Shutterstock

,

Berkunjung Ke 5 Tempat Relaksasi di Bandung, Bikin Lelah Hilang!

Kegiatan sehari-hari pasti membuatmu penat apalagi kalau sampai menyita banyak waktu istirahat. Kamu perlu menyegarkan kembali pikiranmu dengan mengunjungi tempat relaksasi. Ibarat komputer, performamu dalam menjalani kegiatan sehari-hari akan meningkat.

Bagi kamu yang tidak ingin pergi keluar kota yang jauh, Bandung bisa menjadi lokasi yang cocok untuk relaksasi. Mau tahu kenapa? Simak selengkapnya di sini!

Top 5 Tempat Relaksasi di Bandung

Kalau sobat tiket mau menghilangkan penat, main ke tempat yang sejuk seperti Bandung adalah pilihan yang tepat. Mau tahu di mana saja? Cek rekomendasi 5 tempat relaksasinya di bawah ini:

1. Perkebunan Teh Rancabali

Sumber: Shutterstock

Perkebunan teh satu ini merupakan yang terluas di daerah Ciwidey. Berada di ketinggian 1.628 meter, suhunya bisa mencapai 20 derajat celcius. Bahkan, suhu udaranya bisa menyentuh hingga 5 derajat celcius lho, dingin banget!

Lokasi tempat wisata asri ini sangat strategis, karena berada di pinggir jalan. Jadi, kalau sobat tiket membawa kendaraan pribadi lebih mudah untuk mampir. Menariknya lagi, masuk ke sini tidak dipungut biaya, lho!

Hanya saja, jika kamu datang bersama teman atau pasangan, siapkan pecahan lima ribu untuk mendapatkan akses masuk ke pabrik teh. Sementara kalau kamu membutuhkan pemandu wisata, harus menyiapkan uang ekstra hingga 30 ribu.

Ngomong-ngomong, salah satu top 5 tempat relaksasi di Bandung ini tidak memiliki jam operasional yang pasti. Namun, kalau kamu ingin sekalian berwisata kuliner di sini, lebih baik datanglah antara pukul 07.00 sampai 17.00.

Ada satu kegiatan wajib ketika sobat tiket berkunjung di sini bernama teawalk, apa itu? Jadi, sobat tiket akan berkeliling ke sekitar perkebunan sambil berjalan santai dan mengambil foto. Wah, cocok sekali untuk menenangkan pikiran sambil melihat hijaunya pemandangan.

Selain teawalk, hal menarik yang ada adalah air terjun mini. Hmm, bukankah perpaduan yang sangat pas? Indra penciuman sobat tiket akan menghirup wanginya aroma daun teh, sementara indra pendengaran mendengar suara gemericik air.

Bagi kamu yang berencana menginap, tidak perlu khawatir soal tempat istirahat. Di sini ada penginapan nyaman seperti Ciwidey Valley Resort, Patuha Resort, dan Legok Kondang Lodge.

Selain itu, Perkebunan Teh Rancabali bukan sekadar tempat relakasi biasa, karena terdapat fasilitas seru lain yaitu permainan anak serta camping ground dan flying fox ekstrem. Sungguh tempat yang lengkap bukan untuk menjauh sejenak dari aktivitas sehari-hari?

2. Situ Patenggang

Kata situ memiliki arti danau dalam Bahasa Sunda. Jadi, sudah ada bayangan tentang tempat relaksasi ini? Selain menghadirkan birunya air, pemandangan di sini memang mampu menenangkan pikiran berkat dikelilingi perkebunan teh. Belum lagi, berada di ketinggian 1.600 meter. Wah, sejuk banget ya, sobat tiket!

Karena terletak di dataran tinggi, suasana di sekeliling Situ Patenggang dihiasi dengan adanya kabut tipis putih. Pas banget nih, kamu bisa menyewa perahu motor untuk mengelilingi danau. Pejamkan mata dan rasakan kesejukan udara di sini, sungguh sangat menenangkan jiwa serta raga. Memiliki pemandangan yang indah, jangan lupa untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto, ya!

Di dalam Situ Patenggang terdapat juga lokasi wisata lain bernama Glamping Lakeside Rancabali. Setelah sobat tiket lelah berkeliling, isilah perut terlebih dahulu di sini, karena terdapat Pinisi Resto. Nah, bersantap di pinggir danau tentu memberikan sensasi tersendiri, apalagi jika waktu sudah menjelang sore. Kerlap-kerlip lampu di sekitar restoran, menambah suasana makan malam menjadi lebih romantis.

Tempat wisata yang terkenal di Bandung Selatan ini cukup mudah dijangkau. Jika kamu menggunakan angkutan umum, sobat tiket bisa memulai perjalanan menuju Terminal Leuwi Panjang kemudian disambung dengan naik angkutan umum. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalur dari Kopo – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang.

3. Orchid Forest Cikole

Sumber: Shutterstock

Baru dibuka sejak Agustus 2017, Orchid Forest Cikole merupakan tempat relaksasi yang tergolong baru di Bandung. Meski begitu, pesonanya tidak kalah mengagumkan dengan destinasi lainnya.

Terletak di kawasan hutan lindung seluas 12 hektare, Orchid Forest Cikole memiliki koleksi kurang lebih 157 jenis anggrek. Budidayanya pun menggunakan metode lokal serta internasional. Dengan banyaknya bunga, terasa seperti di negeri dongeng, ya!

Mendatangi tempat relaksasi berarti melarikan diri sejenak dari aktivitas sehari-hari. Kalau kamu datang ke sini, merupakan ide bagus, kenapa? Karena, kamu akan melihat tanaman anggrek hitam dan kantong semar yang sudah langka.

Harga tiket masuk ke sini juga dibilang cukup terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 25 ribu ketika berkunjung saat hari biasa dan 35 ribu di akhir pekan. Jam operasional tempat ini dimulai sejak pukul 09.00 sampai 18.00, sementara akhir pekan, jam operasionalnya hanya lebih lama satu jam.

Di sini kamu bisa menikmati keindahan melalui sky bridge, melakukan outbond, berfoto di spot menarik, berkemah, dan membeli bibit anggrek sekaligus berkonsultasi.

Dari Kota Bandung, Orchid Forest Cikole berjarak kurang lebih 20 km. Sarana transportasi menuju tempat ini pun tergolong mudah. Kamu hanya perlu menaiki angkot jurusan Ciroyom-Lembang, lalu turun di Jalan Panorama.

4. Gracia Hot Spring

Melakukan relaksasi juga bisa dilakukan di pemandian air panas. Kepenatan terasa hilang ketika berendam di sini. Nah, di Bandung ada rekomendasi yang pas untuk kamu yaitu Gracia Hot Spring.

Gracia Hot Spring memiliki tiga kolam utama untuk dewasa dan satu kolam untuk anak-anak. Sementara itu, fasilitas di sini cukup memanjakan kamu ketika ingin bersantai. Sebut saja resor cantik sebagai tempat menginap.

Sumber air panas tempat relaksasi ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu dan diklaim memiliki kandungan sulfur. Berkat itu, berendam di sini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit.

Wisata alam ini terletak di Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater. Mau ke sini? Siapkan uang sebesar 60 ribu di hari biasa dan 75 ribu di akhir pekan sebagai tarif tiket masuk.

5. Curug Malela

Sumber: Shutterstock

Curug dalam bahasa sunda berarti air terjun. Lantas, hal apa saja sih yang menarik di Curug Malela? Julukan yang biasa dikenal banyak wisatawan yang berkunjung ke sini adalah Niagara Mini-nya Indonesia.

Curug Malela memiliki ketinggian 60 sampai 70 meter dengan lebar 70 meter. Keindahan lainnya adalah terdapat lima jalur air terjun yang sukses menampakkan keindahan sekaligus kemegahannya, apalagi ketika jumlah air yang mengalir sedang banyak.

Jika sobat tiket beruntung, kamu bisa bertemu monyet ekor panjang di sini yang sedang minum air di bawah curug. Berniat merasakan kesegaran airnya juga?

Curug Malela merupakan berada di lokasi paling atas dari rangkaian tujuh air terjun. Oleh karena itu, tempat ini masih dikategorikan wisata alam perawan lantaran masih jarang dijamah. Bahkan, banyak yang memujinya sebagai surga yang sangat tersembunyi.

Medan menuju tempat relaksasi ini masih berupa tanah dan bebatuan. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, cukup berhenti di hutan pinus Salak Endah dan melanjutkan perjalanan dengan tracking.

Mau Relaksasi di Mana?

Tempat relaksasi di Bandung mana nih yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu? Selain beberapa tempat di atas, ada juga 5 tempat pemandian air panas di Bandung yang cocok untuk relaksasi. 

Mau merencanakan keberangkatan? Kamu bisa coba cari tiket kereta ke Bandung menggunakan aplikasi tiket.com. Apalagi ada banyak promo liburan yang bisa kamu gunakan. Selamat jalan-jalan dan relaksasi ya, sobat tiket!