Makanan Khas Aceh

,

7 Makanan Khas Aceh yang Lezat dan Kaya Akan Rempah. Wajib Coba!

Makanan Khas Aceh – Selain dikenal dengan keindahan alam dan keragaman budayanya, Indonesia juga dikenal kaya akan wisata kulinernya lho, sobat tiket. Karena, masing-masing kota dan wilayah memiliki makanan khasnya masing-masing. Termasuk Aceh, yang akan tiket.com bahas ini untuk sobat tiket.

Kamu berasal dari Aceh? Kira-kira, apa saja nih makanan khas Aceh yang paling kamu rekomendasikan untuk sobat tiket yang mau liburan ke sana? Hmm, kalau tiket.com sih sudah punya 7 list makanan khas Aceh yang wajib dicoba saat datang ke sana. Sama nggak ya dengan rekomendasi kamu? Langsung simak aja yuk ulasannya!

7 Makanan Khas Aceh, Lezatnya Melegenda!

Saat ke Aceh, nggak cuma tempat wisatanya saja lho, yang bisa kamu eksplor, sobat tiket. Namun, kamu juga bisa wisata kuliner dan mencicipi makanan-makanan khas yang berasal dari Provinsi Aceh ini. Meskipun kamu bisa menemukannya di beberapa kota atau wilayah lainnya, tetapi mencicipi langsung dari kota asalnya tentu akan berbeda, kan?

1. Mie Aceh

Siapa yang tak tau makanan khas Aceh satu ini? Namanya sudah dikenal di berbagai penjuru kota dan provinsi. Bahkan, untuk di Jakarta sendiri pun sudah banyak sekali penjaja makanan yang berasal dari Aceh ini. Mulai dari penjaja kaki lima, hingga restoran-restoran yang berada di pusat perbelanjaan.

Makanan Khas Aceh - Mie Aceh

Sobat tiket tentu setuju kan, kalau Mie Aceh memang begitu difavoritkan oleh banyak kalangan? Makanan dengan olahan mie berwarna kuning, serta tambahan toping-toping berupa kacang tanah, seafood, kerupuk, dan bawang goreng ini disajikan dengan dua varian. Kamu bisa memilihnya dengan kuah, ataupun tanpa kuah (goreng). Keduanya sama-sama lezat!

Cicipi langsung Mie Aceh di kota asalnya!

2. Mie Jalak

Selain Mie Aceh yang begitu tersohor, ada juga lho sajian makanan khas Aceh yang berasal dari olahan mie, yaitu Mie Jalak. Mie Jalak merupakan sajian makanan ala Chinese food yang memiliki rasa gurih karena dimasak dengan menggunakan kuah kaldu.

Seporsi Mie Jalak Sabang ini hanya dibanderol sebesar Rp15.000 dengan porsi yang besar dan toping yang melimpah. Dalam semangkuk Mie Jalak ini, terdapat beberapa toping, seperti potongan daging, tauge, telur rebus (matang /setengah matang), dan daun bawang. Soal rasa, tidak perlu diragukan lagi deh, sobat tiket! Makanya, kamu wajib banget mencicipi menu ini!

Lokasi untuk mencicipi menu Mie Jalak legendaris ini adalah di Pulau Baru (Mie Jalak) Jl. Perdagangan No.29B, Sabang.

3. Sate Matang

Makanan yang satu ini memang terdengar unik ya, sobat tiket. Nama Sate Matang ini tercetus karena memang berasal dari daerah Matang, Bireuen. Sate Matang merupakan sate yang berasal dari daging kambing dan daging sapi seperti pada umumnya. Namun, sate ini diungkep terlebih dahulu sebelum dibakar dan disajikan. Sehingga rasa bumbu begitu meresap.

Sama seperti Mie Aceh, nama Sate Matang juga cukup dikenal lho di beberapa kota besar di Indonesia yang menjual menu makanan khas Aceh. Pembeda dari Sate Matang dengan sate lainnya terletak pada penyajiannya yang didampingi dengan kuah soto yang kaya akan rempah.

4. Eungkot Keumamah

Eungkot Keumamah bukan hanya sekedar makanan khas Aceh yang memiliki rasa lezat dan menggugah selera makan saja. Namun ternyata makanan satu ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda lho, sobat tiket! Eungkot Keumamah ini bahkan menjadi menu perbekalan para pahlawan di Aceh yang pergi berperang.

Disamping itu, Keumamah merupakan sajian makanan yang terbuat dari Ikan Tongkol atau Ikan Tuna segar. Proses awalnya, ikan tersebut dibersihkan dan diberi pengawet alami sebelum dijemur selama 3 hari lamanya. Hasil ikan yang keras ini yang membuat Keumamah memiliki nama lain ikan kayu. Namun, ketahanan makanan ini bisa sampai berbulan-bulan.

Setelahnya, ikan yang dijemur dan dikeringkan akan diolah menjadi makanan yang lezat dengan bumbu khas. Kamu bisa menemukan menu makanan satu ini di restoran yang tersebar di Aceh kok, sobat tiket. Jangan lupa cicipi ya!

5. Sambal Ganja

Ngaku deh, sobat tiket. Kamu pasti termasuk dalam kategori orang-orang yang merasa makan kurang lengkap tanpa ditemani sambal, kan? Nah, Aceh juga punya lho sambal andalannya yang bikin selera makan jadi meningkat! Namanya adalah Sambal Ganja. Eits, bukan berarti sambal ini memiliki campuran daun ganja di dalamnya ya, sobat tiket.

Disebut Sambal Ganja karena siapapun yang memakannya, pasti akan ketagihan dengan rasanya! Hmm, patut dicoba banget kan, sobat tiket? Sambal ini merupakan sambal mentah khas Aceh yang bahan utamanya menggunakan udang. Memang paling nikmat cicipi Sambal Ganja ini dengan sepiring nasi hangat. Dijamin kamu mau nambah terus!

6. Ayam Tangkap

Sobat tiket mau coba menu makanan yang terbuat dari olahan daging ayam di kota Banda ini? Ada kok, sobat tiket! Kamu harus coba menu Ayam Tangkap yang rasanya enak dan kaya akan bumbu khas ini. Meskipun ayam goreng yang terdapat di menu ini adalah ayam goreng seperti pada umumnya, namun bumbu dan aroma dari Ayam Tangkap ini sangat menggugah selera.

Tidak hanya memiliki aroma yang khas, menu Ayam Tangkap ini juga disajikan dengan daun-daunan seperti daun kari, daun jeruk, dan daun pandan. Dedaunan yang digoreng kering ini pun bukan cuma sekedar garnish, tetapi juga enak dimakan dengan sensasi kriuknya,

7. Kuah Sie Itek

Terakhir, ada Kuah Sie Itek yang menjadi makanan andalan para masyarakat Aceh nih, sobat tiket. Kamu yang suka makan daging bebek, pastinya menu makanan satu ini bakal jadi menu favorit terbaru kamu deh! Kuah Sie Itek merupakan kari bebek khas Aceh yang memiliki dua varian kuah. Yaitu kuah merah yang mana didominasi oleh cabai, dan kuah putih bak opor dan tidak pedas.

Meskipun menggunakan bebek sebagai bahan utamanya, namun kamu tidak perlu takut akan ada bau anyir, sobat tiket. Karena, banyaknya rempah-rempah mampu menghilangkan bau anyir pada daging bebek. Menyantapnya dengan sepiring nasi hangat tentu terasa begitu nikmat!

Pergi Ke Mana Pun, Paling Mudah dengan tiket.com

Nah, kamu sudah tau kan sobat tiket makanan khas Aceh apa saja yang bisa kamu cicipi saat bertandang ke Kota Serambi Mekkah ini? Jangan lupa cari tiket pesawat ke Aceh di tiket.com, dan nikmati kemudahan dengan metode pembayaran yang berbagai.

Setelah dari Aceh, kamu juga bisa mampir buat liburan lebih seru ke Kota Medan. Ada 10 Spot Instagramable di Medan yang wajib banget kamu kunjungi!