Makanan Khas Banyuwangi

,

5 Rekomendasi Makanan Khas Banyuwangi, Nggak Boleh Sampai Terlewatkan!

Makanan Khas Banyuwangi – Banyuwangi merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang dikenal dengan tempat wisatanya yang beragam. Salah satu tempat wisata di daerah ini yang pasti sering kamu dengar adalah Kawah Ijen.

Menjadi tempat wisata yang paling digemari, Kawah Ijen memang memiliki pesona alam yang tidak ada duanya. Seperti fenomena Blue Fire atau semburan api berwarna biru, yang tidak bisa disaksikan sepanjang waktu. Sehingga menjadikannya sangat diburu oleh wisatawan.

Namun, kali ini tiket.com nggak ingin membahas mengenai tempat wisata yang ada di Banyuwangi ya, sobat tiket. Melainkan, tiket.com akan membahas makanan khas Banyuwangi yang wajib kamu cicipi saat berada di sini. Apa aja kira-kira? Ini dia selengkapnya!

5 Makanan Khas Banyuwangi, Sudah Pernah Coba?

Selain tempat wisata, hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja saat ke Banyuwangi adalah makanan khasnya. Belum tau apa saja makanan khas dari daerah ini? Kalau begitu, simak ulasannya berikut ini ya, sobat tiket.

1. Mau yang Pedas-Pedas? Coba Sego Tempong Banyuwangi

Sego Tempong, atau yang juga dikenal dengan Nasi Tempong merupakan makanan khas Banyuwangi yang patut dicoba jika kamu penyuka makanan pedas. Karena, dalam seporsi menu ini, terdapat sambal mentah segar yang bisa menggigit lidah kamu!

Jangan membayangkan sego kucing ya, sobat tiket. Soalnya untuk seporsi makanan ini dapat dikatakan cukup banyak. Kamu bisa memilih berbagai lauk pauk sebagai pelengkapnya. Pastinya, ikan asin dan lalapan wajib banget dipilih ya, sobat tiket, biar lebih mantul nikmatnya!

Makanan Khas Banyuwangi - Sego Tempong

Biasanya, untuk seporsi Sego Tempong terdapat isian berupa ikan yang bisa dipilih, ada ikan asin, lele, wader, dan pepes. Selain itu, ada pula aneka gorengan, bothok, sayuran berupa kol, terong, daun selada, pepaya, atau kenikir. Disajikan diatas sepiring nasi hangat dan sambal yang pedasnya nampol, yakin deh bisa bikin selera makan meningkat!

Ada banyak tempat di Banyuwangi untuk mencicipi menu Sego Tempong ini. Kalau kamu ingin makan dengan ditemani pemandangan yang alami, maka melipir ke Nasi Tempong Pak Likin adalah jawabannya. Tempat makan ini berada di Jalan Ahmad Yani, Pakis, Songgon, Banyuwangi.

2. Gurih, Pedas, Segar, Cobain Rujak Soto Ini 

Banyuwangi memang dikenal sebagai salah satu daerah yang unik dalam menciptakan suatu hidangan makanan. Seperti yang satu ini nih, sobat tiket, rujak dipadukan dengan soto! Hmm, gimana ya sobat tiket perpaduan rasa dari kedua makanan tersebut? Pastinya sih unik, dan banyak diburu oleh wisatawan.

Rujak yang disajikan tentu rujak sayuran ya, sobat tiket, bukan rujak buah. Nah, rujak dengan sambal pedas dipadukan dengan soto daging tentunya menciptakan rasa gurih, pedas dan manis yang menggoyang lidah.

Makanan Khas Banyuwangi - Rujak Soto

Untuk setiap kedai yang menjual Rujak Soto memiliki ciri khas yang berbeda-beda nih, sobat tiket. Ada yang menggunakan campuran jeroan, kuah soto berwarna kehitaman, hingga campuran daging ayam dan sapi. Namun, rasanya tetap sama dan pastinya enak kok, sobat tiket.

Untuk menyantap seporsi Rujak Soto ini, kamu bisa mengkombinasikannya dengan lontong ataupun nasi. Ditambah kerupuk dan disantap saat masih hangat, pastinya bisa bikin nafsu makan kamu meningkat deh.

Lagi di Banyuwangi dan mau coba Rujak Soto yang legendaris? Datang langsung ke Rujak Soto Mbok Mbret di Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kedai ini buka mulai pukul 08.00-16.00 ya, sobat tiket.

3. Pecel Pitik, Makanan Sakral Suku Osing Banyuwangi

Dulu, Pecel Pitik memang makanan yang hanya disajikan pada acara-acara syukuran atau acara bersih desa saja lho, sobat tiket. Jenis makanan khas Banyuwangi yang satu ini hanya bisa ditemukan di Desa adat Kemiren.

Namun, seiring berkembangnya waktu, Pecel Pitik ini bisa kamu temui di beberapa rumah makan di Banyuwangi. Berbeda dengan pecel yang mungkin kamu tau nih, sobat tiket. Pecel Pitik khas Banyuwangi tidak menggunakan bumbu kacang sebagai bumbu pelengkapnya, pun tidak menjadikan sayur mayur atau gorengan sebagai menu utamanya.

Melainkan, Pecel Pitik menggunakan ayam panggang suwir yang dicampur dengan parutan kelapa berbumbu hingga berbentuk seperti urap. Rasanya yang pedas cocok banget untuk sobat tiket yang memang mencintai makanan pedas. Siap-siap akan merasakan lidahmu seperti terbakar ya, sobat tiket saat menyantap menu satu ini.

Menu Pecel Pitik bisa kamu temukan di beberapa rumah makan di Banyuwangi, tapi untuk merasakan rasa yang otentik, Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Banyuwangi menjadi tempat yang tepat untuk dituju.

4. Kue Bikang Khas JaTim yang Manis Empuk dan Berwarna-Warni

Selain makanan khas Banyuwangi berupa makanan berat, ada juga nih kue khas Banyuwangi yang juga harus kamu coba saat ke sana. Kue Bikang namanya, adalah kue dengan rasa manis dan empuk yang enak disantap sebagai camilan.

Jenis jajanan ini bisa kamu temui di pasar-pasar nih, sobat tiket. Dengan bentuknya yang unik, yaitu menyerupai bunga mawar yang merekah, menjadikannya semakin terlihat cantik. Kue Bikang khas Banyuwangi ini identik dengan kue nya yang berwarna-warni.

Saat ke Banyuwangi, jangan lupa untuk mencicipi jajanan tradisional yang satu ini ya, sobat tiket! Pasti kamu akan ketagihan deh!

5. Cobain Rawon Legendaris di Banyuwangi

Sobat tiket pasti sudah biasa banget ya mendengar nama Rawon. Makanan yang memiliki ciri khas kuah berwarna hitam ini menjadi kuliner yang wajib kamu coba saat berada di Banyuwangi. Ada banyak tempat makan Rawon yang bisa kamu temui di daerah ini. Namun, Rawon Bik Ati menjadi yang paling wajib untuk kamu kunjungi.

Rawon ini dikatakan sebagai Rawon yang paling enak dan juga legendaris. Karena sudah berdiri sejak tahun 1984, dan cita rasanya pun tidak pernah berubah! Wah, kalau ini sih kamu nggak boleh melewatkan untuk mencicipinya ya, sobat tiket.

Kamu bisa menemukan rumah makan Rawi Bik Ati ini di Jalan A. Yani No. 83 Banyuwangi. Tidak hanya menyediakan menu rawon, rumah makan ini juga menyediakan menu lain seperti bakso, soto ayam, sop buntut, dan lalapan.

Hayo sobat tiket, dari kelima makanan khas Banyuwangi tersebut, mana nih yang paling menggugah selera kamu? Jalan-jalan ke Banyuwangi paling asik dengan sewa mobil di tiket.com. Jadi, kamu bisa eksplor banyak tempat wisata deh, sobat tiket.

Selain makanan khasnya yang patut dicoba, sempatkan waktu kamu untuk mengunjungi 8 Tempat Wisata di Banyuwangi yang hits ini ya, sobat tiket! Ciptakan momen seru kamu di Banyuwangi.