Cara Naik KRL Jakarta

,

Cara Naik KRL Jabodetabek, Transportasi Murah yang Seru Banget

Cara Naik KRL Jabodetabek – Jalan-jalan keliling Jakarta atau Jabodetabek memang seru. Apalagi di ibukota ada bermacam-macam alat transportasi yang bisa kamu coba. Salah satu moda transportasi publik yang populer banget di ibukota adalah KRL atau Commuter Line. Kereta Rel Listik yang melayani wilayah Jakarta dan kota-kota satelit seperti Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Depok ini nggak bisa dilepaskan dari kehidupan di ibukota yang dinamis. Namun, buat kamu yang belum pernah naik KRL, kamu udah tahu belum cara naik Kereta Rel Listrik alias KRL Jabodetabek yang cepat dan bertarif murah ini?

Nah, kalau kamu belum tahu cara naik KRL Jabodetabek, berikut ini tiket.com udah merangkumkan cara naik Kereta Rel Listrik Jabodetabek yang mudah dan tanpa ribet. Yuk, cek cara naik KRL alias Kereta Rel Listrik di bawah ini, Sobat Tiket!

Cara Naik KRL (Kereta Rel Listrik) Jabodetabek untuk Pemula

  1. Ketahui Dulu Rute KRL untuk Mencapai Stasiun Tujuan

Penting banget buat kamu yang sedang mencari cara naik KRL untuk memerhatikan peta rute KRL Jabodetabek. Buat Sobat Tiket yang ingin menggunakan KRL, PT Kereta Commuter Indonesia udah menyiapkan peta rute KRL yang rapi dan mudah banget dibaca. Dari peta yang disiapkan oleh perusahaan pengelola KRL, kamu nggak perlu takut nyasar karena setiap rute KRL sudah ditandai dengan warna masing-masing. Peta rute KRL yang lengkap bisa kamu lihat di bagian akhir artikel ini, Sobat Tiket.

Sekarang, lanjut dulu yuk cara naik KRL ke langkah kedua.

  1. Siapkan Tiket KRL

Setelah datang ke stasiun KRL, apa yang harus kamu lakukan? Jawabannya, tentu saja menyiapkan tiket KRL sebagai bekal naik Kereta Rel Listrik yang kece ini. Nah, kamu bisa pilih satu dari beberapa jenis tiket KRL yang berlaku di stasiun. Jenis tiket KRL yang bisa kamu pilih adalah:

  • Tiket Harian Berjaminan (THB)

Tiket Harian Berjaminan atau THB adalah tiket KRL elektronik yang perlu kamu beli kalau mau melakukan satu kali perjalanan kereta di hari yang sama. Harga dari THB ini adalah 10.000 (harga subsidi kartu) ditambah tarif perjalanan dari rute KRL yang kamu pilih. Amannya, siapkan uang sekitar 13.000 sampai 20.000 rupiah untuk beli THB. Di stasiun tujuan nanti, kamu bisa menukarkan lagi THB yang kamu pegang di loket dan petugas akan mengembalikan uang 10.000 kamu. Asyik, kan Sobat Tiket?

Cara pembelian KMT ini bisa di loket atau di vending machine alias mesin pembelian tiket mandiri, tergantung stasiun keberangkatan kamu. THB ini juga bisa kamu beli untuk perjalanan PP biar nggak ngantre dua kali.

  • Kartu Multi Trip (KMT)

Apa yang dimaksud dengan KMT? Kartu Multi Trip alias KMT adalah tiket KRL elektronik yang bisa kamu gunakan berulang-ulang dengan waktu yang nggak terbatas, selama saldo kartumu masih ada. Saldo minimal dari KMT adalah 5.000. Harga awal kartu ini adalah 50.000 dengan saldo 30.000. Kalau saldomu habis, kamu bisa mengisi ulang sendiri di mesin pengisian saldo KMT yang tersedia di stasiun.

Oh ya, per Juli 2018, KMT yang bernomor seri awal 1001 udah nggak bisa digunakan ya, Sobat Tiket. Jadi kamu harus memiliki KMT dengan nomor seri yang lain. Kalau nggak yakin, cek langsung apakah kartu KMT kamu masih berlaku pada petugas stasiun. Mereka akan dengan senang hati menginformasikan padamu, Sobat Tiket!

  • Kartu Bank & E-Money

Mau naik KRL pakai kartu bank atau e-money? Bisa banget! Buat kamu para pengguna kartu bank atau e-money prabayar, kamu bisa menggunakan kartu seperti Mandiri E-Money, Brizzi, BNI TapCash, dan BCA Flazz. Selain bisa kamu isi dulu sebelum berangkat ke stasiun, memakai kartu bank juga akan menghindarkan kamu dari antrean panjang di loket untuk antre tiket.

Sekarang, yuk lanjut ke cara naik KRL tahap ketiga.

  1. Tap Tiket Elektronik untuk Masuk ke Peron

Cara naik KRL selanjutnya adalah tap tiket untuk masuk ke peron.

Jadi, Sobat Tiket, setelah tiket KRL digenggam di tangan, saatnya masuk ke peron. Jangan lupa untuk tap alias menempelkan tiketmu di pintu masuk peron sampai terbuka. Nah, mengetahui rute KRL sangat penting biar nggak salah naik kereta. Kalau kamu ragu, jangan malu bertanya tentang rute KRL untuk mencapai stasiun tujuanmu.

Oh ya, pas nunggu kereta tiba di peron, jangan lupa juga buat berdiri di belakang garis kuning demi keselamatan. Setelah keretanya datang, tinggal naik deh!

  1. Perhatikan Peraturan Gerbong Khusus Wanita & Anak-Anak

Ini juga penting banget masuk ke dalam cara naik KRL yang harus kamu tahu. Rangkaian kereta terdiri dari beberapa gerbong, dengan gerbong pertama dan terakhir dikhususkan untuk wanita dan anak-anak. Jadi buat kamu yang cowok, jangan naik di gerbong pertama dan terakhir ya karena kamu pasti bakal ditegur sama petugas. Pemisahan gerbong ini dimasudkan untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang nggak diinginkan, seperti pelecehan seksual dan lainnya.

Oh ya, kalau kamu naik di jam-jam sibuk, harus siap-siap berdiri dan berdesakan dengan penumpang lainnya. Soalnya moda transportasi satu ini memang jadi favorit warga Jakarta banget. Makanya, banyak yang mau naik KRL seperti kamu. Hehe…

  1. Ingat! Kursi Prioritas Diutamakan untuk Mereka yang Berhak

Di gerbong kereta tersedia kursi prioritas yang disediakan untuk ibu hamil, ibu yang membawa bayi, anak-anak, lansia, dan penumpang dengan disabilitas. Jadi, untuk penumpang lain yang nggak mau kriteria tersebut, jangan lupa untuk mendahulukan mereka yang lebih berhak untuk duduk di kursi prioritas. Jadi ingat poin cara naik KRL yang kelima ini demi kenyamanan bersama.

  1. Setelah Sampai di Stasiun Tujuan, Maka …

Perjalanan dengan KRL selesai! Sekarang saatnya buat tap lagi tiketmu ke perangkat pintu keluar. Jangan lupa kembalikan tiket buat yang memegang THB di loket terdekat. Selesai sudah!

Gimana cara naik KRL di atas, Sobat Tiket? Gampang banget kan cara naik KRL di atas untuk diikuti? Selain harus tahu cara naik KRL atau Kereta Rel Listrik ini, mengetahui rute KRL Jabodetabek juga penting banget biar nggak nyasar.

Berikut ini peta rute KRL yang lengkap buat panduan perjalanan kamu.

Cara Naik KRL - Peta Rute KRL Jabodetabek
Sumber gambar: www.krl.co.id

Selain rute KRL, ada juga jadwal KRL buat kamu yang membutuhkan informasinya. Jadwal KRL per Juli 2018 bisa kamu download langsung dari website www.krl.co.id.

Setelah tahu cara naik KRL, tentu kamu udah nggak sabar dong buat berpetualang keliling Jakarta? Jangan cuma mencari tahu cara naik Kereta Rel Listrik alias KRL aja, Sobat Tiket. Cari juga penginapan yang nyaman dengan pesan hotel di Jakarta melalui tiket.com. Buat yang hobi belanja, jangan lupa mampir ke 5 mall terbesar di Jakarta biar jalan-jalanmu makin lengkap!

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!