,

3 Destinasi Favorit untuk Prewedding di Palembang yang Romantis & Aesthetic!

Tempat prewedding di Palembang – Seperti apa prewedding impianmu? Mau yang berkonsep unik, elegan atau romantis? Atau kamu punya konsep menarik lain yang eklektik, seperti menggabungkan ide prewedding ala traveler, mungkin? Buat sobat tiket yang lagi hunting ide aesthetic atau outdoor cantik untuk prewedding, yuk intip dulu sejumlah tempat eksotis di Palembang ini.

Ada banyak spot outdoor eksotis yang bisa kamu pilih untuk melangsungkan momen prewedding yang kekinian dan mengesankan. Terutama jika kamu dan pasangan suka travel, sobat tiket bisa banget memilih Palembang sebagai destinasi. Karena di Palembang, ada beragam alternatif dengan arsitektur dan ambience yang nggak cuma romantis, tapi juga aesthetic abis!

Setelah Medan, Palembang merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera. Ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan ini juga punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Palembang yang indah dijuluki sebagaiVenice of The East karena dialiri oleh lebih dari 100 sungai.

Dan Palembang punya berbagai destinasi wisata yang eksotis. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi yang menarik untuk dijelajahi, semua ada di kota pempek ini.

Beberapa objek wisata yang paling tersohor di Palembang adalah Sungai Musi, Jembatan Ampera, Bukit Siguntang, Masjid Cheng Ho yang tampak khas perpaduan unsur Tionghoa dan Islam, Taman Kambang Iwak, Pulau Kemaro dan Benteng Kuto Besak. Nah, beberapa di antaranya justru keren lho untuk dijadikan tempat prewedding bertema ethnic and eclectic.

3 Tempat Prewedding yang Etnik dan Eksotis di Palembang

Sebagai salah satu momen yang paling berkesan dan indah dalam hidup, tentu sobat tiket dan pasangan menginginkan yang terbaik bagi sesi foto prewedding. Konsep dan pemilihan tempat menjadi salah satu faktor yang menentukan hasil. Sehingga tak heran jika banyak pasangan rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapat foto pra-pernikahan impian mereka.

Sebagai kota tertua yang dibangun di Indonesia (sejak 16 Juni 688 Masehi), Palembang punya Sungai Musi yang mengalir indah mengelilingi kotanya—mirip seperti Venesia. Unsur budaya Tionghoa yang masih kental, dan fakta bahwa Palembang pernah menjadi ibu kota dari kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara, juga menambah nilai sejarahnya.

Selain itu, wilayah Palembang pada abad ke-9 disebut sebagai Bumi Sriwijaya. Ini dikarenakan Kerajaan Sriwijaya yang mendominasi Semenanjung Malaka dan Nusantara pada saat itu berpusat di Palembang purba. Dan di masa modern seperti sekarang, Palembang tetap berjaya dengan Jakabaring Sport City yang dikenal sebagai kompleks olahraga paling besar se-Indonesia.

Belum lagi fakta keren bahwa Palembang juga pernah menjadi satu-satunya kota di luar Jawa yang menjadi tuan rumah dari sejumlah pergelaran olahraga besar, baik taraf nasional maupun kelas internasional. Di antaranya seperti Sea Games, PON, Pekan Olahraga Mahasiswa tingkat Nasional hingga Islamic Solidaritas Games dan Pekan Olahraga Mahasiswa se-ASEAN pernah diselenggarakan di sini.

Buat sobat tiket yang memilih Palembang untuk menyelenggarakan momen prewedding impian, kamu nggak bakalan nyesel karena ada banyak spot cantik dan membanggakan di sini. Selain keindahan alamnya, sejumlah objek wisata di Palembang juga memiliki gaya arsitektur yang unik, etnik dan bernuansa romantis. Apa saja?

1. Jembatan Ampera

Sumber: Shutterstock.com

Jembatan Ampera ini cantiknya memang bikin naksir, sobat tiket. Punya bentuk dan warna yang mirip, sekilas Jembatan Ampera akan mengingatkan kita dengan jembatan gantung Golden Gate di San Fransisco, California, Amerika Serikat.

Di Palembang sendiri, Ampera merupakan salah satu monumen bernilai sejarah dan tersohor. Jembatan ini awalnya bernama Jembatan Bung Karno, tapi kemudian berganti nama menjadi Ampera. Yang bikin bangga, pada saat pembangunannya di tahun 1960, Jembatan Ampera merupakan yang terpanjang di Asia Tenggara.

Rangka tubuhnya yang kokoh dan indah didominasi oleh warna merah. Dengan jam analog di bagian atasnya yang iconic, Jembatan Ampera akan tampak cantik sebagai background foto prewedding. Bayangin deh, foto berlatarbelakang jembatan ini bakal pas banget untuk menghiasi dekorasi saat pernikahanmu nanti.

Sehari-hari, banyak anak muda dan kalangan umum yang berswafoto di Jembatan Ampera. Sedangkan untuk momen khusus, banyak juga pasangan muda-mudi yang melangsungkan prewedding mereka di sini.

Terlepas dari waktu pemotretannya—apakah mau di siang atau di malam hari dengan pencahayaan yang remang dan temaram, kamu dan pasangan bisa naik perahu dari dermaga di bawah jembatan dan melakukan sesi foto dengan background Ampera.

Jadi, buat sobat tiket yang preweddingnya berkonsep khas Palembang, Jembatan Ampera yang cantik dan megah ini boleh dong masuk ke dalam list. Prewedding cantik nggak mesti mahal. Karena kamu bisa berfoto di Jembatan Ampera tanpa dipungut biaya.

2. Pulau Kemaro                                                   

Sumber: Shutterstock.com

Pulau Kemaro atau Pulau Kemarau terletak tepat di tengah Sungai Musi. Menariknya, delta kecil ini tak pernah kebanjiran meski pun arus Sungai Musi notabene selalu tinggi. lokasinya yang berada 6 km dari Jembatan Ampera ini juga disebut sebagai pulau cinta atau pulau jodoh yang melegenda.

Di pulau ini, terdapat tempat pembakaran uang kertas, pohon cinta, vihara dan tak ketinggalan bangunan pagoda cantik bernuansa klasik nan megah. Pagoda tersebut sering tampak ramai pengunjung terutama saat Imlek berlangsung maupun weekday.

Selain pagoda sembilan tingkat, terdapat juga bangunan Klenteng Hok Tjing Rio (Klenteng Kuan Im) berarsitektur khas Tionghoa. Dengan warna merah yang dominan, destinasi ini tak hanya menjadi objek wisata dan tempat rekreasi, tapi juga cocok untuk melangsungkan sesi foto prewedding bernuansa vintage, etnik dan estetik.

Pulau Kemaro terkenal dengan legenda keramat kisah cinta sejati dan sehidup semati dari Pangeran Tan Bun An serta Putri Siti Fatimah. Di pulau ini, pengunjung dipersilakan melakukan napak tilas ke makam Tan Bun An dan Siti Fatimah yang bersebelahan dengan Vihara Hok Tjing Rio.

Saat artikel ini ditulis, pengunjung dapat mengakses gratis ke semua objek wisata yang ada.

3. Sungai Musi

Sumber: Shutterstock.com

Satu lagi landmark Palembang yang pas cocok untuk prewedding ialah Sungai Musi dan Jembatan Musinya. Sebagai sungai terpanjang di Sumatera, panjang Sungai Musi ini diketahui mencapai 750 km. Kamu dan pasangan bisa menggelar prewedding dengan menyewa berbagai jenis perahu dengan harga terjangkau.

Tak hanya Sungai Musi saja yang bisa dieksplor. Di malam harinya, nuansa gemerlap dari kerlap-kerlip lampu LED di Jembatan Musi bisa dijadikan alternatif background untuk berfoto lho, sobat tiket. Beberapa Jembatan Musi ini dibangun untuk mengurangi kemacetan lalulintas. Meski begitu, karena keindahannya, spot ini dapat dimanfaatkan untuk menggelar foto prewedding yang unik dan kreatif.

Pasalnya, rangka konstruksinya pun mempunyai bentuk yang tak kalah menarik dari Jembatan Ampera. Sehingga jembatan yang juga didominasi warna merah dengan tiang-tiang megah yang menjulang ini juga tampak indah dan photogenic.

Biasanya, spot ini kerap dipenuhi wisatawan saat petang tiba hingga malam. Banyak pengunjung yang memilih untuk menikmati matahari senja dari sini. Kawanan anak muda kerap terlihat berswafoto di trotoarnya yang juga dicat merah dengan menawan.

Prewedding Cantik Nggak Mesti Mahal

Jadi, mau menggelar prewedding di Palembang yang mana, sobat tiket? Ketiga spot tadi bisa dijadikan opsi alternatif buat kamu yang mau prewedding cantik yang nggak mesti mahal. Agar perjalananmu tambah mudah dan menyenangkan, kamu bisa pesan tiket pesawat ke Palembang dari tiket.com.

Yuk install aplikasinya langsung dari ponselmu sekarang untuk pengalaman berlibur yang praktis dan serba mudah. Siapa tahu ada promo menarik yang bisa bikin liburanmu tambah asyik.

Mau sekalian wisata kuliner di Palembang? Boleh banget. Cek dulu 10 rekomendasi tempat wisata kuliner yang ada di kota pempek ini untuk liburan yang lebih mengesankan.