,

8 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Hits dan Instagramable

Tempat Wisata di Banyuwangi – sobat tiket yang mau pergi liburan ke daerah Jawa Timur dan ingin mencari tempat yang memiliki pemandangan alam super kece, boleh banget dateng ke Banyuwangi.

Di kota ini, selain ada destinasi wisata yang sudah sangat terkenal dengan api birunya yaitu kawah Ijen, masih ada banyak lagi tempat keren yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa bermain di pantai atau pun melihat satwa liar dengan lebih dekat.

Wisata Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Untuk membantu kamu menentukan tempat mana saja yang harus kamu datangi ketika sedang liburan ke kota ini, maka tiket.com sudah rangkum nih tempat wisata di Banyuwangi yang paling instagramable.

Dijamin deh, kalau kamu ke tempat-tempat yang disebutkan di bawah ini, pastinya kamera kamu ga akan nganggur karena kamu bisa dapet banyak foto menakjubkan. Mari kita simak langsung destinasi wisata Banyuwangi yang keren berikut ini.

1. Kawah Ijen

Tempat Wisata di Banyuwangi

Dimulai dari tempat wisata di Banyuwangi yang sudah sangat populer dan menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke sini, yaitu kawah Ijen. Gunung Ijen adalah gunung berapi yang masih aktif dan letaknya sangat dekat dengan Kota Banyuwangi.

Kawah Ijen sangat terkenal dengan fenomena alam berupa api biru yang akan terlihat sangat indah pada malam hari. Untuk itu sebaiknya kamu rencanakan waktu berkunjung pada dini hari. Kamu bisa mencapai kawah Ijen dari Pos Paltuding setidaknya 3 sampai 4 jam pendakian.

Nah, siapkan kamera kamu untuk memotret fenomena alam super cantik tersebut sambil menikmati keindahannya. Setelah itu, kamu juga bisa memotret matahari terbit alias sunrise dari ujung timur yang tak kalah mengesankan.

2. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan juga merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang sangat populer. Pulau tersebut terletak kira-kira 20 kilometer dari kota Banyuwangi. Kamu bisa datang ke sana dengan cara menaiki perahu yang disewakan untuk menyebrang ke Pulau Tabuhan.

Di pulau yang luasnya sekitar lima kilometer persegi ini, kamu bisa menikmati indahnya pantai dengan pasir putih dan terumbu karang lepas pantai. Karena keindahannya tersebut, tak heran jika pulau ini terkenal dengan sebutan “surga yang tersembunyi”.

Kalau kamu punya kamera underwater, kamu bisa membawanya untuk snorkeling di sekitar kawasan tersebut dan memotret indahnya kehidupan bawah laut berupa ikan-ikan kecil yang berenang di antara karang.

3. Teluk Hijau

Kota Banyuwangi seperti tiada habisnya menyimpan jutaan pesona wisata yang sangat cantik. Salah satu kecantikan alam yang bisa kamu lihat langsung di kota ini adalah Teluk Hijau, sebuah tempat wisata di Banyuwangi berupa pantai dengan air laut berwarna hijau.

Menariknya, air laut yang berwarna hijau tersebut berada di tepian pantai yang kemudian semakin ke tengah warnanya berubah menjadi biru cerah. Ditambah dengan pasir putih, kamu pasti bisa dengan mudah mendapatkan foto yang keren di sini.

Jangan lupa untuk bawa baju ganti, karena di pantai ini kamu juga bisa berenang. Ombak di Teluk Hijau ini terbilang cukup aman, namun kamu tetap harus berhati-hati ya, karena alam tak bisa diprediksi.

4. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang penuh dengan pepohonan dan belakangan ini menjadi semakin populer dikunjungi oleh wisatawan. Bagaimana tidak, di sini kamu bisa merasakan seolah sedang berada di dalam film The Lord of the Rings.

Pohon trembesi yang sangat banyak dan besar di sini tadinya dimanfaatkan untuk menjadi area resapan yang dikelola oleh perhutani Banyuwangi. Namun nyatanya pohon-pohon tersebut malah membuat tempat ini menjadi sangat eksotis untuk dijadikan tempat wisata.

Kalau kamu pengen dapet foto yang menakjubkan di sini, sebaiknya kamu datang pada sore hari di mana sinar matahari masuk menerobos di antara dahan pohon. Saking kerennya, kamu bahkan bisa gunakan tempat ini untuk foto prewed.

5. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran adalah tempat wisata di Banyuwangi selain pantai berupa padang savana yang sangat luas di mana kamu juga bisa melihat banyak satwa liar. Tempat ini juga sangat dikenal dengan sebutan Africa van Java.

Taman Nasional Baluran ini berdiri sejak tahun 1980 yang juga merupakan taman nasional di Indonesia yang pertama. Di tempat ini kamu bisa melihat sekitar 26 jenis hewan mamalia dan 155 jenis burung, yang beberapa di antaranya merupakan satwa langka.

Kalau ke sini, jangan lupa untuk mengabadikan potret keindahan Africa van Java ini. Selain itu ada juga tempat indah lainnya di kawasan ini yang antara lain adalah Gua Jepang, Sumur Tua, Curah Tangis, Manting, Dermaga, Balanan, dan lainnya.

6. Taman Sritanjung

Beralih ke tempat wisata di Banyuwangi yang dekat kota, ada sebuah taman bernama Sritanjung. Taman ini juga menjadi ikon Kota Banyuwangi yang sangat terkenal. Di sini kamu bisa bersantai bareng teman-teman atau keluarga sambil menikmati sore.

Lokasinya pun juga strategis, berada di tengah Kota Banyuwangi. Maka tak heran kalau Taman Sritanjung selalu ramai oleh pengunjung. Tempatnya yang sangat terjaga kebersihannya serta banyak tanaman hijau membuat tempat ini cocok untuk hunting foto Instagram.

Hal lain yang bikin kamu betah berada di sini antara lain adalah banyaknya penjual makanan untuk menemanimu ngobrol bersama teman. Ditambah lagi adanya fasilitas wifi gratis pasti kamu bisa langsung foto dan upload.

7. Pantai Boom

Nah, ini dia tempat wisata di Banyuwangi yang terkenal dengan pemandangan apiknya. Sebelumnya pantai ini adalah sebuah pelabuhan. Kemudian kini tempat ini menjadi semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga turis asing.

Di sini kamu bisa mendapatkan foto siluet menghadap ke arah matahari yang terbenam di ujung laut yang ada di barat. Tak hanya itu, kamu bisa juga berpose di ayunan yang tersedia di pantai. Dijamin kamu pasti bisa dapat foto instagramable yang mengundang banyak like.

Kalau sudah puas hunting foto, selanjutnya kamu bisa bersantai di gazebo yang ada di tepian pantai Boom. Di situ kamu bisa bersantai menikmati pemandangan yang indah sambil memakan bekal yang kamu bawa.

8. Pulau Merah

Tak kalah dengan Bali, Kota Banyuwangi juga memiliki banyak koleksi wisata pantai yang sangat keren. Bahkan ada pantai yang menjadi incaran banyak wisatawan asing karena ombaknya yang bisa digunakan untuk olahraga selancar.

Pantai tersebut adalah Pantai Pulau Merah yang lokasinya ada di bagian ujung selatan Kota Banyuwangi. Selain ombaknya yang seru, pantai ini juga memiliki pasir putih dengan hamparan seluas kurang lebih 3 kilometer.

Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini juga menawarkan aktivitas seru lain selain berselancar. Beberapa di antaranya adalah memancing, snorkeling, mendaki bukit, bermain pasir, dan tentu saja foto-foto.

Jangan Sampai Lupa Bawa Kamera Ya!

Itu tadi daftar tempat wisata di Banyuwangi yang wajib untuk kamu kunjungi baik itu bersama teman, pasangan, ataupun keluarga. Semuanya menawarkan background keren untuk diposting di akun IG kamu. Kalau kamu mau nyebrang ke Lombok, jangan lupa berkunjung ke Mandalika ya. Kalau mau pesan hotel murah di Banyuwangi dengan mudah, kamu bisa langsung akses tiket.com.