Rumah Tjong A Fie

,

Ayo Bertualang di Rumah Tjong A Fie Medan, Wisata Seru Sambil Mengenal Sejarah!

Indonesia merupakan negara yang menyimpan beragam budaya dengan kisah-kisah yang menarik untuk disimak. Ada banyak kota-kota di Indonesia yang tumbuh dengan keunikan sejarah masa lalu. Salah satu kota yang tumbuh dengan corak budaya multikultural adalah Medan.

Sejak puluhan tahun lalu, Medan tumbuh dengan keberagaman yang unik. Namun, perbedaan ini justru hidup berdampingan dengan harmonis. Maka dari itu, sejarah Kota Medan sangat menarik buat disimak. Seperti Rumah Tjong A Fie yang akan tiket.com bahas ini nih, sobat tiket.

Mengunjungi Rumah Tjong A Fie, Mengenal Masa Lalu Medan

Rumah Tjong A Fie
Sumber: shutterstock.com

Buat sobat tiket yang tertarik untuk mengenal sejarah Kota Medan, salah satu cara yang paling menyenangkan adalah dengan mengunjungi tempat wisata sejarahnya. Rumah Tjong A Fie jadi salah satu magnet yang menarik bagi wisatawan, lho. Hal ini karena sejarah dan kisah panjang yang bersembunyi di baliknya.

Nah, buat sobat tiket yang penasaran, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Sejarah Tjong A Fie, Saudagar dengan Hati Dermawannya

Seperti yang sudah pernah dibahas, Medan memang memiliki banyak bangunan tua yang kental dengan nilai sejarah. Namun, bukannya membosankan, bangunan-bangunan ini justru menarik buat dikunjungi. Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri adalah Rumah Tjong A Fie yang sudah berdiri sejak tahun 1990.

Sejarah yang panjang dan menarik membuat bangunan tua ini dibuka untuk umum pada tahun 2009 lalu. Banyak pengunjung yang tertarik untuk menelusuri serta menyimak kisah hidup Tjong A Fie beserta peradaban Tionghoa di dalamnya.

Seperti namanya, rumah ini ditinggali oleh saudagar bernama Tjong A Fie (1860-1921) di masa lalu. Dengan menjelajahi setiap sudut rumah bersejarah ini, sobat tiket bakal diajak untuk kembali ke masa lalu dan menyaksikan sejarah keluarga Tjong A Fie sendiri. Menarik kan?

Rumah Tjong A Fie
Sumber: shutterstock.com

Tjong A Fie adalah seorang perantau yang berasal dari Provinsi Guangdong, Tiongkok, yang datang ke pelabuhan Deli ketika berusia 18 tahun. Dengan lika-liku kehidupan yang dihadapinya, Tjong A Fie berhasil menjadi saudagar sukses di Medan pada masanya.

Melalui bisnis besar dalam bidang perkebunan yang dijalaninya, Tjong A Fie menjadi orang Tionghoa pertama yang memiliki lahan perkebunan semacam itu. Ia memiliki pabrik minyak kelapa sawit, pabrik gula, bank, dan perusahaan kereta api dengan jumlah karyawan mencapai sepuluh ribu lebih. 

Tjong A Fie juga memegang peranan penting dalam membangun Kota Medan lho, sobat tiket. Ia memiliki hubungan baik dengan Pemerintah Hindia Belanda, Kesultanan Deli, dan Kekaisaran China sekaligus. Ada tiga kunci kesuksesan dari saudagar ini nih, sobat tiket, yaitu kerja keras, pergaulan luas, dan kerendahan hati.

Ia menjadi tokoh multikultural yang bisa merangkul dengan baik semua kalangan, mulai dari Tionghoa, Melayu, Arab, India, hingga Belanda. Keakrabannya dengan Sultan Deli ini terbukti dari sumbagan sepertiga biaya pembangunan Masjid Raya Medan dan sebuah masjid di Gang Bengkok, keren ya, sobat tiket?

Mari Menjelajahi Bagian Dalam Rumah Tjong A Fie

Satu hal yang membuat rumah tua ini menarik adalah aura “misterius” yang dibalut kemegahan. Rumah dengan 35 kamar ini mengambil desain unik dengan arsitektur Cina, Melayu, serta Artdeco. Saat menginjakkan kaki pertama kali ke dalamnya, sobat tiket bakal disambut banyak sekali foto-foto Tjong A Fie bersama ketiga istri dan anak-anaknya.

Silsilah keluarga yang menarik buat disimak juga bisa dilihat dengan leluasa oleh para pengunjung. Ada pula foto-foto ia bersama penguasa Belanda hingga foto bangunan Bank Kesawan yang dibangun tahun 1913. Dari sinilah perjalanan pengunjung mengenal sejarah Medan dimulai.

Bangunan ini terdiri dari dua lantai, keduanya bisa dimasuki pengunjung dengan leluasa. Setiap yang datang akan dipandu oleh seorang pemandu khusus yang disediakan oleh keluarga Tjong A Fie. Selain kamar, ada pula tiga ruang tamu yang berbeda-beda fungsinya.

Ada ruang tamu yang dikhususkan untuk tamu dari Eropa, Tiongkok, maupun Melayu. Setiap ruang di desain dengan gaya arsitektur berbeda yang menyesuaikan dengan kebangsaan para tamu.

Ada pula ruang kumpul keluarga yang berisi banyak kursi kayu yang dominasi warna kuning. Kayu jati juga menjadi bahan dasar semua furnitur yang ada mulai dari lemari, meja, hingga beberapa pajangan di rumah ini.

Ruang-Ruang Bersejarah di Lantai Dua

Rumah Tjong A Fie
Sumber: shutterstock.com

Naik ke lantai dua, akan ada sebuah ruangan luas yang digunakan Tjong A Fie mengadakan pesta. Termasuk pesta dengan orang Belanda di masa lalu. Fakta menariknya, tiap ruangan nggak hanya didesain dengan interior khas Cina, namun juga dipadukan dengan nuansa arsitektur Melayu dan Eropa.

Setiap pengunjung akan diajak bertualang ke masa lalu dengan memasuki ruang tidur Tjong A Fie, ruang makan, ruang keluarga, dan ruang lainnya yang menyimpan banyak sekali dokumentasi masa lalu beliau.

Ruang tidur Tjong A Fie sendiri memiliki tempat tidur gaya klasik dengan kelambu. Di sana terdapat meja hias dan kursi santai, yang digunakan untuk bercengkrama bersama keluarganya. Selain itu, ada juga ruang ibadah yang dihiasi pernak-pernik Tionghoa dan beragam pajangan berbahasa Cina.

Ada pula surat wasiat dalam terjemahan Bahasa Indonesia yang dipajang pada salah satu dinding ruangan. Di sana tertulis bahwa Tjong A Fie mewasiatkan seluruh kekayaannya yang berada di Sumatera maupun di luar Sumatera kepada Yayasan Toen Moek Tong yang didirikan di Medan satu tahun sebelum ia wafat.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Menarik banget kan menjelajahi rumah tua cantik Tjong A Fie sambil mempelajari sejarah Kota Medan? Selain mengandung banyak sejarah, desain arsitekturnya juga fotogenik abis! Cocok banget deh untuk kamu yang suka berburu foto.

Nah, buat sobat tiket yang tertarik untuk menyusuri sejarah Medan sambil berwisata di sini, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp35.000*. Oh iya, lokasinya ada di Jalan Ahmad Yani no 105, dengan jam operasional mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00.

Rute dan Akses Menuju Rumah Tjong A Fie

Buat yang masih bingung lokasi Tjong A Fie, pertama kamu bisa mencari Restoran Tiptop Medan. Alamat dan lokasi rumah tua ini nggak jauh dari sana, persis di seberangnya. Rumah Tjong A Fie juga nggak jauh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, lho.

Rute jalan menuju rumah Tjong A Fie sendiri cukup mudah buat dilalui. Nggak hanya dengan kendaraan pribadi, kamu juga bisa mengaksesnya dengan transportasi umum. Caranya, gunakan angkot dengan rute rute 23, 24, 26 atau yang melintasi jalan Kesawan. Buat yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa ikuti rute menuju jalan Kesawan. Mudah kan?

Berwisata Sambil Mengenal Sejarah di Medan Ternyata Seru!

Siapa bilang mengunjungi tempat wisata bersejarah itu membosankan? Dengan berkunjung ke Rumah Tjong A Fie, ada nilai hidup yang juga bisa diambil lho, sobat tiket. Segera masukkan tempat ini dalam list destinasi wisata kamu saat ke Medan ya!

Setelah puas berwisata sejarah di sini, kamu bisa melipir ke tempat nongkrong hits di Medan ini. Udah nggak sabar mau eksplor Medan? Langsung aja sewa mobil di Medan di tiket.com!

*harga saat artikel ditulis