Sumber: Shutterstock.com

,

6 Rekomendasi Tempat Beli Souvenir di Medan, Belanja jadi Tambah Puas!

Tempat Beli Souvenir di Medan – Medan sebagai salah satu destinasi wisata kian hari kian menjadi tempat favorit untuk berlibur. Kota yang dikenal dengan Duriannya yang nikmat ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, Medan merupakan kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya.

Tak hanya metropolis, kota ini menyimpan sejuta pesona dalam sektor pariwisatanya. Alamnya yang cantik dan memikat menjadi surga buat kamu yang sukanya jalan-jalan. Mulai dari Air Terjun Goa Mata, Green Canyon Pulau Pinang, Bukit Besar, dan tak ketinggalan Danau Toba dan Pulau Samosirnya.

Bukan hanya alamnya saja yang rupawan. Keberagaman budaya dan kondisi multietnisnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Berbagai bangunan religi yang bermuatan sejarah tampak tersebar di seluruh penjuru Tanah Deli ini.

Contohnya seperti Vihara Gunung Timur, Masjid Raya Al Mashun, Tjong A Fie Mansion, Istana Maimun, Gereja Graha Maria Annai Velangkanni, Kuil Shri Mariamman serta Gedung London Sumatera. Sudah pernah berkunjung ke mana aja nih, sobat tiket?

Beli Oleh-oleh dan Souvenir di Tanah Deli

Dengan segenap objek wisata yang menarik dan bikin penasaran, tak heran jika banyak turis yang senang berdatangan ke Medan. Selain mempunyai banyak hasil kerajinan tangan yang menarik, kuliner khasnya yang teramat lezat juga banyak diburu orang.

Sebut saja seperti Soto Medan, kopi Sidikalang, bika ambon Zulaikha, ikan teri Medan, bolu Meranti, manisan Jambu Aguan, sirup buah Markisa, pancake durian, kacang garing Sihobuk, lemang, dolung-dolung Parapat, durian Ucok, kerupuk Sanjay, sampai roti Tawar Selai Srikaya Ganda.

Buat sobat tiket yang bingung mau beli souvenir Medan di mana aja, ini dia tempat-tempat yang bisa kamu datangi.

1.  Jegez Gallery

Di Jegez Gallery ini, sobat tiket bisa memborong banyak sekali oleh-oleh dan souvenir khas Medan. Mulai dari kaos dan souvenir unik, handycraft, kopi Sumatera, kacang Sihobuk, ikan teri, ulos hingga kain tenun tersedia lengkap di Jegez Gallery ini.

Berbagai kerajian tangannya seperti miniatur rumah gadang (rumah tradisional Suku Padang Minangkabau) juga tersedia di sini.

Alamat: Jl. Setia Budi No. 370 Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20132.

Waktu operasional: Buka setiap hari, pukul 09.00 pagi sampai pukul 20.00 malam.

2.  Galeri Ulos Sianipar

Galeri Ulos Sianipar ini pernah menerima penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) lho, sobat tiket. Ini dikarenakan galeri memprakarsai pembuatan ulos terpanjang di dunia yang mencapai 433 meter. Melibatkan 20 orang penenun, hasil karya yang indah ini memakan waktu pengerjaan hingga tujuh bulan. Proyek ini juga merupakan binaan BI.

Nah di toko ini, kamu bisa membeli kain tenun ulos, songket, kopi, hingga berbagai pernak-pernik menarik yang menjadi ciri khas Suku Batak. Berbagai kain ulos seperti ulos ragi hotang, ulos Sadum, ulos ragi hidup, ulos angkola, ulos Mandailing hingga ulos Sipirok juga tersedia di galeri milik Robert Sianipar ini.

Songket dan ulos saat ini menjadi semakin diminati oleh semua kalangan masyarakat. Selain harganya ramah dan bersahabat, kualitasnya pun patut diacungi jempol. Untuk ulos sadum bisa dibawa pulang dengan merogoh kocek mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 10 juta*.

Sedangkan untuk songket berada di range harga mulai Rp 400 ribuan sampai Rp 3 jutaan. Berbagai patung dan aksesoris dibanderol dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 28 juta.

Untuk kemeja dari ulos dihargai senilai Rp 335 ribu-Rp 450 ribu. Untuk songket akan lebih mahal lantaran sudah berbahan sutra, yakni di kisaran Rp 95 ribu hingga Rp 2 jutaan.

Alamat: Gg. Pendidikan No.130, Binjai, Kec. Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara 20228.

Waktu operasional: Buka setiap hari pukul 08.00 sampai 10.00 malam.

3.  Toko Souvenir Khas Medan 17 Vimala Gift Shop

Toko Souvenir Khas Medan 17 Vimala Gift Shop menyediakan serba-serbi pernak-pernik cendera mata khas Batak dan Medan. Tak hanya menawarkan barang berkualitas, tapi harganya pun sangat terjangkau.

Toko ini menjual souvenir khas medan, piala, medali, crystal, dan disebut merupakan salah satu yang terbaik di Kota Medan.

Alamat: Jl. Teuku Umar No. 15, Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20112.

Waktu operasional: Buka setiap hari pukul 08.00 sampai 19.00 malam.

4.  I Love Medan

Satu lagi tempat souvenir khas Medan adalah toko I Love Medan. Toko ini juga menyediakan pernak-pernik dan cendera mata dari Tanah Deli. Mulai dari magnet, gantungan kunci yang harganya berada di kisaran Rp 20-30 ribu, hingga gelas serta tas.

Selain itu, terdapat juga kemeja dengan motif becak Medan yang dibanderol seharga Rp 200 ribu. Ada juga baju-baju kaos lainnya yang berhiaskan gambar Kota Medan, kain batik dengan motif becak, sudako dan masih banyak lagi yang kental dengan nuansa Medan.

Kain ulos, frame foto, piring hiasan dan gelas tumbler juga tersedia. Untuk gelas tumbler bisa dibawa pulang dengan membayar di kisaran Rp 100 ribuan. Ada juga miniatur rumah adat Batak dari Danau Toba. Untuk rumah adat yang ukurannya paling kecil dengan tulisan “Horas” dihargai Rp 35 ribu.

Alamat: Jl. Asia No. 147-J/ 169-I, Sei Rengas II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20214.

5.  Pajus Padang Bulan Medan

Wisata belanja murah di Kota Medan tak akan lengkap jika tak mampir ke pasar ini. Di sini kamu juga bisa mendapat oleh-oleh dan souvenir untuk dibawa pulang. Kamu yang mau memborong sepatu lukis, gelas gambar dan baju sablon berbacaan USU, di sinilah tempatnya. Gambarnya pun bisa kamu pilih sendiri.

Pasar ini cukup lengkap dengan ketersediaan promo dan obral keperluan sekolah, pernak-pernik komputer, ponsel, aksesoris dan juga produk fashion.

Alamat: Jl. Jamin Ginting No.354, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20157.

Waktu operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 19.30 malam.

6.  Pusat Pasar Medan

Pasar Sentral, atau yang disebut sebagai Pajak Sentral oleh warga lokal, merupakan tempat belanja grosir serba ada. Produk fashion, tas, busana, mainan, oleh-oleh, cendera mata bahkan hingga pasar tradisionalnya pun ada.

Kawasan ini juga merupakan pusat belanja yang paling besar dan tertua di Kota Medan. Belakangan, pembangunan pasar modern di kawasan ini lantas menggabungkan kedua pasar tradisional dan terbarunya, yang juga disebut Medan Mall.

Bangunan ini mudah ditemukan karena bersebelahan dengan Olympia Plaza di arah timurnya, dan Cathay di arah baratnya. Lengkapi acara jalan-jalan ke Medan dengan membawa pulang souvenir dan oleh-oleh dari Pajak Sentral.

Alamat: Jl. Pusat Pasar, Pusat Pasar, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212.

Waktu operasional: Setiap hari mulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 18.00.

Memboyong Kenang-kenangan yang Khas dari Medan

Jadi mau kapan jalan-jalan ke Medan? Siapkan dulu itinerary liburanmu dengan matang, termasuk jadwal keberangkatan dan tiket pesawatnya. Untuk mempermudah persiapanmu, kamu bisa pesan tiket pesawat ke Medan dari tiket.com. Tersedia tiket pesawat dari beragam maskapai di sini.

Selain tiket pesawat, kamu juga bisa sekalian cek 7 rekomendasi hotel dekat Bandara Kualanamu Medan yang mudah dijangkau. Dengan begitu, persiapan liburanmu pun bisa jadi lebih gampang.

*Harga saat artikel ditulis