4 Destinasi Wisata Hits Palembang yang Buat Feed Instagram Makin Kece!

,

4 Destinasi Wisata Hits Palembang yang Buat Feeds Instagram Makin Kece!

Liburan, bagi generasi milenial, nggak cuma sekadar melepas penat atau mengisi waktu luang saja, melainkan juga untuk berfoto ria demi feeds Instagram yang kekinian! Sah-sah saja dan nggak ada yang melarang juga, kok!

Rekomendasi Destinasi Hits di City of Pempek

Nggak melulu Bandung, kota asal pempek, Palembang pun punya sederet daftar destinasi hits yang amat direkomendasikan. Buat sobat tiket yang mau isi feed Instagram dengan foto-foto menarik, datang ke Palembang liburan ini dan kunjungi tempat-tempat di bawah ini, ya! 

1. Pepohonan Pinus di Hutan Punti Kayu

Sobat tiket ingin mengambil foto dengan latar keren? Di Hutan Punti Kayu saja, gimana? Deretan pohon pinus yang eksotis, rumput hijau serta spot-spot menarik, dijamin, followers Instagram kamu bertambah!

Ssst, nggak cuma melihat pinus, di Hutan Punti Kayu pun kamu bisa berfoto dengan miniatur landmark dunia, lho! Menara Eiffel, Menara Pisa, Patung Liberty, Kincir Angin Belanda hingga Borobudur, semuanya ‘pindah’ ke sini!

4 Destinasi Wisata Hits Palembang yang Buat Feed Instagram Makin Kece!
Sumber: Shutterstock.com

Jangan lewatkan juga jembatan gantung hits di Punti Kayu yang pas banget masuk di sesi foto kamu. Atau nikmati kegiatan wisata lainnya seperti atraksi gajah, camping, outbound dan masih banyak lagi. Untuk lokasi camping, kamu bisa pilih nih, mau hutan pinus, mahoni atau akasia. Seru banget!

Alamat: Jalan Kol. H. Burlian, Km 6,5 Palembang

Cara menuju ke sini: Transportasi yang bisa mengantar kamu ke Hutan Punti Kayu adalah taksi, ojek online, trans musi ataupun bus kota.

HTM: Rp8.000 – Rp12.000 tidak termasuk wahana di dalam hutan.

Jam operasional: pukul 09.00 – 16.00

2. Penghargaan Taman Terbaik Kambang Iwak Family Park

Sesuai namanya, taman ini merupakan taman untuk keluarga. Tahu nggak sobat tiket? Kawang Iwak Family Park ini mendapat penghargaan taman terbaik se-Indonesia dari Asean Environment Sustainable City, lho! Nggak heran, taman ini memang  bersih dan terawat banget kok!

Di sini, sobat tiket bisa jalan-jalan santai di jogging track, atau sekadar duduk-duduk menikmati udara segar di tepi danau. Selain itu, sepeda air dan wisata perahu pun jadi destinasi menarik di sini!

Sobat tiket, kalau mampir ke sini jangan buru-buru pulang, ya. Malam hari, ada air mancur di tengah danau yang menyala nyala dengan indahnya. Belum lagi, indahnya kerlap-kerlip lampu di setiap sudut taman. Pas banget untuk berfoto nih, sobat tiket!

Alamat: Jl. Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30135

Cara menuju ke sini: Transportasi umum, ambil kendaraan yang melewati rute Perumnas – Pim atau Plaju – PS berhenti di halte pasar Gubah.

HTM: Gratis

Jam operasional: 24 jam

3. Pesona Rumah-Rumah Tua di Kampung Arab Al Munawar

Sobat tiket suka nuansa-nuansa kuno atau jadul, nggak? Nggak cuma tua dan jadul, rumah-rumah di Kampung Arab al Munawar juga unik banget dengan desain arsitektur ala timur tengah. 17 rumah di kampung ini memiliki desain sama, yakni rumah panggung dengan lantai bawah berbahan marmer motif unik.

Meski telah berdiri selama lebih dari 300 tahun,rumah-rumah ini masih kuat dan kokoh sebab kayu dan batu untuk membuat rumah-rumah tersebut didatangkan langsung dari Eropa. 8 dari 17 rumah di Kampung AL Munawar ini masuk cagar alam budaya untuk kearifan lokal.

Nah, yang menarik di sini bukan cuma rumah-rumahnya saja, sobat tiket. Tradisinya juga unik banget! Seperti misalnya, anak perempuan dilarang menikah dengan laki-laki dari luar kampung atau penetapan hari Jumat sebagai tanggal merah untuk anak-anak sekolah sementara hari Minggu sekolah tetap berlangsung.

Kampung ini juga punya kuliner khas lho, sobat  tiket! Pada acara tertentu, mereka akan berkumpul untuk memakan nasi yang dicampur kismis beserta lauk pauk seperti gulai kambing, ayam goreng, acar dan sayuran secara lesehan sambil menikmati pemandangan Sungai Musi.

Jangan takut tidak disambut ya, sobat tiket. Mereka ramah-ramah banget, kok! Syaratnya, kamu hanya diwajibkan memakai pakaian sopan baik kaum laki-laki maupun kaum perempuan. 

Alamat:  Lorong Al-Munawar, 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang

Cara menuju ke sini: Naik transportasi umum melewati pasar 10 ulu. Atau lewat Jalan Telaga Swidak ambil rute ke Pasar Pocong. Jika menempuh jalur sungai, sobat tiket bisa naik getek dari Dermaga BKB menuju Masjid Al Munawar. 

HTM: Rp3.000 per orang

Jam operasional: 08.30 – 17.00

4. Legenda Romantis Di Pulau Kemaro

Salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan milenial adalah Pulau Kemaro. Terletak di tepi Sungai Musi, hanya berjarak 6 km dari Jembatan Ampera. Pulau kecil yang terbentuk dari sedimentasi ini mempunyai bangunan-bangunan cantik yang bisa menjadi latar foto hits kamu, sobat tiket!

4 Destinasi Wisata Hits Palembang yang Buat Feed Instagram Makin Kece!
Sumber: Shutterstock.com

Salah satu bangunan cantik itu adalah pagoda sembilan lantai yang dikenal sebagai Klenteng Hok Tjing Rio. Bangunan berwarna pastel dengan hiasan naga dan ukiran-ukiran  ini membuat Pulau Kemaro memiliki nuansa pecinan yang kuat. Selain itu, klenteng ini punya cerita sejarah yang romantis.

Konon, di depan pagoda ada makam sepasang kekasih yang tenggelam di Sungai Musi. Dibangunnya pagoda ini, tidak lain  karena untuk mengenang dan menghormati mereka. Sepasang kekasih itu adalah, Siti Fatimah dan Tan Bun An.

Usai menikah di Cina. Siti Fatimah dan Tan Bun An bermaksud pulang kePalembang melewati Sungai Musi. DI tengah perjalanan, tujuh guci pemberian orang tua Tan Bun An di Cina, tidak sengaja tenggelam. Tan Bun An terjun ke sungai demi mengambil guci-guci tersebut.

Siti Fatimah menunggu di atas perahu. Ketika suaminya tidak juga muncul, Siti Fatimah memutuskan untuk melompat ke sungai, dengan harapan menyelamatkan nyawa suaminya tersebut. Sayang, keduanya tidak dapat tertolong sebab derasnya aliran Sungai Musi.

Hingga kini, legenda romantis pasangan suami istri itu, selalu menjadi alasan bagi wisatawan untuk melihat langsung bagaimana rupa pagoda yang menjadi simbol cinta mereka. 

Selain klenteng, terdapat juga destinasi wisata lain di Pulau Kemaro ini seperti Pohon Cinta, sebuah pohon bercabang banyak yang melambangkan kisah cinta Siti Fatimah dan Tan Bun An. Konon katanya, jika sepasang kekasih mengukir  nama di pohon tersebut, maka cinta mereka akan langgeng hingga menikah.

Alamat: 1 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Cara menuju ke sini: Naik perahu ke Pulau Kemaro selama 30-40 menit dari Sungai Musi atau Benteng Kuto besak dengan biaya Rp150.000 PP, kapasitas 10 orang.

HTM: Gratis

Jam operasional: pukul 09.00 – 17.00

Liburan ke Destinasi Hits Sambil Melestarikan Tempat Wisata

Sobat tiket, jangan sampai deh ya, demi alasan ngehits, kita jadi nggak menjaga kelestarian tempat-tempat wisata di Palembang. Seperti berfoto hingga merusak fasilitas yang ada atau membuang sampah sembarangan. Generasi milenial adalah penerus alam ini, bukan?

Selain itu, penting banget nih buat kamu untuk pesan hotel murah untuk liburan di Palembang via tiket.com. Dapatkan harga terbaik!

Kalau ingin ke Jembatan Ampera, boleh banget nih, baca-baca tips Liburan Seru di Jembatan Ampera, Dari Berfoto Hingga Kulineran di Atas Perahu. Selamat liburan, sobat tiket!