,

Keren, 8 Spot Fotografi di Malaysia Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Berfoto adalah salah satu aktivitas wajib saat berlibur ke luar negeri, contohnya Malaysia. Jadi jangan heran jika selain keseruan, pemandangan atau view yang menarik seringkali menjadi bahan pertimbangan ketika memilih tempat wisata.

Di Negeri Jiran, tempat wisata dengan latar belakang yang Instagramable dan fotogenik memang cukup banyak. Jika kamu hanya punya beberapa hari untuk mengeksplor Malaysia, pasti bingung untuk memilih spot foto, kan?

Spot Foto Keren untuk Kamu yang Ingin Jadi Fotografer

Nah, buat sobat tiket yang ingin berlibur sekaligus mencari spot fotografi di Malaysia yang tentunya keren dan Instagramable, berikut 8 rekomendasi tempat yang wajib banget kamu datangi!

1. Sky Mirror

Dari pusat Kuala Lumpur, perjalanan menuju Sky Mirror akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan kapal laut. Ya, tempat keren ini merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah laut.

Waktu terbaik mengunjungi Sky Mirror tentu saat air sedang surut. Karena pada saat itu, kamu bisa menghasilkan foto terbaik. Disebut Sky Mirror karena genangan air di pulau dapat memantulkan bayangan objek di atasnya.

Jadi bisa dibayangkan bukan, bagaimana foto yang akan dihasilkan? Jangan lupa untuk membawa properti foto cantik ya, agar gambar yang kamu ambil di tempat ini tempat keren saat di-upload ke akun media sosial.

Alamat: Jeti Pekan Lama, Jalan Sultan Mahmud, 45000 Kuala Selangor, Selangor, Malaysia

Harga tiket: (Paket trip termasuk tiket kapal) RM55 – RM70

Jam buka: 08.30-21.30

2. Perdana Botanical Garden

Perjalanan ke luar negeri memang tidak akan lengkap sebelum kita mengunjungi taman-taman menarik. Di Malaysia, salah satu taman dengan pemandangan yang keren adalah Perdana Botanical Garden.

Menurut sejarah, taman Instagramable ini sudah berdiri sejak tahun 1888 dengan luas sekitar 100 hektar. Dulunya, Perdana Botanical Garden bernama Sydney Lake karena keberadaan danau di kawasan kolam.

Selain hunting foto-foto keren, di taman ini ada banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan. Mulai dari mendayung, melihat rusa, piknik, belajar di planetarium, hingga melihat aneka kupu-kupu di sebuah taman khusus yang indah.

Alamat: Jalan Kebun Bunga, Tasik Perdana, 55100 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

Harga tiket: RM29 – RM39

Jam buka: 07.00-20.00

3. Street Art, George Town

Siapa sangka, tembok tua dan lusuh di kawasan George Town yang bersejarah menjadi salah satu objek wisata menarik setelah disulap oleh seniman asal Lithuania, Ernest Zacharevic.

Saat ini, hampir setiap dinding di George Town dihiasi dengan mural-mural keren. Kebanyakan mural berisi tentang kehidupan anak-anak yang bahagia. Lukisan dinding yang menarik tersebut tentu bisa menjadi latar belakang foto yang keren.

Jadi jangan heran jika di hampir setiap sudut jalan, kamu akan melihat fotografer dan foto model dadakan. Katanya, kamu belum ke Penang kalau belum ke mural George Town, jadi pastikan untuk mampir ya!

Alamat: Pulau Penang 10300, Malaysia

Harga tiket: Gratis

Jam buka: 24 jam

4. Crystal Mosque

Spot foto keren selanjutnya adalah Crystal Mosque di Terengganu. Disebut Crystal Mosque karena kubah tempat beribadah umat Islam ini terbuat dari kaca. Saat malam hari, kaca-kaca tersebut akan membiaskan cahaya lampu warna-warni yang cantik.

Masjid unik ini mampu menampung sekitar 1.500 jamaah. Sejak resmi dibuka pada tahun 2008 silam, Crystal Mosque tidak hanya menjadi tempat wisata religius tetapi juga spot fotografi di Malaysia yang tidak boleh dilewatkan!

Alamat: Pulau Wan Man, 21000 Kuala Terengganu, Malaysia

Harga tiket: Gratis

Jam buka: 24 jam

5. Desa Cattle Dairy Farm, Sabah

Peternakan sapi perah di Sabah ini menawarkan spot foto berlatar belakang alam yang indah dan memesona. Sekilas, tempat ini mengingatkan kita pada padang rumput dan pegunungan di Selandia Baru.

Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh terbang ke Australia untuk mendapatkan foto dengan latar belakang yang sama cantiknya. Selain berfoto, di tempat ini pengunjung juga bisa menikmati susu dan keju hasil produksi peternakan setempat.

Alamat: 89308 Kundasang, Sabah, Malaysia

Harga tiket: RM1 – RM5

Jam buka: 08.00-17.00

6. Tebrau Glass Temple, Johor

Selain masjid, Malaysia juga memiliki kuil kaca. Bahkan kuil yang berlokasi di Johor ini sempat mendapatkan Malaysian Book of Record sebagai kuil kaca pertama dan satu-satunya di Negeri Jiran tersebut.

Selain dikenal dengan nama Tebrau Glass Temple, kuil Hindu ini juga dikenal dengan nama Kuil Arulmigu Sri Rajakaliamman. Jadi selain hunting foto dan mencari spot yang Instagramable, pengunjung beragama Hindu juga bisa berdoa dan beribadah di sini.

Alamat: Jalan Tun Abdul Razak 1/1, Wadi Hana, 80300 Johor Bahru, Johor, Malaysia

Harga tiket: Gratis

Jam buka: 24 jam

7. The Pinnacles (Taman Nasional Gunung Mulu)

spot fotografi di Malaysia

Pernah berkunjung ke Pegunungan Karst Rammang-Rammang di Makassar? Nah, The Pinnacles ini mirip dengan tempat wisata unik tersebut. Di tempat ini pengunjung juga dapat melihat gugusan pegunungan karst yang menjulang cantik!

Memiliki ketinggian sekitar 2.376 meter dari permukaan laut, The Pinnacles menawarkan spot foto berlatar belakang pegunungan kapur yang menarik, keren, dan Instagramable. Tapi, untuk sampai ke sini tentu dibutuhkan perjuangan, lho!

Akses jalan menuju The Pinnacles cukup menantang dan terjal, tetapi jangan khawatir. Meskipun medannya sulit, tetapi begitu sampai di lokasi perjuangan kita akan dibayar lunas dengan pemandangan yang cantik dan sulit untuk dilupakan.

Alamat: Serawak, Malaysia

Harga tiket: Gratis

Jam buka: 09.00-17.00

8. Masjid Terapung Putrajaya

Disebut masjid terapung karena letak tempat ibadah ini berada di tepi danau. Jadi jika dilihat dari kejauhan, akan terlihat ilusi mengapung yang unik dan menarik. Masjid di Putrajaya ini termasuk salah satu yang sering dikunjungi wisatawan loh.

Jadi jangan heran jika saat kamu berkunjung ke sini, ada banyak sekali turis yang berfoto atau beribadah. Apabila berkesempatan ke sini, sebaiknya kamu menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup.

Karena meskipun Masjid Putrajaya merupakan tempat ibadah umat Islam, tetapi pengelola masjid tetap membuka kawasan tempat beribadah unik ini untuk warga atau turis agama lain. Menarik, bukan?

Alamat: Persiaran Persekutuan, Presint 1, 62502 Putrajaya, Wilayah Persekutuan Putrajaya, Malaysia

Harga tiket: Gratis

Jam buka: 24 Jam

9. Cameron Highlands

spot fotografi di Malaysia

Berlokasi sekitar 1.500 meter di atas laut Cameron Highlands terdiri dari serangkaian kota kecil dan hanya membutuhkan waktu 3,5 jam perjalanan darat dari Kuala Lumpur. Di sini pengunjung dapat melihat hamparan kebun teh yang luas.

Di sekitarnya, terdapat desa-desa dengan rumah bergaya Tudor yang cantik. Selain melihat kebun teh, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah menikmati secangkir teh hangat dan kue scones saat sore hari.

Tradisi turun temurun ini telah dilakukan warga di Cameron Highlands sejak masa kolonial Inggris. Kebiasaan tersebut dulunya dilakukan oleh para pejabat yang sedang melepas penat dan menikmati pemandangan berupa hamparan kebun teh.

Alamat: Cameron Highlands, Pahang, Malaysia

Harga tiket: Sesuai tarif resort

Jam buka: 24 Jam

Berburu Spot Foto Keren di Negeri Jiran

Selain berburu spot fotografi di Malaysia yang keren dan Instagrammable, jangan lupa pula untuk menjelajahi aneka tempat wisata seru lainnya, seperti theme park di Malaysia dengan wahana menantang dan unik!

Agar perjalanan semakin sulit untuk dilupakan, jangan salah memilih maskapai penerbangan. Pilihlah yang sesuai bujet, nyaman, dan sesuai kebutuhanmu. Segera pesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari ya, selamat menjelajahi Malaysia!