,

Batu Flower Garden, Wisata Alam dengan Sisi Romantisme

Sedang mencari referensi destinasi romantis bersama pasangan? Sudah bisa dipastikan sobat tiket menginginkan untuk mengunjungi tempat indah. Bukan hanya sebagai tujuan rekreatif, melainkan mencari latar foto terbaik untuk mengabadikan momen spesial.

Di Malang ada referensi bagus untuk kamu bernama Batu Flower Garden. Wisata ini berkonsep alam dengan berbagai daya tarik. Dua tujuan di atas pun dapat kamu penuhi. Penasaran? Simak ulasan lengkap berikut, ya!

Mengenal Batu Flower Garden

Wisata alam ini resmi dibuka pada Desember 2016. Tidak berselang lama, Batu Flower Garden pun menjadi destinasi favorit banyak pengunjung. Karena, keindahan alam yang instagrammable menjadi tujuan kedatangan mereka ke sini.

Mayoritas pengunjung Batu Flower Garden adalah kalangan muda. Hal inilah yang menjadikan wisata alam ini cepat dikenal masyarakat luar kota, karena mereka mengunggah foto-foto cantik berlatar pemandangan indah di sini ke media sosial.

Daya Tarik Batu Flower Garden

Sumber: Shutterstock

Batu Flower Garden menawarkan pemandangan menawan nan eksotis. Lokasi objek hiburan ini pun berdekatan dengan destinasi favorit lain seperti Coban Rais. Kamu hanya membutuhkan waktu setengah jam kalau berjalan kaki. Sementara ke arah Malang, ada Batu Night Spectacular (BNS).

Daya tarik Batu Flower Garden terletak pada tempat-tempat berfoto menarik dengan nuansa kebun bunga berwarna-warni. Selain itu, udara di sini begitu sejuk, sehingga sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dari aktivitas sehari-hari.

Agar hasil foto kamu semakin menarik, di titik-titik tertentu pengelola menyediakan jasa potret dengan tarif terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah. Sangat terjangkau, bukan?

Rute dan akses ke Batu Flower Garden hanya bisa dilalui oleh motor. Jadi, kalau kamu mengendarai mobil ke sini, parkirlah terlebih dahulu, lalu sambunglah perjalanan dengan berjalan kaki. Seru juga ya sambil mengamati pemandangan di sekitar?

Lokasi Batu Flower Garden

Sumber: Shutterstock

Lokasi wisata alam ini terletak di Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu. Selain dekat dengan Coban Rais, destinasi menarik lain di sekitar sini adalah kebun bunga matahari dan peternakan kuda.

Batu Flower Garden berjarak enam kilometer dari pusat kota. Kalau sobat tiket berangkat dari titik ini, ambillah jalur menuju Jl. Abdul Gani Atas – Jl. Langsep. Durasi perjalanan kamu akan memakan waktu 19 menit saja.

Sementara dari pusat Kota Malang, wisata ini berjarak 18 kilometer dengan durasi tempuh sekitar 40 menit. Kamu akan melewati rute Jl. Raya Tlogomas untuk sampai ke sini.

Akses ke Batu Flower Garden dari arah Malang sangatlah mudah. Setelah melalui jalan utama Lingkar Barat, perjalanan akan mengarah ke Coban Rais. Kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan menemukan tempat ini, karena terdapat banyak papan petunjuk.

Wahana di Batu Flower Garden

Batu Flower Garden merupakan wisata alam dengan sisi romantisme. Kenapa? Di sini terdapat wahana-wahana menarik, sehingga kamu dan pasangan bisa mengeksplor keindahan panorama dengan cara berbeda.

1.      Kebun Bunga

Wahana utama di wisata alam ini adalah kebun bunga. Berpadu dengan keindahan alam pegunungan, kelir warna-warni terlihat semakin cantik. Di titik ini, pengelola menyediakan jasa foto untuk kamu. Selain dalam bentuk cetak, kamu akan mendapatkan soft file hasil potret.

2.      Gardu Pandang Berbentuk “I U”

Sumber: Shutterstock

Berfoto dengan pasangan di wahana ini sangatlah berkesan. Selain dapat melihat pemandangan dengan lebih jelas, hasil potret akan menyiratkan sisi romantisme melaui keindahan alam pegunungan berpadu dengan kelir warna-warni dari kebun bunga.

3.      Spot Love

Wahana ini sama-sama merupakan gardu pandang, tetapi hanya berbentuk hati. Tidak kalah romantis, bukan? Apalagi, kalau kamu dan pasangan berfoto di sini menjelang sore. Pancaran sinar matahari saat itu dapat menambah kesan dramatis.

4.      Hammock Bertingkat

Bersantai di alam terbuka paling seru sambil tiduran di hammock. Kamu dapat menemukan wahana ini di Batu Flower Garden. Terdiri dari beberapa tingkat, sekalian bisa menguji adrenalin kalau memilih tempat teratas. Berani mencoba?

5.      Ayunan

Wahana satu ini juga bisa menguji adrenalin, karena berada di ketinggian. Dari sini, kamu pun bisa melihat pemandangan dengan jelas. Tidak perlu khawatir akan keselamatan kamu. Pengelola melengkapi kamu dengan alat pengaman.

6.      Sepeda Gantung

Sumber: Shutterstock

Mengeksplorasi keindahan Batu Flower Garden semakin seru dengan cara tidak biasa seperti menaiki sepeda gantung. Sama seperti ayunan, pengelola akan memasang pengaman di badan sobat tiket.

7.      Berkemah

Ingin merasakan pengalaman lain saat bermalam? Kamu perlu mencoba berkemah di Batu Flower Garden. Menatap kerlip lampu dari ketinggian sambil mengobrol santai bersama pasangan, sungguh romantis!

Fasilitas di Batu Flower Garden

Untuk menunjang kebutuhan kamu selama berkunjung ke sini, pengelola menyediakan fasilitas berupa area parkir luas, toilet, musala, warung makan, latar foto, dan kemudahan akses ke air terjun Coban Rais.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk ke Batu Flower Garden sangat terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 7.500. Sementara biaya parkir motor dikenakan tarif sebesar 2.500. Untuk mobil, pengelolaan di luar wisata alam ini, sehingga tergantung kebijakan pihak tertentu.

Kamu bisa berkunjung ke sini setiap hari antara pukul 07.00-18.00 WIB.

Tips Berkunjung ke Batu Flower Garden

Dengan mengetahui tips berkunjung ke sebuah destinasi, kamu akan mendapat kemudahan. Hal ini akan membuatmu dapat menikmati suasana di sana dengan lebih baik. Berikut saran untuk ketika di Batu Flower Garden:

  1. Waktu terbaik berkunjung ke sini adalah pagi hari sebelum matahari terik atau sore hari.   Melihat proses matahari tenggelam tentu akan menambah kesan romantis.
  2. Lebih baik berkunjung pada hari biasa, karena saat musim liburan akan dipadati oleh pengunjung.
  3. Untuk kemudahan akses, gunakanlah kendaraan roda dua untuk menuju tempat ini.
  4. Tidak disarankan untuk menaiki transportasi umum, karena tidak ada trayek ke sini.
  5. Taatilah semua peraturan untuk menjaga keselamatan kamu serta selalu berhati-hati.
  6. Kalau memutuskan untuk berkemah di sini, persiapkanlah segala perlengkapan dengan matang. Buatlah daftar item agar semua barang masuk ke bawaan kamu.

Rekomendasi Wisata Alam yang Romantis Lain di Malang

Eropa identik dengan romantisme. Begitu pula Malang, karena berjuluk “Zwitserland van Java.” Di kota ini ada rekomendasi wisata alam yang romantis lain seperti Omah Kayu. Di sini pun kamu dapat bermalam untuk mendapatkan pengalaman berkesan bersama pasangan.

Sudah menentukan tanggal keberangkatan untuk mengunjungi Batu Flower Garden? Kalau kamu ke sini menggunakan kereta api atau pesawat, gunakanlah aplikasi tiket.com agar mempermudah proses itinerary kamu. Ingin mencari hotel terdekat? Bisa banget! Dengan satu aplikasi, kamu dapat mempersiapkan beragam akomodasi liburan. Selamat menikmati momen bersama pasangan, sobat tiket!