tempat wisata di Balikpapan

,

Liburan? Intip Indahnya 10 Tempat Wisata di Balikpapan Ini!

Tempat Wisata di Balikpapan – Dikenal sebagai salah satu kota bisnis dan industri di Indonesia, kota Balikpapan memiliki berbagai objek wisata yang keren untuk dikunjungi. Kamu bisa menemukan sebuah danau yang airnya bening seperti kaca hingga melihat tingkah beruang madu menggemaskan. Makin penasaran, kan? Terus baca di bawah ya!

Tempat Wisata Di Balikpapan Wajib Dikunjungi

Sudah pesan tiket pesawat ke Balikpapan untuk liburan tapi belum tahu mau ke mana? Nggak usah sedih apalagi khawatir! Berikut rekomendasi tempat wisata di Balikpapan yang wajib kamu kunjungi jika ke sini:

1. Danau Cermin Lamaru

tempat wisata di Balikpapan

Tempat wisata di Balikpapan yang pertama ini bisa membuat mata kamu terbius oleh sebuah pemandangan menakjubkan. Bagaimana tidak? Danau ini memiliki air yang sangat jernih layaknya lapisan kaca. Datang ke sini, sudah pasti harus mengambil foto-foto keren, nih!

Fakta unik mengenai danau ini ternyata bukan buatan alam melainkan terbentuk dari bekas tanah proyek untuk lapangan tembak! Ada mitos yang berkembang di daerah sekitar bahwa tempat wisata ini memiliki penunggu seekor ular besar. Terlepas dari itu, Danau Cermin Lamaru ini tetap menarik minat banyak turis lokal untuk datang. 

2. Pantai Kemala

Berbicara tentang liburan, pasti objek wisata pantai selalu menjadi pilihan selalu ada di suatu daerah. Tempat wisata di Balikpapan yang kedua ini, merupakan salah satu pantai terkenal wajib sobat tiket kunjungi. Jika ingin datang, pantai ini terletak di pusat kota Balikpapan yakni di Jalan Sudirman.

Waktu yang tepat untuk menyaksikan keindahan tempat wisata ini adalah saat sore hari, kenapa? Kamu bisa melihat pemandangan matahari tenggelam sambil mendengar suara ombak yang menenangkan hati. Tersedia juga beberapa kedai makanan yang menjual berbagai kuliner khas Balikpapan wajib kamu coba. 

3. Kampung Atas Air Margasari

Siapa yang sangka sebuah daerah yang sebelumnya terlihat kumuh kini menjadi objek wisata yang indah? Kampung yang terletak di kelurahan Margasari ini sebelumnya mengalami musibah kebakaran pada tahun 1992. Kemudian, pemerintah setempat pun merevitalisasi kampung ini hingga menjadi indah.

Kamu bisa menikmati suasana perkampungan unik yang berdiri di atas laut menggunakan kayu dengan luas hingga mencapai 6 hektar. Bahkan tempat wisata di Balikpapan ini berhasil meraih penghargaan, lho! Salah satunya juara 1 IMP Kementerian Dalam Negeri tahun 2011, keren bukan, sobat tiket?

4. Pantai Melawai

Ada lagi objek wisata pantai di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi nih, sobat tiket! Pantai ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Kemala, masih di sekitar Jalan Sudirman. Satu hal menarik yang bisa sobat tiket temukan adalah sebuah batu karang di tengah pantai. 

Masyarakat setempat menyebut batu karang tersebut dengan sebutan Pulau Tukung atau Pulau Babi. Ketika matahari tenggelam, jangan lupa ambil foto pemandangan di sini. Objek batu karang ini dan awan senja yang indah merupakan perpaduan menakjubkan!

5. Pantai Banua Patra

tempat wisata di Balikpapan

Begitu ke tempat wisata di Balikpapan ini, kamu akan menemukan banyak batu-batuan di bagian pinggir pantai. Tidak heran, masyarakat sekitar menyebut objek wisata satu ini sebagai Pantai Batu. Adapun batu-batuan alam di sini pun berguna sebagai pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh air laut.

Meskipun sudah tidak banyak yang datang ke sini, jika sobat tiket berkunjung akan merasakan sebuah pantai pribadi yang sepi. Beberapa warga yang datang ke sini biasanya bertujuan untuk memancing ikan. Ketika matahari terbenam, aku akan melihat pemandangan pantai indah dengan batu-batuan di sekitarnya. 

6. Penangkaran Buaya Teritip

Mau mencoba tempat wisata di Balikpapan yang nggak biasa? Mungkin objek wisata yang satu ini cocok buat kamu penggila adrenalin. Siapa yang tidak kenal dengan hewan reptil buas yang satu ini? Kamu bisa mendatangi penangkaran buaya yang berlokasi di Jalan Mulawarman No. 66, Kelurahan Teritip, Balikpapan. 

Penangkaran yang sudah ada sejak 15 tahun lalu ini, menarik banyak minat wisatawan dalam dan luar negeri. Dengan luas sekitar 5 hektar, pengunjung bisa melihat 1400 ekor buaya yang memiliki beragam jenisnya. Selain Buaya, pada penangkaran ini kamu juga bisa melihat Gajah Lampung.  

7. Kebun Raya Balikpapan

Jika kamu menginap di sekitar kota dan ingin mencoba mencari ruang hijau, kamu bisa datang ke sini. Berlokasi di Jl. Soekarno-Hatta, KM 15, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan, tidak ada tiket masuk alias gratis untuk bisa masuk ke sini. Wisata asyik apalagi gratis, siapa yang nggak mau, kan?

Di sini, sobat tiket bisa menemukan berbagai hal menarik untuk dijelajahi, lho! Terdapat konservasi tumbuhan kayu yang memiliki berbagai koleksi tanaman obat hingga koleksi herbarium. Mau melihat bunga anggrek cantik? Ada rumah anggrek yang membudidayakan hingga 200 jenis bunga anggrek. 

8. Konservasi Beruang Madu

Jika tadi ada tempat wisata di Balikpapan yang bisa melihat buaya, kini ada lagi tempat menarik untuk melihat satwa. Termasuk hewan yang terancam punah, Beruang Madu di sini dilindungi oleh pemerintah dalam sebuah area konservasi. Bagi sobat tiket yang ingin melihat, tempat ini berada di Jl.Soekarno Hatta no. 23, Karang Joang, Balikpapan.

Selain bisa melihat lebih dekat, pengunjung juga bisa belajar lebih dalam mengenai satwa lucu yang satu ini. Kawasan wisata pun dibuat sesuai dengan habitat asli Beruang Madu yaitu di hutan tropis. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama si kecil, sobat tiket!

9. Pantai Sepinggan

Satu lagi tempat wisata di Balikpapan jika sobat tiket ingin mencari pantai keren untuk dikunjungi. Asyiknya, lokasi pantai ini tidak jauh dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan yakni sekitar 4 km. Pantai ini mudah diakses karena masih di area tengah kota Balikpapan.

Di pantai ini kamu bisa melihat adanya gazebo-gazebo yang bisa berfungsi sebagai tempat istirahat. Nikmati suasana pantai hingga sore hari saat matahari terbenam untuk melihat langit yang indah. Kamu bisa menyusuri jembatan kayu dan mengambil foto-foto cantik di pantai ini.

10. Wisata Alam Bakau Margomulyo

Pulau Kalimantan memang terkenal sebagai paru-paru dunia karena ekosistem hutan dan alamnya yang melimpah. Salah satu tempat wisata di Balikapapan ini memiliki tumbuhan yang berfungsi sebagai intrusi air laut yakni, Bakau. Wisata alam ini terletak di Jl. AMD Gg. 4, Margo Mulyo, Balikpapan.

Memiliki luas lahan mencapai 16 hektar, kamu akan melihat kumpulan tumbuhan bakau mengelilingi tempat ini. Sejak dibangun pada tahun 2002, tempat wisata di Balikpapan ini berfungsi sebagai konservasi hingga pengembangan habitat flora dan fauna. Karena cantiknya suasana di sini, beberapa wisatawan datang juga untuk mengambil foto di sekitar hutan bakau. 

Jalan-jalan Ke Balikpapan? Mau!

Jadi bagaimana? Sudah tahu objek wisata di Balikpapan mana yang akan sobat tiket kunjungi? Selain kota ini, boleh juga loh kamu melihat pesona tempat wisata di Kalimantan Timur di mana merupakan ibukota baru di Indonesia nantinya. Pokoknya jangan lupa untuk coba berkeliling di tempat wisata di Kalimantan ya , sobat tiket! Selamat liburan!

 

 

Baca Juga:

Tempat Wisata di Kalimantan Timur, Keindahan Alam di Ibukota Baru Indonesia

Tips Aman & Nyaman ke Tempat Wisata Derawan, Kamu Harus Tahu Nih!

Liburan Berkesan ke Tempat Wisata Keluarga di Balikpapan