Oleh-oleh khas Medan

,

10 Oleh-oleh Khas Medan Terpopuler, Wajib Beli!

Memiliki julukan sebagai Kota Melayu Deli, Medan adalah satu dari kota-kota besar yang ada di negara Indonesia. Terletak di bagian utara Indonesia, Medan juga merupakan salah satu kota perdagangan karena dekat dengan Selat Malaka. Jika Sobat Tiket berencana berkunjung ke Medan tapi bingung mau beli oleh-oleh apa, tidak usah khawatir. Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas Medan yang bisa jadi pilihan untuk kalian. Simak yuk!

10 Oleh-Oleh Khas Medan Terpopuler

  1. Bika Ambon
Oleh-oleh Khas Medan - Bika Ambon
Bika Ambon

Jangan salah paham dengan nama kudapan yang satu ini. Meskipun ada kata Ambon di dalamnya, namun Bika Ambon oleh-oleh khas Medan kok. Kata Ambon berasal dari nama jalan tempat dijualnya kuliner ini, yaitu Jalan Ambon. Memiliki tekstur yang lembut dan berongga-rongga, kue Bika Ambon berbahan dasar tepung terigu, telur, gula, santan dan masih banyak lagi. Selain rasa original, kue ini juga dijual dengan berbagai rasa seperti coklat, keju, moka dan pandan.

  1. Bolu Meranti
Oleh-oleh Khas Medan - Bolu Meranti
Bolu Meranti

Kini kue bolu kekinian yang menggaet nama artis Indonesia tersebar di berbagai kota di Indonesia, termasuk Medan. Meskipun begitu, kue yang satu ini masih tetap populer di kalangan wisatawan untuk menjadi oleh-oleh khas Medan. Bolu Meranti adalah bolu gulung dengan krim manis di dalamnya dan dilengkapi toping rasa yang berbeda seperti coklat dan keju. Memiliki tekstur kue yang lembut, kue ini cocok dinikmati dengan segelas teh atau kopi.

  1. Pancake Durian
Oleh-oleh Khas Medan - Pancake Durian
Pancake Durian

Bukan kota Medan namanya kalau tidak ada raja dari buah-buahan yang satu ini, Durian. Memiliki aroma buah yang kuat, buah ini menjadi primadona para wisatawan yang tengah berkunjung ke Medan. Jika ingin membawa camilan durian sebagai oleh-oleh khas Medan tanpa perlu repot, kamu bisa membeli pancake durian. Kuliner olahan ini adalah daging buah durian yang dicampur dengan krim lalu dimasukkan kedalam kulit dadar gulung tipis dengan beragam warna. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir karena kue ini tidak akan menimbulkan bau durian yang kuat.

  1. Pia Tamiang

Oleh-oleh khas Medan yang satu ini juga termasuk camilan yang harus Sobat Tiket coba apabila sedang berlibur di sini. Pia Tamiang sudah populer sejak 40 tahun yang lalu dengan nama Pia Hou Chen. Tamiang pun diambil dari nama jalan tempat toko kue ini dijual, yakni jalan Tamiang. Pia dibungkus secara satuan dalam satu kotak berisi empat rasa atau satu kotak yang memiliki satu varian rasa saja. Camilan ini memiliki beragam rasa yang berbeda mulai dari coklat, keju, kacang merah hingga yang rasa asin seperti abon babi dan pia khusus vegetarian.

  1. Ikan Sale
Oleh-oleh Khas Medan - Ikan Sale
Ikan Sale

Jika biasanya Sobat Tiket mendengar olahan Sale dalam bentuk buah pisang, berbeda dengan oleh-oleh khas Medan yang satu ini. Makanan ini memiliki bahan dasar yang cukup unik yaitu ikan Lele Limbat. Cara pembuatannya dengan cara diasapi atau di jemur di bawah matahari. Ikan sale bisa dimakan langsung sebagai camilan atau diolah kembali menjadi beragam hidangan, seperti ditumis atau dicampur ke dalam gulai ikan.

  1. Lemang Medan

Oleh-oleh khas Medan yang satu ini berbahan dasar beras ketan yang dicampur dengan air santan kemudian digulung dengan daun pisang. Proses memasaknya pun harus dimasukkan ke dalam bambu lalu dibakar. Lemang memiliki rasa yang pulen dan gurih sehingga cocok untuk dimakan bersama makanan lain seperti buah durian yang manis dan legit. Lemang juga banyak dijual pada saat hari raya tertentu atau pada saat bulan ramadhan. Hidangan ini biasanya dijual sebagai takjil untuk berbuka puasa.

  1. Kopi Sidikalang
Oleh-oleh Khas Medan - Kopi Sidikalang
Kopi Sidikalang

Indonesia memiliki beragam jenis kopi yang terkenal hingga keluar negeri mulai dari, Kopi Toraja, Kopi Gayo, hingga Kopi Luwak. Jika berkunjung ke Medan, Sobat Tiket jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Medan yang satu ini, Kopi Sidikalang. Nama kopi ini diambil dari daerah produksinya, Sidikalang yang terletak di kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Aroma yang cukup kuat dan memiliki tingkat asam yang rendah menjadi ciri khas dari kopi ini. Berbagai toko minuman kopi di kota Sumatera Utara banyak menggunakan Kopi Sidikalang sebagai bahan dasar minuman mereka.

  1. Sirup Buah Markisa
Oleh-oleh Khas Medan - Sirup Markisa
Sirup Markisa

Siapa yang tidak suka dengan sirup? Minuman manis dan praktis dengan berbagai rasa buah ini selalu menjadi penghilang rasa dahaga yang menyegarkan. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Medan ini ketika akan meninggalkan kota Medan, sirup markisa. Terbuat dari sari buah Markisa asli yang tumbuh di daerah Karo, sirup ini memiliki rasa yang asam manis serta mengandung vitamin C dan antioksidan yang bagus untuk tubuh. Sudah pasti, sirup ini bisa masuk daftar buah tangan yang harus Sobat Tiket beli di Medan.

  1. Teri Medan
Oleh-oleh Khas Medan - Teri Medan
Teri Medan

Olahan makanan yang satu ini sering menjadi salah satu lauk ketika makan, ikan teri. Oleh-oleh khas Medan ini cocok untuk disantap ataupun dicampur dengan masakan lain untuk menambah rasa gurih. Teri medan memiliki bentuk yang lebih kecil daripada Teri pada umumnya dan biasanya digoreng dengan bumbu pedas dan dicampur kacang tanah. Tersedia olahan ikan teri yang sudah diolah siap makan ataupun dalam keadaan masih mentah. Sobat Tiket bisa menuju sekitar Jalan Majapahit untuk membeli olahan teri Medan yang satu ini.

  1. Kain Ulos
Oleh-oleh Khas Medan - Kain Ulos
Kain Ulos

Jika ingin membeli oleh-oleh khas Medan selain camilan, Sobat Tiket bisa membeli kain terkenal dari Medan yaitu, Kain Ulos. Memiliki ragam warna-warni yang cerah, Kain Ulos biasanya dipakai pada waktu-waktu tertentu sepertii ritual atau kegiatan budaya lainnya seperti, upacara pernikahan hingga prosesi pemakaman. Kain ini berbentuk seperti selendang panjang yang biasanya dipakai di badan atau dijadikan ikat kepala.

Berbagai rekomendasi oleh-oleh khas Medan di atas bisa menjadi inspirasi untuk membeli oleh-oleh kamu selanjutnya ketika berkunjung atau liburan. Selain Medan, Tahukah Sobat Tiket kalau beragam daerah wisata lain di Indonesia juga memiliki kerajinan atau makanan khas yang bisa jadi oleh-oleh juga seperti Oleh-oleh khas Lombok Kekinian yang bisa jadi referensi Sobat Tiket juga, loh!

Jika berencana berkunjung ke Medan dalam waktu dekat, yuk cek harga tiket pesawat ke Medan untuk menemukan harga yang terjangkau sekarang di situs tiket atau unduh aplikasi tiket di smartphone kamu sekarang!