,

Liburan Berkesan ke 10 Tempat Wisata Keluarga di Balikpapan

Siapa diantara sobat tiket yang selalu meluangkan waktu untuk liburan bersama keluarga tersayang? Ketika liburan bersama keluarga, banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari cari tiket pesawat hingga memilih tempat wisata. Terletak di pulau yang memiliki banyak kekayaan alam, kota Balikpapan menyimpan banyak objek wisata ramah keluarga untuk dikunjungi. Baca terus di bawah ya!

Rekomendasi Wisata Keluarga di Balikpapan 

Punya rencana liburan mengunjungi ibukota provinsi Kalimantan Timur ini dalam waktu dekat? Sudah pesan hotelnya tapi sekarang cari tempat wisata yang bisa didatangi semua anggota keluarga? Jangan khawatir, cek rekomendasi tempat-tempatnya di sini:

1. Konservasi Beruang Madu

Tempat wisata keluarga di Balikpapan ini bisa masuk ke dalam rencana liburan kamu ketika ke kota ini. Di sini sobat tiket akan menemukan hewan beruang madu atau dalam bahasa latinnya Helarctos malayanus. Keberadaan mereka di bumi ini terancam punah lho, sobat tiket!

Di tempat wisata sekaligus penangkaran ini, kamu bisa melihat tingkah gemas beruang madu dari jarak dekat. Tidak perlu khawatir, ada pagar besi yang menjamin keamanan pengunjung dengan hewan. Jika ingin ke sini, tempat wisata ini berlokasi di Jl.Soekarno Hatta no. 23, Karang Joang, Balikpapan.

2. Carribean Island Waterpark

Mau asyik bermain air dan seluncuran memacu adrenalin? Nah, tempat wisata keluarga di Balikpapan ini berarti jawabannya! Berlokasi di sebuah kawasan perumahan, Perumahan Balikpapan Regency Kol. Syarifuddin Yoes II, sobat tiket bisa asyik berenang dan bermain air bersama keluarga. 

Selain berenang, para pengunjung bisa menikmati berbagai wahana air yang seru dan menegangkan untuk dicoba bersama keluarga. Carribean Castle, Spillet Bucket, Dry Pool, Monkey Slide adalah salah satu dari beberapa wahana yang ada di sini. Habiskan waktu liburan kamu bersama keluarga, berenang di sini pasti asyik banget!

3. Bukit Bangkirai

Pulau Kalimantan memang sudah terkenal sebagai daerah paru-paru dunia, karena banyak kawasan hutan dan bukit. Maka, kurang lengkap rasanya jika sobat tiket bersama keluarga mencoba wisata alam. Salah satunya kamu bisa ke bukit ini, lho!

Memiliki luas hingga 1500 hektar, kawasan di sini merupakan konservasi untuk mengembangkan hutan alam tropika basah, hebat ya? Daya tarik objek wisata ini terletak pada wahana bernama canopy bridge. Pengunjung bisa melalui jembatan tali yang menghubungkan antara puncak pohon. Mendebarkan tapi tidak usah khawatir, kamu akan menggunakan alat pengaman, kok!

4. Taman Tiga Generasi

Mendengar dari namanya, pasti sobat tiket bertanya-tanya, bukan? Ternyata dibalik nama Taman Tiga Generasi ini adalah tempat wisata keluarga di Balikpapan ini bisa dinikmati semua kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua bisa bersenang-senang di sini. 

Terdapat berbagai area berbeda di Taman Tiga Generasi ini. Untuk pengunjung orang tua & lansia bisa ke zona A yang memiliki area batu refleksi serta area untuk jogging keliling taman. Pada zona B diperuntukkan untuk anak-anak yang ingin bermain di taman dan zona C dilengkapi koneksi Wi-Fi untuk kaum remaja & dewasa. 

5. Kebun Raya Balikapapan

Selain Taman Tiga Generasi, ada lagi nih tempat wisata keluarga di Balikpapan yang menarik untuk dikunjungi. Kebun ini terletak tidak jauh dari pusat kota yaitu, Jalan Soekarno Hatta Km. 15. Ada banyak hal menarik lho yang bisa sobat tiket temukan di sini!

Tahukah kamu, kalau Kebun Raya Balikpapan memiliki berbagai jenis tanaman hingga yang berfungsi sebagai obat-obatan herbal? Selain itu, terdapat juga beragam bunga Anggrek mulai dari Anggrek Bulan, Anggrek Tebu dan masih banyak lagi lainnya. Kebun ini juga memiliki area outbond untuk para pengunjung. 

6. Waduk Manggar

Satu lagi tempat wisata menarik untuk keluarga yang terletak di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. Waduk ini ternyata telah mengalami pembangunan beberapa kali pada tahun 1985,1991 dan 2006. Memiliki luas hingga 500 ha, waduk ini berfungsi sebagai penyuplai air untuk PDAM. 

Kamu bisa menemukan spot keren instagramable untuk foto-foto di Waduk Manggar ini. Terdapat jembatan kayu panjang yang sering dilewati masyarakat sekitar. Dari sini, kamu bisa mengambil foto pemandangan waduk hijau indah apalagi jika sedang matahari terbenam di sore hari. 

7. Taman Bekapai

Selain Taman Tiga Generasi, sobat tiket bisa mencoba taman ini sebagai pilihan lain ketika mengunjungi Balikpapan. Taman yang terletak dekat dengan pusat kota ini tepatnya tidak jauh dari Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan. Banyak masyarakat sekitar sering pergi ke taman ini, lho!

Pada bagian tengah taman terdapat patung abstrak yang berbentuk seperti semburan minyak. Taman ini ternyata dibangun memang oleh salah satu perusahaan antam yang ada di Balikpapan. Kamu bisa menemukan hal menarik di sini, seperti area batu pijak refleksi hingga akses Wi-Fi yang disediakan di sekitar taman. 

8. Danau Cermin Lamaru

Mau melihat danau yang airnya bening seperti serasa memandangi sebuah kaca? Coba datang ke danau ini, sobat tiket! Kamu akan menemukan air di sebuah danau yang bening sekali dan bisa melihat pantulan sekitar. Tempat ini awalnya adalah bekas dari sebuah proyek yang tidak dilanjutkan. 

Tempat wisata keluarga ini terletak di Jalan Rawamangun RT 20 Kelurahan Lamaru, Balikpapan. Kamu bisa berkunjung ke sini bersama keluarga dan mengambil foto-foto cantik di sekitar danau. Dijamin, hasilnya pasti menakjubkan dan bikin kamu terkejut melihatnya! 

9. Penangkaran Buaya Teritip

Apa yang terbayang di pikiran kamu begitu melihat hewan yang satu ini, Buaya? Ada lho tempat penangkaran buaya di Balikpapan, tepatnya di Jalan Mulawarman No. 66, Kelurahan Teritip, Balikpapan. Seperti apa ya di sana, sobat tiket?

Sudah ada sejak 15 tahun yang lalu, terdapat kurang lebih sekitar 1400 ekor buaya, wow! Tidak perlu takut, keamanan pengunjung terjamin karena ada pengawas dan pagar besi yang terpasang. Kamu juga bisa melihat Gajah Lampung yang ada di dalam penangkaran ini, lho!

10. Pasar Kebun Sayur

Tempat wisata keluarga ini cocok untuk kamu yang mau cari oleh-oleh khas Balikpapan. Bagi sobat tiket yang suka belanja, pas banget nih datang ke sini! Siap-siaplah menemukan banyak barang menarik untuk dibeli ya ketika ke Pasar Kebun Sayur.

Berbagai batu akik, pernak-pernik khas Dayak, hingga Kain Songket adalah beberapa barang dari sekian banyak yang bisa kamu temukan. Fakta menarik tentang pasar ini, ternyata dahulunya adalah sebuah kebun dan perumahan etnis Tionghoa. Kemudian, di tahun 1983 dibangun menjadi sebuah pasar seperti sekarang. 

Sudah Tahu Mau Ke Mana?

Nggak pusing lagi kan, cari tempat wisata keluarga di Balikpapan sekarang? Rekomendasi di atas bisa nih kamu masukkan ke dalam rencana liburan. Selain itu, masih banyak tempat wisata di Indonesia yang menarik seperti objek wisata keluarga yang ada di Labuan Bajo, mau tahu kan? Pergi ke supermarket buat beli cemilan, buat sobat tiket selamat liburan!

 

 

Baca Juga:

Tempat Wisata di Kalimantan Timur, Keindahan Alam di Ibukota Baru Indonesia

Tips Aman & Nyaman ke Tempat Wisata Derawan, Kamu Harus Tahu Nih!

Liburan? Intip Indahnya Tempat Wisata di Balikpapan Ini!