,

Cari Tempat Terbaik untuk Relaksasi di Bandung? Ke Air Panas Ciwidey Aja!

Menghirup udara segar pegunungan sambil berendam di air hangat bisa menjadi opsi terbaik untuk menghabiskan waktu liburan nih. Kalau main ke Bandung, kamu bisa mendapatkan suasana serupa di Air Panas Ciwidey.

Di sana kamu bisa berendam air hangat di tempat terbuka yang punya pemandangan indah. Biar makin jelas, coba deh baca ulasan tentang rekomendasi Air Panas Ciwidey berikut ini. Baca sampai habis, ya!

Rekomendasi Air Panas Ciwidey 

Nggak hanya satu kawasan, di Ciwidey kamu bisa menemukan dua tempat untuk bisa berendam air panas. Di mana aja tempatnya? Intip, kuy!

1. Kawah Rengganis Cibuni

Sumber: Shutterstock

Rekomendasi pertama adalah Kawah Rengganis Cibuni. Objek wisata ini nggak begitu jauh dari Situ Patenggang, hanya berjarak sekitar 14 menit berkendara. Nggak kalah cantik dengan Kawah Putih Ciwidey, Kawah Rengganis Cibuni juga punya pemandangan yang masih alami dan segar. Kamu bahkan bisa berendam air hangat di sini, lho!

Area ini memiliki beberapa geyser kecil yang menyemburkan uap panas. Geyser inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk membuat sauna alami bersama sumber mata air panas alami yang ada di Kawah Rengganis

Daya tarik Kawah Rengganis yang memesona membuat wisatawan lokal dan mancanegara berbondong-bondong ke sini untuk menikmatinya secara langsung.

Nggak perlu khawatir soal bau belerang, karena kandungan belerang di Kawah Rengganis Cibuni nggak terlalu pekat, berbeda dengan Kawah Putih Ciwidey yang bau belerangnya begitu menyengat.

Selama berendam di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar yang masih alami. Salah satu yang unik ialah bentuk kolamnya yang berada di galian tanah. Sambil berendam kamu bisa menikmati tebing berukuran rendah yang ada di sisi kolam. Sementara bagian atasnya diselimuti oleh pepohonan hijau yang menyejukkan.

Cantiknya nggak kalah dengan pemandian air panas alami yang ada di Jepang, kan?

Berendam di Kawah Rengganis Cibuni nggak hanya bisa membuat tubuh kembali rileks, air panas yang mengandung belerang juga kaya manfaat, lho. Ada yang tau apa aja manfaatnya?

Pertama, kandungan belerang ternyata baik untuk kesehatan kulit. Mineral alami ini dapat  membunuh virus, kuman, dan infeksi jamur. Buat kamu yang punya masalah dengan jerawat, menurut sebuah penelitian, belerang secara efektif mampu mengangkat akar jerawat yang melekat di pori-pori kulit.

Selain itu, air belerang juga membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan panu. Dengan begitu banyak manfaat yang didapat saat berendam di air belerang, maka nggak heran kalau banyak wisatawan yang ke sini untuk membuktikan kebenarannya.

Tertarik untuk mencoba?

Soal fasilitas, di kawasan Kawah Rengganis ini sudah tersedia sejumlah penginapan. Nah, buat kamu yang datangnya terlalu malam, setelah puas menikmati hangatnya air belerang di Kawah Rengganis Cibuni, kamu bisa langsung menginap di penginapan tersebut.

Selain itu ada juga beberapa warung yang menjual berbagai macam makanan seperti gorengan, mi instan, serta minuman, toilet, dan fasilitas ibadah berupa musala. 

Untuk menuju ke lokasi Kawah Rengganis, hanya kendaraan roda dua aja yang bisa melewati jalan di sana. Kalau sobat tiket datang menggunakan kendaraan roda empat, maka kamu bisa memarkirkannya di luar gerbang masuk.

Dari gerbang masuk Kawah Rengganis Cibuni, maka kamu perlu melakukan trekking sekitar 10-15 menit untuk tiba di lokasi. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan alas kaki yang nyaman saat berkunjung ke sini, ya!

Meski lokasinya cukup tersembunyi, tapi selama trekking kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan hutan rimbun yang ada di kanan kiri. Jadi, nggak perlu khawatir bakal bosan selama perjalanan.

Begitu tiba di lokasi, pemandangan kolam air panas belerang yang diselimuti kepulan asap tampak menawan, seolah mengundang siapa saja untuk segera berendam. Selain berendam, pemandangan cantik yang ada di Kawah Rengganis Cibuni juga bisa dimanfaatkan untuk objek berfoto. Hasilnya nggak akan mengecewakan.

Alamat: Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

Jam Operasional: 24 jam

Tiket masuk: Gratis*

2. Air Panas Ciwalini Ciwidey

Air Panas Ciwalini Ciwidey berada di kawasan Bandung Selatan, tepatnya di ketinggian 2400 mdpl di kaki Gunung Patuha. Selama perjalanan menuju Air Panas Ciwalini Ciwidey, kamu akan dimanjakan pemandangan alam yang indah.

Sesampainya di lokasi, kamu bakal disambut hawa sejuk dan pemandangan berupa rimbunnya tanaman teh yang mengelilingi kawasan Ciwalini. Terlihat juga beberapa bukit melengkapi suasana sekitar. Segar!

Udara yang bersih serta jauh dari hiruk pikuk suasana kota yang bikin stres membuat pengunjung yang datang ke Air Panas Ciwalini Ciwidey merasa nyaman dan betah. Dengan pemandangan seindah ini, mau berfoto dengan konsep landscape juga bisa. Hasilnya nggak kalah instagramable dengan objek wisata hit di Bandung lainnya. 

Air Panas Ciwalini berasal langsung dari sumber mata air panas yang ada di Gunung Patuha. Di sini kamu bisa leluasa berendam dan berenang di 3 kolam yang berbeda.

Satu di antaranya merupakan kolam renang anak-anak dengan kedalaman yang dangkal. Untuk menciptakan pengalaman berenang tak terlupakan, pihak pengelola juga menambahkan perosotan kecil sebagai wahana bermain anak-anak.

Sementara itu, dua kolam lainnya dikhususkan untuk orang dewasa di mana kedalamannya mencapai 1-1,5 meter. Nah, buat kamu yang nggak bisa berenang, nggak usah khawatir bakal tenggelam saat bermain di Air Panas Ciwalini Ciwidey.

Selain menyediakan perosotan di kolam renang anak-anak, kolam renang orang dewasa juga dilengkapi dengan waterboom untuk bermain. Kalau ingin berenang dengan suasana lebih privat, kamu bisa memilih kolam rendam tertutup.

Aktivitas berendam di Air Panas Ciwalini Ciwidey pun makin menyenangkan dengan nuansa sejuk dan pemandangan hijau yang menenangkan. Nggak hanya berfungsi sebagai media hiburan untuk mengisi waktu liburan, berendam di air hangat juga kaya akan manfaat, lho.

Sudah tahu apa aja keuntungannya?

Secara ilmiah, ternyata berendam di air hangat bisa mencegah dan mengatasi stres. Selain itu merendam tubuh di air hangat juga bisa bikin tidur lebih nyenyak. Cocok banget nih buat kamu yang mengidap insomnia.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey-Patengan Tenjolaya Ciwidey,Rancabali, Bandung

Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB di hari biasa dan pukul 06.00-17.00 WIB di hari libur. Khusus hari Jumat objek wisata ini tutup.

Tiket Masuk: 

  • Tiket masuk kolam 2 : Rp10.000* per orang
  • Tiket masuk kolam rendam: RP20.000* per orang
  • Tiket masuk terapi ikan: Rp10.000* per orang

Ciptakan Momen Liburan Tak Terlupakan di Air Panas Ciwidey

Sumber: Shutterstock

Tertarik untuk mengunjungi Air Panas Ciwidey di atas? Ayo, luangkan waktumu untuk berkunjung ke sini. Urusan penginapan, kamu bisa pesan hotel lewat tiket.com dengan pilihan harga yang beragam. Kamu tinggal tentukan deh hotel mana yang pas di kantong.

Biar makin rame, kamu bisa ajak keluarga berlibur bersama ke Air Panas Ciwidey. Selamat bersenang-senang, sobat tiket!

*harga saat artikel dibuat