Palembang Souvenirs

,

7 Oleh-Oleh Khas Palembang yang Recommended dan Paling Dicari

Oleh-oleh Khas Palembang – Sebagai ibukota dari provinsi Sumatera Selatan dan juga salah satu kota tertua yang ada di Asia Tenggara, kota Palembang juga sangat terkenal dengan sebutan Kota Pempek.

Kota ini pun sangat populer untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di Sumatera. Hal yang wajib kamu lakukan saat sedang berada di Palembang adalah mengunjungi ikon kota, yakni Jembatan Ampera dan juga mencicipi makanan khasnya yang lezat banget, pempek.

Oleh-Oleh Khas Palembang Kekinian

Lalu setelah kamu puas menikmati liburan di sini, apa saja yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh setelah kamu berkunjung ke Palembang? Ada banyak pilihan yang bisa kamu beli untuk dibawa pulang ke rumah sebagai kenang-kenangan atau dibagikan ke orang rumah.

1. Pempek Palembang

Oleh-Oleh Khas Palembang

Ngomongin Palembang sudah pasti yang harus kamu beli adalah pempek. Selain bisa kamu cicipi selama berada di sana, makanan ini juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan oleh-oleh khas Palembang yang Palembang banget.

Kamu bisa bawa pulang pempek dalam keadaan mentah. Dengan begitu makanan tersebut bisa tahan lebih lama. Nanti di rumah kamu tinggal masak saja. Tidak susah kok masak pempek. Cukup goreng dalam minyak saja sampai warnanya kecoklatan.

2. Kemplang

Oleh-oleh khas Palembang yang tahan lama salah satu pilihannya adalah kerupuk kemplang. Kerupuk ini terbuat dari ikan dan memiliki tekstur yang agak kasar namun renyah dan gurih di mulut.

Kemplang akan lebih nikmat jika kamu menyantapnya dengan cocolan sambal terasi. Selain itu kamu juga tidak akan sulit mendapatkan kemplang karena banyak sekali yang menjual makanan ini. Ditambah lagi harganya murah jadi kamu bisa beli banyak.

3. Lempok Durian

Makanan yang satu ini terbuat dari buah durian dan cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Palembang. Rasanya manis, dan bagi kamu yang suka makan duren, kamu akan sangat menyukai rasa dari lempok durian ini.

Meskipun terbuat dari buah durian, namun baunya tidak terlalu menyengat seperti buahnya sendiri. Dengan begitu kamu bisa membawanya pulang tanpa takut menimbulkan bau tajam di pesawat.

4. Kue Maksuba

Tampilannya hampir mirip seperti kue lapis pada umumnya. Bisa dibilang kue maksuba ini adalah kue lapis versi Palembang. Kue ini terkenal menjadi makanan yang disuguhkan untuk tamu, dari generasi ke generasi.

Kamu bisa jadikan kue maksuba sebagai oleh-oleh khas Palembang. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat kue ini antara lain adalah telur, mentega, susu kental manis, gula pasir, dan esens vanila.

5. Kue Delapan Jam

Kue delapan jam juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk dibawa pulang dan dicicipi bersama-sama di rumah. Namanya memang unik, diambil dari proses pembuatannya yang memakan waktu hingga delapan jam.

Yang membuat kue ini sangat lezat adalah bahan-bahan yang digunakan. Jika umumnya kue dibuat dengan tepung, beda dengan kue delapan jam yang menggunakan telur bebek dan gula. Hal itu juga yang membuat teksturnya lembut dan bisa tahan cukup lama.

6. Kain Khas Palembang

Kalau kamu cari oleh-oleh khas Palembang yang bukan makanan, maka kamu bisa beli kain khas Palembang. Terutama jika kamu ingin membelikan oleh-oleh untuk orang tua atau mertua, pilihan ini sangat cocok.

Kain ini tersedia dalam pilihan motif dan warna yang sangat beragam. Kamu bisa pilih untuk disesuaikan dengan selera. Kain ini juga sangat cocok digunakan untuk menghadiri acara-acara resmi.

7. Martabak Har

Martabak adalah makanan yang memang sudah sangat populer di Indonesia. Meskipun demikian, ada juga martabak versi Palembang yang wajib kamu cicipi, dan bisa juga kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Martabak tersebut adalah martabak Har. Tekstur dari martabak ini sedikit berbeda dibandingkan dengan martabak pada umumnya. Selain itu martabak Har juga dimakan dengan campuran kuah kari.

Kota Palembang Banyak Pilihan Oleh-Olehnya

Keren bukan pilihan oleh-oleh khas Palembang yang sudah disebutkan di atas. Semua barang tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah di pusat oleh-oleh yang terkenal di Palembang. Simak juga tempat wisata di Palembang yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengisi itinerary perjalananmu selama berada di Palembang. Terbang ke Palembang bisa lebih murah kalau pesan tiket pesawat di tiket.com yang banyak promonya.