,

8 Tempat Makan Non Halal Legendaris di Bali, Ayo Jelajah Rasa

Tidak hanya tempat wisatanya yang indah dan sangat memikat. Bali juga dikenal dengan kulinernya yang yahud. Ada banyak sekali kuliner tradisional yang sobat tiket bisa coba mulai dari yang halal hingga non halal.

Kalau sobat tiket cari kuliner non halal, Bali menawarkan beberapa olahan makanan tradisional yang enak-enak. Kamu bisa mencoba aneka olahan lawar hingga bigul atau babi guling yang sangat legendaris seantero pulau dewata.

Tempat Makan Tradisional Non Halal di Bali

Di setiap penjuru pulau Bali ada tempat makan yang menawarkan kuliner unik dan kadang memiliki kekhasan rasa. Nah, mumpung sobat tiket ada di Bali, ayo cobain makan kuliner non halal yang cukup legendaris di restoran berikut ini.

1. Menikmati Sedapnya Bigul di Warung Babi Guling Ibu Oka 3

Sumber: Shutterstock.com

Salah satu kuliner non halal yang paling legendaris di Bali adalah Warung Babi Guling Ibu Oka 3. Babi guling yang dimasak di sini memiliki rasa juara, apalagi bagian kulitnya yang sangat krispi dan memiliki rasa bumbu yang kuat.

Satu porsi dari babi guling yang disediakan oleh Warung Ibu Oka 3 sudah berisi daging yang lembut dan bercampur bumbu, sosis buatan sendiri, sayuran atau lawar, sambal, dan tentu saja gorengan yang bisa sobat tiket pilih sesuai dengan selera.

Alamat: Jl. Tegal Sari No.2, Tengah, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Jam Buka: 11.00 – 18.00 WITA.

Harga Makanan: Mulai Rp45.000 per porsi*.

2. Seger-Seger Pedesnya Lawar Kartika Tidak Boleh Ditolak

Selain bigul atau babi guling, Bali juga dikenal dengan sebuah menu bernama lawar. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dicacah halus lalu dicampur dengan bahan khusus. Di Lawar Kartika, bahan khusus itu adalah darah babi yang masih segar.

Lawar yang ditawarkan sangat segar dan bisa dipadukan dengan makanan pendamping lainnya seperti  sate lilit atau suwir daging yang semuanya merupakan olahan daging babi dan ayam. Kamu bisa memilih sendiri mau makan yang mana!

Alamat: Jalan By Pass I. Gusti Ngurah Rai, Kesiman, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali 80237.

Jam Buka: 08.00 – 18.00 WITA.

Harga Makanan: Mulai Rp35.000*.

3. Pork Belly Goreng dan Sambal Matah Terenak di Warung Cahaya

Suka makan pedas? Coba deh datang ke Warung Cahaya. Menu makanan di sini juga terbuat dari babi, tapi olahannya agak beda karena dagingnya digoreng empuk dan disajikan dengan sambal matah.

Warung Cahaya banyak mengambil daging di sekitar perut yang berlemak dan gurih. Jadi, jangan salahkan babi gorengnya kalau kamu bakalan ketagihan meski rasa sambalnya cukup membakar bibir dan juga lidah.

Alamat: Jl. Dewi Ratih No.1, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.

Jam Buka: 08.30 – 19.00 WITA.

Harga Makanan: Mulai Rp35.000*.

4. Olahan Iga di Wahaha Pork Ribs Bikin Nagih

Sumber: Shutterstock.com

Seminyak memang pusatnya hiburan mulai pagi sampai malam. Namun, kawasan ini juga menghadirkan beberapa restoran babi paling enak. Kamu bisa datang ke Wahana Pork Ribs kalau pengen menikmati nikmatnya iga bakar yang juicy.

Selain iga bakar dengan rasa manis dan gurih, menu lain juga ditawarkan untuk pelengkap. Ada lawar, aneka olahan ayam, dan daging bakar pakai sambal matah. Kamu bisa memesan menu khas Bali atau ada sentuhan masakan barat.

Alamat: Jl. Sunset Road No.1689, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.

Jam Buka: 11.00 – 22.00 WITA

Harga Makanan: Mulai Rp50.000*.

5. Sate Bawah Pohon yang Atreannya Bikin Pusing

Meski berada di bawah pohon dan kedainya berupa tenda sederhana, Sate Bawah Pohon ini punya antrean yang panjang. Jadi, kalau sobat tiket pengen mencoba kuliner sate babi yang khas dan sangat juicy ini, harap bersabar, ya!

Sate babi yang ditawarkan di sini agak berbeda dengan jenis sate lain. Daging segar langsung diolah setelah direndam di air bumbu. Penyajiannya tidak pakai bumbu kacang, cukup dengan sejumput garam dan cabai segar utuh.

Alamat: Jl. Campuhan I – Dewi Sri No.IV, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.

Jam Buka: 08.00 – 18.00 WITA

Harga Makanan: Mulai Rp20.000 per porsi*.

6. Balung Kuah Bu Dayu Cocok untuk Menghangatkan Badan

Tidak semua orang suka dengan makanan yang dibakar atau digoreng sampai garing. Kalau kamu orang seperti itu dan ingin mencoba kuliner selain sate dan bigul, coba deh datang ke Warung Bu Dayu di Kuta untuk mencoba balung kuah.

Balung kuah sendiri sebenarnya makanan pendamping bigul dan sate. Bahannya adalah kaki dan tulang babi yang direbut cukup lama lalu diberi rempah. Makan balung kuah di malam hari bisa membuat tubuh jadi lebih anget.

Alamat: Jalan Raya Kuta No.88, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.

Jam Buka: 19.00 WITA sampai lewat tengah malam.

Harga Makanan: Mulai Rp50.000 per orang*.

7. Berburu Iga Bakar yang Nikmat di Warung Kayana

Sumber: Shutterstock.com

Warung Kayana adalah satu dari beberapa rumah makan di Bali yang menawarkan kuliner lokal yang cocok untuk lidah bule. Iga bakar babi yang ditawarkan memiliki rasa manis, pedas, gurih, dan sangat empuk saat digigit. 

Makan di Warung Kayana juga bisa membuat kamu jadi lebih nyaman. Desain interior dan eksteriornya yang Bali banget membuat kamu serasa makan di rumah tradisional Bali. Apalagi menu-menunya memiliki rasa makanan rumahan.

Alamat: Jl. Raya Kedewatan, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Jam Buka: 10.00 – 22.00 WITA

Harga Makanan: Mulai Rp50.000 per porsi*.

8. Paket Lengkap Olahan Babi di Pak Dobiel

Warung olahan babi miliki Pak Dobiel juga yang terbaik di Bali. Sobat tiket bisa mengonsumsi aneka olahan babi mulai dari babi guling, sate lilit, lawar, hingga tulang babi yang dimasak menjadi sup rempah yang sangat nikmat.

Menu makanan yang ditawarkan di Pak Dobiel berjenis nasi campur. Kamu bisa memilih sendiri menu yang akan disantap sehingga sesuai dengan keinginan. Misal enggak suka lawar, side dish ini bisa diganti dengan kulit babi krispi.

Alamat: Jl. Srikandi Jl. Raya Nusa Dua Selatan No.9, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361.

Jam Buka: 10.00 – 16.00 WITA.

Harga Makanan: Mulai Rp50.000*.

Kulineran Sambil Jalan-Jalan

Kuliner di Bali memang mengasyikkan, apalagi bisa mencoba semua kuliner non halal di atas satu per satu. Kalau sobat tiket pengen jalan-jalan lebih santai ke berbagai tempat wisata sambil kulineran, coba deh sewa mobil di tiket.com. Mau pergi ke mana saja dan kapan saja, jadi lebih mudah dan tidak terganggu dengan cuaca. Kuy berangkaat!

*Harga saat artikel dibuat