,

5 Wisata Budaya Thailand, dari Jelajah Kota Bersejarah Sampai Nonton Wayang Boneka

Kalau ke Bangkok saat ke Thailand udah terlalu mainstream buatmu, kamu bisa coba mengunjungi kota-kota lain seperti Phuket dan Ayutthaya yang kaya akan budayanya. Kuy, cobain wisata budaya di Thailand.

Sebagai negara monarki, Thailand punya sejarah kerajaan dan perang yang bisa kamu sedikit pelajari sambil napak tilas Siam di masa lampau. Seru dan pasti berkesan banget buat kamu. Siapa tau juga bisa jadi inspirasi.

Mengunjungi kota yang masih kental nuansa tradisional, napak tilas gua tempat raja-raja singgah hingga nonton wayang bakal membuat liburanmu berbeda dan memorable.

5 Wisata Budaya Thailand, dari Kota Bersejarah Sampai Nonton Wayang Boneka

Thailand terkenal dengan kuil-kuil Buddhanya yang luar biasa indah. Nah, kamu juga bisa jelajah kuil dan jejak-jejak reruntuhannya di masa lalu yang masih terlihat hingga sekarang. Gua eksotis dan pertunjukan seni tradisional Thailand juga jangan dilewatkan.

Berikut rangkuman tiket.com tentang wisata budaya Thailand. Selamat membaca!

1. Ayutthaya

Sumber: Shutterstock.com

Berjarak 90 kilometer dari bari Bangkok, Ayutthaya merupakan ibukota Thailand atau Siam pada zaman dulu. Kota ini tenang dan tidak ramai, jauh berbeda dengan Bangkok dan dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 2 jam dari ibu kota Negeri Gajah Putih ini.

Daya tarik kota ini adalah kamu bisa menemukan reruntuhan candi dan kuil hampir di setiap penjuru kota yang merupakan peninggalan perang antara Siam dan Burma di tahun 1700an.

Destinasi wisata yang cukup terkenal disini adalah patung Buddha tidur sepanjang 42 meter di alam terbuka. Sebenarnya sih patung ini dulunya di dalam kuil cuma kuilnya sudah hancur. Kalau mau lihat, lokasinya di Wat Lokaya Sutharam.

Lalu ada juga patung kepala Buddha yang berada di dalam batang pohon. Ini sih terkenal banget dan biasanya ditawarkan kepada para turis mancanegara sebagai destinasi utama kalau ke Ayutthaya. Batang-batang pohon itu menyelimuti kepala Buddha tapi ajaibnya wajah patung Buddha tetap terlihat.

Konon katanya,  itu mungkin sisa-sisa kepala patung Buddha yang dipenggal saat masa perang. Selain itu kamu bisa ke Viharn Phra Mongkhon Bophit untuk melihat patung Buddha setinggi 17 meter. Aslinya patung ini terbuat dari perunggu tapi udah dilapisi emas pada tahun 1992.

Kalau kamu tertarik untuk mengetahui sejarah lebih lanjut, coba ikut tur. Kalau mau jalan-jalan aja, bisa sewa motor atau sepeda. Cuaca disini panas ya jadi siap-siap sunblock dan air mineral.

Akses : naik kereta dari Stasiun Hualamphong. Harga tiket mulai dari 20 baht/orang atau naik van dari Terminal Bus Morchit dengan harga mulai dari 60 baht.

2. Wat Phra Kaew

Wat Phra Kaew atau Kuil Buddha Zamrud adalah salah satu kuil terpenting di Thailand. Terletak di dalam Grand Palace, kuil ini dibangun pada tahun 1785. Kuil ini banyak memiliki bangunan suci yang dihiasi dengan ukiran yang wah banget serta lukisan-lukisan yang luar biasa deh. Ada sekitar 100 bangunan lebih di tanah seluas 94,5 hektar ini.

Di dalam bangunan utama kuil atau Phra Ubosot, kamu akan menemukan patung Buddha Zamrud yang memakai pakaian yang terbuat dari emas murni! Banyak bangunan juga berwarna keemasan dengan pagoda yang luar biasa gagah.

Bisa seharian deh kamu eksplor kuil ini sampai puas karena memang sangat menarik. Walaupun kuil ini selalu ramai oleh wisatawan, suasana di sini tetap tenang lho, sobat tiket.

Yang perlu diperhatikan adalah kamu harus berpakaian sopan. Untuk laki-laki, harus menggunakan sepatu, celana panjang dan juga baju lengan panjang. Untuk perempuan, harus pakai rok panjang dan atasan juga baju panjang. Tapi ada penyewaan baju juga di sana kalau pas kamu nggak bawa baju seperti yang disyaratkan.

Oh ya nggak boleh pake topi, kacamata hitam dan earphone ya.

Lokasi         : Na Phra Lan Rd, Khwaeng Phra Borom Maha Ratchawang, Khet Phra Nakhon, Krung Thep Maha Nakhon 10200

Jam Buka    : 08.30 – 15.30

Tiket Masuk : 500 baht (termasuk tiket masuk ke Grand Palace)

3. Gua Phraya Nakhon

Sumber: Shutterstock.com

Kalau suka petualangan yang menantang, kamu harus ke Gua Phraya Nakhon yang berada di Taman Nasional Khao Sam Roi Yo di Provinsi Prachuap Bang Pu. Phraya Nakhon merupakan salah satu gua terindah seantero Thailand.

Untuk mencapai gua ini gampang-gampang susah. Pertama kamu naik bus dulu dari Bangkok ke Pranburi terus lanjut naik songthaews atau tuk-tuk ke Bang Pu. habis itu bisa milih mau jalan kaki menuju gua atau naik perahu.

Setelah sampai, kamu jalan kaki lagi sekitar 400 meter menuju gua. Mulut gua sangat besar dan ada sungai dangkal di dalamnya. Mantap banget deh.

Usia gua ini sendiri udah lebih dari 200 tahun dan ada paviliun yang dibangun pada tahun 1890 yang digunakan oleh raja Thailand saat singgah di gua ini. Ada tanda tangan Raja Rama V dan Raja Rama VII lho di dinding guanya.

Kalau mau kesini dari Bangkok, berangkat pagi-pagi yah. Soalnya keindahan gua secara maksimal bisa dilihat sebelum jam 11 siang.

Lokasi         : Ro Pho Cho Pho Khor 4033 Sam Roi Yot (King) Amphoe Sam Roi Yot, Chang Wat Prachuap Khiri Khan 77120

Jam Buka    : 08.00-15.30

Tiket Masuk : 200 baht (tiket masuk taman nasional)

4. Teater Boneka Joe Louis

Sumber: Shutterstock.com

Thailand juga punya wayang berupa wayang boneka. Kalau kamu pengen coba nonton pertunjukan tradisional wayang, coba ya nonton di sini.

Pertunjukan wayang boneka ini beda lho karena bonekanya berukuran sedang dan akan diangkat oleh tiga dalang di atas panggung. Para dalang memakai pakaian serba hitam, jadi biar penonton bisa fokus tuh ke bonekanya. Bikin terkesan bonekanya hidup ya, sobat tiket.

Cerita wayang biasanya berdasarkan pada legenda Hindu, salah satunya Narsimha yang merupakan perwujudan Dewa Wisnu dengan badan setengah singa dan setengah manusia.

Pertunjukkan berlangsung antara 45-60 menit. Oh ya, kamu bisa foto-foto juga lho sama wayang bonekanya pas sudah selesai pentas.

Lokasi       : Teater Boneka Joe Louis, Asiatique The Riverfront, Soi 13 Charoenkrung Rd, Bangkok

Jam Buka : 17.00-24.00

Tiket          : mulai dari 450 baht

5. Big Buddha

Sesuai namanya, Big Buddha adalah sebuah patung Buddha setinggi 45 meter dan lebar 23 meter yang sedang bersila. Lokasinya ada di atas sebuah bukit bernama Nakkerd di Phuket. Kalau mau lihat pemandangan Phuket dari atas, tempat ini juga oke banget.

Patung ini berwarna putih dan terlihat megah banget. Kamu bisa menemukan banyak penganut agama Buddha dari berbagai daerah nggak cuma Thailand yang beribadah di sini. Jadi, nggak boleh berisik di sini.

Patung Buddha terbesar kedua berwarna keemasan dengan tinggi sekitar 12 meter. Patung ini terbuat dari kuningan dan dipersembahkan untuk Raja dan Ratu Kerajaan Thailand.

Kamu juga harus berpakaian sopan ya, nggak boleh pakai celana pendek. Siap-siap topi dan payung, soalnya di atas bukit ini lumayan panas. Sebaiknya kamu sewa motor aja atau ikut tur untuk mencapai tempat ini dari Phuket. Soalnya agak susah transportasi umumnya.

Lokasi       : Nak Khao Peak, Tambon Karon, Amphoe Mueang Phuket, Chang Wat Phuket 83100

Jam Buka : 06.00-19.00

Tiket          : gratis

Luar biasa kan, sobat tiket. Buruan pesen tiket pesawat ke Thailand di tiket.com. Kalau tertarik sama yang alami-alami gitu, kamu bisa baca 10 Wisata Alam Thailand yang eksotis dan oke punya. Met jalan-jalan!