,

10 Spot Wisata Seru di Bandung untuk Liburan Bareng Si Kecil

Libur sekolah sudah tiba, ini saatnya untuk menghabiskan waktu berlibur bersama si kecil. Tak perlu repot pilih destinasi yang jauh, Bandung bisa menjadi destinasi yang cocok untuk menghabiskan momen liburan bersama buah hati. 

Mulai dari spot wisata alam yang indah, wisata edukasi yang seru, hingga wisata science yang bikin liburan jadi makin menyenangkan. Di mana saja sih, tempatnya? 

Destinasi Seru Ramah Anak di Kota Kembang

Selain terkenal karena pemandangan indah dan wisata kuliner lezat, Kota ini juga terkenal memiliki destinasi liburan yang ramah anak,lho! Nggak heran, Bandung sering menjadi destinasi yang banyak dipilih oleh keluarga untuk menghabiskan momen liburan. Apa saja sih, rekomendasi spot wisatanya? Ini dia info lengkapnya. 

1. Wisata Ala Cowboy di De Ranch Bandung

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Maribaya No. 17, Kayuambon, Lembang, Bandung

De Ranch adalah salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan saat musim liburan tiba. Sesuai namanya, objek wisata ini mengusung tema peternakan ala cowboy di film Hollywood. Selain pemandangan indah, ada banyak wahana seru di objek wisata ini untuk sobat tiket yang liburan bersama anak dan keluarga.

Mengajak si kecil berlibur ke De Ranch nggak akan bikin kamu menyesal, deh! Banyak wahana seru yang bisa dicoba seperti naik kereta kuda, menunggangi kuda poni, hingga berfoto dengan kostum ala cowboy. Selain wahananya menyenangkan, tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti restoran, factory outlet, hingga toko oleh-oleh.  

Selain mencoba wahana seru, De Ranch juga menyediakan layanan kursus seperti kursus menunggang dan merawat kuda, kursus memasak, hingga kursus memerah sapi. Buat kamu yang ingin merasakan hidup ala cowboy bisa ikut kelas di sini, ya! 

2.Wisata Edukasi Seru di Taman Lalu Lintas

Alamat: Jl. belitung No. 1, Merdeka, Sumur Bandung, Bandung

Sesuai dengan namanya, Taman Lalu Lintas ini menawarkan wisata edukasi tentang lalu lintas seperti moda transportasi, dan penjelasan lengkap mengenai rambu-rambu lalu lintas. Pengunjung yang datang juga bisa berkeliling di miniatur kota yang lengkap dengan bangunan sekolah, pos polisi, dan kawasan pertokoan.

Selain belajar tentang lalu lintas, kamu juga bisa menikmati wahana lain seperti berenang, piknik, atau bermain di playground dan rumah pohon. Selain main, kamu juga bisa foto-foto di area seluas 3,5 hektar ini sampai puas.

Salah satu ikon yang menjadi daya tarik taman ini adalah wahana kereta yang akan mengajak kamu berkeliling area taman. Didesain mirip kereta khas Perancis dan kereta cepat Shinkansen, kereta ini dijamin bakal bikin kunjungan kamu berkesan. 

3. Belajar Budaya Musik Sunda di Saung Angklung Udjo

Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung

Liburan bersama anak tidak melulu harus ke taman bermain. Kamu juga bisa membawa si kecil ke destinasi wisata edukasi, yang juga tak kalah menyenangkan. Kalau berkunjung ke Bandung, Saung Angklung Udjo bisa jadi destinasi yang tepat. 

Berangkat dari kecintaan Udjo Ngalagena (Mang Udjo) pada Angklung, Saung Angklung ini didirikan dengan tujuan dapat melestarikan musik angklung dan seni musik tradisional khas Sunda. Bahkan setelah Mang Udjo tutup usia, Saung Angklung Mang Udjo ini tetap bertahan dengan tujuan yang sama.

Daya tarik utama dari objek wisata ini terletak pada interior dan eksterior bangunan unik yang didominasi oleh bambu. Selain itu, area ini juga dilengkapi oleh arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, dan workshop membuat alat musik bambu. Cocok banget deh, untuk kamu yang liburan bersama si kecil. 

4. Wisata Kekinian di Rabbit Town Bandung

Alamat: Jl. Rancabentang No. 30-32, Ciumbuleuit, Bandung

Lanjutkan agenda liburan seru bersama si kecil dengan mengunjungi Rabbit Town. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini memiliki tema taman kelinci. Objek wisata ini dikemas lebih menarik dengan aneka pilihan wahana yang seru dan sayang bila dilewatkan. 

Sejak resmi dibuka pada tahun 2018, Rabbit Town menjadi destinasi kekinian yang hits dan jadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Selain dapat bermain dengan berbagai jenis kelinci yang lucu, ada banyak wahana seru yang bisa dicoba, lho! 

Salah satu daya tarik tambahan Rabbit Town adalah berbagai spot foto unik untuk foto selfie kamu dan buah hati. Spot fotonya memiliki banyak tema, mulai dari Museum of Ice Cream, Hollywood Land, hingga Ice Cone. Ayo abadikan momen liburan kamu sekarang! 

5. Binatang Ternak Lucu di Farmhouse Lembang

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Raya Lembang No. 108, Gudang Kahuripan, Lembang, Bandung

Popularitas tempat wisata yang satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain memiliki banyak spot foto yang unik dan kekinian, objek wisata ini juga menawarkan wisata ramah anak yang seru dan menyenangkan 

Objek wisata ini mengusung tema khas eropa, lengkap dengan bangunan yang didesain seperti rumah rumah pedesaan di sana. Suasananya cocok banget dijadikan spot foto unik yang bisa kamu pajang di media sosial. 

Terdapat banyak spot yang bisa dikunjungi jika sobat tiket berkunjung ke Farmhouse Lembang. Selain menikmati keindahan alam dan arsitektur eropa yang unik, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lain seperti bermain di mini zoo, mencoba makanan khas Bandung di restoran, atau berfoto di Rumah Hobbit dan taman bunga, yang menjadi ikon objek wisata ini.

Selain mendapatkan akses masuk, tiket masuk yang kamu beli juga bisa ditukarkan dengan segelas susu segar, lho! Jadi, sobat tiket bisa langsung menuju booth penukaran untuk merasakan kenikmatan susu segar yang berasal dari peternakan di daerah Lembang. 

6. Mengenal Seni dan Budaya Sunda di Kampung Dago Pojok 

Alamat: Jl. Dago Pojok No. 95, Dago, Coblong, Bandung

Kampung Wisata Dago Pojok adalah destinasi kekinian di Bandung yang bisa sobat tiket kunjungi bersama si kecil. Kampung ini cukup menarik perhatian karena banyak warganya yang memiliki jiwa seni yang tinggi, khususnya seni lukis dan seni tari.

Daya tarik yang dimiliki oleh Kampung Dago Pojok terletak pada seni mural yang menghiasi dinding di setiap sudutnya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas seru bersama si kecil. Aktivitas seperti belajar melukis mural, belajar menari, hingga menyaksikan pagelaran seni, rutin diadakan di kampung ini. 

Berada tak jauh dari pusat kota, kampung wisata kreatif ini menawarkan liburan seru yang tak terlupakan bersama anak-anak. Selain aktivitas seru dan pemandangan unik, objek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti restoran dan pusat oleh-oleh, lho! 

7. Berkeliling Gedung Sate yang Megah

Alamat: Jl. Diponegoro No. 22, Bandung

Berkunjung ke kota kembang, nggak ada salahnya mampir ke salah satu ikon kota ini: Gedung Sate. Selain melihat keindahan bangunan bersejarah, sobat tiket juga bisa mengenalkan sejarah Bandung pada si kecil, lho! 

Keindahan Gedung Sate tidak hanya bisa dinikmati di siang hari. Pada malam hari, gemerlap lampu warna warni akan menghiasi gedung yang pertama kali dibangun pada tahun 1920 ini. Selain pada bangunan gedung, lampu cantik juga menghiasi air mancur yang terletak di luar gedung. Cantik banget! 

Setelah menikmati keindahan Gedung Sate, sobat tiket bisa berkunjung juga ke Museum Geologi yang berjarak sangat dekat. Sempatkan diri juga untuk mampir dan mencicipi kenikmatan Yogurt Cisangkuy, yang juga berada di sekitar area ini ya! 

8.Liburan Lengkap di Dusun Bambu Family Leisure Park

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Kolonel Matsuri, Kertawangi, Cisarua, Bandung

Bagi sobat tiket yang mencari destinasi serba ada yang seru untuk liburan bersama anak, Dusun Bambu Family Leisure Park bisa jadi jawabannya. Selain bisa menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru bersama buah hati.

Sejak pertama kali diresmikan di tahun 2014, objek wisata ini selalu dijadikan destinasi tujuan oleh wisatawan. Kamu yang sedang berlibur bersama anak bisa juga memanfaatkan fasilitas yang ada di Dusun Bambu. 

Setelah mampir ke berbagai restoran dengan berbagai tema dan sajian masakan, kamu bisa mengajak si kecil bermain di area playground yang tersedia. Banyak juga pilihan aktivitas seru untuk anak seperti naik perahu, melukis kaos, atau berkeliling menyusuri taman yang indah. 

9. Melihat Keunikan Kampung Superhero

Alamat: Jl. Bengawan, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung

Destinasi yang satu ini dijamin bisa menarik perhatian anak-anak. Bagaimana tidak, di Taman Superhero ini, sobat tiket bisa melihat patung tokoh-tokoh superhero yang sangat terkenal dan disukai oleh anak-anak.

Beberapa tokoh superhero seperti Superman, Spiderman, Batman, hingga Gatot Kaca dipajang di area taman yang cukup luas dan asri ini. Tidak hanya itu, sobat tiket juga bisa melakukan berbagai aktivitas di taman ini seperti bermain di playground bersama buah hati sampai puas.

Untuk sobat tiket yang hobi jajan, kamu bisa bebas memilih aneka jajanan ringan yang dijual di sekitar area taman. Selain jajanan ringan yang lengkap, taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti perpustakaan, mushola, toilet, dan tentunya area parkir yang cukup luas. 

10. Bermain Sambil Belajar di Bandung Science Center

Alamat: Jl. Sinargalih No. 25, Gegerkalong, Sukasari, Bandung

Belajar science bersama anak bisa jadi agenda liburan yang nggak kalah seru, lho! Kalau kamu berkunjung ke kota kembang ini, Bandung Science Center bisa jadi tujuannya. Selain dapat mengasah ilmu pengetahuan, objek wisata ini juga punya wahana yang seru banget untuk dikunjungi bersama si kecil. 

Wahana edukasi yang di Bandung Science Center ini dipisahkan menjadi beberapa ruangan dengan teknologi dan ilmu yang berbeda. Mulai dari Ruang Bumi, Ruang Geologi, Ruang Astronomi, Ruang Eksperimen, hingga Ruang Ilusi Optik. Dijamin, berkunjung ke sini selain menyenangkan juga dapat menambah wawasan dan ilmu anak

Liburan di Bandung, Momen Menyenangkan Bersama Anak

Rekomendasi di atas bisa jadi pilihan yang cocok untuk sobat tiket yang mau liburan bersama si kecil. Nggak usah cemas, kamu bisa baca 6 Tips Packing untuk Liburan Bersama Anak, agar liburan semakin menyenangkan

Liburan bersama anak dan keluarga juga nggak bisa di sembarang hotel, lho! Kamu juga harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan untuk tidur si kecil yang lebih nyaman. Tidak perlu repot, langsung pesan hotel di tiket.com aja. Ada banyak rekomendasi hotel nyaman untuk kamu dan keluarga tercinta. Selamat liburan, ya!