,

Keliling Palembang Jadi Seru dan Hemat Naik Transportasi Umum Ini!

Saat bicara soal wisata di Sumatera Selatan, Palembang jadi daftar tujuan utama yang diminati banyak orang. Kota tertua di Indonesia ini menyimpan banyak eksotisme wisata yang wajib buat dikunjungi. Mulai dari berbagai jenis wisata seperti alam hingga budaya, hingga menjelajahi kuliner khas yang ada di sana.

Saat liburan di Palembang, kamu pasti sibuk buat mencatat daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi ya, sobat tiket? Selain mencatat destinasi wisata, jangan lupa memikirkan akomodasi juga dong. Akomodasi bukan hanya soal penginapan, tapi juga soal transportasi yang bakal digunakan, lho. Nah, kali ini tiket.com mau membahas soal transportasi umum yang ada di Palembang nih. Simak yuk!

4 Transportasi Umum yang Ada di Palembang

Selain memikirkan tujuan wisata, satu hal yang harus kamu rencanakan dengan baik saat liburan adalah akomodasi. Termasuk di dalamnya transportasi yang akan digunakan saat di Palembang. Tersedia beberapa jenis transportasi umum yang bisa kamu gunakan saat ada di kota ini. Nah, buat yang butuh gambaran sebelum liburan, yuk simak pembahasannya dari tiket.com ini!

1. Mengelilingi Palembang Pakai Trans Musi

transportasi umum di palembang
Sumber: shutterstock.com

Ada beberapa pilihan transportasi umum yang bisa kamu gunakan saat berada di kota Palembang, lho. Pilihan pertama adalah Trans Musi, yang jadi angkutan umum dengan rute yang tersedia cukup banyak. Trans Musi sendiri merupakan sistem transportasi berjenis Bus Rapid Transit (BRT), dikelola oleh PT. Sarana Pembangunan Palembang Jaya.

Transportasi ini awal beroperasi pada Januari 2010 dengan unit awal sebanyak 15 armada. Saat itu Trans Musi hanya memiliki dua koridor, hingga akhirnya tahun 2012 Trans Musi memiliki 12 Unit dan kini sudah mencapai 150 unit. Jadi nggak perlu khawatir nggak kebagian ya, sobat tiket, karena unitnya ada banyak kok.

Kelebihan dari Trans Musi, bisa menghubungkan kamu langsung dengan transportasi lainnya seperti bandara, stasiun kereta api, terminal bus, dan terminal bus air. Jika ingin menaiki Trans Musi, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp5.000, tarif ini sudah berlaku sejak 21 April 2014.

Trans musi memiliki 8 rute dengan 129 pemberhentian yang ada. Kamu bisa mengecek jadwal masing-masing rute lewat internet atau aplikasi rute transportasi ya, sobat tiket. Jam operasional Trans Musi sendiri mulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 09.00 malam, lebih fleksibel dibandingkan dengan LRT nih.

Rute Trans Musi ini mencakup area dari Utara yakni daerah Banyuasin, daerah paling Barat di Terminal Aal, hingga pemberhentian paling timur adalah Terminal Plaju. Salah satu rute Trans Musi ini juga memiliki pemberhentian di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, lho. Namun kamu harus memastikan lebih dahulu ya soal rute menuju bandara ini.

Nah, kamu bisa memastikan lagi tempat wisata yang jadi tujuan kamu dengan halte yang ada. Cek jadwal dan halte di tiap rute turun dimana saja. Pelajari dengan baik halte terdekat yang menjangkau tempat wisata yang kamu tuju ya!

2. Transportasi Super Cepat dan Praktis Pake LRT Palembang

transportasi umum di palembang
Sumber: shutterstock.com

Transportasi umum lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Lintas Res Terpadu Palembang alias LRT Sumatera Selatan. Sistem angkutan cepat ini menghubungkan Bandara Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Kompleks Olahraga Jakabaring.

Pembangunan LRT ini difungsikan sebagai sarana transportasi penunjang warga Palembang. Termasuk juga untuk menunjang mobilitas penonton dan atlet pada Pesta Olahraga Asia 2018. Kalau tertarik buat menaiki LRT sebagai moda transportasi, kamu cukup membayar tarif Rp5.000 dari stasiun mana saja. Sedangkan jika bertujuan ke Bandara SMB II, kamu harus membayar tarif Rp10.000 per orang.

LRT ini memiliki 12 stasiun dengan stasiun awal yaitu Stasiun Opi dan berakhir di Stasiun Bandara. Adapun daftar stasiun yang ada berikut ini, Stasiun Opi, Stasiun Stadion Jakabaring, Stasiun Gubernur Bestari – Polresta, Stasiun Terpadu Jembatan Ampera, Stasiun Pasar Cinde, Stasiun Dishub Kominfo Prov. Sumsel, Stasiun Palembang Icon, Stasiun Smk 2, Stasiun Polda, Stasiun Rsud, Stasiun Asrama Haji, dan Stasiun Bandara.

Kamu tinggal menyesuaikan tujuan dengan stasiun yang ada. Misalnya jika ingin menuju Hutan Wisata Punti Kayu, kamu bisa turun di stasiun Punti Kayu. Jika ingin mengunjungi di Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak, kamu bisa turun di stasiun Ampera. Total durasi perjalanan rute dengan 12 stasiun ini menghabiskan waktu sekitar 23 menit, lho.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, LRT ini mulai beroperasi dari pukul 08.00 pagi pada weekdays dan weekend. Jadwal keberangkatan terakhir LRT adalah pada pukul 16.00 sore setiap harinya. Jadi pastikan kalau kamu mau naik LRT jangan lebih dari jam empat sore ya!

3. Menikmati Suasana Kota dengan Naik Angkot di Palembang

transportasi umum di palembang
Sumber: shutterstock.com

Transportasi umum lainnya yang bisa sobat tiket coba adalah Angkot alias angkutan kota. Angkutan jenis ini memang sudah umum ada di setiap kota, termasuk Palembang. Jika kamu sedang santai dan ingin menikmati suasana perkotaan, angkot ini akan jadi pilihan yang cocok.

Terdapat lebih dari 27 rute angkot yang tersedia dengan masing-masing jalur berbeda. Jika kamu ingin menaiki angkot, lebih baik cari tahu lebih dahulu daerah dan jalan apa saja yang akan dilalui angkot tersebut. Selain itu, kamu juga harus sudah tahu dengan tujuan dan akan turun di mana.

Satu yang harus kamu kenali soal angkot di Palembang adalah warnanya ya, sobat tiket. Setiap warna unit angkot memiliki tujuan dan rutenya masing-masing. Nah, sebagai wisatawan, angkot yang harus kamu tahu adalah angkot dengan tujuan akhir pasar 16 Ilir, bawah Ampera. Dari sana, kamu bisa mengeksplor beragam tempat wisata yang ada.

Adapun warna-warna angkot tersebut adalah angkot berwarna merah putih, kuning, biru, cokelat, hijau, merah, krem, dan putih kuning. Angkot-angkot ini beroperasi dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 21.00 malam. Untuk ongkosnya, tarif jarak dekat dihargai sekitar Rp4.000, bergantung juga pada jarak tujuan kamu. Angkot ini biasanya menunggu penumpang di Ampera sambil menghidupkan musik keras-keras.

Satu tips saat naik angkot, kamu harus ekstra hati-hati. Apalagi ketika sedang melancong dan berwisata. Pesan dari sang supir angkot, jangan menggunakan perhiasan yang terlalu mencolok, jaga barang berharga sebaik mungkin, dan bayar dengan uang pas ya!

4. Naik Perahu Ketek Mengelilingi Sungai Musi

Selain transportasi darat, saat berwisata ke Palembang kamu bakal mendapatkan pengalaman seru naik transportasi lain, lho. Terkenal dengan Sungai Musinya, tentu kamu bisa mencoba menaiki perahu untuk sekedar berkeliling sungai atau mendatangi beberapa obyek wisata.

Wisatawan lokal dan asing bisa mencoba menyusuri sungai sepanjang 750 km ini dengan perahu motor (ketek), speed boat, dan bus air. Ketek ini bisa ditemui berjajar di pinggiran sungai, dekat Benteng Kuto Besak dan Jembatan Ampera.

Nah, jika kamu memilih buat menyusuri Sungai Musi, kamu akan disuguhkan pemandangan menyenangkan yang sulit dilupakan. Dari perahu, kamu bisa melihat langsung deretan rumah kayu yang dibangun sepanjang sungai ini. Selain itu, ada pula rumah rakit dan lalu lalang perahu speed boat hingga tongkang di sungai ini.

Selain menyusuri Sungai Musi, kamu juga bisa menaiki ketek untuk mengunjungi Pulau Kemaro yang merupakan sebuah delta kecil di Sungai Musi. Jaraknya sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Tarif yang dikenakan jika kamu ingin ke delta kecil ini adalah sekitar Rp200.000 – Rp300.000 untuk perjalanan pulang pergi bagi rombongan. Jika perorangan, kamu akan dikenakan tarif Rp50.000, lho.

Lama perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapai Pulau Kemaro dari Jembatan Ampera hanya 15 menit. Sebuah pengalaman yang menyenangkan, kan, sobat tiket?

Naik Transportasi Umum Bikin liburan Makin Berkesan

Sembari liburan, kamu bisa mengenal dan merasakan pengalaman mengesankan soal kearifan lokal. Salah satu caranya adalah dengan menaiki transportasi umum, sobat tiket. Setelah tiket.com kasih gambaran soal transportasi umum yang ada di Palembang, jangan lupa buat kamu bikin itinerary-nya, ya!

Selain beragam destinasi wisata yang wajib dikunjungi, kamu juga nggak boleh melewatkan kuliner khas Palembang, sobat tiket. Nih, intip rekomendasi kuliner malam yang enak di kota ini. Puas menjelajah kuliner yang ada, kamu bisa menikmati keindahan kota Palembang saat malam hari dari Jembatan Ampera.

Gimana, seru kan liburan di Palembang? Kuy deh pesan tiket pesawat sama penginapan kamu ke Palembang lewat tiket.com. Ada banyak promo menanti kamu!