6 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Alun-Alun Jogja

,

6 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Alun-Alun Jogja

Wisata Alun-Alun Jogja – Sudah bukan rahasia lagi kalau Jogja menjadi kota yang menawarkan destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Di kota ini, kamu bisa menikmati liburan dengan suasana berbeda dari kota-kota besar lainnya yang ada di Indonesia.

Keramahan dan kesantunan warga asli Jogja menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Gudeg ini. Apalagi, masih banyak penduduk asli Jogja yang menggunakan pakaian adat mereka seperti batik dan kain batik. Kearifan lokal Jogja memang bisa membawa ketenangan setiap menginjakkan kaki disini.

Tidak hanya tempat wisata sejarah saja, ada tempat wisata Alun-Alun Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk mencoba beberapa wisata menarik yang ada disana. Kalau Sobat Tiket pernah datang ke Jogja dan mampir ke tempat wisata Alun-Alun Jogja, pasti kamu akan tau deh betapa ramaianya tempat ini baik saat terang maupun saat gelap.

Cocok banget nih sebagai referensi kamu yang mau datang ke Jogja, dan mau menikmati suasana khas Jogja. Karena berikut ini adalah list wisata Alun-Alun Jogja yang bisa kamu rasakan dan nikmati saat berada di Alun-Alun Jogja dan sekitarnya.

Wisata Alun-Alun Jogja, Keindahan Kota di Malam Hari

  1. Naik Sepeda Hias

Main ke sekitaran Alun-Alun Jogja memang paling asik saat malam hari ya, Sobat Tiket. Salah satu alasannya adalah, kamu bisa melihat keindahan dari kerlap-kerlip lampu sepeda hias dan odong-odong yang didekor sangat cantik. Unik dan menarik, naik sepeda hias dan odong-odong di daerah sini menjadi hal yang digemari oleh para wisatawan lho.

6 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Alun-Alun Jogja - Naik Sepeda Hias

Salah satu pilihan wisata Alun-Alun Jogja ini bisa kamu sewa untuk mengelilingi Alun-Alun Jogja lho, Sobat Tiket. Jadi, kamu bisa menikmati suasana malam dengan menaiki sepeda hias ataupun odong-odong. Menelusuri kemacetan juga nggak masalah deh kalau naiknya sepeda Hias dan odong-odong yang menarik satu ini.

  1. Menikmati Kuliner Khas Jogja

Ini yang nggak boleh terlupakan kalau Sobat Tiket lagi berada di Jogja. Jangan sampai kelewatan untuk menikmati kuliner khas Jogja ya, Sobat Tiket. Selain terkenal dengan harganya yang sangat ramah di kantong, makanan khas Jogja juga enak-enak dan bisa bikin kamu rindu.

6 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Alun-Alun Jogja - Menikmati Kuliner Khas Jogja

Nggak cuma tempat wisatanya yang melimpah, Jogja juga dikenal dengan kuliner khas nya yang menggoda dan sangat menggugah selera. Ada beragam menu kuliner Jogja yang bisa kamu nikmati. Seperti Sate Klatak, Angkringan Kopi Jos, Wedang Ronde, Gudeg, Bakmi Jawa, Oseng Mercon, dan masih banyak lagi.

Meskipun kamu bisa menikmati menu-menu khas Jogja di daerah lainnya, tapi tentunya ada sensasi yang berbeda dong ya, Sobat Tiket, saat kamu menyantapnya langsung di daerah asalnya. Kamu bisa menikmati berbagai kuliner khas Jogja saat berada di wisata Alun-Alun Jogja kok.

  1. Menyebrang Diantara 2 Pohon Beringin

Ada wisata Alun-Alun Jogja yang menarik dan tidak biasa, yaitu menyebrang diantara 2 pohon beringin kembar. Permainan ini juga dikenal dengan sebutan masangin, dimana kamu harus bisa melintasi pohon beringin kembar ini dengan mata tertutup.

6 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Alun-Alun Jogja - Masangin

Meskipun terlihat mudah, tapi nyatanya nggak semudah yang dibayangkan lho, Sobat Tiket. Karena, banyak diantara mereka yang sudah mencoba, gagal di percobaan pertama dan justru melintas jauh ke arah lain.

Dibalik wisata Alun-Alun Jogja yang menarik dan seru ini, ternyata juga ada mitos yang beredar di masyarakat setempat lho, Sobat Tiket. Salah satunya adalah, pasangan yang mencoba melewati pohon beringin kembar ini dan gagal, bisa berakibat putus cinta. Hem, kamu percaya nggak nih, Sobat Tiket dengan mitos yang satu ini?

  1. Belanja di Mall Malioboro

Selain bermain di sekitar wisata Alun-Alun Jogja, kamu juga bisa menikmati momen belanja di mall Jogja untuk berburu barang-barang khas Jogja. Untuk berburu barang-barang antik kamu bisa menuju mall Malioboro kok, Sobat Tiket.

6 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Alun-Alun Jogja - Belanja di Mall

Di mall Malioboro, kamu bisa menemukan barang-barang unik dan antik yang juga bisa kamu beli sebagai oleh-oleh. Selain menjual harga yang terjangkau, barang yang dijual disini juga memiliki nilai budaya yang tinggi. Jadi, cocok untuk kamu pecinta barang antik dan unik untuk menyempatkan belanja di Mall ini.

  1. Mengunjungi Keraton Jogja

Mengunjungi Alun-alun Jogja malam hari memang banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Selain menikmati beragam kegiatan seru di sekitar wisata alun-alun Jogja malam hari, kamu bisa juga menikmati tempat wisata lainnya di sekitar Alun-Alun Jogja.

6 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Alun-Alun Jogja - Mengunjungi Keraton Jogja

Salah satu tempat wisata Alun-Alun Jogja yang bisa kamu kunjungi adalah Keraton Yogyakarta. Selain sebagai tempat tinggal Sultan dan keluarganya, Keraton Yogyakarta juga menyediakan pertunjukan seni yang bisa dinikmati oleh umum.

Selain sebagai bangunan tradisional bersejarah, terdapat salah satu bangsal yang dibuka untuk umum dan menyajikan berbagai pertunjukan seni yang berbeda-beda. Pertunjukan tersebut diisi oleh para seniman keraton, berupa wayang kulit, tarian, pembacaan naskah sastra, dan lain sebagainya.

  1. Menyaksikan Pertunjukan Wayang Kulit

Pertunjukkan Wayang Kulit memang cukup melekat dengan budaya khas Jawa. Di sekitar alun-alun Jogja, kamu bisa menyaksikan pertunjukkan wayang kulit yang sangat menarik. Tidak hanya mendapatkan keseruan saat bermain di alun-alun Jogja, kamu juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru mengenai sejarah atau cerita dari pertunjukan wayang kulit yang sedang berlangsung.

6 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Alun-Alun Jogja - Nonton Wayang

Biasanya, pertunjukan wayang kulit ini akan berlangsung selama 2 jam, dengan cerita yang disajikan berbeda-beda. Untuk menyaksikan pertunjukan wayang kulit, salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Sonobudoyo dekat Alun-alun Jogja.

Jadi, kapan kamu mau liburan ke Jogjakarta nih, Sobat Tiket?

Belum dapetin harga tiket pesawat dan kamar hotel yang sesuai dengan bujet kamu?

Hem, kamu pasti belum tau deh kalau tiket.com punya Promo OTW yang bisa kasih kamu harga GLEDEK dengan diskon hingga 50%. Buruan, cek aplikasi tiket.com sekarang juga, dan dapatkan harga GLEDEK dari Promo Online Tiket Week. Nggak cuma diskon, ada cashback sampai 5juta juga lho, yang sudah siap menanti untuk kamu jemput.

Wisata Alun-Alun Jogja - Online Tiket Week

Setelah ke Jogja, kayaknya seru deh, Sobat Tiket kalau langsung meluncur ke Surabaya. Selain bisa kulineran disana, kamu juga bisa banget ke Tempat Wisata Surabaya Bak di Luar Negeri yang instagramable!