tempat wisata romantis di Palembang
Sumber: Shutterstock.com

,

Merayakan Hari Jadi dengan Pasangan, Ajak ke 5 Tempat Romantis di Palembang Ini deh!

Sobat tiket, hari jadi dengan pasangan alias anniversary termasuk momen penting yang harus dirayakan. Pada hari spesial ini, pasti kamu mau kasih kejutan untuk si dia dong. Nggak cuma bikin kejutan lewat hadiah, tetapi juga mengajaknya pergi ke tempat-tempat romantis.

Jalan-jalan ke tempat romantis, kamu akan merasakan atmosfer intim dan hangat. Kamu dan pasangan betah ngobrol berjam-jam, foto-foto, dan menghabiskan waktu sama-sama. Penting banget nih supaya hubungan kalian lebih berkualitas dan makin mesra!

Tempat Wisata Romantis di Palembang

Tempat wisata romantis nggak cuma ada di Bali atau Lombok, sobat tiket. Ada beberapa spot wisata Palembang yang juga menawarkan suasana nggak kalah romantis. Berikut ini rekomendasi 5 tempat wisata romantis Palembang untuk kamu dan pasangan!

1. Spot Foto Wefie di Kampung Kapitan

tempat wisata romantis di Palembang
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket dan si dia sama-sama penyuka sejarah? Kampung Kapitan 7 Ulu boleh jadi tujuan utama. Di sini berdiri rumah seorang kapitan yang tampak mencolok karena memadukan gaya Palembang dan Tionghoa.

Ya, asal muasal kampung ini tidak lepas dari seorang perwira asal Tiongkok bernama Tjoa. Ketika Belanda mengambil alih kekuasaan, Tjoa bertugas membantu Belanda mengatur wilayah Palembang. Berkat statusnya sebagai pengawas, ia pun disebut Kapitan. Inilah yang membuat kediamannya tampak lebih megah daripada rumah lain di kampung itu.

Sobat tiket bisa melongok langsung rumah tinggal atau bangunan kantor sang Kapitan. Di dalam bangunan itu, deretan foto lawas mengisi dinding kayu. Meja dan kursi tua jadi saksi bisu bagaimana rumah tersebut ditinggali keluarga keturunan Kapitan dari waktu ke waktu. Salah satunya, kamu bisa melihat foto generasi ke-10, yakni Tjoa Ham Hin. 

Seru kan jalan-jalan di Kampung Kapitan? Kamu dan si dia bisa belajar sejarah sambil berfoto-foto. Ada banyak spot menarik dan unik sebagai latar foto atau wefie. Jadi, siapkan kameramu ya!

2. Hirup Udara Segar di Taman Wisata Alam Punti Kayu 

tempat wisata romantis di Palembang
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket cari tempat adem untuk bersantai? Nggak usah jauh-jauh ke luar kota, cukup ajak pasangan ke Taman Wisata Alam Punti Kayu. Kamu bisa menggunakan angkutan umum, ojek, taksi, atau sewa mobil di Palembang di tiket.com untuk menuju ke Punti Kayu.

Suasana teduh dan sejuk bakal menyambut kalian begitu tiba di Punti Kayu. Kamu bisa melihat dari dekat gerombolan beruk, kera ekor panjang, biawak, musang, hingga tupai. Lalu, ada juga pohon akasia, mahoni, talog, pulai, dan pinus. 

Punti Kayu disebut-sebut sebagai hutan pinus dalam kota paling besar di Indonesia, lho, sobat tiket! Menariknya lagi, lebih dari 80% lahan hutan wisata ini berfungsi sebagai lahan konservasi. Itulah kenapa keasrian kawasan ini masih terjaga baik.

Ada berbagai aktivitas seru yang ditawarkan pengelola di lahan seluas 39,9 hektar ini. Sobat tiket bisa coba bermain sepeda air atau perahu naga di danau dan menunggangi gajah atau kuda keliling hutan wisata. 

Kalau suka camping, tersedia juga area berkemah dan berbagai fasilitas outbound. Cuma punya waktu sebentar? Kamu bisa mengajak si dia piknik di gazebo sambil menikmati bekal dan berfoto di jembatan gantung yang melintas di atas danau. Seru ya!

3. Makan Malam Romantis di Riverside Restaurant

tempat wisata romantis di Palembang
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket, tahu nggak spot terbaik untuk menikmati Jembatan Ampera dan Sungai Musi di malam hari? Jawabannya di Riverside Restaurant! 

Ya, jembatan ikon kota Palembang itu memang indah banget dipandang usai matahari terbenam. Kelap-kelip lampu yang menghiasnya, ditambah pantulan sinar bulan bikin suasana ekstra romantis. Apalagi, sobat tiket bisa menghabiskan malam sambil menyantap hidangan lezat di Riverside Restaurant.

Restoran ini sudah berdiri sejak 2008, bersamaan dengan tahun kunjungan wisata “Visit Musi.” Sobat tiket bisa menjumpai deretan tempat makan di sekitar Jembatan Ampera, tetapi Riverside Restaurant termasuk yang wajib disinggahi.

Kamu bakal menemukan bangunan berbentuk kapal besar tiga lantai yang disulap jadi restoran. Kapasitas pengunjung bisa mencapai 500 orang, lho. Uniknya lagi, restoran ini tampak terapung lantaran pondasi besi bajanya hanya ditancapkan ke dalam sungai. Namun, dijamin aman kok, sobat tiket.

Menu andalan Riverside Restaurant nggak jauh-jauh dari kuliner khas Palembang, seperti pindang ikan patin dan pindang tulang. Sajian seafood di sini juga juara, seperti udang goreng quackers atau kepiting asam manis. Enak banget deh disantap bareng cah kangkung atau baby kailan goreng!

Dinginnya udara malam Palembang pasti langsung terasa hangat berkat deretan makanan lezat yang sobat tiket pesan. Ajak pasangan berfoto dengan latar Jembatan Ampera yang gemerlap ya, sebagai kenang-kenangan liburan romantis berdua si dia.

4. Legenda Sepasang Kekasih di Pulau Kemaro

Sobat tiket, di Palembang ada juga nih tempat wisata romantis yang berlatar kisah cinta dua sejoli. Kamu bisa sewa kapal dari sekitar Jembatan Ampera menuju Pulau Kemaro. Di sini kamu bisa menjumpai bangunan Klenteng Hok Tjing Rio atau Klenteng Kuan Im dan sebuah pagoda 9 lantai. 

Nah, masyarakat setempat meyakini legenda Pulau Kemaro yang mengisahkan cinta Tan Bun Ann, seorang saudagar kaya raya, dan Siti Fatimah, seorang putri raja. Di kawasan ini berdiri sebuah pohon cinta yang sukses menjadi daya pikat Pulau Kemaro selain klenteng dan pagoda.

Katanya, nih, jika sepasang kekasih mengukirkan nama mereka di pohon ini, hubungan keduanya bakal awet sampai jenjang pernikahan. Hmmm, buat kamu dan si dia yang sudah menikah, kira-kira masih perlu cobain nggak ya?

5. Santai Sore di Benteng Kuto Besak

Sobat tiket yang ingin menghabiskan sore santai bareng si dia, langsung aja pergi ke Plaza Benteng Kuto Besak. Masih di sekitar Jembatan Ampera, benteng cagar budaya ini merupakan warisan Kesultanan Palembang Darussalam.

Mulai dibangun sekitar 1780 dan selesai 1797, material bangunan ini terbilang unik, sobat tiket. Selain batu kapur dan batu bata dari pedalaman Sungai Ogan, bebatuan itu cuma direkatkan dengan campuran putih telur! Hebatnya, benteng ini masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Berhubung sebagian besar bangunan Benteng Kuto Besak berada di bawah wewenang Komando Daerah Militer II (KODAM) Sriwijaya, kamu dan pasangan cuma bisa menikmati keindahan arsitektur benteng dari pelatarannya. Namun, menghabiskan sore di pelataran Benteng Kuto Besak ditemani hilir mudik Sungai Musi bersama si dia tetap terasa romantis kok!

Naik Kapal Sungai Musi Bisa Dicoba, Lho!

Gimana, sobat tiket, sudah kebayang kan serunya jalan-jalan ke tempat wisata romantis di Palembang bersama si dia? Oya, bisa juga kamu ajak pasangan naik kapal di Sungai Musi untuk menikmati kota Palembang dari tengah sungai. Pasti liburan romantis dalam rangka anniversary kalian ini semakin berkesan dan bikin tambah mesra!