,

Tips Naik 4 Transportasi Umum di Surabaya, Mudah dan Nyaman!

Salah satu pertimbangan dalam memilih destinasi wisata adalah kawasan perkotaan. Hal tersebut dikarenakan memiliki kemudahan dalam hal sarana transportasi publik untuk mengunjungi berbagai objek menarik di sana.

Kawasan perkotaan di Jawa Timur yang menjadi salah satu favorit wisatawan adalah Surabaya. Kota ini memiliki bangunan-bangunan bersejarah serta aneka kuliner menggoda sebagai daya tarik. Berikut tips wisata bagi sobat tiket saat berkeliling menggunakan transportasi publik.

Transportasi Publik di Surabaya

Ada empat transportasi publik di Surabaya yaitu Bus Suroboyo, Becak, Bus Antar Kota, dan Angkot. Saat berkeliling kota ini, sobat tiket perlu mengetahui trek yang dilewati serta informasi penting lain agar memudahkan perjalanan.

1. Bus Suroboyo

Sumber: Shutterstock

Bus Soroboyo merupakan sarana transportasi umum terbaru, karena baru beroperasi pada 7 April 2018. Kapasitas angkut kendaraan ini mencapai 67 penumpang dengan pembagian duduk sesuai warna.

Tempat duduk berwarna merah muda diperuntukkan untuk penumpang perempuan, sementara biru adalah laki-laki. Hal ini dilakukan sebagai peningkatan kenyamanan dan mengurangi tindak pelecehan. Jadi, sobat tiket tidak perlu khawatir lagi saat menaiki transportasi umum tersebut.

Jadwal operasional Bus Suroboyo dimulai pukul 06.00-22.00 WIB. Saat pagi hari, kendaraan berpenampilan menarik seperti yang ada di Eropa ini dipadati oleh penumpang pelajar dan pekerja. Tips untuk sobat tiket, berangkatlah tidak lama setelah jam-jam tersebut agar lebih luang.

Rute Bus Suroboyo adalah Terminal Rajawali—Terminal Purabaya (Bungurasih) dan sebaliknya. Menaiki transportasi umum ini, sobat tiket akan melewati trek atau jalur wisata ke berbagai objek menarik seperti Tunjungan Plaza, Delta, Pasar Turi, JMP, Tugu Pahlawan, dan Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Untuk menaiki Bus Suroboyo, sobat tiket tidak perlu membayar biaya menggunakan uang, melainkan sampah plastik seperti botol minuman yang sudah dibersihkan. Bawalah ke petugas, lalu kamu akan diberikan satu tiket. Tiket tersebut berlaku untuk satu kali perjalanan atau lebih kalau menggunakan saat batas jam yang tertera.

Keunggulan lain dari Bus Suroboyo adalah ramah difabel, lansia, dan ibu hamil, karena memiliki tombol khusus di dekat pintu masuk. Keamanan pun ditingkatkan dengan pemasangan 12 CCTV di bagian dalam dan 3 CCTV di luar. Nah, jangan segan lagi ya untuk menaiki transportasi umum, sobat tiket!

2. Becak

Sumber: Shutterstock

Sobat tiket bisa menemukan transportasi tradisional ini di tempat keramaian seperti pelabuhan, stasiun, terminal, dan alun-alun. Kamu bisa menyewa jasa untuk mengantarkanmu menjelajah tempat wisata yang diinginkan. Kalau kamu jalan-jalan saat malam hari, mintalah mengurangi sedikit kecepatan untuk menikmati suasana sekitar.

Rekomendasi tempat wisata yang dapat dijangkau oleh becak adalah kawasan Ngampel. Kawasan tersebut merupakan tempat ziarah wali atau tokoh spiritual. Selain itu, di sini dikenal sebagai perkampungan Arab dengan sentra ekonomi berupa penjual aneka barang khas Timur Tengah seperti baju koko.

Dari Ngampel, sobat tiket bisa melanjutkan kunjungan ke Jl. Kembang Jepun. Dulunya merupakan kawasan pecinan dan sekarang berubah tempat wisata berkonsep oriental. Di sini sobat tiket akan menjumpai bangunan-bangunan yang memiliki dominasi warna merah dan lampion. Tidak ketinggalan, kamu bisa berwisata kuliner Chinese food. Sedapnya!

Masih ingin melanjutkan perjalanan? Wisata selanjutnya yang akan sobat tiket temui adalah Jembatan Merah, Tugu Pahlawan, dan Tanjung Perak. Dari pelabuhan tersebut, arahkanlah pandangan ke arah selatan untuk melihat keindahan Jembatan Suramadu dari jauh.

Kunci utama kalau sobat tiket berkeliling menggunakan becak adalah merencanakan beberapa rute. Rute lain yang bisa kamu coba adalah berangkat dari Tunjungan Plaza, Masjid Chengho, lalu ke Pasar Blauran untuk menikmati aneka makanan tradisional. Namun, lakukanlah sebelum terlalu larut, ya!

Tips bagi sobat tiket saat menaiki becak untuk berwisata adalah senantiasa memantau peta di ponsel kamu. Hal ini penting untuk mengetahui keberadaan tepat kamu. Jangan lupa persiapkan batrei kamera untuk memotret lanskap menarik di jalan, ya!

3.      Bus Antar Kota

Sumber: Shutterstock

Bus antar kota di Surabaya memiliki enam jurusan dengan masing-masing kode. Semua keberangkatan berasal dari Terminal Purabaya (Bungurasih).

Kode-kode tersebut meliputi A, D, E, F, P1, P3, P4, P5, P6, P8, CAD, PAC 1, PAC 8. Untuk menuju tempat wisata tujuan, sobat tiket perlu mengetahui trek apa saja yang dilewati bus dengan kode-kode itu.

Misalkan, kalau sobat tiket ingin berwisata bernuansa tradisional, naiklah bus berkode P5. Setelah masuk Tol Waru dan keluar Tol Dupak, beberapa pusat perdagangan dan perbelanjaan akan kamu jumpai. Untuk rute kembali, tunggulan kendaraan umum ini di Jembatan Merah Plaza (JMP).

Bagi sobat tiket yang berangkat dari arah pelabuhan Tanjung Perak, bisa lho menaiki bus antar kota untuk menuju tempat wisata. Dari tempat publik ini, naiklah bus berkode P1. Setelah melwati empat trek, kamu akan menemui Jembatan Merah Plaza (JMP). Di sekitar pusat perbelanjaan tersebut terdapat berbagai objek bersejarah seperti Gedung Siola.

Sobat tiket yang baru pertama kali ke Terminal Purabaya (Bungurasih) mungkin akan kesulitan mengenali tata letak di sini. Berikut panduan untuk kamu:

  1. Bagi sobat tiket yang datang dari arah luar kota dan hendak menuju Surabaya, berjalanlah ke kiri kira-kira 15 meter menuju bangunan baru berlantai dua. Kamu akan menjumpai eskalator yang mengarahkanmu ke ruang tunggu.
  2. Di ruang tunggu, kamu akan dengan mudah menemukan bis yang sesuai dengan tujuanmu, karena di sini terdapat petunjuk. Namun, kalau kamu masih ingin bersantai, terdapat berbagai sarana untuk kamu seperti ruang baca dan swalayan.
  3. Bagi sobat tiket yang menuju Terminal Bungurasih menggunakan bus luar kota dan ingin melanjutkan perjalanan, berjalanlah ke arah kanan sekitar 10 meter. Kamu pun akan menjumpai loket penjualan tiket.

4.      Angkot

Sumber: Shutterstock

Angkot di Surabaya memiliki 57 rute yang menjangkau jalan-jalan kecil. Empat terminal utama tempat mode transportasi ini adalah Purabaya, Tambak Oso Wilangun, Joyoboyo, dan Bratang.

Sementara itu, ada terminal-terminal khusus tempat keberangkatan angkot, yaitu Menanggal, Keputih, Dukuh Kupang, Benowo, Petekan atau Kalimas Barat, Manukan, Balongsari, Kenjeran, Kedung Cowek, Bulak, Sub Terminal Kasuari, dan pangkalan angkot Lyn yang dikelola oleh paguyuban.

Angkot di Surabaya terjangkau mulai dari bagian tengah, selatan, sampai timur kota, sehingga akan memudahkan mobilisasi sobat tiket. Adapun beberapa wisata yang bisa dijangkau adalah Monumen Kapal Selam dan Pantai Kenjeran.

Liburan Bersama Keluarga ke Surabaya

Selain mengunjungi rekomendasi objek di atas, kamu bisa mencoba wisata keluarga di Surabaya yang tidak kalah seru untuk menambah pengalaman manis saat liburan.

Liburan ke Surabaya? Lengkapi akomodasi kamu dengan memesan hotel atau tiket hiburan, ya! Kamu bisa menggunakan aplikasi tiket.com yang menawarkan kemudahan dan berbagai promo menarik. Selamat bersenang-senang, sobat tiket!