,

10 Tempat Wisata Keluarga di Surabaya untuk Pengalaman Manis

Beragam cara bisa kamu lakukan untuk menciptakan momen penuh kesan bersama keluarga. Salah satunya adalah dengan mengajak mereka liburan bersama. Jika punya rencana liburan ke Surabaya, ada loh tempat wisata menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Di mana saja ya kira-kira?

Top 10 Tempat Wisata Keluarga di Surabaya

Menyandang gelar Kota Metropolitan, jangan heran kalau Surabaya dipenuhi banyak mall sebagai tempat hangout kaum muda-mudi. Meski begitu, untuk kamu yang mau liburan bareng keluarga tapi menghindari mall, 10 tempat ini mungkin bisa jadi alternatif. Apa saja?

1. Wisata Mirip Universal Studio, Atlantis Land Kenjeran

Taman bermain ini menyediakan sejumlah wahana yang siap membuat momen liburanmu berkesan. Di tengah panasnya Kota Surabaya, kamu bisa ngadem di Istana Es. Terdapat wahana Dino Land, di mana kamu bisa merasakan hidup kembali ke zaman purba.

Sementara buat sobat tiket yang gemar menantang adrenalin, kamu wajib coba Tornado & Boomerang Slide. Kecepatan meluncur dari ketinggian dijamin membuat bulu kudukmu merinding.

Satu wahana lagi yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Istana Patung Lilin. Mirip seperti Madame Tussauds, di sini sobat tiket bisa bertemu dengan replika tokoh-tokoh terkenal dari mancanegara. Jangan lupa siapkan kameramu untuk selfie, ya!

Lokasi: Jl. Sukolilo No.100, Sukolilo Baru

Tiket Masuk: Rp100.000*

(HTM berlaku untuk pengunjung dengan tinggi 85 cm ke atas, sementara pengunjung di bawah 85 cm dikenakan tiket masuk gratis)

2. Belajar Mengenal Satwa di Kebun Binatang Surabaya

Sumber: Shutterstock

Kebun binatang sering kali menjadi lokasi favorit untuk rekreasi bersama keluarga. Kalau datang bersama si kecil, ajak mereka jalan-jalan menikmati suasana rindang pepohonan sambil mengenalkan berbagai macam satwa yang ada di sana.

Kebun Binatang Surabaya dikenal sebagai kebun binatang terbesar di Asia Tenggara. Kawasan ini menjadi rumah bagi sejumlah satwa liar, unggas, ikan, sampai primata jenis makaka dengan tingkah polahnya yang menggemaskan.

Nggak jauh dari pintu keluar, kamu akan menemukan sebuah danau yang menjadi jalur wisata perahu. Pemandangan di sana juga cukup mengesankan. Mau menikmatinya sambil naik perahu atau duduk santai di sekitaran danau, ke duanya sama-sama asyik.

Lokasi: Jl. Setail No.1, Darmo

Tiket Masuk: Rp15.000*

3. Kampung Pelangi Kenjeran, Dulu Kumuh Sekarang Molek

Mengajak anak liburan ke tempat penuh warna pasti bisa bikin mereka gembira. Apalagi tempatnya cukup cantik buat mejeng di feed Instagram.

Daya tarik utama dari kawasan ini adalah bangunan-bangunanya yang dicat warna-warni. Pemandangannya sungguh kontras bila dibandingkan dengan kondisinya dahulu yang terkenal kumuh.

Berkat tangan dingin walikota Surabaya, tempat ini kemudian disulap menjadi objek wisata kekinian dan fotogenik. Dari Kampung Pelangi, kamu bisa berburu oleh-oleh khas Kenjeran di sekitar lokasi untuk dibawa pulang.

Lokasi: Kenjeran, Bulak

Tiket Masuk: Gratis*

4. Wahana Air Terbesar di Surabaya, Ciputra Waterpark

Sumber: Shutterstock

Apa sobat tiket sudah punya rencana mau ke mana akhir pekan nanti bersama keluarga? Jika kamu berniat untuk liburan di Surabaya, Ciputra Waterpark bisa menjadi alternatif wisata terbaik.

Ciputra Waterpark merupakan wahana bermain air terbesar di Surabaya. Nggak cuma satu, di sini ada banyak jenis kolam renang yang bisa kamu coba. Kalau mau main air dengan ombak ala-ala pantai, wahana Syracuse Beach pilihannya. Bila bosan bermain air, kamu bisa menikmati beberapa film lucu dan kocak lewat wahana Cinema 5D.

Lokasi: Kawasan Waterpark Boulevard Citraland

Tiket Masuk: Rp75.000* (weekdays) dan Rp95.000* (weekends)

5. Menghirup Udara Segar di Taman Bungkul

Nggak jauh dari Kebun Binatang Surabaya, Taman Bungkul menjadi lokasi nongkrong favorit masyarakat Surabaya. Apalagi kalau malam minggu tiba, pengunjungnya bisa membludak sampai-sampai bikin macet jalanan.

Ukuran tamannya terbilang luas. Fasilitasnya juga lengkap. Ada sarana untuk latihan olahraga ekstrem seperti sepeda BMX, sepatu roda, dan skate board. Area bermain untuk anak-anak juga ada. Perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit semuanya disediakan tanpa dipungut biaya.

Kamu yang doyan internetan bakal betah deh saat main di sini. Pasalnya, Taman Bungkul menyediakan wifi gratis. Kalau gitu, nggak heran bila taman ini pernah menerima penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia tahun 2013 lalu.  Buat yang mau ke sini, sobat tiket bisa temukan 5 keunikan Taman Bungkul yang asyik jadi tempat nongkrong.

Lokasi: Jl. Taman Bungkul, Darmo

Tiket Masuk: Gratis*

6. Satu-Satunya di Indonesia, Monumen Kapal Selam

Sumber: Shutterstock

Mau tau nggak gimana rasanya berada di dalam kapal selam? Kalau begitu kamu bisa datang langsung ke Monumen Kapal Selam. Selama menyusuri bagian dalam kapal selam, kamu akan melewati beberapa ruangan seperti  ruang torpedo, ruang Pusat Informasi Tempur (PIT), ruang tidur ABK, dan ruang kemudi.

Dengan membayar harga tiket yang terjangkau, kamu juga bisa menonton film dokumenter di ruang audio visual yang disediakan oleh pihak pengelola. Nggak jauh dari monumen, ada kolam renang anak-anak yang selalu ramai ketika akhir pekan tiba. Sambil belajar sejarah, si kecil pun bisa bermain air sepuasnya.  

Lokasi: Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin

Tiket Masuk: Rp15.000*

7. Taman Flora dan Kawanan Rusa di Dalamnya

Surabaya memang punya banyak taman cantik sebagai alternatif wisata selain mall. Kalau main ke sini bareng keluarga, coba deh datang ke Taman Flora yang ada di Bratang. Suasananya begitu rindang dan segar, cocok untuk mengurangi penat.

Fasilitas untuk anak-anak seperti taman bermain juga ada. Pada bagian utara Taman Flora kamu bisa melihat kawanan rusa tutul yang menjadi spot favorit pengunjung. Wisatawan yang datang diperkenankan untuk berfoto tapi tidak boleh memberi makan rusa.

Menariknya, sambil liburan kamu dan keluarga bisa melipir ke area Broadband Learning Center yang jadi pusat pembelajaran teknologi secara gratis di taman ini.

Lokasi: Jl. Raya Manyar No.80A, Baratajaya

Tiket Masuk: Gratis*

8. Susur Sungai Kalimas Lewat Taman Prestasi

Satu lagi taman di Surabaya yang ramai oleh pengunjung ketika weekend. Taman Prestasi menyediakan wahana bermain lengkap bagi anak-anak, mulai dari seluncuran, ayunan, jungkat-jungkit, sampai area bermain pasir pantai. Sambil mengawasi si kecil bermain, sobat tiket bisa menikmati akses wifi gratis untuk browsing.

Lokasi taman ini berada di pinggir sungai. Kalau malam, kamu bisa naik wisata perahu menyusuri Sungai Kalimas. Gemerlap lampion yang dipasang melintasi sungai makin menambah cantik panorama sekitar. Cocok buat sobat tiket yang mau coba foto-foto di atas perahu dengan hiasan lampu lampion.

Lokasi: Jl. Ketabang Kali, Ketabang

Tiket Masuk: Gratis*

9. Food Junction, Lokasi Nongkrong Kekinian Arek-Arek Suroboyo

Wisata bareng keluarga ala anak zaman now, kenapa tidak? Surabaya punya Food Junction sebagai tempat nongkrong kekinian. Total ada 6 wahana bermain yang bisa kamu nikmati. Ada kereta wara-wiri, Merry Go Round, dan Bom-Bom Car.

Kalau mau tau serunya bermain di ketinggian, coba aja naik bianglala dan bermain trampolin. Foto bareng keluarga dengan latar belakang pepohonan dan bunga warna-warni di Festival of Light  juga nggak kalah seru. 

Lokasi: Jl. Grand Banjar Boulevard, Banjar Sugihan

Tiket Masuk: Gratis*

10. Wisata Mangrove Wonorejo, Spot Terbaik untuk Relaksasi

Melipir ke arah pantai timur Surabaya, Wisata Mangrove Wonorejo merupakan spot sempurna untuk berteduh dari panasnya Surabaya. Jogging track yang dibangun membelah rimbunnya pepohonan bakau menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berfoto.

Berbekal tiket sebesar Rp25.000*, menyusuri sungai yang bermuara ke Selat Madura bisa jadi aktivitas lain yang bisa kamu lakukan. Di dekat muara, akan ada pondok-pondok dari bambu yang dibangun sebagai tempat santai sebelum kamu diangkut kembali ke Wisata Mangrove Wonorejo. 

Sambil duduk-duduk menikmati semilir angin laut, sebotol minuman buah bogem bisa menjadi teman terbaik untuk santai. Segar!

Lokasi: Jalan Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo

Tiket Masuk: Gratis*

Ayo Ajak Keluargamu Jalan-Jalan!

Seru bukan tempat wisata keluarga di atas? Rekomendasi ini bisa kamu masukkan ketika merencanakan liburan bareng keluarga nantinya.

Biar mobilitasmu dan keluarga di Surabaya makin leluasa, kamu bisa sewa mobil lewat tiket.com sebagai solusinya. Tinggal pilih jenis mobilnya dan klik pesan, mobil sewa pun siap mengantarmu ke mana saja. Tunggu apalagi? Ayo buat kenangan manismu dengan liburan bareng keluarga sekarang, ya!