Wisata Jembatan Ampera

,

Liburan Seru di Jembatan Ampera, Dari Berfoto Hingga Kulineran di Atas Perahu

Sobat tiket, liburan ke Palembang, tidak sah kalau belum menghabiskan waktu di Jembatan Ampera. Landmark dari Kota Pempek ini memiliki banyak fasilitas seru untuk berwisata, lho. Pagi atau malam, kapanpun, jembatan ini selalu menarik untuk dikunjungi.

Jembatan Ampera adalah Hadiah Dari Presiden Soekarno

Jembatan yang dibangun di atas Sungai Musi dan dominan berwarna merah ini memiliki kisah yang sangat bermakna dan bersejarah. Jembatan Ampera, a.k.a Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat merupakan hadiah dari Presiden RI Pertama, Ir. H. Soekarno. Sebab, Presiden Soekarno lah yang memperjuangkan adanya jembatan ini untuk warga Palembang.

Sebelum jembatan ini dibangun pada tahun 1962, masyarakat Palembang harus menyeberangi Sungai Musi menggunakan perahu kayu atau tongkang. Tentu tidak mudah mengingat lebarnya Sungai Musi ini yang mencapai 300 meter. Sementara saat itu perekonomian Sumatera bergantung pada jalur ini.

Presiden Soekarno akhirnya menyanggupi permintaan masyarakat Palembang yang ingin memiliki jembatan di atas Sungai Musi ini dengan biaya yang diperoleh dari pampasan perang Jepang. Sempat ingin dinamakan Jembatan Bung Karno, namun, usul ini ditolak oleh Presiden Soekarno sendiri, ditambah menguatnya gerakan anti-Soekarno pada saat itu.

Jembatan Ampera Kini Layak Masuk Itinerary Kamu

Liburan ke Jembatan Ampera bukan cuma untuk mengenang sejarah saja lho, sobat tiket. Banyak hal seru yang bisa kamu lakukan di sini. Berikut tiket.com merangkumnya untuk kamu, cara menikmati liburan seru di Jembatan Ampera. 

Jembatan Ampera
Sumber: Shutterstockcom

1. Jajan Pempek Palembang di Tepian Sungai Musi

Bukan ke Palembang namanya kalau nggak cobain kuliner khas satu ini. Selain restoran-restoran yang berjejer di tepian Sungai Musi, banyak juga lho, penjaja kaki lima yang menyediakan pempek. Mau dibakar atau digoreng? Ada!

Menikmati pempek yang gurih beserta kuah yang pedas, asam dan segar serta irisan timun, ditemani semilir angin Sungai Musi. Dijamin liburan sobat tiket pasti Palembang banget! Harga pempek di kaki lima ini juga terjangkau banget, yakni mulai Rp2.000 per buahnya.

2. Berfoto dan Nongkrong di Tugu Belido

Sobat tiket, pernah nggak sih, bertanya-tanya, ikan apa yang menjadi bahan utama pempek Palembang? Jawabannya, sudah pasti ikan Tenggiri. Namun ternyata, sebelum menggunakan ikan Tenggiri, ikan belida menjadi bahan yang sering digunakan untuk bahan pembuatan pempek.

Seiring berjalannya waktu, ikan belida mulai sulit untuk ditemukan. Maka, dibuatlah tugu ini untuk memperingati sejarah ikan belida untuk penganan khas Palembang ini. Di sini, sobat tiket bisa duduk-duduk di bawah tugu dan jangan lupa untuk berfoto!

3. Berfoto Dilatari Huruf-Huruf Bertuliskan ‘Palembang’

Kalau sobat tiket pernah melihat tulisan ikonik ‘Makassar’ di Pantai Losari, di Palembang juga ada, nih. 8 huruf yang ada dalam tulisan ‘Palembang’ ditaruh besar-besar dan bagus banget buat latar foto.

Malam hari, huruf-huruf tersebut akan bercahaya berkat lampu sorot. Pastikan sobat tiket mengabadikan momen sebagai kenang-kenangan bahwa kamu pernah berkunjung ke Jembatan Ampera, Palembang. Bikin fotonya lanskap, ya, atau pakai fish eye juga bagus!

4. Memancing di Tepi Sungai Musi

Di mana ada sungai, di situ ada ikan. Sobat tiket yang cinta banget sama olahraga memancing, boleh nih, sekali-sekali cobain mancing di tepi Sungai Musi. Dijamin hasil tangkapan banyak, bisa buat bakar-bakar!

Beberapa ikan yang hidup di perairan Sungai Musi adalah ikan Lumajang dan ikan Baung. Untuk peralatan, sobat tiket bawa sendiri, ya, karena nggak ada yang menyewakan di sini. Fyi, umpan yang disukai ikan di sini adalah peder, kocor, ikan wader atau ikan seluang dan cacing gelang.

5. Menikmati Sunset Sungai Musi Naik Perahu

Sobat tiket harus banget deh datang ke Jembatan Ampera ini pada sore hari. Selain nongkrong dan berfoto-foto, sore hari di sini juga indah banget dengan pemandangan matahari terbenamnya. Cahaya senja terpantul di Sungai Musi yang tenang dan luas, ditambah pemandangan Jembatan Ampera yang berdiri dengan gagahnya.

Biar tambah dramatis, tersedia juga perahu sewaan. Tak seperti zaman dulu yang mesti naik tongkang untuk menyusuri Sungai Musi, perahu di sini berwarna-warni dan cantik. Menyusuri sungai, melewati bawah Jembatan Ampera dalam nuansa senja yang romantis, buat kamu serasa berada di London Bridge! 

6. Wisata Kuliner Khas Palembang di Atas Perahu

Kalau nggak berani berlayar pakai perahu, setidaknya sobat tiket harus coba makan kuliner khas Palembang di atas perahu. Dengan konsep restoran terapung, kamu tentu bisa merasakan sensasi yang berbeda dengan restoran lainnya dong, sobat tiket.

Jembatan Ampera
Sumber: Shutterstock.com

Hampir semua restoran di tepi Sungai Musi memiliki konsep seperti ini. Nggak cuma pempek, tetapi juga ada tekwan, laksan, pindang patin dan nyaris lengkap kuliner khas Palembang lainnya di sini. 

Semua harga yang ditawarkan masih terjangkau kok, sobat tiket. Takut terjebak dengan harga yang mahal? Tenang sobat tiket, kamu bisa tanya harga dulu sebelum memutuskan untuk makan di resto ini kok.

7. Malam Hari, Siap-Siap Terpukau dengan Jembatan Ampera

Makan pempek sudah, foto-foto sudah, naik perahu sudah, kini saatnya menghabiskan malam hari di Sungai Musi. Sobat tiket disarankan untuk nggak pulang dulu, demi melihat Jembatan Ampera yang berkilau pada malam hari. Lampu-lampu di atas sana membuat Jembatan Ampera terlihat cantik dan mempesona.

Perairan Sungai Musi pun amat bercahaya karenanya. Sobat tiket paling pas berfoto di deretan restoran agar Jembatan Ampera tampak utuh di dalam gambar. Siapkan pose terbaik, pasti deh postinganmu kali ini akan banjir like!

Transportasi Umum Menuju Jembatan Ampera

Untuk menuju Jembatan Ampera naik transportasi umum, sobat tiket bisa memilih Bus Trans Musi yang menghubungkan fasilitas transportasi bandara maupun kereta api. Untuk sampai di Jembatan Ampera,  pilihlah Bus Trans Musi Koridor 1.

Atau jika sobat tiket lebih nyaman naik kendaraan pribadi, sewa mobil di Palembang pakai tiket.com saja! Lebih praktis, bebas ke mana saja, apalagi jika liburan ramai-ramai. Dapatkan banyak promo yang bikin sewa mobil jadi lebih hemat.

Tempat Wisata Dekat Jembatan Ampera

Nah, kalau sobat tiket ingin ke tempat lain, banyak lho, tempat wisata menarik di Palembang. Biar nggak jauh-jauh, coba deh datang ke tempat  terdekat dari Jembatan Ampera. Tempat wisata populer di Palembang yang dekat Jembatan Ampera adalah Bukit Siguntang yang bersejarah, Benteng Kuto Besak, Punti Kayu, dan Palembang Bird Park. 

Jalan-Jalan ke Jembatan Ampera, Perut Kenyang, Liburan Menyenangkan!

Nah, sudah puas jalan-jalannya? Pokoknya, Jembatan Ampera ini memang wajib banget masuk itinerary kamu, sobat tiket! Kulineran khas Palembang nggak perlu jauh-jauh, nuansa liburannya pun terasa!

Sebelum pulang, jangan lupa oleh-oleh, ya! Rekomendasi oleh-oleh Palembang bisa kamu lihat di sini. Manis ada, gurih banyak. Tinggal pilih buat teman dan keluarga tercinta di rumah. Selamat liburan, sobat tiket!