Tempat Wisata Derawan - Featured

, ,

Tips Aman & Nyaman ke Tempat Wisata Derawan, Kamu Harus Tahu Nih!

Nggak perlu jauh-jauh ke Maldives kalau kamu ingin melihat pemandangan alam seindah surga. Nyatanya, Indonesia juga punya tempat wisata kepulauan yang luar biasa memesona. Kamu pastinya udah pernah mendengar tentang tempat wisata Derawan. Pecahan surga bahari di Kabupaten Berau ini menjadi salah satu destinasi pariwisata yang paling diminati di Kalimantan, bahkan Indonesia.

Tentunya banyak orang yang bermimpi untuk liburan ke tempat wisata Derawan, mungkin termasuk kamu. Namun, kamu sudah tahu belum kalau untuk berwisata ke tempat wisata Derawan, banyak hal yang perlu untuk kamu perhatikan?

Mulai dari tempat wisata apa aja yang unik di Derawan, keindahan apa saja yang   bisa kamu temukan di sana, hingga cara menuju ke Kepulauan Derawan. Kalau gitu, nggak usah berlama-lama, sobat tiket. Di bawah ini ada info lengkap buat kamu yang memerlukan tips aman & nyaman untuk berlibur ke tempat wisata Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Cek tips asyik di bawah ini sebelum kamu berangkat liburan ke Kepulauan Derawan, sobat tiket.

Tips Aman & Nyaman Liburan ke Tempat Wisata Derawan

Ada beberapa hal yang harus sobat tiket perhatikan sebelum datang ke tempat wisata kelas dunia di Kalimantan Timur ini. Jangan lupa, kamu bisa mencatat beberapa hal di bawah ini sebelum berangkat untuk berwisata ke Kepulauan Derawan.

10 Tempat Wisata yang Unik di Kepulauan Derawan

Tempat Wisata Derawan - Labuan Cermin
Labuan Cermin – Derawan

Pertama, tentu kamu harus mengetahui tempat wisata unik di Kepulauan Derawan sebelum berangkat ke destinasi wisata yang memesona ini. Berikut ini list 10 tempat wisata di sekitar Kepulauan Derawan yang bisa kamu kunjungi, sobat tiket.

  1. Pulau Derawan
  2. Hutan Mangrove Derawan
  3. Danau Kakaban
  4. Pulau Maratua
  5. Laguna Kehe Daing
  6. Labuan Cermin
  7. Goa Mulut Besar
  8. Air Terjun Jenum
  9. Pulau Samama
  10. Pulau Sangalaki

Sejarah Derawan

Kamu yang suka berwisata atau mencari informasi tentang tempat wisata eksotik di Indonesia tentu sudah berkali-kali mendengar nama Derawan. Nama Kepulauan Derawan memang diambil dari Pulau Derawan yang menjadi salah satu penyusun kepulauan indah di Kalimantan Timur ini.

Namun, apakah kamu sudah tahu tentang sejarah dari Kepulauan Derawan yang satu ini?

Alkisah pada zaman dahulu, diceritakan bahwa terdapat dua keluarga yang tengah berembuk untuk melangsungkan pernikahan putra-putri mereka. Rencananya, pernikahan itu akan dilangsungkan di Pulau Panjang, meskipun keluarga mempelai dan pasangan yang akan menikah sebenarnya tinggal di pulau yang berbeda. Pulau Panjang yang kini juga menjadi bagian dari Kepulauan Derawan ini dapat dicapai dari tempat tinggal masing-masing mempelai dengan menggunakan kapal.

Namun, tidak ada yang menyangka, sebuah kejadian tragis menimpa mempelai dan keluarganya. Kapal yang mereka tumpangi terombang-ambing di tengah laut, sebelum pada akhirnya karam dan menenggelamkan seluruh penumpangnya.

Calon mempelai perempuan yang akan menikah tadi juga ikut tenggelam bersama dengan ibu, kakak, dan keluarganya. Karena gadis tersebut belum sempat menikah dan masih perawan, ia akhirnya menjelma menjadi Pulau Derawan (Pulau Perawan). Ibunya juga berubah menjadi Pulau Semama (Pulau Mama), sedangkan nama Pulau Kakaban diambil dari sebutan “Kakak” sang mempelai perempuan.

Tempat Wisata Derawan - Danau Kakaban

Lalu, bagaimana nasib calon mempelai laki-laki dan keluarganya? Ternyata, sobat tiket, nasib dari sang mempelai pria tak kalah malang. Ia juga ikut tenggelam karena kapalnya pecah dan berubah menjadi Pulau Sangalaki (lelaki), sedangkan orang tuanya yang seharusnya menjadi mertua si pengantin perempuan, juga ikut menjelma menjadi pulau dan disebut sebagai Pulau Maratua dari kata “mertua”.

Wah, ternyata cukup tragis juga ya sejarah tempat wisata Derawan ini, sobat tiket. Namun, kamu pastinya setuju kan jika cerita menyedihkan di balik nama Kepulauan Derawan ini, tetap nggak menyurutkan keinginan kamu untuk berkunjung ke sana saat liburan nanti?

Lokasi & Cara Menuju ke Derawan

Ini adalah hal pertama yang perlu untuk kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menghabiskan liburan kamu ke tempat wisata Derawan. Sudah tahukah kamu di mana lokasi tempat wisata Kepulauan Derawan, sobat tiket?

Lokasi dari tempat wisata Kepulauan Derawan adalah di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, tepatnya di semenanjung bagian utara Kabupaten Berau.

Untuk kamu yang ingin berwisata ke Kepulauan Derawan, ada baiknya kalau kamu juga mengetahui dulu cara untuk menuju ke destinasi hits yang sedang populer di Indonesia ini.

Berikut ini adalah cara menuju ke tempat wisata Derawan paling mudah.

Penerbangan ke Derawan

Cara termudah untuk menuju ke tempat wisata Derawan tentu saja adalah melalui jalur udara, sobat tiket.

Cara menuju ke Derawan melalui jalur udara bisa kamu tempuh dengan menggunakan penerbangan via Balikpapan. Kamu bisa mencari tiket pesawat murah ke Balikpapan dengan berbagai maskapai di tiket.com dari kota asalmu.

Setelah terbang ke Balikpapan dan mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, kamu bisa memilih untuk melanjutkan penerbanganmu ke Bandara Kalimarau yang terletak di Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur.

Dari Tanjung Redeb, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil atau alat transportasi darat lainnya. Jika kamu bingung di mana bisa mendapatkan sewa mobil murah, kamu bisa pesan sewa mobil di Berau melalui website atau aplikasi tiket.com kesayangan kamu.

Namun, perlu kamu ingat ya, sobat tiket. Karena Derawan yang indah ini adalah kepulauan yang dikelilingi perairan, untuk menuju ke pulau yang satu ke pulau yang lain di Kepulauan Derawan, kamu harus menggunakan speedboat. Pasti kamu makin tertantang kan untuk pergi ke sana?

Hotel dan Penginapan di Derawan

Hal lain yang nggak boleh kamu lupakan kalau berkunjung ke Derawan adalah menemukan hotel atau penginapan yang sesuai dengan bujet kamu. Untuk kamu yang ingin menginap di kawasan tempat wisata Derawan, Berau, kamu bisa menemukan penginapan dengan kisaran harga berikut ini.

Bujet 300 ribu hingga 500 ribu per malam*:

Maratua Ranu Cottage – Rp470.588/malam*

Derawan Sari Cottage – Rp350.000/malam*

Lapauta Derawan Resort – Rp400.200/malam*

List hotel di Derawan dengan kisaran harga ini masih bisa kamu temukan selengkapnya di tiket.com, ya. Selain hotel dengan bujet yang hemat di atas, masih ada lagi daftar hotel di Derawan yang bisa kamu pesan dengan bujet kisaran 1 juta atau 2 jutaan, seperti:

Tempat Wisata Derawan - Noah Maratua Resort

Noah Maratua Resort – Rp2.135.294/malam*

Prataseba Resort – Rp1.131.000/malam*

Tentunya untuk bisa mendapatkan harga terbaik dan hotel terbaik di Derawan, kamu selalu bisa menggunakan tiket.com sebagai partner terbaik untuk memulai liburan dan petualangan kamu.

Jadi, nggak usah ragu lagi buat segera merencanakan perjalanan impian kamu ke Kepulauan Derawan, sobat tiket. Segera pesan tiket pesawat, sewa mobil, dan kebutuhan akomodasi kamu yang lainnya untuk segera mencicipi pengalaman wisata yang nggak terlupakan di Kepulauan Derawan.

Ayo berangkat sekarang, sobat tiket!

 

Keterangan: (*) Harga saat artikel ini ditulis.