,

10 Wisata Alam Eksotis di Thailand, Bikin Kagum!

Keindahan alam Thailand sudah tersohor di seluruh dunia. Banyak wisatawan berbondong-bondong ke Negeri Gajah Putih untuk menikmati kecantikan alamnya yang eksotis dan khas negara tropis. Oleh karenanya, wisata alam Thailand merupakan salah satu opsi utama kalau mau main kesini.

Mau cari wisata alam berupa pantai, hutan, pulau, hingga gua eksotis, Thailand punya semua. Hebatnya semua terawat dengan cukup baik dan bersih. Memang mantap deh pariwisata Thailand.

Ada banyak taman nasional dengan berbagai kecantikannya masing-masing yang biasa dikunjungi wisatawan mancanegara yang ingin sejenak menjauh dari hiruk pikuk kota dan menikmati alam.

10 Wisata Alam Paling Mantap di Thailand

Berwisata keliling pulau kecil di Thailand atau mengunjungi taman nasional merupakan pilihan yang cukup populer dikalangan wisatawan utamanya wisatawan dari negara non-tropis.

Menikmati birunya air laut atau hijaunya pepohonan memang bikin tubuhmu recharge! Nih, tiket.com akan mengulas 10 wisata alam yang harus masuk ke list destinasi wisata kamu saat main ke Thailand.

1. Phuket

Sumber: Shutterstock.com

Pasti sudah sering dengar kan tentang Phuket, sebuah pulau cantik yang mirip sama Bali. Phuket merupakan pulau terbesar di Thailand dan terkenal banget di kalangan wisatawan mancanegara dengan wisata bahari sebagai salah satu keunggulannya.

Ada beberapa pantai super cantik yang harus kamu kunjungi saat ke Phuket. Yang pertama adalah Pantai Patong. Pantai ini paling ramai dikunjungi sama wisatawan! Air lautnya jernih banget. Cocok buat kamu yang suka tempat yang touristy.

Kalau mau yang tenang atau suka snorkeling, coba ke Pantai Nai Harn. Ini pantai paling oke di Phuket dikelilingi hutan tropis yang bikin adem. Kalau mau snorkeling, ada penyewaan alatnya di sini.

Pengen selalu update? Boleh main ke Pantai Kata. Ini pantai unik banget karena ada Wi-Fi-nya. Pantai ini juga ga kalah oke. Pasirnya berwarna putih bersih dan banyak pedagang yang menjajakan cemilan di sini.

Kalau mau kesini, naik pesawat aja. Bisa dari Bangkok dan ada penerbangan langsung.

2. Taman Nasional Doi Inthanon

Doi Inthanon merupakan salah satu taman nasional paling terkenal di Thailand dan berada di gunung tertinggi di negeri Gajah Putih. Air terjun, hutan cemara dan pinus, desa-desa terpencil bisa kamu temukan saat menjelajahi taman yang berlokasi di Chiang Mai ini.

Cuaca di taman seluas 482 km2 ini cukup dingin, sekitar 10 sampai 12 derajat Celcius. Jadi siap-siap jaket tebel yak. Pemandangannya sangat keren apalagi kalau kamu sudah sampai ke puncak. Pasti speechless deh.

Kalau kamu kesini pas akhir Januari atau awal Februari, kamu bisa ngelihat bunga sakura Siam yang berwarna merah muda. Melihat bunga sambil mendengarkan burung-burung berkicau di taman ini tuh nenangin banget kan.

Kamu bisa terbang langsung ke Chiang Mai atau naik kereta dari Bangkok dengan harga tiket mulai dari 800 baht atau bus dengan harga tiket mulai dari 500 baht, dengan waktu tempuh 9-15 jam.

Tiket Masuk : 300 baht/orang*

3. Pulau Phi Phi

Masih ingat film The Beach-nya Leonardo di Caprio? Nah, lokasi syuting filmnya di Pulau Phi Phi ini! Berlokasi di bagian selatan Thailand, pulau ini menawarkan keindahan luar biasa dengan airnya yang jernih dan tebing-tebing Karst menjulang tinggi.

Kalau suka snorkeling, banyak ikan-ikan kecil berwarna-warni yang bisa kamu lihat di perairan pulau. Kalau mau eksplor Pulau Phi Phi, kamu bisa ikut half-day atau full-day tour dengan speed boat yang berangkat dari Pelabuhan Rassada.

Kalau udah melihat keindahan pulaunya, nggak pengen balik deh sobat tiket. Kalau suka wisata bahari, wajib banget kesini. Airnya berwarna biru dan bersih sekali. Siap-siap sunblock dan kacamata hitam ya. Soalnya bisa panas banget cuacanya.

Harga tour: mulai dari 1.100 baht/orang*

4. Taman Nasional Khao Yai

Sumber: Shutterstock.com

Dapat ditempuh dalam waktu 3 jam berkendara dari Bangkok, Taman Nasional Khao Yai semakin populer di kalangan wisatawan mancanegara. Kamu bisa melihat gajah liar, rusa, gibbon, monyet berkeliaran dengan bebas di sini.

Suka camping? Bisa nih ngecamp di taman ini karena ada camping ground bahkan fasilitas seperti toilet dan restoran. Luas taman ini sekitar 2.168 kilometer persegi. Ada air terjun yang dikelilingi pepohonan hijau dan asri.

Taman Nasional Khao Yai terletak di barisan Pegunungan Sankamphaeng di Provinsi Nakhon Ratchasima. Untuk mencapainya, kamu bisa naik bus atau kereta api ke Pak Chong dan setelah itu bisa milih ikut tur atau sewa kendaraan bermotor untuk menjelajah.

Tiket masuk : 400 baht/orang*

5. Taman Botani Nong Nooch

Terletak di Provinsi Chonburi, Pattaya, Taman Botani Nong Nooch ini merupakan taman tercantik di dunia! Taman ini tertata dengan sangat rapi dan gradasi warna tanaman membuat kamu akan terkagum-kagum saat menginjakkan kaki di sini.

Luas taman ini sekitar 2,4 kilometer persegi dengan aneka rupa tumbuhan mencapai 670 jenis. Ada palem, aneka bunga dan bonsai.

Desain tamannya juga unik karena dikelompokkan sesuai tema. Ada taman Asia, taman Perancis abad ke-17, ada taman zaman batu dan juga taman zaman Renaissance Eropa.

Kamu bisa berkeliling dengan jalan kaki, menyewa sepeda atau ikut tur yang biasanya termasuk menonton pertunjukan gajah, sobat tiket.

Lokasi          : 34/1 Tambon Na Chom Thian, Amphoe Sattahip, Chang Wat Chon Buri 20250

Jam Buka     : 08.00-18.00

Tiket Masuk : 500 baht/orang*

6. Gua Tham Lot

Berada di perbatasan Thailand dan Myanmar, gua Tham Lot merupakan salah satu gua terpanjang di Thailand yang bisa di jelajahi oleh wisatawan sekitar 1.666 meter. Kalau kamu jalan darat menjelajahi beberapa negara ASEAN, boleh nih mampir kesini.

Kamu bisa menjelajahi gua dengan jalan kaki atau naik rakit! Seru abiss. Ada pemandunya kok yang merupakan warga sekitar kalau kamu membutuhjan jasa mereka. Kalau suka berpetualang pas banget kalau kesini.

Ukiran-ukiran berusia ribuan tahun yang lalu, stalaktit dan stalagmit yang luar biasa di sepanjang gua kelihatan luar biasa bagus dan keren.

Lokasi          : Tham Lot, Pang Mapha District, Mae Hong Son 58150

Jam Buka    : 08.00-18.00

Tiket Masuk : 200 baht/orang*

7. Taman Nasional Doi Suthep-Pui

Sumber: Shutterstock.com

Taman nasional ini luasnya 265 kilometer dan destinasi utamanya adalah kuil Buddha Wat Phra Tat Doisuthep atau Doi Suthep yang berwarna keemasan dan gagah banget. Kuil ini dibangun di puncak Gunung Doi Suthep pada ketinggian 1055 meter diatas permukaan laut!

Selain kuil, air terjun, gua dan pemandangan hutan juga bisa kamu eksplor apalagi kalau suka hiking. Hewan-hewan seperti beruang hitam, monyet Assam, kucing emas hingga landak Melayu hidup di taman nasional yang terletak di Chiang Mai ini.

Suhu disini sejuk banget sekitar 20 sampai 23 derajat celcius, tapi kalau bulan Februari bisa dingin banget sampai 6 derajat. Jadi cek dulu ya suhu dan cuaca sebelum kesini biar nggak salah kostum. Kalau kamu mau camping juga bisa lho, ada spot-nya. Seru bangett.

Oh ya, disarankan sih rajin cek kondisi cuaca kalau rencana mau menjelajahi taman nasional ini di bulan Agustus dan September soalnya suka turun hujan. Kalau mau kesini kamu bisa naik pesawat langsung ke Chiang Mai.

Lokasi          : Huaykaew Rd, Tambon Su Thep, Amphoe Mueang Chiang Mai, Chang Wat Chiang Mai 50200

Tiket Masuk : 200 baht/orang* (belum termasuk destinasi lain)

8. Golden Triangle

Golden Triangle ini ada di Chiang Rai yang terletak di sebelah utara Thailand. Lokasinya di dataran tinggi dan kamu bisa melihat Sungai Mekong yang merupakan perbatasan tiga negara! Thailand, Laos dan Myanmar.

Tau nggak namanya Golden Triangle soalnya itu adalah tempat transaksi opium pada zaman dulu kala dan transaksinya pake emas! Tenang, sudah nggak ada lagi kok sekarang. Malah jadi tempat wisata.

Destinasi utama saat kesini adalah House of Opium dan gerbang Golden Triangle. Kalau mau ke Myanmar atau Laos, bisa sewa perahu yang akan mengantarkan kamu menyeberangi Sungai Mekong. Mantap.

Tiket Masuk : 300 baht/orang*

9. Taman Nasional Than Bok Khorani

Sumber: Shutterstock.com

Dengan luas hampir 100 kilometer persegi, taman nasional ini menawarkan pemandangan pegunungan batu kapur dan hutan bakau. Ada juga air terjun yang menjadi primadona warga lokal.

Kalau mau kesana, kamu tinggal menyusuri jalan setapak yang terbentuk secara alami. Biasanya kalau weekend ada banyak lho warga yang bersantai di sana.

Taman Nasional Than Bok Khorani terletak sekitar 50 kilometer di utara Krabi. Kalau kamu mau suka jelajah, kesini aja! Ada gua juga lho namanya Pee Hua.

Lokasi          : 2/2 Moo 2, Ao luek Tai, Ao luek, Krabi, 81110

Jam Buka    : 08.30 – 16.30

Tiket Masuk : 300 baht/orang*

10. Taman Mae Fah Luang

Taman ini super instagramable, tertata rapi dengan bunga berwarna-warni yang indah banget. Bunga-bunga yang biasanya agak susah di cari di Thailand seperti tulip, mawar dan dahlia ditata dengan gaya Eropa. Serasa di Belanda!

Mae Fah Luang luasnya 10 hektar dan terletak di Chiang Rai. bunga-bunga di sini ditanam dan dijaga oleh warga lokal. Kalau kamu mau tantangan, di sini ada Doi Tung Tree Top Walk yang merupakan jembatan diatas ketinggian 30 meter yang panjangnya mencapai 295 meter.

Jembatannya kecil banget dan cuma muat satu orang. Takut? Tenang aja, kamu bakal dipakaikan safety cable kok. Ada juga Doi Tung Royal Villa yang merupakan milik keluarga Kerajaan Thailand. Kamu bisa mengunjungi vila yang lantai dan dindingnya terbuat dari kayu. Unik banget.

Lokasi           : The Botanical Garden Project, Mae Fah Luang University, 333 Tha Sut, Chiang Rai 57100

Jam Buka     : 06.30 – 18.00 (Sabtu dan Minggu tutup)

Tiket Masuk : 90 baht/orang* (tidak termasuk seluruh atraksi)

Jadi nggak sabar kan mau ke Thailand. Boleh juga nih dibaca Tips Mengeluarkan Budget Minimal di Thailand. Siapa tau membantu. Jangan lupa habis ini pesan tiket pesawatmu ke Thailand di tiket.com ya sekalian hotelnya.

*harga saat artikel ditulis