Kuliner di Medan

,

Menggoyang Lidah, Ini Dia 10 Kuliner Top Medan Wajib Coba!

Bisa dibilang, Indonesia itu surganya kuliner-kuliner eksotis yang menggoyang lidah. Medan, menjadi salah satu kota yang memiliki segudang makanan enak nih, sobat tiket. Uniknya, kota ini merupakan kota multikultural yang kaya akan beragam sejarah, budaya, dan kuliner. Jadi, nggak heran kota ini punya banyak pilihan menu makanan yang bisa kamu coba.

Nah, kalau sobat tiket lagi punya rencana berlibur ke Medan, siap-siap deh bikin list kulineran yang bisa memanjakan perut kamu. Buat kamu yang masih bingung mau makan apa, buruan deh simak rekomendasi 10 kuliner top di Medan versi tiket.com ini!

10 Kuliner Medan yang Wajib Kamu Coba

Hayo, sobat tiket, kamu pasti udah nggak sabar kan pingin tahu tempat kuliner apa aja yang ada di Medan? Tenang, berikut ini 10 rekomendasi kuliner di Medan yang siap menggoyang lidah kamu. Catat ya!

1. Durian Medan Ucok

Kuliner di Medan
Sumber: Shutterstock.com

List kuliner pertama yang wajib coba di Medan adalah Durian Medan, dong. Jika kamu penggemar berat kelegitan durian, Durian Ucok ini adalah destinasi yang harus kamu kunjungi. Durian Ucok disebut-sebut sebagai “surga dunia” buat para penggemar durian.

Selain menikmatinya dalam bentuk buah, sobat tiket juga bisa nih mencobanya dalam bentuk pancake dan es krim durian. Nah, buat yang penasaran bisa segera melipir ke Jalan KH. Wahid Hasyim No 30 – 32, ya.

Buat harganya, satu buah durian di sini harganya sangat beragam, Mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000. Untuk jam buka, tenang, Durian Ucok ini buka 24 jam kok!

2. Lontong Kak Lin

Lontong Kak Lin
Sumber: Shutterstock.com

Nggak lengkap rasanya kalau ke Medan, tapi ketinggalan untuk mencicipi lontong Medan yang kelezatannya jadi perbincangan ini. Nah, kalau sobat tiket kepo sama lontong Medan yang aduhai rasanya, coba melipir ke Lontong Kak Lin.

Sesuai dengan namanya, kedai lontong satu ini menyediakan aneka kuliner serba lontong. Mulai dari lontong sayur, lopis, sampai lontong pecel.

Satu porsi Lontong Kak Lin ini harganya beragam, mulai dari Rp12.000 hingga Rp20.000. Kuliner ini paling enak disantap buat jadi sarapan atau makan siang nih, sobat tiket. Tempat ini mulai buka dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 16.00.

Kedai ini terletak di Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 76, tepatnya berada di depan SMA 1 Medan. Nah, buat kamu yang mau ke sini, bisa naik kendaraan umum atau sewa mobil di tiket.com biar lebih mudah!

3. Soto Sinar Pagi

Soto Sinar Pagi
Sumber: Shutterstock.com

Pernah dengar soal kelezatan soto Medan yang bikin ketagihan nggak? Kalau belum, sobat tiket nggak boleh ketinggalan buat mencobanya, nih. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner soto yang khas, mulai dari soto Lamongan, Betawi, hingga Medan.

Soto Medan ini memiliki perbedaan yang khas dari soto lainnya, lho. Seporsi soto di sini merupakan perpaduan kuah kental kuning dipadukan beragam isian seperti daging, udang, tauge, bihun, dan daun bawang. Nggak lupa ditambahkan dengan perkedel dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Buat kamu yang mau nyoba kelezatan semangkuk soto Medan, salah satu destinasi legendarisnya adalah Soto Sinar Pagi yang berlokasi di Jalan Sei Deli no. 2D, Medan Barat. Soto yang buka dari pukul 07.00 pagi cocok banget buat dijadikan sebagai menu sarapan!

Soal harga, seporsi soto di sini dihargai Rp28.000 aja kok, dan sudah termasuk nasi. Hmm, udah kebayang kan gimana lezat dan mengenyangkannya seporsi makanan ini?

4. Rumah Makan Laksa Medan

Kuliner di Medan
Sumber: Shutterstock.com

Kuliner berikutnya yang wajib kamu coba adalah laksa Medan. Yap, kuliner khas Singapura dan Malaysia ini juga ada lho di Medan. Salah satu laksa Medan yang terkenal dengan kelezatannya berlokasi di Jalan Yose Rizal.

Apa yang membuat spesial laksa satu ini? Yaitu terletak pada kuah rempahnya yang berpadu sempurna dengan daging ikan. Perpaduan keduanya bikin soto ini digemari banyak orang. Selain laksa, kamu juga bisa memesan aneka kue seperti lemper ayam dan udang, pisang cokelat, bubur sum-sum, dan masih banyak lainnya.

Wajib ke sini ya, saat kamu berada di Medan!

5. Mie Balap Wahidin

Kuliner di Medan
Sumber: Shutterstock.com

Lontong udah, soto udah, kali ini kita beralih mencoba sajian mie balap khas Medan ya, sobat tiket. Mie balap merupakan sajian mie khas Medan yang menggunakan bihun atau kwetiau sebagai bahan utamanya. Mau mencoba kelezatan mie balap Medan? Cobain deh berkunjung ke Mie Balap Wahidin yang berlokasi di Jl. Bambu Runcing No.25, Pahlawan, Kec. Medan Perjuangan.

Asal-usul nama mie balap sendiri diambil dari cara memasaknya yang sanga cepat. Teknik memasaknya juga unik banget, yakni dengan cara digoreng di atas kuali yang dibakar di atas bara api dari kayu bakar.

Hal ini juga yang menyebabkan mie balap punya aroma khas. Seporsi mie bakap ini juga memiliki lauk yang beragam, lho. Mulai dari telur, bakso ikan, cumi-cumi, dan masih banyak yang lainnya.

6. Rumah Makan Sipirok

Rumah makan satu ini menyediakan menu sop daging paling amboy yang ada di Medan. Kalau sobat tiket mau coba sensasi kelezatan seporsi sop daging dengan bumbu yang meresap, Rumah Makan Sipirok adalah jawabannya.

Nggak heran deh, menu sop daging di sini jadi favorit banyak pengunjung dari berbagai kalangan. Keistimewaannya terletak pada daging yang empuk dipadu kuah nan gurih. Buruan deh melipir ke Jalan Gatot Subroto, Medan buat nyoba menu makanan satu ini!

7. Kedai Kopi Apek

Nggak lengkap berkunjung ke satu kota kalau nggak nyoba segelas kopi khas di sana. Nah, Medan juga terkenal sama kopinya, nih. Salah satu yang wajib masuk list icip sih Kedai Kopi Apek yang berlokasi di Jalan Hindu no. 37 ini. Sobat tiket bisa mencoba sensasi ngopi dengan gaya tradisional khas Medan. Nuansa jadulnya yang kental bakal bikin kamu seolah bernostalgia ke tahun 1922!

8. Sate Memeng

Sate Memeng jadi salah satu tempat kuliner wajib coba di Medan, nih. Warung sate ini menyajikan seporsi sate yang berbeda dari lainnya. Cita rasa bumbunya yang khas dan lezat menjadikan sate ini diburu banyak penggemar sate.

Pilihan dagingnya juga beragam, mulai dari sapi, kambing, sampai ayam pun tersedia di sini. Nah, kamu bisa berkunjung ke Jalan Irian Barat nomor 1 Gang Buntu, Medan Timur kalau pengen coba Sate Memeng ini.

9. Bihun Asie Kumango

Penggemar bihun mari merapat di Bihun Asie Kumango Medan. Kedai ini menyajikan menu bihun bebek yang kelezatannya bikin kamu mau nambah terus! Bihun bebek di sini diracik dengan resep rahasia, beragam bahan makanan yang dipadukan kaldu bebek menciptakan cita rasa yang khas.

Meski seporsi bihun bebek di sini dibandrol dengan harga Rp60.000, namun kelezatannya bikin kamu nggak bakal menyesal. Lokasinya tempat makan ini ada di Jalan Kumango. Tempat makan ini buka mulai dari pukul 07.00 pagi hingga 11.00 siang, pas banget buat sarapan.

10. Kari Tabona

Sobat tiket penggemar cita rasa berempah kuah kari? Wah, seporsi kari dari rumah makan Tabona ini nggak boleh kelewatan buat dicoba, nih. Beragam menu kari tersedia di sini, mulai dari bihun kari, kari sapi, hingga kari kambing. Isian seposi kari ini ada bihun, ayam, kentang, dan daging sapi yang diguyur kuah kari kuning yang pekat.

Konon, nama tabona sendiri berasal dari kata ‘tabo’ yang berarti enak. Rumah makan ini terletak di Jalan Mangkubumi No.17, A U R, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara. Seporsi kari di sini dibandrol dengan harga sekitar Rp45.000 buat seporsi kari ayam.

Kari Tabona ini buka mulai jam 06.30 pagi hingga 16.30. Jadi, untuk kamu yang sedang mencari menu sarapan dan makan siang, bisa langsung melipir ke sini nih!

Kota Medan Emang Paling Cocok Buat Wisata Kuliner!

Nggak lengkap rasanya berkunjung ke Medan tanpa berwisata kuliner dong pastinya. Selain menikmati kuliner, ada beragam destinasi wisata dan sejarah yang bisa kamu kunjungi di Medan. Ayo eksplorasi Medan bersama teman-teman atau keluarga tercinta bareng tiket.com!