,

Napak Tilas di 3 Monumen Bersejarah di Surabaya, Wajib Mampir!

Surabaya memiliki peran penting dalam proses perjuangan menuju kemerdekaan Republik Indonesia. Wajar saja rasanya, bila kota ini dijuluki sebagai kota pahlawan. Di kota ini, tersimpan berjuta kenangan dan memori tentang perjuangan arek-arek Suroboyo dalam memperjuangkan kemerdekaan negeri ini. 

Karena kekayaan sejarah yang dimilikinya, wajar saja kalau kota ini memiliki banyak monumen perjuangan. Selain dijadikan sebagai bentuk penghormatan terhadap pahlawan yang gugur di medan perang, monumen bersejarah ini juga jadi ikon unik yang membuat nama kota Surabaya semakin terdengar. Di mana sajakah letak monumen tersebut?  

Monumen Penuh Sejarah di Kota Pahlawan

Kota Surabaya menawarkan wisata sejarah menarik untuk kamu yang ingin mengenang jasa pahlawan memperjuangkan kemerdekaan negara. 

Berkunjung ke monumen bersejarah, sobat tiket tidak hanya bisa napak tilas, namun juga menikmati pemandangan dan suasana yang bikin liburan makin seru! Monumen apa saja yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Surabaya? Simak informasinya di bawah ini.

1. Monumen Bambu Runcing, Pesona di Tengah Kota

Sumber: shutterstock.com

Mulai perjalanan napak tilas di kota Surabaya dengan berkunjung ke Monumen Bambu Runcing. Monumen ini merupakan salah satu ikon kota pahlawan yang penuh makna. Kenapa alasannya? 

Monumen berbentuk bambu runcing ini penuh makna karena bambu runcing merupakan senjata tradisional yang digunakan oleh para pejuang untuk melawan bangsa penjajah dalam peristiwa 10 November 1945, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. 

Monumen ini berada di tengah kota, di antara padatnya aktivitas Jalan Panglima Sudirman, Surabaya. Megahnya pilar pilar berbentuk menyerupai bambu semakin indah dengan taman bunga yang mengelilinginya. Monumen ini juga diletakkan di tengah kolam dengan air mancur yang membuat pemandangannya jadi semakin indah. 

Kemegahan Monumen Bambu Runcing bisa dinikmati di siang maupun malam hari. Saat malam hari tiba, sorotan lampu akan memberikan kesan megah pada monumen ini. Selain pemandangannya yang megah, monumen ini juga bisa dijadikan wisata edukasi untuk si kecil, lho! 

Nggak perlu khawatir soal kenyamanan dan keamanan saat berkunjung ke monumen ini. Meskipun berada persis di tengah jalan raya yang ramai kendaraan, tersedia jalan khusus pejalan kaki yang mengelilingi monumen ini. Jadi, ketika sobat tiket berkunjung tidak akan mengganggu lalu lintas di sekitar monumen. 

2. Wisata Edukasi Seru di Monumen Kapal Selam

Sumber: shutterstock.com

Monumen Kapal Selam atau disingkat menjadi Monkasel juga menjadi ikon kota Surabaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain belajar sejarah, kamu juga bisa merasakan suasana saat berada di kapal selam asli, dengan ukuran sebenarnya. 

Berkunjung ke Monkasel, kamu bisa mempelajari sejarah tentang Kapal Selam KRI Pasopati 410. Kapal ini memiliki andil penting dalam Pertempuran Laut Aru, untuk membebaskan India Barat dari dudukan Pemerintah Belanda yang menjajah kala itu. 

Kapal selam ini merupakan sebuah pemberian dari Uni Soviet kepada negara Indonesia. Setelah tidak lagi digunakan, kapal selam ini diubah menjadi sebuah monumen. Untuk menjadikannya monumen yang berada di darat, kapal selam ini dipotong menjadi 16 bagian, dibawa ke darat, lalu disatukan kembali hingga menjadi sebuah kapal yang kembali utuh, di atas pondasi yang dibangun.

Sejak diresmikan di tahun 1998, bangunan kapal selam ini bisa dinikmati sebagai sarana liburan sejarah dan edukatif untuk masyarakat di sekitar Surabaya. Banyak pengunjung datang untuk melihat kemegahan suasana yang ada di dalam kapal selam asli ini. 

Tidak hanya mengagumi kemegahan kapal selam, sobat tiket yang berkunjung juga bisa melakukan banyak aktivitas seru di sekitar kawasan monumen, seperti bermain di taman bermain untuk anak, jajan di sentra makanan, hingga mencoba wahana air di Sungai Kalimas, yang terletak persis di samping monumen. Liburan dijamin makin seru dan menyenangkan deh, sobat tiket!

3. Megahnya Monumen Jenderal Soedirman

Sumber: shutterstock.com

Bagi sobat tiket yang tinggal di Jakarta, tentu tidak asing dengan nama Monumen Jenderal Sudirman. Namun, selain berada di Jl. Sudirman, Jakarta, Monumen Jenderal Soedirman juga berdiri kokoh di kota Surabaya. Apa bedanya? 

Perbedaan Patung Jenderal Sudirman yang ada di Jakarta dengan Monumen Jenderal Soedirman di Surabaya terletak pada pose patung. Namun, kedua patung ini didirikan untuk tujuan yang sama, yakni sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa dan pengorbanan beliau dalam kemerdekaan Indonesia.

Berada di pusat kota Surabaya, Monumen Jenderal Sudirman terletak di dekat bangunan bersejarah lain di kota ini, seperti gedung Balai Kota dan Monumen Bambu Runcing. Kokohnya monumen ini menjadi daya tarik yang membuat banyak pengunjung datang. 

Monumen yang kabarnya diresmikan di tahun 1970-an ini juga memuat pesan berbentuk ukiran dari sang Jenderal yang terletak di bawah patung monumen. Pesan tersebut berisikan semangat perjuangan dan imbauan untuk selalu berjuang dan pantang menyerah. 

Selain dapat melihat kemegahannya, berkunjung ke Monumen Jenderal Sudirman juga bisa jadi salah satu agenda wisata sejarah dan edukasi yang menarik. Apalagi kalau kamu berkunjung bersama anak-anak. Di sini, anak bisa mengenal sosok pejuang sekaligus belajar tentang pentingnya semangat juang tinggi untuk mencapai keberhasilan. 

Setelah berkunjung ke Monumen Jenderal Soedirman, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke tempat dan bangunan bersejarah lainnya yang ada di kota Surabaya. Jangan lupa juga abadikan segala keseruan yang kamu lakukan di kamera dan smartphone kesayangan, ya! 

Surabaya Punya Sejuta Cerita

Perkembangan kota Surabaya hingga kini, tentunya tidak lepas dari perannya di masa penjajahan dahulu. Cerita, sejarah, dan budaya yang ada di kota ini semakin menambah pesona menarik perhatian pengunjung yang hendak berlibur. 

Wisata sejarah di Kota Surabaya bisa jadi agenda liburan yang nggak kalah seru. Kamu bisa mengunjungi banyak tempat-tempat bersejarah yang kaya akan ilmu dan budaya. Selain menambah wawasan, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan luar biasa indahnya. 

Masih ingin menjelajahi warisan sejarah dan budaya di kota ini? Nggak perlu bingung, kamu bisa langsung mengunjungi 5 Spot Wisata Budaya di Surabaya yang siap memberikan pengalaman liburan unik dan tentunya menyenangkan! 

Berkeliling dan menjelajahi kota Surabaya jangan sampai terhalang oleh urusan transportasi. Tinggalkan proses yang ribet, dan sewa mobil di tiket.com aja! Tersedia berbagai macam mobil beserta supir yang siap mengantarkan kamu berkeliling kota pahlawan dengan lebih nyaman dan anti lelah deh, pokoknya! 

Jangan lewatkan juga kesempatan mendapatkan promo terbaik dari tiket.com, untuk liburan yang lebih asyik. Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi tiket.com dan rasakan kemudahan dalam menyiapkan segala keperluan liburan.