,

Mencoba Wisata Edukasi Lewat 3 Museum Terkenal di Bandung

Sebagai salah satu destinasi favorit keluarga, Bandung memiliki banyak rekomendasi wisata yang seru untuk dihabiskan bersama anak-anak. Salah satu destinasi yang bisa jadi pilihan adalah museum. 

Kalau sobat tiket sedang berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya mengunjungi beberapa museum terkenal yang jadi ikon kota ini. Penasaran di mana saja tempatnya?

Berkunjung ke Museum Ternama di Kota Kembang

Mengunjungi museum bisa jadi agenda wisata menarik untuk dilakukan saat berlibur ke Bandung. Selain menyenangkan, ada banyak hal yang bisa kamu pelajari tentunya. Tak hanya untuk orang dewasa, museum juga bisa jadi tempat seru untuk liburan bersama anak-anak. 

Siapa bilang liburan ke museum membosankan? Kini, semakin banyak museum yang memiliki wahana dan koleksi buku interaktif. Cocok banget untuk menarik perhatian anak-anak supaya ingin berkunjung. 

Tidak perlu pikir panjang lagi! Kamu bisa langsung datang ke beberapa rekomendasi museum yang ada di kota Bandung. Di mana saja? Cek tempatnya di sini ya!

1. Mengenal Sejarah Alam di Museum Geologi Indonesia

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaurgeulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung

Museum Geologi adalah destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi saat berada di Bandung. Di sini, sobat tiket bisa melihat seluruh koleksi benda-benda mulai dari batuan, mineral, hingga fosil peninggalan zaman purbakala yang berasal dari sekitar Hindia Belanda. 

Koleksi pada Museum Geologi dipisahkan ke dalam tiga ruangan: Ruang Sejarah Kehidupan, Ruang Geologi Indonesia, dan Ruang Geologi Kehidupan Manusia. Kamu bisa melihat berbagai bukti sejarah tentang alam, dan perkembangan kehidupan manusia dari zaman ke zaman. 

Salah satu daya tarik yang dimiliki museum ini adalah replika fosil T-Rex dengan ukuran sebenarnya yang terpajang di Galeri Mesozoikum. Ada juga cetakan kaki Tyrannosaurus yang ditemukan di Montana, Amerika Serikat oleh seorang ahli Paleontologi asal Inggris bernama Phil Marning. Keren bukan, sobat tiket?

Karena koleksi lengkapnya, Museum Geologi ini seringkali dijadikan destinasi study tour oleh berbagai sekolah di dalam maupun luar kota Bandung. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena harga tiket masuk ke museum ini cukup terjangkau. Tepat banget untuk sobat tiket yang mau liburan hemat. 

Setelah berkunjung ke Museum Geologi, jangan lupa untuk mampir ke objek wisata lain yang ada di sekitar museum ini. Suasana Bandung yang rindang dan sejuk bisa bikin kamu semakin nyaman berkeliling di kota ini. 

2. Museum Konferensi Asia Afrika dan Bukti Kejayaan Sejarahnya 

Sumber: shutterstock.com

Alamat:  Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Sumur Bandung, Bandung

Liburan sambil belajar sejarah juga bisa dilakukan di Museum Konferensi Asia Afrika. Museum ini menyimpan rekaman kesuksesan Konferensi Asia Afrika yang diadakan di Bandung pada tanggal 18 – 24 April 1955. Diikuti oleh 29 Negara dari Asia dan Afrika, konferensi ini bertujuan untuk mewujudkan kerjasama antar negara demi mewujudkan perdamaian dunia. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di museum ini. Jika sobat tiket datang bersama anak-anak, bisa langsung mengunjungi Perpustakaan untuk membaca koleksi buku beragam. Kamu juga bisa mampir ke ruang audio visual yang menampilkan film dokumenter berdurasi 10 menit menayangkan tentang sejarah perjalanan Konferensi Asia Afrika dari waktu ke waktu.

Jangan sampai lupa untuk mengunjungi aula Gedung Merdeka yang menyimpan sejarah terjadinya Konferensi Asia Afrika. Di aula ini, kamu bisa melihat jajaran bangku yang menghadap ke arah podium dan panggung luas, lengkap dengan deretan bendera negara peserta konferensi ini. 

Selain belajar sejarah dan mengenang kejayaan Konferensi Asia Afrika, kamu juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di spot menarik yang ada di tempat ini. Salah satu spot yang unik berada di area luar, dengan jajaran tiang bendera sebagai latar fotonya.

3. Liburan Sambil Belajar di Museum Pos Bandung

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jalan Cilaki No. 73, Citarun, Bandung Wetan, Bandung

Destinasi yang tidak kalah seru untuk dikunjungi bersama anak-anak adalah Museum Pos Bandung. Di sini, kamu bisa melihat berbagai koleksi barang-barang yang berkaitan dengan Pos dan kegiatan surat menyurat dari masa ke masa. 

Pada bagian depan museum ini, kamu akan disambut dengan kokohnya Monumen Tugu Peringatan PTT (POS, Telegraf, dan Telepon). Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan para pegawai PPT yang ikut gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Monumen ini juga dihiasi oleh ukiran puisi karya Chairil Anwar yang berjudul Karawang Bekasi. Di atas ukiran ini, kamu bisa melihat nama-nama pegawai PTT yang gugur di medan perang saat menjalankan tugasnya sebagai pengantar surat. 

Saat masuk ke area dalam museum, kamu dapat melihat berbagai barang yang digunakan dalam kegiatan surat menyurat. Barang seperti kotak surat, mesin tik, hingga sepeda sebagai pembawa surat di masa penjajahan dulu bisa sobat tiket lihat di sini. Kamu juga bisa melihat replika yang menggambarkan aktivitas surat menyurat yang terjadi di masa-masa terdahulu. 

Kamu yang punya hobi filateli bisa juga mengunjungi ruang perangko, tersimpan koleksi perangko dari dalam dan luar negeri. Perangko-perangko ini tertata dan tersimpan rapi di jajaran rak menempel di dinding ruangan. Pemandangan yang sulit kamu temukan di tempat lain, bukan?

Museum Pos terletak tepat di sebelah Gedung Sate, dengan arsitektur yang tidak jauh berbeda. Tak heran kalau museum ini sering jadi tujuan untuk berfoto karena arsitektur unik khas masa kolonial Belanda masih terjaga hingga kini.  

Masih belum puas berkeliling? Kamu bisa mampir ke beberapa spot menarik di sekitar Museum Pos seperti Museum Geologi, Taman Lansia, dan Sentra jajanan Yoghurt Cisangkuy. Cocok banget untuk sobat tiket yang berkunjung bersama anak-anak dan keluarga. 

Mengenal Sejarah di Kota Kembang

Belajar sejarah di kota Bandung bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang seru dan menyenangkan adalah berkunjung ke museum yang ada di kota ini. Ada banyak rekomendasi museum yang seru dikunjungi bersama anak-anak dan keluarga. Harga tiketnya murah meriah, cocok banget untuk kamu yang lagi berhemat!

Liburan ke museum, kenapa enggak? Selain di Bandung, banyak sekali kota di Indonesia yang memiliki museum yang sayang bila dilewatkan. Untuk sobat tiket yang berdomisili di Jakarta, kamu bisa datang ke 7 Museum Populer di Jakarta cocok dikunjungi ketika akhir pekan. 

Keliling Bandung dan mengunjungi berbagai museum, akan semakin nyaman dengan sewa mobil di tiket.com. Kamu bisa bebas memilih kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Liburan ke museum juga bisa asyik dan menyenangkan bukan, sobat tiket?