Cara Transit Pesawat Beda Maskapai

,

Cara Transit Pesawat Beda Maskapai Agar Tak Salah Langkah

Cara Transit Pesawat – Bepergian menggunakan pesawat memang memberikan banyak kemudahan. Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah waktu tempuh yang sangat cepat, berkali lipat lebih cepat apabila dibandingkan dengan perjalanan darat. Akan tetapi kamu juga perlu tahu bahwa tidak semua perjalanan pesawat dapat mengantarmu langsung ke kota atau negara tujuan. Ada beberapa tujuan yang mengharuskanmu untuk berpindah pesawat terlebih dahulu.

Sebagai contoh, jika kamu ingin pergi ke London dari Jakarta, pesawat tidak akan mengantarmu secara langsung ke sana. Melainkan kamu akan menaiki satu pesawat dari Jakarta ke Singapura, kemudian di sana kamu akan berganti pesawat atau maskapai dan melanjutkan perjalanan ke London. Nah, proses perpindahan pesawat ini disebut dengan transit. Bagi kamu yang belum pernah, tenang saja, kami akan memberikan beberapa tips agar kamu tidak salah langkah.

Cara Transit Pesawat, Yang Harus Kamu Tahu

Beberapa kota atau negara memiliki bandara dengan ukuran yang sangat besar dan susunan yang rumit. Hal tersebut terkadang membuat pendatang, terutama untuk pertama kalinya, dibuat bingung. Tidak jarang pula kamu harus berlari untuk mengejar penerbangan selanjutnya karena jarak terminal yang jauh dan selang waktu yang sangat mepet. Nah, kami punya beberapa tips cara transit pesawat agar kamu bisa melaluinya dengan sangat mulus.

1. Periksa Kembali Jadwal Penerbangan

Hal pertama yang perlu kamu ketahui mengenai cara transit pesawat adalah apabila memang kamu tidak bisa menemukan penerbangan secara langsung ke kota atau negara tujuan, maka kamu tak perlu membeli tiket pergantian pesawat secara manual. Pada umumnya, agen travel tempat kamu membeli tiket akan secara otomatis memberimu penerbangan dengan transit apabila diperlukan.  Nah, jangan sampai kamu melewatkan informasi ini karena kamu perlu mempersiapkan diri untuk beralih pesawat dan jangan sampai ketinggalan.

2. Cari Tahu Durasi Transit

Tips cara transit pesawat yang kedua, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai waktu yang diberikan untuk berpindah pesawat dari maskapai penerbangan atau dari agen travel tempat kamu membeli tiket. Ada durasi transit yang hanya menyediakan waktu sekitar 1-2 jam saja. Namun ada pula durasi transit hingga lebih dari 12 jam dan mengharuskanmu untuk bersinggah di kota transit. Ini juga merupakan informasi penting yang tidak boleh kamu lewatkan.

Cara Transit Pesawat Beda Maskapai

Jika ternyata durasi transit sangat pendek, kurang dari 90 menit, maka sebaiknya kamu lakukan beberapa tindakan antisipasi. Pada waktu check-in, mintalah tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar agar kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk keluar dari pesawat ketika mendarat di bandara transit.

3. Menuju ke Bandara Transit

Sekarang kamu sudah naik pesawat menuju ke tempat transit. Biasanya pilot atau pramugari akan memberikan pemberitahuan mengenai proses cara transit pesawat ketika sudah akan mendarat. Atau jika tidak, biasanya pengumuman diberikan ketika kamu sudah turun dari pesawat dan menuju ke gate selanjutnya. Apabila kamu tidak mendengar ada pengumuman apapun, kamu bisa bertanya dengan petugas setempat.

Cara Transit Pesawat Beda Maskapai

Kemudian dalam cara transit pesawat, jangan lupa juga mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk penerbangan selanjutnya seperti tiket pesawat, passport, visa, dan lain sebagainya. Tempatkan semua dokumen tersebut di tempat yang aman namun dapat kamu ambil dengan cepat.

4. Proses Transit Pesawat

Jika pesawat sudah mendarat dengan selamat di bandara transit dan kamu sudah keluar dari pesawat, maka cara transit pesawat selanjutnya adalah langsung menuju ke boarding gate. Namun kamu juga sebaiknya tidak terlalu terpaku dengan nomor gate yang tertera pada boarding pass milikmu karena perubahan gate untuk boarding sering sekali berubah. Kamu bisa mencari informasi gate penerbanganmu melalui monitor yang menampilkan informasi keberangkatan.

Cara Transit Pesawat Beda Maskapai

Dalam cara transit pesawat, biasanya kamu tidak perlu mengambil koper yang kamu tempatkan di bagasi pesawat. Namun apabila memang instruksi memintamu untuk mengambilnya, maka sebaiknya kamu segera mengambilnya di tempat yang sudah ditentukan karena hal ini cukup memakan waktu. Nah jika kamu sudah mengambilnya, selanjutnya kamu bisa check-in kembali untuk memasukkan koper kamu ke bagasi pesawat selanjutnya.

Cara Transit Pesawat Beda Maskapai

Meskipun waktu untuk berpindah pesawat masih banyak, akan tetapi sebaiknya kamu sesegera mungkin untuk menuju ke boarding gate pesawatmu. Jangan ragu untuk menanyakan arah pada petugas setempat agar kamu tidak tersesat. Tak jarang pula kamu harus menuju ke terminal yang berbeda dan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menuju ke terminal tersebut. Untuk itu sebaiknya kamu segera bergegas menuju ke boarding gate tujuanmu.

5. Bagaimana Jika Ketinggalan Pesawat?

Sebetulnya, cara transit pesawat sudah selesai pada poin keempat, lalu bagaimana bila kamu ketinggalan pesawat? Jika demikian maka sebaiknya kamu segera menghubungi maskapai yang kamu gunakan. Kontak dari maskapai tersebut biasanya tertera pada tiket. Atau jika kamu ingin lebih cepat, kamu bisa mendatangi kantor maskapai yang ada di bandara tersebut. Kamu bisa menanyakan posisi kantor tersebut melalui petugas bandara.

Jika kamu ketinggalan pesawat yang disebabkan oleh kesalahan maskapai seperti pesawat delay, atau durasi transit yang terlalu pendek, maka biasanya maskapai akan memberikan pertanggungjawaban untuk masalah tersebut. Biasanya kamu akan diarahkan ke penerbangan selanjutnya jika ada kursi kosong yang bisa kamu tempati. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku jika kamu memesan dua penerbangan secara manual atau terpisah, atau ketinggalan pesawat yang dikarenakan oleh kelalaian sendiri.

Begitulah cara transit pesawat beda maskapai ataupun dengan maskapai yang sama. Mudah, bukan? Tidak perlu takut meskipun kamu belum pernah, karena prosedurnya tidak jauh berbeda dibanding ketika kamu naik pesawat rute domestik. Nah, jika cara transit pesawat sudah kamu lalui dengan lancar dan mendarat di negara tujuan, selanjutnya kamu juga perlu tahu mengenai peraturan bea cukai bandara untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan ketika membawa pulang barang yang kamu beli di luar negeri. Pesan tiket pesawat murah ke negara yang kamu impikan bisa kamu dapatkan hanya di tiket.com.