Peraturan Bea Cukai Bandara 2018 Terbaru

,

Peraturan Bea Cukai Bandara 2019: Baca Ini Sebelum Kalap Belanja di Luar Negeri

Liburan ke luar negeri biasanya kurang lengkap kalau nggak belanja. Setidaknya, kamu pasti tergoda untuk membawa oleh-oleh buat keluarga atau teman kesayangan di rumah. Namun, tahukah kamu kalau ada peraturan bea cukai yang harus dipatuhi jika kamu ingin membawa barang ke luar negeri masuk Indonesia? Sudah tahukah kamu tentang peraturan bea cukai bandara 2019 terbaru?

Kalau kamu belum tahu peraturan bea cukai bandara 2019 terbaru, berarti kamu harus menyimak informasi berikut ini, Sobat Tiket.

Peraturan Bea Cukai Bandara 2019 Terbaru

Untuk mengetahui tentang peraturan bea cukai bandara 2019 terbaru, ada beberapa pembahasan yang perlu kamu ketahui lebih dahulu. Mari kita mulai dari:

Definisi & Fungsi Bea Cukai Bandara

Sebelum kamu kalap belanja di luar negeri, kamu harus tahu dulu nih tentang definisi bea cukai. Bea yang dikenakan di bandara dibedakan menjadi 2 (dua), Sobat Tiket.

Yang pertama adalah bea masuk, yaitu biaya atau pajak yang dikenakan untuk memasukkan barang ke negara tujuan (dalam hal ini adalah bea masuk ke Indonesia).

Sedangkan bea keluar adalah biaya yang dikenakan jika kamu membawa barang keluar dari suatu negara alias melakukan ekspor.

Peraturan Bea Cukai Bandara 2018 Terbaru - Pemeriksaan Barang
Pemeriksaan Bea Cukai di Bandara Dilakukan untuk Membatasi Jumlah Impor & Ekspor Barang, Sobat Tiket.

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa sih negara harus mengenakan peraturan bea cukai bandara 2019 kalau barang-barang yang kita bawa adalah barang kita sendiri?

Ternyata peraturan bea cukai bandara 2019 memiliki fungsinya sendiri, lho.

Jika tidak ada peraturan bea cukai bandara yang dikenakan pada siapa pun yang ingin membawa barang keluar-masuk Indonesia, tentu tidak ada pembatasan terhadap jumlah barang yang masuk atau keluar dari negara kita.

Coba bayangkan, jika tidak ada bea cukai, bisa saja barang yang dibawa orang ke luar Indonesia memiliki jumlah yang berlebihan sehingga stok di dalam negeri justru menyusut drastis. Yang rugi kita-kita juga kan?

Makanya, jangan kaget jika petugas bea cukai di bandara akan memeriksa barang bawaanmu dengan detail.

Pada dasarnya, kamu harus ingat bahwa semua barang baru yang masuk ke Indonesia dianggap sebagai barang impor dan barang baru yang keluar Indonesia dianggap sebagai barang ekspor.

Namun, peraturan bea cukai bandara 2019 terbaru sebenarnya nggak serem-serem amat kok. Masih ada batas nilai maksimal harga barang baru yang tidak dikenakan pajak bea cukai.

Sudah tahukah kamu batasan barang bawaan bebas pajak sesuai peraturan bea cukai bandara 2019 terbaru, Sobat Tiket?

Berapa Batasan Barang Bawaan yang Bebas Pajak sesuai Peraturan Bea Cukai?

Kamu yang hobi belanja harus ingat nih bahwa berbelanja barang mewah di dalam negeri dan luar negeri sangat berbeda.

Kalau di dalam negeri, kamu tinggal ambil, bayar, dan bawa pulang barang incaranmu.

Nah, kalau belanja barang mewahnya di luar negeri, kamu harus mengantisipasi pajak bea cukai yang dikenakan saat akan membawa belanjaanmu ke Indonesia.

Ada batas harga barang bawaan baru yang bebas biaya cukai. Hitungan barang belanjaan bebas biaya adalah maksimal seharga USD 75.00.

Kamu harus siap-siap kena pajak bea cukai jika barang belanjaan kamu memiliki harga yang melebihi batas tersebut, ya.

Oh ya, selain dilihat dari segi harga, ada juga batasan barang bawaan bea cukai terkait dengan jenis barangnya. Untuk produk tembakau seperti sigaret dan rokok cerutu, ada batasan yang ditetapkan untuk dibawa masuk ke Indonesia.

Kamu hanya boleh membawa maksimal 40 batang sigaret, 10 batang cerutu, dan 40 gram tembakau. Selain itu, batasan untuk barang bawaan berupa minuman beralkohol adalah 350 mililiter saja.

Kalau kamu membawa barang-barang di atas dengan jumlah yang berlebihan, barang bawaan kamu bisa terancam untuk dimusnahkan oleh Pejabat Bea dan Cukai.

Apa Itu Jalur Hijau & Jalur Merah Bea Cukai Bandara?

Peraturan Bea Cukai Bandara 2018 Terbaru - Barang yang Kena Bea Cukai
Hati-hati dengan barang berisiko tinggi yang dibawa masuk ke Indonesia!

Berbicara tentang peraturan bea cukai bandara 2019 terbaru tentu saja tidak bisa dipisahkan dari istilah Jalur Hijau dan Jalur Merah.

Jalur Hijau adalah jalur pemeriksaan untuk penumpang yang tidak membawa barang yang terkena pajak cukai. Sedangkan Jalur Merah dalam pemeriksaan cukai berlaku untuk penumpang pesawat yang membawa barang wajib lapor untuk dikenakan pajak sesuai peraturan yang berlaku.

Jalur Merah juga dikenakan untuk mereka yang membawa barang-barang dengan risiko yang tinggi. Contoh dari barang berisiko tinggi adalah obat-obatan, senjata, hewan, tumbuhan, amunisi, barang yang berkaitan dengan pornografi, dan barang yang memiliki daya ledak.

Jika kamu membawa uang tunai dalam jumlah yang besar, maka kamu juga harus melaporkannya ke Jalur Merah. Ingat, akan jauh lebih baik jika kamu jujur dalam melaporkan barang bawaan yang kamu bawa dari luar negeri kepada petugas saat custom clearance.

Custom clearance adalah sebuah prosedur yang berkaitan dengan keperluan administrasi untuk mengizinkan barang masuk dari luar negeri.

Bagaimana Tips Belanja di Luar Negeri Tanpa Was-Was dengan Pajak Bea Cukai?

Peraturan Bea Cukai Bandara 2018 Terbaru - Shopping di Luar Negeri
Shopping di luar negeri memang asyik, tapi pertimbangkan juga bea cukainya.

Meskipun peraturan dibuat untuk kepentingan bersama, biasanya tetap ada saja nih yang penasaran dan ingin tahu bagaimana trik agar barang bawaan terhindar dari peraturan bea cukai bandara 2019 terbaru.

Mungkin ada pula di antara kamu yang budget belanjanya hanya cukup untuk membeli barang dan belum include pajak bea cukai.

Nah, daripada harus mengakali petugas bea cukai, nih ada tips cermat belanja di luar negeri agar kamu tidak terkena pajak bea cukai yang membengkak.

Simak yuk, Sobat Tiket!

  1. Ketahui Aturan Bea Cukai untuk Jenis Barang yang Akan Kamu Beli

Kamu tentunya udah punya rencana untuk membeli barang A dan B di luar negeri. Nah, kalau barang yang kamu bawa itu bernilai cukup tinggi, ketahui kalau barang tersebut ada potensi untuk kena pajak bea cukai saat kamu bawa masuk ke Indonesia.

Kamu juga harus siap-siap untuk menghitung perkiraan pajak bea cukai yang harus kamu bayarkan jika mau membawa barang tersebut masuk ke Indonesia.

  1. Belanja dengan Wajar

Maksudnya, jangan kalap beli ini itu meskipun kamu udah lapar mata banget buat membayar semua barang yang ada di depan mata kamu.

Belanja lah dengan wajar sesuai dengan budget dan kemampuan kamu untuk membayar pajak bea cukai. Kalau memang barang yang kamu beli memungkinkan untuk didapatkan di Indonesia, kamu bisa berpikir kembali untuk membeli barang tersebut di luar negeri.

Oh ya, secara tidak langsung peraturan bea cukai bandara 2019 terbaru ini juga akan memberikan efek untuk mencintai produk dalam negeri. Keren ya?

  1. Pertimbangkan untuk Tidak Membawa Barang Berisiko Tinggi

Barang yang berisiko tinggi apalagi barang terlarang yang ingin diimpor tanpa memerhatikan aturan tentu saja akan memberikan dampak serius untuk pembawanya.

Selain bisa terkena biaya bea cukai, pembawa barang terlarang juga bisa dikenakan denda yang besar lho, Sobat Tiket. Maka dari itu, hati-hati ya kalau mau membawa barang apa pun dari luar negeri!

Oke, sampai di sini, kamu tentu sudah memahami tentang peraturan bea cukai bandara 2019 terbaru. Jangan sampai kamu kalap belanja di luar negeri tanpa memerhatikan peraturan bea cukai bandara 2019 terbaru.

Nah, kalau sudah mengerti peraturan bea cukai yang berlaku di bandara, sekarang kamu bisa deh jalan-jalan ke luar negeri.

Jika kamu ingin jalan-jalan ke luar negeri sendirian, kamu bisa simak tips solo traveling ke luar negeri sebagai panduan kamu.

Pesan tiket pesawat online hanya di tiket.com untuk menuju ke destinasi impian yang kamu incar.