekarang. Bangunan adat, kebiasaan penduduk hingga upacara-upacara tradisional masih kerap dilakukan.

Hampir semua penduduk di kawasan Samosir merupakan suku Batak. Mereka mendiami kawasan ini sejak dahulu kala hingga akhirnya membentuk peradaban baru di sini. Kalau kamu sedang berada di kawasan Samosir, jangan lupa untuk menjelajahi peninggalan masa lalu dari Suku Batak Toba yang sangat unik.

3. Menikmati Kuliner Khas Danau Toba yang Lezat

Nggak lengkap rasanya kalau pergi ke suatu tempat tapi lupa mencicipi kuliner khasnya. Di kawasan Danau Toba, kamu juga bisa menemukan banyak sekali kuliner nikmat yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Pertama, kamu harus mencoba makanan yang memiliki nama Mi Gomak nih, Sobat Tiket. Sajian yang terbuat dari olahan mie ini kerap dijuluki sebagai spaghetti khas Batak Toba yang kenikmatannya bisa bikin kamu kesengsem. Mie yang dimasak nggak terlalu lembek dipadu dengan kuah santan kental yang pedas ini pastinya bisa bikin kamu merem melek saking nikmatnya.

tempat wisata danau toba - Mie gomak
Sumber.

Makanan berat selanjutnya yang bisa kamu babat sampai habis adalah Arsik Ikan. Makanan yang kerap dimakan dengan nasi hangat ini terbuat dari ikan mas yang dilumuri dengan bumbu rempah yang memikat. Biasanya arsik ikan hanya ada pada upacara tradisional saja, namun di beberapa tempat sudah banyak yang membuat untuk disajikan kepada wisatawan.

tempat wisata danau toba - kuliner
Arsik Ikan. Sumber

Setelah makanan berat yang membuat perut kenyang, kini kita bahas kudapan dari kawasan Toba Samosir. Di daerah ini terkenal dengan kuliner bernama kue lapet. Kuliner ini bahannya mirip dengan kue putu yang warnanya putih dan di dalamnya terdapat gula merah lumer.

tempat wisata danau toba - kuliner
Kue Lampet. Sumber

Satu lagi, jangan lupa untuk mencicipi kue goreng gadong yang merupakan salah satu jajanan pasar dari campuran tepung beras dengan kelapa parut. Adonan ini berisi gula aren. Cara memasaknya adalah dengan cara digoreng. Wih, kebayang banget nggak sih nikmatnya mencicipi kue goreng gandong yang satu ini saat berkunjung ke tempat wisata Danau Toba, Sobat Tiket?

4. Menikmati Senja dan Menginap di Sekitar Danau Toba

Setelah puas menjelajahi kawasan Danau Toba dan Pulau Samosir yang masih dipenuhi dengan misteri, sekarang saatnya bersantai sejenak di pinggiran tempat wisata Danau Toba.

Di sini kamu bisa menikmati indahnya senja yang menguning hingga akhirnya hilang dan langit menjadi gelap. Suasana tempat wisata Danau Toba yang awalnya ramai mendadak sepi dan penuh dengan nuansa magis. Tapi jangan salah, keindahan Danau Toba di malam hari tetap luar biasa.

tempat wisata danau toba - hotel toba
Via laksmiandina

Oh ya, sebelum meninggalkan kawasan Danau Toba, ada baiknya kamu menginap semalam di kawasan ini. Pesan hotel atau guest house yang sudah banyak dibangun di pinggiran danau untuk membantumu menikmati keheningan malam Danau Toba yang belum tentu bisa kamu lakukan setiap saat.

Pastinya kamu bakal betah menginap di kawasan tempat wisata Danau Toba karena keindahan tempat wisata yang satu ini pastinya eksotik dan tiada duanya.

Udah tahu kan sekarang alasan terbaik mengapa kamu harus mengunjungi tempat wisata Danau Toba saat liburan? Yuk, luangkan waktumu buat berkunjung ke danau terbesar dan terluas di Indonesia yang satu ini. Jadi, kalau kamu ada kesempatan buat liburan, jangan lupa untuk terbang ke Sumatera, Sobat Tiket. Kamu bisa memesan beberapa hotel dekat Danau Toba di tiket.com.

Nggak usah ragu lagi deh, kamu harus segera berkunjung ke tempat wisata Danau Toba biar bisa membuktikan sendiri pesona alamnya yang luar biasa. Kalau udah, kamu bisa mengunjungi danau-danau unik di Indonesia yang lain. Pesan tiket pesawat online dan pesan hotel murah secara langsung di tiket.com.

Jadi, berani nggak liburan ke tempat wisata Danau Toba yang menakjubkan ini, Sobat Tiket?