Cara Naik Pesawat Pertama Kali

, ,

Pertama Kali Naik Pesawat? Ikuti Cara Naik Pesawat Pertama Kali Berikut Ini!

Cara Naik Pesawat Pertama Kali – Bepergian menggunakan moda transportasi udara memang menjadi hal yang biasa untuk sebagian orang. Namun, bagi sebagian orang yang baru pertama kali naik pesawat sendiri dan masih belum memahami peraturan serta tata cara naik pesawat pertama kali, tentu membingungkan. Oleh karena itu, penting bagi para Sobat Tiket yang baru pertama kali naik pesawat sendiri, untuk mencari tahu cara naik pesawat pertama kali.

Cara naik pesawat pertama kali tidak hanya ketika kamu berada di dalam pesawat nya saja, tetapi ada serangkaian langkah yang perlu kamu ketahui kalau kamu baru pertama kali menggunakan pesawat terbang sebagai transportasi kamu ke Kota atau Negara tujuan. Apa aja ya, langkah yang perlu kita lakukan saat naik pesawat untuk pertama kali nya? Berikut ini ulasan cara naik pesawat pertama kali untuk Sobat Tiket yang baru pertama kali naik pesawat.

Cara Naik Pesawat Pertama Kali untuk Kamu Pengguna Baru

Sebenarnya cara naik pesawat mudah banget. Simak deh langkah-langkah berikut.

1. Sebelum Keberangkatan Tiba

Pesan tiket, lihat ketentuan bagasi maskapai, dan cari letak terminal bandara.

Nah, yang di atas adalah beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan dan ketahui sebelum menggunakan moda transportasi udara. Untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat sendiri, perhatikan hal-hal tersebut agar perjalanan kamu menjadi nyaman dan tidak merepotkan kamu. Berikut rinciannya.

  • Pesan Tiket Pesawat

Kamu bisa pesan langsung dari website resmi maskapai penerbangan, atau melalui Travel Agent yang kamu percayai baik online ataupun offline. Beli tiket pesawat di tiket.com lebih praktis, jadi nggak perlu cetak tiket pesawat yang rentan hilang atau sobek. Kamu akan mendapatkan e-ticket yang bisa langsung di tunjukkan saat proses check-in nanti. Siapkan juga kartu identitas tambahan seperti KTP ya.

  • Cari Tahu Ketentuan Berat Bagasi Maskapai

Penting, kamu yang baru pertama kali naik pesawat harus mengetahui berat maksimal bagasi dari maskapai yang kamu gunakan. Kelebihan berat barang bawaan, maka kamu akan dikenakan charge per kg nya. Jangan membawa barang bawaan yang dilarang agar proses lebih cepat dan nyaman.

  • Letak Terminal di Bandara

Agar saat hari keberangkatan tiba, dan kamu nggak pusing cari letak terminal dari maskapai yang kamu gunakan, ada baiknya untuk mencari tahu sejak awal. Hal ini akan memberikan efektifitas waktu untuk kamu.

2. Saat Keberangkatan

Kamu harus mengetahui cara untuk check-in dan boarding.

Cara naik pesawat pertama kali berikut ini adalah saat hari keberangkatan kamu sudah tiba. Beberapa langkah ini wajib kamu ketahui agar tidak salah naik pesawat dan tentunya membuat kamu lebih nyaman saat melakukan penerbangan.

Check-In

Cara Naik Pesawat Pertama Kali - Checkin
Source : Shutterstock.com-Uskarp

Check-in adalah proses konfirmasi penumpang kepada petugas sebelum naik pesawat.

Proses ini bisa kamu lakukan secara manual dengan register ke petugas maskapai yang ada di bandara, melalui mesin check-in yang tersedia, atau secara online di website resmi maskapai.

  1. Datang lebih awal, sebisa mungkin 2 jam sebelum waktu keberangkatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Persiapkan tiket atau e-ticket dan kartu identitas seperti KTP untuk proses check-in.
  3. Lakukan check-in dan pendaftaran bagasi apabila ada. Untuk proses check-in, kamu juga bisa melakukannya secara online untuk menghindari antre yang panjang di website resmi maskapai.

Boarding

Cara Naik Pesawat Pertama Kali - Boarding
Source : Shutterstock.com-Sonyherdiana

Boarding adalah waktu dimana para penumpang dipersilahkan untuk memasuki pesawat.

Untuk masing-masing maskapai memiliki kebijakan waktu boarding yang berbeda-beda. Umumnya, boarding dilakukan 30 menit sebelum pesawat take off (lepas landas). Penumpang yang terlambat, biasanya tidak diizinkan untuk menaiki pesawat. Jadi, perhatikan boarding time di boarding pass yang kamu dapatkan saat check-in.

  • Petugas check-in akan memberikan boarding pass dan potongan baggage claim bagi kamu yang mendaftar bagasi. Di boarding pass, kamu akan mendapatkan petunjuk gate tempat untuk menunggu. Kamu juga bisa melihat boarding time, jam penerbangan dan nomor penerbangan, serta nomor kursi di dalam pesawat.
  • Petugas akan mengumumkan nomor penerbangan saat waktu sudah tiba. Kamu bisa bersiap untuk mengantre masuk ke pesawat. Saat di dalam pesawat, barang bawaan yang kamu bawa ke kabin bisa diletakkan di atas kompartemen yang tersedia.
  • Perhatikan instruksi yang diberikan oleh awak kabin, seperti apa yang dilarang dan instruksi keamanan apabila terjadi bahaya. Setelahnya, kamu bisa duduk dengan tenang sampai tiba di bandara tujuan.

3. Saat Tiba di Bandara Tujuan

Cara Naik Pesawat Pertama Kali - Pengambilan Bagasi

Ingat, setelah turun dari pesawat, cari tahu tempat pengambilan bagasi checkin.

Eits, sebelum itu, kamu harus tahu dulu nih apa yang harus kamu lakukan saat tiba di bandara tujuan. Nah, ini dia yang harus kamu lakukan saat pesawat sudah tiba di bandara tujuan.

  1. Enggak perlu buru-buru untuk turun, kamu tetap harus rileks dan antre ya, Sobat Tiket. Setelah mendarat dan tanda mengenakan sabuk pengaman sudah dimatikan, kamu bisa mengambil tas bawaan kamu di kabin.
  2. Kalau kamu memiliki barang yang dititipkan di bagasi, kamu bisa menuju tempat pengambilan bagasi atau baggage claim. Jangan lupa untuk cek kembali barang bawaan kamu sebelum meninggalkan bandara. Banyaknya kasus yang dialami mengenai kerusakan dan kehilangan barang di bagasi, kamu bisa menghubungi bagian Lost and Found yang ada di Bandara tersebut jika terjadi di kamu.

Itu dia cara naik pesawat pertama kali untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat. Dengan mengetahui cara naik pesawat pertama kali ini, tentunya kamu jadi memiliki gambaran kan, Sobat Tiket, saat ingin menaiki pesawat nanti? Kamu nggak perlu takut dan grogi lagi deh setelah membaca langkah-langkah cara naik pesawat pertama kali di atas. Jangan lupa berdoa dan hindari hal-hal yang dapat membahayakan jiwa kamu dan penumpang lainnya ya.

Baca juga Cara Memilih Kursi Pesawat ya, Sobat Tiket.

Pesan tiket pesawat di tiket.com lebih simple dan mudah.

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!