,

5 Tempat Wisata Kekinian di Tokyo, Sudah Tahu Belum?

Tokyo menjadi kota yang tidak pernah ketinggalan untuk dikunjungi kalau ke Jepang. Tentu saja, ada banyak banget hal seru di Tokyo, masa sih mau dilewatkan begitu saja? Katanya nih, sekarang makin banyak saja wisata kekinian di Tokyo. Penasaran nggak sih, sobat tiket, pengen tahu mana saja tempatnya?

Wisata Kekinian di Tokyo yang Wajib Dituju

Sebagai ibu kota sekaligus kota yang paling padat penduduknya di Jepang, Tokyo sudah pasti punya daya tarik tersendiri. Tak hanya pusat pemerintahan, sentra hiburan untuk wisatawan pun kini dipusatkan di kota ini. Nggak heran kalau dari tahun ke tahun, wisatawan yang main ke Tokyo sudah pasti bertambah. Trus, mana saja wisata yang katanya kekinian di Tokyo itu?

1. Berkunjung ke Desa Shirakawa-go

Daerah Shirakawa-go dan tetangganya, Gokayama, berdampingan di lembah Sungai Shogawa di pegunungan kecil yang membentang dari Gifu ke Prefektur Toyama. Tempat ini dideklarasikan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1995 silam.

Shirakawa-go dan Gokayama amat terkenal dengan rumah-rumah pertanian tradisional gassho-zukuri. Bahkan, beberapa di antaranya sudah berusia lebih dari 250 tahun, lho! Objek wisata utamanya adalah Ogimachi, desa paling besar di Shirakawa-go.

Sementara Gokayama sedikit lebih sulit dijangkau daripada Shirakawa-go. Daerahnya pun kurang berkembang dan kurang ramai. Namun, nggak ada salahnya mencoba untuk mengunjunginya. Desa Suganuma dan Ainokura adalah dua desa paling baik di Gokayama.

Lokasi: Shirakawa-go dan Gokayama, Jepang

Cara ke Sana: Menggunakan Shinkansen dan Bus dari Toyama, Kanazawa, Shin-Takaoka dan Nagoya menuju ke Shirakawa-go. Akses ke Gokayama sedikit lebih sulit, karena harus berganti bus dari ketiga pemberhentian terakhir untuk bisa mencapainya.

2. Persimpangan Paling Sibuk di Dunia, Shibuya Crossing

Sumber: Shutterstock.com

Kabarnya, Shibuya Crossing yang jadi salah satu wisata kekinian di Tokyo ini adalah persimpangan paling sibuk di dunia (dan tentu saja di Jepang). Persimpangan ini seperti jantung raksasa, karena mengirim orang ke segala arah setiap detiknya.

Setidaknya, ada ratusan orang – bahkan lebih dari 45 ribu orang ketika Tokyo sedang sangat ramai – yang melintasi persimpangan ini setiap detik, menit, jam, dan hari. Area Shibuya Crossing semakin menawan pada hari Jumat dan Sabtu setelah petang.

Di kawasan ini, kamu bisa melihat setiap sisi Shibuya yang sangat ramai ditemani papan reklame super besar dari berbagai sisi. Pun, kamu akan menjumpai patung anjing paling terkenal Hachiko.

Lokasi: Shibuya Crossing, tepat di belakang pintu keluar Stasiun Shibuya Patung Hachiko.

Cara ke Sana: Menuju Stasiun Shibuya melalui Jalur JR Yamanote. Jalur Keio Inokashira, Tokyu De-en-toshi dan Tokyu Toyoko juga bisa menjadi alternatif. Lalu, kereta bawah tanah Tokyo Metro Ginza, Hanzomon, dan Fukutoshin.

3. Berburu Ikan Segar di Tsukiji Fish Market Japan

Sumber: Shutterstock.com

Ingin menjajal segarnya makanan hasil laut di Jepang? Atau mencarinya untuk diolah sendiri? Kamu bisa berburu di Tsukiji FIsh Market. Katanya, kunjungan ke destinasi wisata kekinian di Tokyo ini akan lebih sempurna kalau kamu sekaligus mencoba sushi segar atau makan siang di salah satu restoran yang ada di sana.

Jangan sampai kesorean datangnya, ya. Kalau tidak, kamu akan ketinggalan mencoba segarnya produk-produk hasil laut yang ada di Tsukiji Fish Market ini. Pasalnya, sebagian besar restoran biasanya sudah mulai buka pukul 05.00 pagi waktu setempat.

Ya pastinya kalau sudah sore kan jadi nggak segar lagi ya makanan lautnya? Belum lagi restoran lokalnya sudah pada tutup. Jadi, nggak ada salahnya kan kamu luangkan waktu buat jalan-jalan pagi di tempat kece ini? Jangan salah, hasil laut Jepang itu segarnya bukan main, lho!

Lokasi: 5 Chome-2-1 Tsukiji, Chuo City, Tokyo, Jepang

Cara ke Sana: Stasiun JR terdekat ke lokasi adalah Shimbashi, lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit. Dari Stasiun Tokyo, bisa naik Marunouchi Subway Line dari Tokyo ke Ginza dan transfer ke Hibiya Subway Line ke Stasiun Tsukiji. Dari Stasiun Shinjuku, naik Oedo Subway Line ke Stasiun Tsukiji Shijo.

4. Shopping Harajuku di Omotesando Tokyo Plaza

Sumber: Shutterstock.com

Omotesando Tokyo Plaza menjadi salah satu gedung yang paling terkenal di Tokyo, tepatnya di wilayah Harajuku. Sentra belanja ini punya daya tarik tersendiri, lho, sobat tiket. Tentu saja pada pintu masuk utamanya yang terbuat dari cermin!

Bagian paling terkenal dari tempat ini ada di lantai duanya, kamu bisa menuju bagian itu dengan naik eskalator. Cermin-cermin di sana akan membuat kamu seperti sedang berada dalam bayang kaleidoskop. Cukup membuat kamu sakit kepala, tetapi sangat menarik perhatian.

Hampir sama dengan sentra belanja lain di Tokyo, Omotesando Tokyo Plaza menawarkan kamu berbagai produk dari brand yang kece abis. Dari pakaian, sepatu, aksesori, sampai kosmetik. Nggak ketinggalan, kafe dan restoran dengan menu yang lezat.

Lokasi: 4-30-3, Jinguumae, Shibuya-ku, Tokyo, Jepang

Cara ke Sana: Menggunakan JR Yamanote Line menuju ke Stasiun Harajuku. Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama sekitar 4 menit.

5. Edo-Tokyo Open Air Architectural Museum, Kota Lama di Jepang

Kalau kamu ingin melihat bangunan tradisional alias Kota Lama yang dipunyai Jepang, coba saja main ke Edo-Tokyo Open Air Architectural Museum. Sebenarnya, di sini adalah rekonstruksi alias pemindahan bangunan dari tempat sebelumnya.

Bukan tanpa alasan. Bangunan aslinya hampir semuanya hilang dan rata dengan tanah karena kebakaran, gempa bumi, perang, dan pembangunan kota kembali. Sebagian besar bangunan yang dibangun lagi berasal dari Periode Meiji, antara 1816 sampai 1912.

Beberapa bangunan yang terkenal yang bisa kamu jumpai di sini termasuk bekas kediaman para politisi yang begitu elegan. Tidak ketinggalan, rumah-rumah pertanian, pemandian umum, dan jajaran toko yang disesuaikan dengan kondisi aslinya.

Lokasi: 3 Chome-7-1 Sakuracho, Koganei, Tokyo, Jepang. Sebelah barat Taman Koganei, Tokyo, Jepang

Cara ke Sana: Dari Shinjuku, naik Seibu Shinjuku Line ke Stasiun Hana-Koganei atau JR Chuo Line ke Stasiun Musashi-Koganei. Lanjutkan perjalanan dengan bus selama sekitar 5 sampai 10 menit atau berjalan kaki sekitar 15 sampai 30 menit.

Kuil-Kuil Kuno yang Memukau di Jepang

Dari kelima tempat wisata kekinian di Tokyo tadi, mana yang menjadi destinasi yang paling kamu sukai? Sepertinya, semuanya seru dan sayang untuk dilewatkan, ya? Tentu saja, Jepang selalu unik. Entah budayanya sampai kulinernya, semuanya otentik!

Nggak kalah uniknya nih, kuil-kuil kuno yang sampai sekarang masih dilestarikan dan dipakai sebagai tempat ibadah di Jepang. Kamu harus mengunjunginya, karena sebagian besar kuil di Jepang punya gaya arsitektur yang sangat luar biasa. Salah satunya kuil di Nara.

Sembari melihat indahnya gaya bangunan kuil di Jepang, kamu akan ditemani dengan ribuan rusa yang dibiarkan bebas. Mirip seperti yang ada di Kebun Raya Bogor sana. Nah, supaya kamu nggak penasaran, sebaiknya kamu pesan tiket pesawat ke Jepang sekarang juga! Pesannya lewat tiket.com, ya! Katanya banyak banget, lho, promonya!