,

Cicip Soto Bathok Mbah Katro, Salah Satu Soto Favorit di Jogja

Soto jadi salah satu kuliner Indonesia yang paling digemari. Selain banyak variasinya, hidangan soto yang gurih dan mengenyangkan selalu bikin kangen. Kali ini, tiket.com mau mengajak kamu mengenal salah satu warung soto di Jogja.

Namanya Saoto Bathok Mbah Katro yang berlokasi di Kabupaten Sleman. Saoto merupakan sebutan lain dari soto. Penasaran apa sih yang bikin soto di sini beda dengan lain? Makanya simak ulasan berikut.

Saoto Bathok Mbah Katro, Sajian Soto Menggunakan Batok Kelapa

Kata bathok pada nama warung ini mengacu pada batok atau tempurung kelapa sebagai wadah penyajian soto. Jadi bukan dengan mangkuk ataupun piring yang jadi wadah soto pada umumnya.

Sekilas atau kalau dilihat dari atas, batok ini mirip mangkuk keramik berwarna gelap. Unik banget kan? Tapi enggak cuma unik aja, batok kelapa ternyata punya manfaat kesehatan lho. Kabarnya, batok kelapa mengandung karbon yang baik untuk pencernaan.

Apa Saja Isi Semangkuk Saoto Bathok?

Soto Bathok Mbah Katro populer bukan cuma karena penyajiannya yang beda. Tapi rasa sotonya juga menggoyang lidah nih sobat tiket. Memesan seporsi soto, kamu bisa melahap nasi, tauge, daging sapi, seledri dan kuah bening yang gurih. Kuah soto yang segar pasti memuaskan seleramu. Seporsinya cuma Rp5 ribu*. Murah meriah banget kan?

Kalau belum merasa kenyang, kamu bisa pesan porsi tambahan lagi dan harganya tentu masih bersahabat di kantong. Oh ya, kamu juga bisa kok memesan soto dengan nasi yang dipisah. Harganya Rp7 ribu*.

Biar kegiatan bersantap kamu makin lahap, ada juga menu tempe goreng, sate usus dan sate telur puyuh. Harganya mulai dari Rp500* aja. Waduh, sudah pasti enggak sabar nih pengen nyobain kan sobat tiket?

Pengalaman Makan Khas Pedesaan

Ada satu hal lagi yang bikin warung soto Mbah Katro enggak pernah sepi yaitu suasana makan ala pedesaan. Posisi warung soto ini dikelilingi area persawahan. Jadi kamu bisa memanjakan mata dan lidahmu sekaligus.

Kuah soto akan menghangatkan tubuh. Sedangkan, pemandangan sawah yang asri bikin kamu betah duduk berlama-lama. Tapi ingat untuk duduk tak terlalu lama ya soalnya banyak calon pengunjung lain yang juga ingin mencicipi soto.

Sobat tiket bebas memilih duduk di meja dengan kursi biasa atau lesehan di saung-saung bambu. Pengalaman makan pasti terasa lebih tradisional dengan duduk di saung. Tapi tentunya, enggak sedikit pengunjung yang mau duduk di saung ya. Biar kebagian tempat duduk di saung, makanya kamu harus datang lebih pagi nih.

Jam Buka Saoto Bathok Mbah Katro

Banyak pengunjung yang datang untuk sarapan di Saoto Bathok Mbah Katro. Karena warung soto ini memang buka sejak pagi, mulai dari jam 06.00 – 16.00. Semakin pagi kamu datang berarti semakin cepat kamu dilayani. Makin siang, sudah pasti makin banyak orang.

Saat sarapan di sini, sobat tiket akan ditemani udara yang segar dan cuaca yang masih adem. Enggak heran kalau banyak pengunjung yang rela antre apalagi di akhir pekan demi pengalaman makan yang menyenangkan ini. Jadi, sempatkan waktu untuk sarapan di warung soto ini. Setelah sarapan, kamu bisa menjelajahi kabupaten Sleman.

Lokasi Saoto Bathok Mbah Katro

Warung ini beralamat di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Letak Saoto Bathok Mbah Katro enggak jauh dari bandara Adisucipto, cuma sekitar 5 menit berkendara. Sobat tiket yang berangkat dari pusat kota Jogja, harus menempuh jarak sekitar 16 kilometer atau sekitar 30 menit berkendara.

Destinasi Wisata di Sekitar Saoto Bathok Mbah Katro

Lokasi warung ini juga dekat banget dengan beberapa destinasi wisata. Salah satunya, candi Sambisari. Kamu hanya perlu berjalan kaki kurang dari 100 meter menuju candi dari warung. Nah, kamu bisa buat rencana perjalanan ke candi Hindu yang terletak di bawah permukaan tanah ini.

Pilihan lain, sobat tiket juga bisa mampir ke candi Kalasan, Ratu Boko dan candi Prambanan. Ketiga destinasi wisata ini cuma butuh waktu berkendara paling lama 20 menit dari warung soto Mbah Katro. Berwisata ke candi juga memang lebih enak di pagi hari ya sobat tiket, saat candi belum terlalu ramai dan kamu lebih bebas berfoto.

Biar lebih praktis jalan-jalannya, kamu bisa sewa mobil di tiket.com. Kan seru ya bisa berpindah dari destinasi wisata satu ke yang lain tanpa perlu repot. Sobat tiket juga enggak usah capek nyetir karena sudah tersedia supirnya kok.

Saat mobil datang, kamu tinggal naik dan bersiap keliling Jogja. Praktis banget kan? Kuy, cicipi salah satu soto favorit di Jogja dan jelajahi destinasi wisatanya.

*Keterangan harga saat artikel dibuat