aturan dalam pesawat

,

Suka Naik Pesawat? Yuk, Pahami Aturan Nggak Tertulis Ini Saat Naik Pesawat

Sobat Tiket, pernahkah kalian bepergian menggunakan pesawat terbang? Ya, saat ini bepergian dengan pesawat memang bukanlah hal yang istimewa. Setidaknya di jaman modern seperti sekarang ini, bepergian dengan pesawat terbang bukanlah hal yang mencengangkan. Apalagi ada banyak banget promo tiket pesawat murah yang betebaran di dunia maya. Namun, sudahkah kamu menjadi penumpang yang baik?

Sering naik pesawat, bukan berarti kamu sudah tahu segalanya. Ironisnya, banyak dari kita, para penumpang pesawat yang tidak sadar dan cenderung menjadi penumpang yang menyebalkan bagi penumpang lainnya. Padahal, demi kelancaran bersama, ada aturan di dalam pesawat yang tidak tertulis, loh. Nah, Sobat Tiket, biar nggak jadi orang yang menyebalkan di dalam pesawat, yuk pahami aturan tidak tertulis di dalam pesawat berikut ini.

1. Jangan Banyak Minum Kalau Duduk Di Tengah Atau Di Bagian Dalam
Kenapa? Ya, seperti kita tahu, toilet dalam kendaraan, terutama pesawat sangatlah terbatas. Yang pasti, kita tidak bisa pergi ke toilet setiap saat. Banyak minum itu memperbesar peluangmu untuk ke kamar kecil. Itu artinya, jika kamu duduk di bagian tengah atau dalam, bukan hanya menyulitkan dirimu untuk keluar, tapi juga orang lain yang ada di sampingmu karena harus berdiri dan membuat ruang untukmu.

Lagian, emang kamu mau nasibmu kayak mas-mas di video ini?

2. Mengatur Senderan Kursinya Dikira-kira Yah.
Ini yang sering terjadi dalam kelas penerbangan ekonomi. Di kelas ekonomi, seringkali kita menemukan ruang kaki yang terbatas.  Sayangnya, ruang tersebut kadang tidak diimbangi dengan batas maksimal dalam menurunkan senderan kursi. Ya, namanya juga tiket penerbangan yang murah.

tl-horizontal_main
Ya gitu deh. Via

Memang sih tidak ada aturan dalam pesawat yang mengikat soal ini, tapi coba bayangkan kalau kamu nggak kira-kira dalam menurunkan sandaran kursi? Bukan Cuma kursinya jadi cepat rusak, penumpang di belakangmu pun tidak bisa duduk dengan nyaman karena kakinya terjepit oleh sandaran kursimu. Kasihan, kan? Mereka juga butuh istirahat,loh.

3. Kopermu Nggak Bisa Diangkat? Ya Taruh Di Bagasi Aja.
Ya, terkadang memang tidak ada yang bisa menjamin keamanan barang kita dalam bagasi pesawat. Hanya Tuhan dan petugas loading bagasi yang tahu. Namun, bukan berarti kamu bisa seenaknya membawa koper besar-besar ke dalam kabin pesawat.

bags
Via 

Meskipun berat kopermu tidak overload secara aturan tertulis, dan ukurannya sesuai, namun ruang tempat penyimpanan di atas kursi penumpang sangatlah terbatas. Coba bayangkan, jika kopermu memakan banyak tempat hingga orang lain tidak bisa meletakkan kopernya. Kamu mau megangin kopernya?

4. Kursi Orang Lain Bukanlah Wilayahmu
Selain alasan keamanan dan kenyamanan, sepertinya pegangan dalam setiap kursi pesawat ini punya fungsi lain. Ya, secara nggak tertulis, pegangan pada tiap kursi pesawat menunjukkan wilayah kursimu. Nah, demi kenyamanan bersama, sebaiknya jaga tanganmu supaya nggak melebihi batas kursi yah.

liE2cn9Y3pkyQLT
Nggak, ini sama sekali nggak sweet. Via

Jangan sok kenal sambil nyolek sebelahmu, yah! Apalagi sampai nyender di sebelahmu begini saat tidur. Percaya deh, itu nyebelin banget.

5. Jangan Kelamaan Di Toilet
Toilet dalam pesawat itu berbeda dengan toilet di dalam rumahmu. Bukan pula toilet pesawat pribadimu. Kamu hanya membeli tiket, sama seperti penumpang lainnya. Jadi, menggunakan toilet dengan bijak dan seperlunya biar orang lain yang lebih membutuhkan bisa sama-sama menggunakan toilet tersebut.

Idealnya, menggunakan toilet pesawat itu nggak lebih dari lima menit, kecuali kamu punya urusan mendesak seperti buang air besar yang nggak bisa kamu tahan.

Ada banyak peraturan nggak tertulis lainnya saat kamu naik pesawat. Contohnya ya kayak di video di bawah ini, nih.

Nah, Sobat Tiket, kamu pernah nggak sih ketemu orang nyebelin dalam pesawat? Share ceritamu di kolom komentar,yuk!