,

10 Tempat Wisata Alam di Palembang Ini Bisa Bikin Liburan Kamu Makin Seru, Lho!  

Bicara soal wisata di Pulau Sumatera, Palembang menjadi salah satu tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan. Ada banyak pilihan wisata yang bisa kamu kunjungi jika mampir ke sini. Mulai dari wisata alam, wisata religi, bahkan hingga wisata sejarah.

Kota yang dikenal dengan nama Bumi Sriwijaya ini konon dikenal juga sebagai kota paling tua yang ada di Indonesia. Palembang juga terkenal sebagai “Venice of The East” lho, sobat tiket. Kekayaan budaya serta keindahan kota Palembang memang patut diacungi jempol deh!

Liburan di Palembang Sambil Menikmati Wisata Alam

Palembang sendiri memiliki banyak tempat menarik yang jadi saksi kedatangan warga Tionghoa, penjajahan Belanda, dan penyebaran agama Islam. Namun, kali ini tiket.com bakal ngebahas terlebih dahulu, apa aja sih wisata alam cantik yang dimiliki kota Palembang ini. Sobat tiket penasaran? Yuk, kepoin daftarnya di bawah ini!

1. Menyusuri Hutan Terasa Menyenangkan di Hutan Wisata Punti Kayu

Tempat Wisata Alam di Palembang
Sumber: shutterstock.com

Hutan Punti Kayu menjadi hutan wisata satu-satunya di Palembang. Oleh karena itu, destinasi ini nggak boleh kamu lewatkan nih, sobat tiket. Punti Kayu sendiri menjadi tempat wisata hits dan kekinian yang digemari wisatawan dan masyarakat lokal, lho.

Hutan seluas 50 hektar ini memiliki pesona alam nan indah, dan fasilitas lengkap yang menyenangkan. Berbagai macam fasilitas bisa kamu coba, di antaranya adalah jembatan kayu, perahu, taman, atraksi gajah, berkuda, dan fasilitas lainnya. Selain itu, ada pula kebun binatang mini dan penangkaran buaya. Jika datang bersama keluarga, kamu bisa berpiknik bersama atau sekedar main di taman, sobat tiket.

Hutan ini berlokasi di Jl. Kolonel H. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Alang Alang Lebar. Hutan ini berjarak kurang lebih 7 kilometer dari pusat Kota Palembang. Kamu bisa mencapainya menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

2. Tujuan Ideal Buat Penyuka Ketinggian di Gunung Dempo

Secara geografis, gunung ini berada di perbatasan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Jika kamu tertarik kemari, kamu harus melewati kota kecil terlebih dahulu, sobat tiket, yakni Pagar Alam. Jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota Palembang.

Jika kamu senang menikmati pemandangan alam yang memesona dari ketinggian, Gunung Dempo ini jadi tujuan yang ideal. Gunung Dempo memiliki ketinggian sekitar 3.159 mdpl, kamu akan disuguhi pemandangan memukau berupa hamparan kebun teh yang sangat luas.

Satu hal yang unik dari gunung ini adalah sebuah kawah yang bisa berubah warna sewaktu-waktu, bisa jadi putih, biru, atau hijau. Lalu di dekat Gunung Dempo, terdapat Kampung Ampat yang kebanyakan penduduknya adalah orang Jawa, lho, sobat tiket.

Warga Kampung Ampat itu berkomunikasi dengan bahasa Jawa, nggak heran deh tempat ini menjadi tujuan transmigrasi warga Jawa ke Palembang.

3. Air Terjun dengan Ketinggian 99 Meter: Air Terjun Bedegung

Tempat Wisata Alam di Palembang
Sumber: shutterstock.com

Ketinggian air terjun ini yang mencapai 99 meter menjadikannya sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Dari ketinggian ini, para wisatawan akan ditawarkan pemandangan alam yang begitu memukau. Ingin mencapai air terjunnya? Kamu harus melewati tangga di atas aliran sungai dan melewati sebuah jembatan besi dulu ya, sobat tiket.

Sesampainya di tujuan, kamu bisa duduk di atas bebatuan besar yang terhampar di sekitar sini. Kamu bisa menikmati panorama air terjun ini dari sudut pandang berbeda. Uniknya, air yang berasal dari mata air di celah bukit barisan ini nggak pernah kering lho, sobat tiket. Aliran di bawahnya membentuk sungai kecil dengan diselingi bebatuan besar.

Air Terjun Bedegung ini berlokasi di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Kamu akan menempuh 1,5 – 2 jam perjalanan dengan jarak 177 km menuju lokasi ini dari Kota Palembang. Jalan darat menuju obyek wisata ini bisa dilewati bus ataupun kendaraan pribadi kok, sobat tiket.

4. Kecantikan Pepohonan dan Air Terjun yang Sempurna di Air Terjun Bidadari

Ngomongin soal wisata alam, pasti nggak bakal jauh dari objek wisata air terjun. Air terjun di Palembang yang keindahannya memesona salah satunya adalah Air Terjun Bidadari. Kamu bakal disambut air terjun yang memiliki ketinggian hingga 30 meter dan dikelilingi pepohonan rindang yang membentuk goa. Kebayang nggak unik dan indahnya air terjun satu ini?

Suasana yang begitu sejuk ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke sini. Rindangnya pepohonan mendatangkan banyak burung dan kupu-kupu berterbangan yang membuatnya semakin indah. Pohon-pohon mahoni dan bambu tumbuh dengan harmonis, menjadikan pemandangan di kawasan ini semakin menyenangkan.

Air terjun bidadari berlokasi di Kabupaten Lahat, Palembang. Untuk sampai ke sini, kamu bisa menempuh perjalanan selama 15 menit dengan kendaraan dari Kota Lahat. Sesampainya di Desa Karang, kamu harus melanjutkan dengan jalan kaki melintasi kebun kopi dan masuk ke hutan selama 30 menit.

Atau alternatif lainnya, kamu bisa langsung menuju air terjun pertama dengan cara menyusuri air terjun dari bawah. Seru banget deh untuk kamu jelajah bersama dengan teman-teman kamu yang juga menyukai wisata alam.

5. Keunikan Kontur Bukit Jempol yang Menarik

Tempat Wisata Alam di Palembang
Sumber: shutterstock.com

Bukit Jempol berjarak sekitar 2790 km dari Palembang, hadir dengan keunikan panorama alamnya yang begitu menakjubkan. Bukit Jempol sendiri memiliki nama peta Bukit Serelo, nama ini didapatkan dari keunikan konturnya yang mirip dengan jempol.

Dengan ketinggian 900 meter, bukit ini bisa dilihat dari Kabupaten Muara Enim. Julukan lainnya adalah Bukit Tunjuk karena dari sisi lain, bukit ini terlihat seperti jari yang menunjuk ke atas, sobat tiket. Banyak pecinta alam yang menjadikan bukit ini sebagai obyek daki karena memiliki medan yang menantang.

Para pendaki mengatakan, bahwa bukit ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, kamu bisa melihat tumbuhan puspa yang jadi vegetasi unik di bukit ini. Ada pula pemandangan kebun teh dan kopi milik warga yang bisa kamu jumpai di kawsan ini. Menarik ya, sobat tiket?

Bukit ini terletak di Desa Perangai yang berjarak 20 km dari pusat Kota Lahat. Kamu bisa menikmati pemandangan bukit ini dengan memasuki kawasan pertambangan yang ada di perbatasan Lahat dan Muara Enim. Dari sini, keindahan bukit Jempol terlihat sempurna!

6. Air Terjun Lematang Indah, Air Terjun Populer di Palembang

Air terjun di Palembang yang kecantikannya nggak boleh kamu lewatkan adalah Air Terjun Lematang Indah. Objek wisata ini jadi salah satu wisata alam yang populer di kalangan wisatawan. Nggak heran, air terjun akan menawarkan pemandangan alam yang begitu indah.

Meski hanya memiliki ketinggian sekitar 40 meter, namun pemandangan sekitarnya yang begitu rindang dan asri menambah keindahan dari kawasan wisata alam ini. Jika sobat tiket ingin mencapai dasar Air Terjun Lematang Indah, tersedia tangga yang bisa digunakan untuk naik dan turun. Sedangkan di sisi kiri dan kanan tangga, terdapat beberapa tempat duduk untuk sekadar istirahat serta warung yang menjajakan makanan.

Lokasi air terjun yang berada di Kota Pagar Alam ini sangat mudah dijangkau kok, sobat tiket. Objek wisata ini tepatnya berlokasi di tepi kota Pagar Alam, di antara Kota Lahat dan Kota Pagar Alam. Buat kamu yang tertarik buat masuk ke sii, akan ada biaya retribusi yang harus kamu bayar ya, sobat tiket.

7. Menenangkan Diri Sambil Memandang Hamparan Cantik Kebun Teh Pagaralam

Tempat Wisata Alam di Palembang
Sumber: shutterstock.com

Sekanjutnya, ada Kebun Teh Pagaralam yang terletak di kaki gunung Dempo. Kebun teh ini berada di ketinggian sekitar 1520 meter di atas permukaan laut. Kebun teh ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VII. Menurut data, kebun teh ini memiliki luas yang mencapai puluhan hektar lho, sobat tiket.

Hamparan hijau kebun teh menjadi sebuah pemandangan yang menawarkan ketenangan tersendiri. Terkadang, kebun teh ini tertutup kabut dan menjadikannya memiliki pemandangan yang mempesona. Sebuah pendopo besar menjadi penanda puncak dari kebun teh. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan Kabupaten Pagaralam dari ketinggian.

Kamu bisa menginap di sekitar sini karena terdapat banyak rumah singgah dan villa di sekitar kaki Gunung Dempo. Di kawasan ini juga terdapat penjual oleh-oleh khas Pagaralam, seperti kopi, teh, hingga figura senjata kudok.

Letak kebun teh ini berjarak sekitar 300 km dari kota Palembang. Kamu bakal membutuhkan 8 jam perjalanan darat dari sana untuk menuju tempat wisata ini. Namun, lamanya perjalanan akan terbayar kok, sobat tiket, dengan keindahan alam yang ada.

8. Eksotisme Aliran Air di Air Terjun Curug Maung

Air terjun Maung menjadi salah satu bagian dari 76 air terjun di Kabupaten Lahat. Meski belum seterkenal air terjun sebelumnya, tapi pemandangan alam di sini nggak kalah memukau kok, sobat tiket. Air terjun ini memiliki ketinggian yang mencapai hampir 80 meter. Dengan aliran air yang terbagi oleh dinding jurang dan rumput yang hijau. Hal ini yang menjadikan air terjun Maung memiliki eksotisme sendiri.

Di sebelah kanan air terjun ini, terdapat dua air terjun kembar yang juga mengalir begitu deras. Namun, sebelum ke sini kamu harus menyiapkan stamina lebih, ya, sobat tiket. Karena, jalan menuju tempat ini lumayan susah untuk dicapai. Kamu harus melewati kebun kopi dan hutan dengan medan yang curam.

Air terjun ini terletak di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu, Lahat, Palembang.

9. Memandang Indahnya Sungai Musi dari Bukit Siguntang

Jika daritadi tiket.com membahas wisata air terjun, kali ini obyek wisata beralih menuju sebuah bukit. Salah satu bukit yang bisa masuk list wisata alam di Palembang adalah Bukit Siguntang. Bukit ini merupakan bukit kecil dengan ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter dari permukaan laut.

Saat masa Kerajaan Sriwijaya, bukit ini dikenal sebagai tempat beribadah umat Buddha dan tempat bertapa menenangkan pikiran. Hal ini terlihat dari sebuah arca berukuran besar yang ada di sana. Bahkan hingga saat ini, bukit ini masih dianggap sakral oleh warga sekitar. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menziarahi makam-makam bangsawan Palembang.

Selain itu, dari atas sini pula kamu bisa mengagumi kecantikan sungai Musi dengan sudut pandang yang sempurna. Hal ini dikarenakan bukit ini jadi titik tertinggi di Palembang. Bukit ini terletak sekitar 3 km dari Sungai Musi bagian utara, dan secara geografis, bukit ini terletak di Bukit Lama Ilir Barat I, Palembang. Sobat tiket tertarik untuk liburan ke sini?  

10. Berwisata ke Danau Ranau, Nggak Kalah Cantik dari Danau Toba

Wisata alam lainnya yang bisa menenangkan jiwa adalah Danau Ranau yang hadir dengan keindahan luar biasa. Indahnya danau ini dapat dikatakan tidak kalah dengan keindahan Danau Toba. Dengan luas mencapai 125,9 km, danau ini jadi yang kedua terbesar di Sumatera, lho, sobat tiket.

Suasana yang tenang, dipadu keindahan alam asri yang jauh dari hiruk pikuk kota menjadi nilai plus danau ini. Kamu bisa menikmati ketenangan air dengan latar belakang Gunung Seminung juga, lho. Di sini, kamu juga bisa mengelilingi danau menuju pemandian air panas alami di bawah kaki gunung. Bahkan, kamu bisa bermain ke Pulau Marisa yang ada di tengah danau menggunakan kapal sewaan.

Danau ini terletak di Kampung Lombok, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Berjarak sekitar 8,5 jam ditempuh dengan kendaraan dari Kota Palembang.

Liburan Makin Seru dengan Mengunjungi Wisata Alam di Palembang!

Bukan hanya terkenal dengan wisata budayanya, Palembang juga memiliki wisata alam yang nggak kalah seru buat dieksplorasi. Jika kamu liburan bareng keluarga, jangan lupa juga mengunjungi rekomendasi tempat wisata kuliner Palembang ini ya, sobat tiket.

Kuy pesan tiket pesawat ke Palembang di tiket.com, ada banyak promo seru menanti kamu!