,

7 Kuliner Murah di Bandung, Harga Mahasiswa Rasa Menggugah Selera!

Bandung memang juaranya kota wisata. Suasananya sejuk, objek wisatanya melimpah, kulinernya juga beragam! Nggak hanya itu, harga kulinernya yang murah meriah selalu menjadi daya tarik sendiri ketika liburan ke kota ini. Buat kamu yang ingin kulineran murah namun cita rasanya tetap menggugah selera, simak 7 rekomendasinya di sini. 

7 Kuliner Nikmat dan Murah di Bandung

Jajanan kaki lima hingga kedai-kedai pinggir jalan di kota Bandung memang banyak sekali. Mau tahu nggak kuliner Bandung yang enak, murah meriah dan nggak bikin kantong jebol? Lanjutkan bacanya, ya!

1. Cuanki Serayu

Di tengah maraknya kafe dan resto di Bandung, kuliner legendaris seperti Cuanki Serayu masih diminati oleh para pembeli. Saking populernya, kalau berkunjung ke sini pada akhir pekan, kamu harus antri untuk menikmati seporsi cuanki enak ini.

Buat kamu yang baru pertama kali mendengar nama cuanki pasti penasaran seperti apa rasa dan bentuknya, kan? Kalau diperhatikan bentuknya mirip dengan bakso, sama-sama disajikan bersama kuah kaldu lengkap dengan tahu, pangsit rebus, dan pangsit goreng.

Bedanya, bila bakso menggunakan mi sebagai pelengkap, maka cuanki menggunakan aci untuk menyempurnakan rasanya. Selain itu, kuah bakso umumnya terbuat dari kaldu sapi sementara kuah cuanki diracik bersama kaldu ikan.

Sudah eksis sejak tahun 90-an, Cuanki Serayu dikenal memiliki cita rasa nikmat dan ramah di kantong. Seporsi cuanki di sini dipatok sebesar Rp17.000*. Harga murah, cita rasa nikmat, nggak heran kalau makanan ini menjadi favorit warga Bandung.

Alamat: Jl. Serayu No.2, Kota Bandung

2.  Seblak Oces

Sumber: Shutterstock

Penikmat makanan pedas wajib banget mampir ke sini kalau lagi di Bandung. Seblak Oces namanya. Menurut kabar, Seblak Oces inilah yang menjadi pelopor seblak basah yang kini sedang terkenal.

Terdapat 5 varian menu yang bisa kamu pilih, di antaranya seblak komplit tulang, seblak kombinasi, seblak komplit baso, seblak komplit, ceker, dan seblak campur. Di antara 5 menu yang ada, seblak campur menjadi menu paling favorit di antara para pembeli. Seporsi seblak campur terdiri dari kerupuk, batagor, makaroni, siomay, dan telur.

Ngomongin rasa, sajian Seblak Oces benar-benar mampu menggoyang lidah. Apalagi rasa kaldu dalam kuahnya yang begitu sedap. Dijamin bisa bikin kamu nambah, deh!

Untuk menikmati seporsi Seblak Oces, sobat tiket hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp8.000* sampai Rp15.000*. Murah, kan?

Alamat: Jl. Purnawarman No.22, Kota Bandung

3. Batagor Riri

Sumber: Shutterstock

Batagor merupakan salah satu makanan khas Bandung. Rasanya sayang banget kalau kamu nggak mencicipi kuliner ini ketika berkunjung ke Kota Kembang. Untuk menemukan batagor dengan cita rasa nikmat, sobat tiket bisa datang ke Batagor Riri.

Berdiri sejak tahun 1985, nama Batagor Riri sudah terkenal sampai di kalangan selebriti. Bukan tanpa sebab, pasalnya batagor yang disajikan di tempat ini punya rasa ikan tenggiri yang nendang. Rasanya pun makin sempurna dengan racikan bumbu kacang dan kecap yang pas. Seporsi Batagor Riri paling enak disantap selagi hangat.

Selain makan di tempat, Batagor Riri juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Soal harga, seporsi Batagor Riri dijual mulai dari Rp10.000* sampai Rp25.000*.

Alamat: Jl. Burangrang No.41, Malabar, Kota Bandung

4. Colenak Murdi Putra

Sumber: Shutterstock

Berburu makanan tradisional bisa jadi cara berbeda untuk menikmati aneka ragam kuliner yang ada di Bandung. Salah satu penganan Bandung yang legendaris adalah Colenak.

Colenak singkatan dari dicocol enak ini merupakan makanan tradisional asli Pasundan yang terbuat dari campuran parutan kelapa, tapai, dan gula merah. Kuliner ini punya tekstur lembut dengan cita rasa manis dan sedikit asam.

Meski tergolong jadul, tapi Colenak masih punya tempat tersendiri di hati penikmatnya. Colenak Murdi Putra menjadi pelopor pertama Colenak di Bandung. Toko yang telah berdiri sejak 1930 silam ini menawarkan tiga varian rasa colenak yang bisa kamu coba.

Tersedia colenak rasa original, nangka, dan durian. Dari ketiga varian rasa yang ada, colenak original lah yang menjadi primadona di tempat ini. Penasaran dengan rasanya? Kamu hanya perlu menyiapkan Rp10.000* untuk menikmati rasa Colenak Murdi Putra.  

Alamat: Jl. Kiara Condong No.457, Kota Bandung

5. Bubur Pa Otong

Bila biasanya semangkuk bubur ayam disantap saat pagi hari, di Bandung kamu bisa menemukan warung bubur ayam yang buka di malam hari. Salah satu warung bubur yang terkenal adalah Bubur Pa Otong. Bukan hanya masyarakat setempat yang membeli, Bubur Pa Otong juga kerap disambangi oleh para artis, lho.

Uniknya, tekstur dari Bubur Pa Otong terbilang khas yaitu agak cair dan lengket. Bubur ayam Pa Otong disajikan lengkap bersama topping yang melimpah seperti suwiran ayam, cakwe, irisan daun bawang, dan taburan bawang goreng.

Biar makin kenyang, sobat tiket juga bisa menambahkan sate usus, sate telur puyuh, atau sate kulit sebagai teman bersantap. Selain enak, harga semangkuk bubur ayam di tempat ini cukup terjangkau yakni mulai dari Rp17.000*.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.451, Kota Bandung

6. Surabi Imut

Sumber: Shutterstock

Di Bandung ada banyak toko surabi yang bisa kamu coba. Tapi kalau mau dapat varian rasa yang berlimpah, coba datang ke Surabi Imut. Nggak tanggung-tanggung, kedai yang buka sejak 1998 ini menawarkan lebih dari 30 rasa, lho!

Mulai dari surabi topping oncom, cokelat keju, pisang keju, telur ayam, strawberi, sampai surabi saus durian. Kamu tinggal pilih deh surabi mana yang sesuai dengan selera. Kalau bingung, sobat tiket bisa pilih surabi paling favorit yaitu surabi saus durian dan surabi cokelat susu keju.

Ketika dimakan, kamu akan merasakan tekstur surabi yang lembut dan terasa enak dengan balutan saus yang meleleh di mulut. Yummy!

Tertarik untuk mencicipinya? Seporsi Surabi Imut dijual mulai dari Rp5.500* sampai Rp15.500*.

Alamat: Jl. Dr. Setiabudhi No. 189, Setiabudhi, Bandung

7.Warung Ceu Mar

Perut mendadak keroncongan di malam hari? Kalau di Bandung, kamu bisa datang ke Warung Ceu Mar yang buka sejak jam 4 sore sampai jam 6 pagi. Di tengah malam, kamu bakal menjumpai banyak anak muda yang nongkrong sambil bersantap di sini.

Mengusung konsep prasmanan, di sini kamu bisa leluasa untuk memilih menu yang disuka. Jika sedang ramai, sobat tiket pun harus antre untuk mengambil makanan.

Warung Ceu Mar menyediakan menu yang beragam seperti semur jengkol, oseng-oseng usus, bakwan, babat, dan yang paling favorit adalah gulai sapi. Nggak usah khawatir, harga makanan di sini cukup terjangkau.

Dengan uang Rp20.000* kamu sudah bisa makan gulai sapi dengan bakwan goreng, telur rebus, dan teh manis. Selain Warung Cue Mar, kamu juga bisa menikmati kuliner malam Bandung lainnya yang tak kalah terkenal seperti Sate Hadori dan Zona Merah.

Alamat: Jl. Braga No.29, Kota Bandung

Ayo Ajak Keluargamu Main ke Bandung!

Selain kuliner yang beragam, sebagai kota wisata, Bandung juga punya banyak tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Buat momen liburanmu makin berkesan dengan kehadiran orang tercinta.

Kapan pun kamu ke Bandung, jika berencana naik kereta, coba pesan tiket kereta api dengan tiket.com dan temukan beragam promo menarik untuk liburanmu. Selamat bersenang-senang, sobat tiket!

*harga saat artikel dibuat