Fakta Tentang Keindahan Danau Toba

,

7 Fakta Tentang Keindahan Danau Toba Ini Pasti Membuat Kamu Kagum

Fakta Keindahan Danau Toba – Danau Toba merupakan sebuah danau vulkanik yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Dengan luas danau yang mencapai 1.145 kilometer persegi, dan kedalaman yang mencapai 450 meter, membuat danau ini termasuk dalam danau terluas di dunia.

Sobat tiket berasal dari Medan? Atau mungkin pernah berwisata ke Medan, dan berkunjung ke Danau Toba? Bagaimana, sobat tiket? Indah sekali bukan, danau yang berada di Pulau Samosir ini?

Di balik keindahan Danau Toba yang tiada duanya, ternyata ada banyak fakta yang perlu kamu ketahui nih, sobat tiket. Seperti 7 fakta keindahan Danau Toba yang akan tiket.com sajikan untuk kamu berikut ini.

7 Fakta Keindahan Danau Toba, Lokasi Terbaik Untuk Wisata di Medan

Sobat tiket yang belum pernah ke tempat wisata di Medan ini tentu masih bertanya-tanya kan tentang danau yang menyimpan banyak keindahan ini? Sebelum kamu berangkat liburan ke Danau Toba, ayo cari tahu 7 fakta keindahan Danau Toba berikut ini.

1. Danau Vulkanik Terindah di Dunia

Danau Toba merupakan sebuah danau yang terbentuk dari erupsi gunung berapi, yaitu Gunung Toba yang terjadi sekitar 800.000 tahun yang lalu. Dari letusan yang terjadi, Gunung Toba memuntahkan material letusannya dan membuat kawah yang berada di sekitarnya berubah menjadi danau.

Fakta Tentang Keindahan Danau Toba- Danau Terbesar dan Terindah di Dunia

Dengan kejadian alam tersebut, kini Danau Toba menjadi danau terbesar dan juga terindah yang ada di dunia. Belum lagi, tempat wisata ini juga menyimpan keindahan alam lainnya yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi.

2. Gunung Toba Pernah Meletus 3 Kali

Sebelum terbentuk menjadi sebuah danau, Danau Toba merupakan sebuah Gunung berapi yang masuk dalam kategori Supervolcano. Hal ini dikarenakan Gunung Toba memiliki kantung magma yang besar, dan mampu meletuskan kalder nya hingga puluhan ribu kilometer.

Fakta Tentang Keindahan Danau Toba- Pernah Meletus Sebanyak 3 kali

Gunung Toba sudah meletus sebanyak 3 kali lho, sobat tiket. Letusan pertamanya terjadi pada 800.000 tahun yang lalu, letusan kedua pada 500.000 tahun yang lalu, dan terakhir kali meletus 74.000 tahun lalu.

Letusan ketiga dari Gunung Toba ini lah yang membentuk Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengah-tengah danau nya.

3. Berada di 3 Lempeng Tektonik

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di posisi tiga lempeng tektonik, yaitu Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Hal ini juga yang menjadikan Gunung Toba memiliki posisi yang rentan terjadi bencana. Karena letak Pulau Sumatera yang tepat berada di lempeng Eurasia.

Ketiga lempengan ini akan terus mengalami pergeseran di setiap tahunnya, dan lempeng Eurasia yang hampir selalu menjadi sasaran dari pergeseran tersebut. Oleh karena itu lah pulau-pulau di Indonesia yang berada di posisi lempeng Eurasia rawan terjadi bencana. Seperti Pulau Banda, Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

4. Letusannya Mengakibatkan Perubahan Iklim

Letusan Gunung Toba memang merupakan letusan gunung terdahsyat sepanjang sejarah. Bahkan, akibat dari letusan Gunung Toba, hampir 60% populasi kehidupan di dunia punah pada masa itu.

Tidak hanya itu, akibat dari letusan Gunung Toba ini beberapa belahan dunia mengalami perubahan iklim yang dikatakan cukup ekstrim lho, sobat tiket. Seperti kegelapan total selama 6 tahun dan juga penurunan suhu yang terjadi selama ribuan tahun.

Bahkan, ada penelitian yang mengatakan kalau letusan Gunung Purba Toba ini juga mengakibatkan musim dingin vulkanik berkepanjangan di Afrika Timur. Mungkin, dari sejarah ini lah nama Danau Toba dikenal oleh seluruh belahan dunia, dan menjadikannya sebagai destinasi wisata terkenal.

5. Terdapat Ikan Batak, Ikan yang Hanya Ada di Danau Toba

Fakta Tentang Keindahan Danau Toba- Terdapat Ikan Batak yang Hanya Ada di Danauh Toba

Tidak hanya itu saja, fakta keindahan Danau Toba juga meliputi kehidupan Ikan Batak (Neolissochilus Thienemanni) yang ternyata hanya hidup di Danau Toba. Ikan Batak ini merupakan spesies ikan khas yang kini jumlah populasinya terancam punah. Hal ini dikarenakan Ikan Batak memiliki nilai ekonomi dan juga sosial yang tinggi.

6. Destinasi Favorit Wisatawan

Dengan keindahan alam yang dimiliki Danau Toba, tidak heran apabila danau ini menjadi destinasi favorit wisatawan untuk berlibur. Selain itu, banyak pula keunikan yang bisa ditemukan di danau ini. Seperti terdapat 5 Pulau Vulkanik di dalam Danau Toba yang juga memberikan pemandangan yang indah saat kamu berwisata di Danau Toba ini.

Bahkan, Danau Toba juga sama terkenalnya lho, sobat tiket, dengan Pulau Bali. Hal ini juga yang membuat turis asing berdatangan ke Danau Toba, dan banyak pula pernikahan yang terjadi antara penduduk asli Medan dengan turis asing yang datang ke pulau ini.

7. Dikelilingi Oleh 12 Air Terjun

Danau Toba memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan. Selain danau nya dan juga Pulau Samosir yang terdapat di tengah danau, Danau Toba juga dikelilingi oleh 12 air terjun yang indah.

Tidak heran jika tempat wisata ini selalu digemari oleh wisatawan yang datang ke tanah Medan dan menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata. 12 air terjun yang mengelilingi Danau Toba juga menjadi lokasi tujuan untuk berwisata bagi para wisatawan.

Diantaranya adalah Air Terjun Efrata, Air Terjun Sigarattung, Air Terjun Situmurun, Air Terjun Binanga Bolon, Air Terjun Siboruon, Air Terjun Janji, Air Terjun Sampuran, Air Terjun Hadabuan Naisogop, Air Terjun Sigura Gura, Air Terjun Tonduhan, Air Terjun Sipiso Piso, dan Air Terjun Simanimbo.

Liburan ke Medan, dan Nikmati Keindahan Danau Toba

Di balik keindahan Danau Toba, ternyata banyak sekali fakta menarik yang menjadikan danau ini ramai dikunjungi wisatawan lokal dan juga asing. Sobat tiket yang belum pernah ke Danau Toba dan ingin berlibur ke destinasi wisata ini. Pesan tiket pesawat ke Medan di tiket.com untuk bisa menikmati keindahan Danau Toba dan alam sekitarnya. Dapatkan juga pengalaman menarik berlibur di Wakatobi, dengan melakukan hal menarik di Wakatobi ini.