,

Gurih dan Segar, Ini Rekomendasi 6 Kedai Soto di Medan yang Tak Boleh Dilewatkan

Tempat makan soto di Medan – Kota Medan tak hanya memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik. Beragam kulinernya pun patut dilirik. Kota yang terkenal dengan wisata alam Danau Toba dan Pulau Samosir nya ini memiliki kuliner Soto Medan yang lezat lho, sobat tiket.

Dari sekian banyak kuliner Nusantara, menu soto memang super lezat dan nikmat. Disukai banyak orang, setiap daerah mempunyai bumbu khas dan citarasa yang berbeda, begitu juga dengan sotonya. Untuk Soto Medan sendiri, yang membuatnya terasa spesial ialah penggunaan jintannya (jinten).

Dengan rasa jempolan, kuah Soto Medan terasa segar dan menggugah selera. Selain itu, yang menjadi pembedanya ialah kuahnya relatif kental dan gurih lantaran mengandung santan—seperti kari. Soto Medan paling sedap saat dihidangkan selagi hangat dan disantap dengan kerupuk emping, perkedel dan tentunya nasi hangat. Wuih, mantap!

Dalam setiap kesempatan, Soto Medan selalu menjadi favorit warganya dan kerap muncul sebagai menu wajib yang dihidangkan di berbagai acara. Nah bagaimana denganmu, sobat tiket? Sudah pernah mencoba, atau baru mau, atau doyan banget sama Soto Medan?

Melahap Soto Medan yang Legendaris Sedapnya

Orang Medan dikenal dengan cara memasak yang membubuhkan banyak rempah serta bahan. Sehingga konon, rasa Soto Medan yang dibuat langsung oleh tangan orang Medan akan lebih mengundang selera.

Untuk Soto Medan, kuahnya mengandung perpaduan jintan dan santan yang gurih dan pekat. Yang membuat kuah bertambah sedap adalah campuran kaldu sapi atau ayam yang digunakan. Kemudian barulah dimasukkan berbagai isian yang beraneka ragam.

Isian di dalam Soto Medan juga terbilang lengkap. Selain potongan daging, terdapat juga bihun, udang, tauge hingga irisan daun bawang yang menambah sedap aromanya.

Kalau sobat tiket penasaran dengan sajian yang satu ini, coba aja berburu kuliner soto di Kota Medan. Di sini, ada banyak pilihan kedai dengan rasa yang dijamin menggoyang lidah. Yuk kita melipir mampir!

1. Rumah Makan Sinar Pagi

Menjadi rumah makan Soto Medan yang paling populer, Rumah Makan Sinar Pagi cukup mudah ditemukan. Lokasinya tepat berada di persimpangan Gatot Subroto, yakni di Jalan Sei Deli.

Soal rasa, jangan ditanya. Sedapnya bikin kalap! Selain gurih, Soto Medan di sini juga digemari karena pedasnya yang pas menggoyang lidah. Makan di tempat makan ini, sobat tiket bisa memilih mau coba soto yang daging ayam atau sapi.

Saking populernya, Rumah Makan Sinar Pagi yang sudah berdiri sejak tahun 1962 ini tak hanya selalu ramai dikunjungi wisatawan. Banyak public figure dari kalangan artis dan lainnya juga suka bertandang ke mari.

Alamat: Jl. Sei Deli No. 20/1, Simpang Gatot Subroto, Medan.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 16.00.

Harga*: Rp 25.000 seporsi.

2. Kedai Soto Kesawan

Sumber; Shutterstock.com

Tempat makan Soto Medan yang tak kalah ramai dan terkenal selanjutnya ialah Soto Kesawan. Soal citarasa tentu kedai ini punya ciri khasnya sendiri. Jika soto lain umumnya disajikan dengan irisan daging sapi atau ayam, lain lagi ceritanya dengan soto ini.

Kedai Soto Kesawan yang sudah berdiri sejak tahun 1973 ini menggunakan potongan udang untuk menyedapkan rasanya. Saking ramainya kedai ini oleh para pengunjung, pada pukul 12.00, aneka ragam soto yang tersedia langsung diborong habis.

Jadi sobat tiket jangan heran jika kedai ini sering cepat tutup lantaran kehabisan soto di sore harinya. Selain soto udang, kedai ini juga menawarkan pilihan isi yang menggiurkan dan bervariasi. Semuanya terdiri dari soto ayam, soto sapi, soto jeroan babat hingga soto paru.

Kamu juga bisa coba soto udang campur paru yang paling difavoritkan para pengunjung. Disajikan dengan porsi besar, nikmati kuah kentalnya yang gurih dan segar oleh perasan jeruk yang lezat. Sobat tiket yang mau kuliner di sini bisa datang lebih awal agar tak kehabisan.

Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No. 116, Kecamatan Medan Barat, 20111 (persis di depan Tjong A Fie Mansion).

Tiga cabang kedai tersedia di Jl. Thamrin, Jl. Surabaya dan Jl. Sei Batahari.

Waktu Operasional: 08.00 – 17.00.

Harga*: Rp 23.000 – Rp 28.000.

3. Soto Bening Khas Medan H. Anwar Sulaiman

Nah, Soto Medan yang satu ini punya citarasa yang berbeda lagi jika dibanding Soto Medan lainnya. Pasalnya, kuah soto ini bening tanpa guyuran santan. Soto bening khas Medan ini hanya menggunakan kaldu saja dalam campuran kuahnya.

Tanpa santan, Soto Medan Haji Anwar ini lebih menyerupai Soto Bogor. Perpaduan potongan daging yang lembut serta kuah bening yang gurih akan memanjakan perutmu dalam santap kuliner kali ini. Meski bening, rasa rempahnya masih begitu menggigit dan digemari setiap kalangan.

Bagaimana dengan isinya? Berbagai varian lengkap bisa dicoba seperti udang ayam, paru babat dan lainnya yang biasa dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal hijau. Mau langsung mencicipinya? Kuy aja ke kedainya.

Alamat: Jl. Brigjend Katamso No. 43, A U R, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara, 20159, Indonesia. 

Cabang: Jl. Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumut 20151.

Waktu Operasional: Buka setiap hari, pukul 07.00 – 16.00.

Harga*: Kurang dari Rp 75.000.

4. Soto Pak Haji (Nasi Gurih Minang dan Soto Pak Haji)  

Sudah berdiri lebih dari 40 tahun, kedai makan ini juga terkenal dengan kelezatannya. Karena sudah cukup legendaris, sejumlah pelanggan lama tetap setia berkunjung kulineran di kedai ini.

Berkunjung ke sini, kedai ini tak disertai spanduk atau plang nama, sobat tiket. Hanya ada etalase sederhana di depannya. Namun lingkungannya yang nyaman dan santai akan menambah kebahagiaan saat kulineran di sini.

Soto ayam dan paru akan terasa cocok disantap bersama perkedel yang kering di permukaan dengan dalamnya yang lembut. Tambahkan juga seporsi nasi putih untuk memanjakan perutmu. Berkunjung ke Medan, jangan sampai lewatkan Soto Pak Haji yang lezat ini ya!

Alamat: Jl. Sun Yat Sen No. 101, Sei Rengas I, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20214 (dekat simpang Jl. Yose Rizal).

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 14.00.

Harga*: Rp 25.000 – Rp 30.000.

5. Rumah Makan Soto Medan

Sumber: Shutterstock.com

Rumah makan Soto Medan ini juga menghidangkan soto yang isiannya bisa dicampur agar lebih nikmat. Kamu bisa memesan soto ayam yang dicampur dengan babat, paru, hingga ati ampela. Rasa kuahnya pun tak kalah jika dibanding soto-soto yang lainnya. Lebih ringan dan tak terlalu kental, santannya terasa gurih dan asin yang cocok di lidah.

Alamat: Jl. Setia Budi No. 240, Tj. Sari, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Sumut 20154.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 17.00.

Harga*: Sangat terjangkau.

6. Nasi Soto Anto Wahidin

Perpaduan isian soto yang paling maknyus ialah soto paru campur daging yang diberi cabai dan daun bawang. Selain itu tersedia juga soto udang, soto ayam, soto sapi dengan kaldu super gurih yang terasa pekat di kuahnya.

Kuah yang kental dan kuning dengan dan taburan bawang goreng ini jugalah yang menjadi ciri khas dan digemari banyak orang. Buktinya, meski sudah berpindah tempat beberapa kali, namun para pelanggan dan wisatawan masih terus mengejar Kedai Nasi Soto Anto Wahidin tanpa kehilangan jejak.

Selain tempat nyaman, pelayanan yang ramah dan rasa lezat, harga yang dibanderol pun sangat ramah dan bersahabat.

Alamat: Jl. Negara, Jl. Wahidin, Pandau Hulu II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20211.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 07.30 – 13.30.

Harga*:  Sangat bersahabat.

Citarasa Soto Medan yang Bikin Ketagihan

Sudah catat list kedai dengan Soto Medan paling sedapnya? Yuk buruan, jangan sampai kehabisan! Ayo berwisata kuliner di kota kelahiran menantu Presiden Jokowi ini dan pesan tiket pesawat ke Medan dari tiket.com lewat ponselmu. Biar liburan tambah nyaman, cek juga 10 Pilihan Hotel Bintang 4 di Medan yang Bisa Kamu Pesan Sekarang.

*Harga saat artikel ditulis